Cara Mudah Membuat Keripik Tahu Yang Enak

Cara Mudah Membuat Keripik Tahu Yang Enak

Cara Membuat Keripik Tahu

Cara Membuat Keripik Tahu

Cara Membuat Keripik Tahu – Mendengar kata tahu rasanya mudah sekali untuk kita jumpai dalam keseharian kita. Tahu adalah makanan rendah kalori namun tinggi protein. Selain itu juga merupakan sumber yang baik dari berbagai mineral,  seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor,  seng, kalium. Vitamin pada tahu seperti  vitamin D, A, B6, C, thiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat.

Makanan ini telah memiliki sejarah hingga 2000 tahun lamanya. Karena efek kedelai baik untuk kesehatan, tahu dianggap sebagai makanan sehat yang jika dikonsumsi bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Tahu banyak memiliki manfaat baik bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko kanker, anemia, osteoporosis, dan kadar kolesterol. Makanan ini merupakan sumber protein yang baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Apakah Anda tahu jika makanan ini adalah bahan yang umum untuk masakan seperti  di Cina sejak berabad-abad lalu? Tahu sangat populer di Indonesia, bahkan dinegara-negara Asia lainnya, termasuk jepang yaitu dengan sebutan tofu.

Berikut Manfaat tahu bagi kesehatan :

  •  Kandungan protein tahu yang tinggi

Tubuh manusia membutuhkan protein agar dapat berfungsi dengan baik. Protein tak hanya bisa didapat dari daging, banyak protein nabati yang bisa kita dapat seperti pada tahu. Vegetarian bisa mendapatkan protein dalam jumlah yang tepat tahu, atau produk kedelai dan sayuran lainnya. Juga mengandung asam amino yang dibutuhkan agar kesehatan menjadi optimal.

  • Sumber protein untuk penderita asam urat

Penelitian yang dilakukan untuk mempelajari pengaruh tahu menunjukkan bahwa,  tahu adalah sumber protein yang baik,  terutama untuk penderita rematik gout atau memiliki kadar  asam urat yang tinggi. Namun, orang-orang dengan rematik gout tidak boleh mgnkonsumsi tahu secara berlebihan, maupun hasil dari olahan kedelai lainnya.

  • Rendah kolesterol

Tahu dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh, karena tahu akan menyerap minyak goreng dan cairan lain yang terakumulasi dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. selain memiliki tingkat yang rendah asam lemak jenuh daripada kadar asam lemak tak jenuh, juga merupakan sumber lesitin dan asam linoleat yang baik, yaitu yang membantu metabolisme tubuh dan mengikis kolesterol.

  • Mencegah anemia

Manfaat tahu bagi kesehatan termasuk mengurangi resiko anemia. Sebuah studi yang dilakukan di Cina yang  menyelidiki hubungan antara anemia dan tahu menunjukkan,  bahwa tahu terbukti menurunkan risiko anemia pada golongan orang dewasa.

Cara Membuat Keripik Tahu
  • Tahu memiliki Sifat antikanker

Tahu mengandung isoflavon yang bermanfaat dalam mengurangi risiko terkena kanker. Penelitian tentang asupan kedelai dan kanker endometrium menunjukkan, bahwa konsumsi  produk seperti tahu yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko kanker endometrium pada wanita pasca menopause.

  • Tahu bermanfaat baik bagi kardiovaskular

Asupan makanan yang tepat akan memberikan peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Konsumsi rutin produk kedelai seperti tahu dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh,  sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

  • Sumber kalsium

Tahu merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium merupakan kunci untuk pembentukan tulang. Hal inilah mengapa asupan Tahu dianjurkan, karena memiliki kandungan tinggi kalsium. Kurangnya kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan osteoporosis, efek penuaan lebih cepat karena tulang rapuh dan minim pembentukan tulang baru.

  • Tahu mengandung banyak zat besi

Zat Besi adalah salah satu zat yang berperan penting dalam memasok oksigen ke seluruh bagian tubuh. Ini secara tak langsung adalah kegunaan dari hemoglobin, yang bertugas  untuk mengangkut oksigen ke setiap bagian dari tubuh. Tahu merupakan sumber zat besi yang baik,  dan dengan demikian akan membantu dalam melaksanakan sirkulasi oksigen dalam tubuh.

  • Alternative Menu Diet

Kandungan kalori dan hidrat arang dalam tahu sangat rendah, sehingga hal ini yang menjadi dasar menjadikan tahu sebagai menu makanan diet. Bahkan dengan mengkonsumsi tahu mampu membuat kita kenyang lebih lama dibandingkan dengan mengonsumsi makanan lainnya.

  •  Bagus Untuk Kulit

Manfaat tahu ternyata juga sangat baik bagi kulit kita. Hal ini dikarenakan kandungan protein pada tahu mampu meregenerasi kulit. Selain itu nutrisi yang ada pada tahu mampu mengurangi garis halus kulit dan sebagai anti anging untuk kulit. Zat saponin yang terkandung dalam tahu juga bermanfaat untuk mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-poi kulit dan membantu pada pengelupasan sel kulit mati.

Disisi lain kandungannya berupa vitamin E dan isoflavon sangat baik untuk melembabkan dan menjaga elastisitas kulit. Bahkan sudah banyak saat ini dijumpai penggunaan tahu sebagai masker wajah untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

Baca Juga : KERIPIK BAWANG SELEDRI GURIH DAN RENYAH

Tips Memilih Tahu Yang Baik :

  1. Cium aroma tahu. Semakin tinggi kandungan formalin, maka tercium bau obat yang semakin menyengat, sedangkan tahu tidak berformalin akan tercium bau protein kedelai yang khas.
  2. Sentuh dengan jari, lalu tekan agak keras. Tahu berformalin mempunyai sifat membal jika ditekan, terasa sangat kenyal, sedangkan tahu tanpa formalin jika ditekan akan hancur.
  3. Diamkan selama 3 hari. Tahu berformalin akan tahan lama, sedangkan tahu tanpa formalin hanya tahan satu atau dua hari.
  4. Letakkan tahu diluar rumah. Dan lihat apakah lalat menghampirinya atau tidak. Tahu berformalin tidak akan dihinggapi lalat. sedangkan tahu tanpa formalin akan dihinggapi lalat.
  5. Coba jatuhkan tahu. Jika tahu tidak hancur itu artinya tahu tersebut berformalin. Jika tahu hancur artinya tahu tersebut alami dan tidak mengandung formalin.
  6. Dilihat dari penampilannya, tahu berformalin lebih menarik dan berwarna putih cerah daripada tahu yang alami bebas formalin.

Apabila anda mau mengkonsumsi tahu yang sehat dan bebas formalin, cobalah membuat tahu sendiri di rumah, sebab membuat tahu itu cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan bahan utamanya yaitu kedelai jenis apapun juga bisa, tetapi anda harus pilih kedelai yang kualitas tinggi untuk hasil akhir yang memuaskan.

Selain kacang kedelai sebagai bahan utamanya, ada beberapa alat yang wajib anda siapkan seperti blender, cetakan, kain dan pemberat. Untuk proses pembuatannya tergolong cukup singkat atau tidak memakan banyak waktu, bahkan tidak perlu harus menjadi koki profesional dalam membuat tahu yang kenyal dan enak ini. Berikut cara untuk membuat tahu sendiri dirumah.

Cara Membuat Keripik Tahu

Bahan-bahan :

  1. Kacang kedelai 500 gram
  2. Cuka salad 4-5 sendok makan
  3. Air 3 – 4 liter

Cara membuat :

  • Pertama cuci sampai bersih 500g kacang kedelai lalu rendam satu malam..
  • Dari 500g kacang kedelai ini membutuhkan air sebanyak 3 sampai 4 liter. Setelah kacang kedelai di rendam satu malam segera buang air rendamannya lalu cuci lagi sampai bersih, kemudian haluskan menggunakan blender sedikit demi sedikit dengan air. Untuk takaran air harus 2x lipat lebih banyak dari kacang kedelai.
  • Setelah itu kedelai di blender selama 2 sampai 3 menit hingga menjadi susu kedelai lalu saring menggunakan kain kemudian tuangkan susu setengah saja supaya tidak susahan ketika memerasnya nanti.
  • Peras kedelai yang telah di blender hingga tinggal ampasnya saja dan lakukan hal yang sama seterusnya dengan cara sama.
  • Rebus susu kedelai tadi hingga mendidih, kemudian angkat dan tunggu sampai uap panasnya hilang, lalu tambahkan 4-5 sendok makan cuka. Tunggu hingga dingin dan menggumpal.
  • Persiapkan wadah berbentuk kotak yang bagian bawahnya berlubang dan lapisi dengan kain keju sebanyak 2 buah.
  • Tuangkan susu kedelai yang telah dingin dan menggumpal ke dalam wadah yang sudah di lapisi kain lalu tutup dan ratakan kain.
  • Setelah itu tumpangi permukaan wadah yang berisi adonan dengan wadah yang sama dan beri pemberat. Tunggu selama 40 menit.
  • Kini tahu homemade sederhana pun jadi dan siap untuk di masak sesuai selera.
    Cara Membuat Keripik Tahu

Resep membuat Tahu ini dijamin lebih sehat dan enak tentunya untuk anda olah menjadi beragam jenis masakan kesukaan anda. Sekilas proses dalam pembuatan tahu ini tampak rumit, tetapi apabila anda lakukan secara terus menerus semuanya akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Walaupun tidak secepat membeli tahu yang sudah jadi di pasar atau di toko-toko terdekat, tentunya rasa aman untuk kesehatan jauh lebih penting sebab tidak menggunakan senyawa kimia yang berbahaya.

Note : Untuk penggunaan cuka pada resep ini tidak boleh sembarangan, anda harus menggunakan cuka salad. Apabila anda kesulitan mencari cuka salad ini atau mau lebih hemat biaya, anda bisa ganti dengan perasan air jeruk lemon dengan komposisi yang sama. Ketika tahu yang anda buat sudah jadi atau mengeras sampai membentuk cetakan, maka tahu sudah siap untuk dolah menjadi hidangan sesuai selera.

Cara Menyimpan Tahu Agar Lebih Awet

  • Saat membeli tahu, pastikan bagian luar tahu tidak berlendir.
  • Cium aromanya, jika tercium aroma obat-obatan, hindari.
  • Setelah sampai di rumah, cuci terlebih dahulu tahu di bawah air mengalir, tiriskan.
  • Masukkan tahu di dalam wadah kotak plastik dengan tutup rapat, masukkan ke dalam kulkas.
  • Anda juga bisa merendam tahu hingga semua bagian tenggelam sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, ganti airnya setiap hari.
  • Sebaiknya biarkan tahu dalam keadaan utuh dan potong jika akan dimasak.
  • Tahu biasanya awet tiga hari di dalam kulkas
Cara Membuat Keripik Tahu

Jika Anda masih menyisakan tahu saat memasak, jangan dibuang. Sebab, makanan yang berasal dari kedelai itu masih bisa disimpan. Tapi, menyimpannya jangan asal atau sembarangan. Metode penyimpanan tahu banyak caranya, namun penyimpanan tahu yang bisa bikin tahan lama hanyalah dilakukan di dua tempat saja, otomatis tahu akan awet saat disimpan.

Untuk metode pertama, Anda bisa menaruh sisa tahu di dalam kulkas. Batas tahan tahunya pun hanya selama satu minggu saja. Caranya tutup tahu dengan plastik. Karena terdapat air di dalam tahu, maka faktor kelembaban dan kesegaran tahu akan bisa berubah kapan saja, makanya tahu layak ditutup. Dengan ditaruh di kulkas akan membuat tahu jadi lebih nyaman.

Metode kedua adalah dengan cara disimpan di freezer. Dengan menaruhnya di freezer maka tahu akan tahan selama berbulan-bulan. Caranya, potong tahu menjadi beberapa potongan kemudian pindahkan ke dalam plastik atau wadah kedap udara.  Dengan cara ditaruh di freezer akan membuat tekstur tahu jadi lebih kuat. Untuk mencairkannya, tinggal memindahkan ke bagian bawah kulkas, kesegaran tahunya pun tetap terjaga.

Tahu yang dijual di swalayan biasanya dalam kemasan atau per blok. Jika Anda tidak menggunakan semuanya, maka simpan dengan benar agar tidak berlendir.

Berikut cara penyimpanan tahu dengan benar :

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat

  1. Simpan dalam kemasan
    Cara termudah adalah dengan menyimpan tahu langsung ke dalam kulkas jika kemasannya belum dibuka. Hanya saja, pastikan untuk menggunakannya sebelum tanggal kedaluwarsa. Jika telah dibuka, namun tidak digunakan semuanya, maka ikuti langkah-langkah selanjutnya ini.
  2. Dalam wadah kaca
    Tiriskan terlebih dahulu air pada sisa tahu, bilas, dan tiriskan kembali. Tempatkan sisa tahu ke dalam wadah mangkuk yang cukup dalam atau bisa menggunakan toples kaca. Tuang air ke dalam mangkuk atau toples dengan tinggi air menutupi permukaan tahu.
  3. Ganti air tahu setiap hari
    Jangan lupa mengganti air rendaman tahu setiap hari guna menjaga tahu tetap dalam kualitas prima. Ada pula yang menyarankan untuk mengganti air tahu setiap dua hari. Anda bisa membandingkan mana yang terbaik. Dengan cara penyimpanan seperti ini, daya tahan tahu bisa hingga 7-10 hari.
Cara Membuat Keripik Tahu

Sahabat tempe yang satu ini biasanya disajikan sebagai lauk dalam bentuk gorengan atau sayur yang di tumis. Nah kali ini kita akan membuat cemilan sederhana yang renyah dan berbahan dasar dari tahu, atau yang kita kenal dengan nama keripik tahu.

Keripik tahu adalah makanan ringan yang sangat mudah untuk kita bawa kemana-mana, baik itu ke sekolah, piknik, jalan-jalan dan lain sebagainya. Cemilan yang satu ini tentu saja banyak digemari oleh semua orang karena teksturnya yang renyah, juga rasanya yang gurih dan nikmat. Cara membuat keripik tahu pun cukup mudah.

cara membuat keripik tahu

Untuk membuat keripik tahu, bahan-bahan yang diperlukan adalah :

  1. Tahu 10 buah.
  2. 2 siung bawang putih dihaluskan.
  3. Garam 1/2 sdt.
  4. 50 ml air.
  5. 100 gr tepung terigu.
  6. Tepung beras 2 sdm .
  7. Kaldu bubuk 1 sdt.
  8. 1/4 sdt merica bubuk.

Cara Membuat Keripik Tahu :

  • Belah tahu menjadi dua bagian, kemudian keruk isi tahu. Sisihkan kulit tahu. Balik bagian dalam kulit jadi keluar.
  • Campurkan bawang putih halus dan garam, lalu tambahkan 50 ml air. Rendam kulit tahu pong dalam bumbu ini sampai meresap, sekitar 15 menit.
  • Buat bahan pelapis dengan mencampur tepung, kaldu bubuk, merica, dan garam. Aduk rata dan ayak. Kemudian baluri bahan pelapis pada kulit tahu sampai menempel rata.
  • Goreng adonan keripik dalam minyak banyak di atas api sedang. Bila telah kuning kecokelatan dan kering, angkat keripik. Saat sudah dingin, simpan keripik dalam wadah kedap udara.
  • Keripik tahu siap dinikmati.

TIPS

Keripik tahu ini juga bisa dikembangkan dan dinikmati dengan berbagai varian rasa : asin, pedas, original. Jika ingin menambah varian rasa pedas, bisa menggunakan bubuk cabai kering kemasan dan bisa juga dicocol dengan saus.

Cara Membuat Keripik Tahu

Agar kualitasnya tetap terjaga, sebaiknya bungkus kerupuk dengan rapi dalam kemasan plastik Polypropylene dengan ketebalan 0,10 mm, sehingga tidak mudah terjadi kebocoran kemasan yang dapat menimbulkan kerupuk menjadi lembab dan tidak renyah. Daya tahan Kerupuk Tahu bisa sampai 6 bulan lamanya. Dan jangan lupa simpan di tempat bersuhu normal.

Peluang Usaha

Keripik tahu cocok untuk dijadikan sebagai peluang usaha UMKM. Selain tahu mudah dijumpai di pasar atau tempat-tempat perbelanjaan, harga tahu juga cukup terjangkau dan ekonomis. Cara Membuat Keripik Tahu pun juga terbilang mudah.

Nah, ini bisa jadi kesempatan bagi para ibu rumah tangga yang ingin membuka usaha makanan ringan dengan modal kecil. Usaha makanan ringan keripik tahu ini tidak membutuhkan modal yang besar dan prospeknya pun terbilang cukup bagus.

Kita bisa memulai memasarkan usaha makanan ringan ini dengan cara membuat beberapa produk keripik tahu untuk dijual di warung-warung terdekat, rumah makan, kantin sekolah.

Nah, ternyata mudah sekali kan cara membuat keripik tahu sendiri dirumah ? Semoga informasi ini dapat membantu bagi anda yang ingin membuat makanan ringan yang mudah dan murah. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

Selamat mencoba.

By | 2017-11-20T17:57:36+00:00 November 14th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Mudah Membuat Keripik Tahu Yang Enak