Peluang Aneka Usaha Kerupuk Rumahan- Kekayaan kuliner di Indonesia sendiri sudah tidak diragukan lagi, ada banyak variasi makanan dan minuman dipasaran. Harganya pun bisa dari yang termahal dan Termurah. Salah satu yang murah adalah kerupuk. Bahkan Kerupuk bisa menjadi Bisnis Kerupuk yang menjanjikan.

Siapa yang tak suka makan kerupuk? Makanan ringan yang satu ini memang sudah sangat digemari di kalangan masyarakat, khususnya di Indonesia. Hampir setiap hari banyak orang yang makan kerupuk sebagai cemilan atau sebagai pelengkap makanan.

Meskipun harganya tergolong murah, tapi citarasanya tidak murahan, bahkan bisa bikin ketagihan. Nah, kerupuk ini adalah salah satu kuliner yang murah meriah, tapi punya rasa yang gurih, renyah, dan tentunya lezat. Bahkan ada banyak orang yang beranggapan, tak lengkap rasanya kalau makan tak ditemani kerupuk. Ya, memang citarasa kerupuk yang gurih dan renyah akan menambah kenikmatan tersendiri saat menyantap beragam hidangan.

Kerupuk pada umumnya terbuat dari adonan tepung tapioka, kemudian dicampur berbagai bahan perasa seperti udang atau ikan. Tapi belakangan ini, bisnis kerupuk semakin berkembang, banyak di kalangan masyarakat Indonesia yang secara kreatif membuat dan mengolah beranekaragam kerupuk, mulai dari kerupuk biasa, kerupuk ikan, kerupuk sayuran, kerupuk buah-buahan, dan masih banyak lainnya. Selain itu, mesin pembuat kerupuk pun juga ada beragam, semua itu disesuaikan dengan kebutuhan.

Maka dari itu, disini kami akan mengulas berbagai macam kerupuk khas Indonesia yang memiliki citarasa yang enak dan lezat. Selain itu, kerupuk-kerupuk ini juga mempunyai prospek bisnis yang cerah, jadi bukan tidak mungkin jika suatu saat Anda bisa memproduksi dan menjalankan bisnis kerupuk buatan Anda sendiri.

Aneka Bisnis Kerupuk Rumahan

Berikut ini setidaknya 10 aneka bisnis kerupuk rumahan yang menguntungkan bagi usaha Anda, yang sudah banyak beredar di kalangan masyarakat.

1.Kerupuk Blek

Kerupuk yang pertama adalah Kerupuk Blek, atau juga biasa dikenal dengan Kerupuk Mawar. Sebetulnya kerupuk ini punya berbagai macam sebutan, seperti ada yang menyebutnya kerupuk uyel karena bentuknya keriting, ada yang menyebutnya kerupuk blek (black) karena biasa dijual didalam wadah kaleng seng (blek), dan ada juga yang menyebutnya kerupuk putih karena berwarna putih.

Kerupuk yang satu ini bisa dibilang salah satu kerupuk legendaris, karena sudah ada sejak jaman dahulu, dan masih eksis sampai saat ini. Kita masih sering menemukan kerupuk ini dimana saja, khususnya di warung makan.

Kerupuk ini cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap makanan, dan kerupuk selalu diminati oleh masyarakat karena memang rasanya yang enah dan gurih, selain itu rasa khas dari kerupuk ini membuat selera makan kita bertambah. Apalagi dengan harganya yang sangat terjangkau membuat kerupuk ini selalu dicari oleh masyarakat.

bisnis kerupuk rumahan

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Tepung tapioka 500 gram
  • Tepung terigu 50 gram
  • Air bersih 125 ml
  • Bawang putih 10 gram
  • Garam dapur 20 gram
  • Gula pasir 10 gram
  • Penyedap rasa

Cara Membuat:

  1. Siapkan bawang putih yang sudah dikupas, bersihkan lalu haluskan. Setelah itu goreng, angkat dan tiriskan
  2. Campurkan bawang putih yang sudah digoreng bersama garam, gula pasir, dan penyedap rasa secukupnya
  3. Siapkan kedua jenis tepung di atas kemudian masukkan ke adonan sebelumnya, tuangkan air sedikit-sedikit sambil diaduk atau diuleni menggunakan tangan
  4. Apabila adonan sudah siap, maka saatnya untuk masukkan adonan ke dalam kertas yang bentuknya kerucut dan ujungnya diberi lubang kecil
  5. Keluarkan adonan secara perlahan membentuk mawar atau seperti kerupuk mawar pada umumnya
  6. Setelah itu, kukus adonan yang sudah dicetak kurang lebih selama 20 menit
  7. Jika mengukus sudah selesai, angkat dan jemur kerupuk tadi sampai kering agar saat digoreng bisa mengembang sempurna

Apabila kerupuk sudah benar-benar kering, maka Anda sudah bisa menggorengnya

2.Kerupuk Kulit Pisang

Siapa bilang kulit pisang tidak ada manfaatnya? Faktanya, kulit pisang ternyata mengandung nutrisi dan gizi yang bisa kita konsumsi. Maka dari itu, kulit pisang ini masih bisa Anda olah menjadi olahan makanan, salah satunya itu dijadikan Kerupuk Kulit Pisang. Kerupuk ini sekarang sudah mulai banyak beredar dipasaran dan peminatnya juga lumayan banyak, karena kerupuk ini punya rasa yang gurih.

Bahan :

  • Kulit pisang mentah
  • Air kapur sirih
  • Garam
  • Gula
  • Tepung
  • Minyak goreng

Cara Membuat Keripik Kulit Pisang:

  1. Cuci bersih kulit pisang.
  2. Siapkan air kapur sirih dengan perbandingan 1 liter air dicampur 1/2 sdt kapur sirih.
  3. Rendam kulit pisang di dalam larutan air kapur + 20 menit, lalu angkat.
  4. Siapkan larutan garam dengan perbandingan 1 liter air dicampur 1 sdt garam.
  5. Rendam kulit pisang kedalam larutan garam + 20 menit, kemudian angkat.
  6. Siapkan larutan gula ,perbandingannya 3 sdm gula dilarutkan dalam 1 liter air.
  7. Rendam kulit pisang dalam larutan gula + 20 menit, kemudian angkat.
  8. Jemur kulit pisang sampai kering + 8 jam.
  9. Kulit pisang kering siap digoreng sampai kuning kecoklatan.
  10. Anda dapat menggunakan adonan tepung, caranya setelah langkah nomor 4-7 masukkan kulit pisang ke dalam adonan tepung.
  11. Setelah keripik kulit pisang berubah warna menjadi kuning, angkat dan tiriskan.
  12. Keripik kulit pisang siap dikemas dan disajikan dengan minuman hangat.

3.Kerupuk Pangsit

Mungkin Anda sudah tidak merasa asing lagi dengan kerupuk yang satu ini, yaitu Kerupuk Pangsit. Kerupuk ini sering kita konsumsi sebagai pendamping mie ayam atau bakso. Kerupuk ini pun juga bisa kita jadikan sebagai cemilan.

Rasanya yang renyah dan gurih ini membuat banyak orang yang menyukai dengan kerupuk pangsit ini, serta keberadaannya yang sudah terkenal menjadikan kerupuk ini menjadi salah satu olahan makanan yang mempunyai prospek bisnis kerupuk yang baik.

bisnis kerupuk rumahan

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung terigu (pilih yang mengandung protein tinggi)
  • 30 gram tepung maizena
  • 1 telur ayam dikocok lepas
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 batang daun bawang diiris halus
  • 1 batang daun seledri diiris halus
  • Air dan minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan panci atau baskom untuk mencampur semua bahan.
  2. Masukkan semua bahan kecuali air dan minyak goreng lalu diaduk hingga tercampur rata.
  3. Tuangkan air kedalam wadah sedikit demi sedikit sambil semua bahan diuleni dengan tangan hingga benar-benar kalis. (adonan bisa dikatakan kalis jika sudah tidak lengket di tangan).
  4. Jika sudah kalis adonan diletakkan di wadah datar kemudian dipipihkan menggunakan botol atau kayu.
  5. Potong adonan bentuk persegi panjang lalu dibentuk lagi sesuai selera (untuk ukurannya tergantung selera masing-masing)
  6. Setelah semua adonan terbentuk, selanjutnya panaskan minyak dengan api sedang lalu goreng kerupuk pangsit hingga matang. Biasanya kerupuk pangsit warnanya berubah kuning cerah kecoklatan jika sudah matang.
  7. Angkat dan tiriskan, kerupuk pangsit renyah dan lezat siap disajikan hangat-hangat.

4.Kerupuk Bawang

Kerupuk bawang sudah menjadi salah satu kerupuk yang paling populer di Indonesia, karena setiap hari banyak masyarakat yang mengkonsumsinya. Proses pembuatan kerupuk ini juga terbilang mudah.

Selain itu, kerupuk ini memiliki rasa yang enak, gurih, dan renyah. Apalagi kerupuk ini memiliki harga yang sangat terjangkau, itu sebabnya banyak orang yang membelinya, sehingga bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis kerupuk yang menjanjikan.

bisnis kerupuk rumahan

Bahan-bahan Kerupuk Bawang:

  • Tepung terigu 1 kg
  • Bawang putih 15 siung (haluskan)
  • Bawang merah 10 butir (haluskan)
  • Ketumbar bubuk 3 sendok teh
  • Merica bubuk ¼ sendok teh
  • Kaldu ayam bubuk 3 sendok teh
  • Soda kue 1 sendok teh
  • Seledri 2 batang (cincang halus)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus)

Cara Membuat Kerupuk Bawang:

1. Siapkan Wadah

Untuk membuat kerupuk bawang, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyiapkan wadah. Siapkan wadah yang cukup besar untuk menguleni adonan agar proses pengulenan lebih mudah.

2. Masukkan Semua Bahan

Cara membuat kerupuk bawang selanjutnya yaitu masukkan semua bahan (kecuali minyak goreng dan daun pisang) ke dalam wadah yang telah Anda siapkan.Untuk air sebaiknya tuang di belakang setelah semua bahan-bahan tercampur merata. Setelah itu barulah tuang air ke dalamnya sedikit demi sedikit sambil terus diuleni.

Jika dirasa sudah cukup, hentikan menambah air lalu uleni adonan sampai terbentuk adonan yang kalis. Jika masih terasa keras, tambahkan sedikit air lagi.

3. Bungkus Adonan

Langkah berikutnya yaitu membungkus adonan layaknya membungkus lontong. Bentuk daun pisang memanjang lalu masukkan adonan ke dalamnya, setelah itu gunakan lidi untuk merekat kedua ujungnya.

4. Kukus Adonan

Cara membuat kerupuk bawang berikutnya yaitu kukus adonan tersebut selama kurang lebih 3 jam. Setelah dikukus, diamkan adonan sampai benar-benar dingin. Selanjutnya barulah Anda dapat memotong adonan tipis-tipis.

5. Jemur Adonan

Jika sudah dipotong-potong, Anda dapat menjemurnya di bawah terik matahari sampai kering. Jemurlah sampai benar-benar kering agar kerupuk dapat mengembang secara sempurna.

6. Goreng Kerupuk yang Sudah Kering

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah memanaskan minyak goreng secukupnya. Setelah panas, kecilkan api lalu goreng kerupuk yang sudah dikeringkan sampai matang.

Jika sudah matang, angkatlah kerupuk tersebut lalu tiriskan terlebih dahulu. Jika sudah dingin, Anda dapat menyajikan dan menikmati kerupuk bawang buatan Anda tersebut. Atau Anda juga dapat menyimpannya di dalam stoples agar tidak mudah melempem. Itulah kerupuk bawang, selamat mencoba.resep

5.Kerupuk Jengkol

Siapa disini yang suka makan jengkol? Meskipun bagi sebagian masyarakat menganggap kalau jengkol itu jenis makanan yang bau dan dianggap kurang gaul, ternyata jengkol memiliki banyak mengandung vitamin C dan memiliki kandungan protein yang lebih banyak dibandingkan tempe. Banyak orang Indonesia yang suka mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini.

Apalagi jika diolah menjadi makanan ringan yang enak dan praktis. Kerupuk Jengkol ini sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat. Sesuai dengan namanya, kerupuk ini dibuat dengan bahan dasar jengkol. Kerupuk ini sangat nikmat untuk dijadikan sebagai cemilan karena rasa jengkol yang khas dan juga tekstur kerupuknya yang gurih dan renyah.

Meskipun begitu, harga kerupuk jengkol ini tak terbilang murah, karena harga jengkolnya sendiri pun sudah lumayan mahal. Tapi bukan tidak mungkin Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis kerupuk yang menjanjikan.

Bahan :

  • 1 kg jengkol tua kalau jengkol muda paling enak dijadikan lalapan kalau setengah tua rasanya cangor
  • 2 kg tepung tapioca
  • 300 ml air hangat
  • 50 gram bawang putih, haluskan
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 2 liter minyak goreng

Cara Membuat Jengkol Renyah :

  1. Bersihkan jengkol, lalu kupas, cuci hingga bersih, kemudian rendam dalam air bersih selama 20 menit, ganti air rendaman, dan rendam kembali selama 20 menit. Lakukan hingga minimal 3 kali. Angkat dan tiriskan.
  2. Siapkan panci tuang air dan masukan jengkol, tambahkan garam lalu rebus jengkol hingga kulit arinya mengelupas. Angkat dan tiriskan.
  3. Bersihkan kulit ari jengkol, lalu tumbuk hingga halus. tambahkan tepung tapioka, bawang putih halus, air hangat, garam dan penyedap rasa, uleni hingga semua bahan tercampur rata. Bentuk bulat memanjang seperti lontong , bungkus dengan daun pisang atau plastic, lalu kukus selama 40 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan.
  4. Setelah dingin iris tipis –tipis adonan lalu jemur hingga benar-benar kering.
  5. Setelah kering goreng kerupuk dalam minyak banyak dan bersih dengan panas sedang, goreng hingga matang . angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan untuk 200 bks @ 10 gr ( isi 20 kerupuk ).

6.Kerupuk Puli

Kerupuk Puli ini merupakan salah satu kerupuk khas Indonesia. Kerupuk ini berbahan dasar adonan beras yang diberi bumbu rempah dan penambah rasa rasanya jadi lebih gurih. Kerupuk ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan atau sebagai pelengkap nasi goreng atau makanan lainnya.

Kerupuk ini juga sangat mudah untuk dibuat, jadi Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Kerupuk ini punya karakteristik yang renyah dan juga rasanya yang gurih, sangat ideal untuk Anda jadikan sebagai peluang bisnis kerupuk, karena kerupuk ini sudah dikenal luas oleh masyarakat.

Bahan-bahan Kerupuk puli :

  • 300 gr nasi putih pulen
  • Garam secukupnya
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 Sdt ketumbar
  • 1/2 Sdt merica
  • Kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Puli :

  1. Pertama haluskan bawang putih, ketumbar, merica kemudian uleg dengan kaldu bubuk dan garam hingga benar benar halus.
  2. Kemudian campurkan bumbu yang telah di haluskan dengan nasi putih, aduk hingga rata. Jika dirasa kaldu bubuk dan garam masih kurang, dapat anda tambahkan sesuai selera.
  3. Lalu kita kukus nasi yang telah bercampur dengan bumbu tadi selama kurang lebih  20 menit.
  4. Angkat dan selagi masih panas, tumbuk nasi dalam ulekan, yang sebelumnya ulekan di alasi dengan plastik agar tidak lengket.
  5. Setelah halus kita bentuk adonan bulat bulat dengan diameter kurang lebih 3 cm.
  6. Setelah itu tipiskan atau pipihkan adonan dengan menggunakan roling pin.
  7. Setelah itu kita tata di atas tempayan dan jemur di atas terik matahari hingga benar benar kering.
  8. Setelah kering, kerupuk puli tanpa menggunakan bleng siap untuk di goreng.

7.Kerupuk Ikan Lele

Bagi Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ikan lele, jenis ikan air tawar yang satu ini memang selalu terasa nikmat untuk dijadikan sebagai olahan makanan, salah satunya itu Kerupuk Ikan Lele. Kerupuk ini memiliki tekstur yang renyah dan juga rasanya yang enak dan gurih khas ikan lele.

Meskipun begitu, belum ada banyak produsen yang mengolah ikan lele menjadi kerupuk. Padahal komoditas ikan lele di Indonesia selalu berkembang dari tahun ke tahun. Maka dari itu, ini bisa jadi peluang bagi Anda untuk bisa mengolah ikan lele menjadi sebuah cemilan yang digemari masyarakat.

Bahan Membuat Kerupuk Ikan Lele:

  • Daging ikan lele tanpa tulang sebanyak 500 gram.
  • Tepung tapioca 500 gram.
  • Minyak goreng
  • Air sebanyak 100 ml.
  • Gula
  • Garam
  • Telur bebek atau telur ayam sebanyak 2 butir
  • Plastik
  • Tali karet atau benang.

Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele:

  1. Bersihkan ikan lele dari patil, sirip, dan isi perutnya hingga bersih, kemudian cuci bersih.
  2. Kemudian kukus ikan lele yang sudah dibersihkan tadi hingga matang dan dinginkan.
  3. Haluskan daging dengan mesin penggiling daging atau jika memang tidak ada, anda bisa menumbuknya, namun untuk sekala yang besar sebaiknya menggunakan mesin penggiling daging agar hasilnya lebih bagus.
  4. Campurkan tepung tapioka yang sudah anda persiapkan tadi dengan air sedikit demi sedikit, kemudian tambahkan daging ikan lele yang sudah halus, garam, gula dan telur bebek.
  5. Aduk dan uleni campuran bahan tersebut hingga kalis dengan mesin pengaduk atau secara manual.
  6. Kemudian bungkus adonan tersebut dan masukkan adonan yang sudah di bungkus dengan plastik pembungkus ke dalam pengukus. Setelah matang, anda bisa mengangkatnya dan dinginkan.
  7. Iris tipis adonan yang sudah dingin tersebut, dan jemur hingga kering di bawah sinar matahari atau anda bisa menggunakan mesin pengering agar prosesnya lebih cepat.
  8. Kemudian anda goreng kerupuk lele yang sudah kering dan tiriskan. Setelah di rasa cukup, anda bisa mengemasnya dengan kemasan yang bagus agar banyak konsumen yang membelinya.
  9. Kerupuk ikan lele anda telah siap untuk dijual dalam keadaan yang sudah matang atau digoreng, atau anda juga bisa menjualnya dalam keadaan mentah atau kering dalam kemasan yang baik pula.

Demikian tadi artikel tentang usaha kerupuk rumahan, semoga bermanfaat. Teriima Kasih.

× Whatsapp Kami!