Kerupuk udang merupakan pendamping makan nasi atau camilan yang bisa dengan mudah kita temukan di mana saja dan saya akan membahas tenteng resep kerupuk udang. Namun, untuk membuat kerupuk udang sendiri pasti bisa mendatangkan kebanggaan. Apalagi, jika citarasanya bisa anda sesuaikan dengan selera lidah sendiri dan keluarga.

Kerupuk udang homemade juga mungkin lebih higienis dan sehat karena terjamin semua bahan dan proses pembuatannya. Simak tips berikut agar kerupuk udang buatan anda bisa lezat, gurih, dan renyah seperti yang banyak dijual di luar.Berikut ini Resep Membuat Kerupuk Udang Renyah Murah Meriah.

Resep Membuat Kerupuk Udang

Resep Kerupuk Udang

Bahan-bahan Membuat Kerupuk Udang:

  • 500 gr tepung tapioka
  • 500 gr udang segar, ambil dagingnya saja
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt gula pasir
  • garam secukupnya
  • air secukupnya
  • minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah Membuat Kerupuk Udang:

  1. Blender udang dengan bawang putih hingga halus benar. Tuang ke dalam wadah.
  2. Campur udang dengan tepung tapioka, garam, gula dan air, campur rata hingga jadi adonan pekat. Jangan sampai terlalu encer.
  3. Bungkus adonan dengan plastik panjang atau daun pisang memanjang. Ikat ujung-ujungnya.
  4. Kukus hingga matang, kurang lebih 1 jam. Angkat dan biarkan dingin.
  5. Potong-potong tipis adonan hingga menyerupai kerupuk udang.
  6. Jemur hingga kering di bawah sinar matahari
  7. Setelah benar-benar kering, goreng hingga mengembang dan jadi kerupuk yang siap disantap.

Kandungan Gizi Udang

Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa udang mengandung banyak vitamin, mineral, protein dan unsur-unsur lain yang sangat berguna bagi tubuh. Penjelasan lengkapnya diuraikan di bawah ini:

  • Kandungan selenium 102%,mungkin sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan selenium harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin B12, dapat memenuhi 78% kebutuhan Vitamin B12 harian tubuh.
  • Kandungan protein, dapat memenuhi 52% kebutuhan protein harian tubuh.
  • Kandungan fosfor,juga dapat memenuhi 50% kebutuhan fosfor harian tubuh.
  • Kandungan kolin, dapat memenuhi 36% kebutuhan kolin harian tubuh.
  • Kandungan copper, dapat memenuhi 32% kebutuhan copper harian tubuh.
  • Kandungan Yodium, juga dapat memenuhi 31% kebutuhan yodium harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin B3, dapat memenuhi 19% kebutuhan vitamin B3 harian tubuh.
  • Kandungan Zinc, dapat memenuhi 17% kebutuhan zinc harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin E, dapat memenuhi 17% kebutuhan vitamin E harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin B6, dapat memenuhi 16% kebutuhan Vitamin B6 harian tubuh.
  • Kandungan Lemak omega 3, dapat memenuhi 14% kebutuhan lemak omega 3 harian tubuh.
  • Kandungan Asam patotenis, dapat memenuhi 12% kebutuhan asam patotenis harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin A,juga dapat memenuhi 11% kebutuhan Vitamin A harian tubuh.

Manfaat Udang Bagi Kesehatan

1. Udang Sebagai Penyeimbang Hormon

Manfaat untuk mengkonsumsi udang yang paling utama adalah penyeimbang hormone-hormon yang ada di dalam tubuh. Khususnya, jika mungkin kita sering melakukan aktivitas olahraga udang sangat bermanfaat.

Udang yang mungkin mengandung banyak protein akan membantu memproduksi hormone dan menyeimbangkan jumlah hormone di dalam tubuh. Apalagi jika kita menginginkan peningkatan massa otot, hormone pembentuk massa otot akan dapat diproduksi dengan baik oleh nutrisi yang ada di dalam udang.

2. Udang Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit bebahaya seperti kanker ternyata dapat dicegah dengan mengkonsumsi udang lho. Pada 56 mikrogram di dalam 4 ons udang yang kita konsumsi, terdapat selenium dengan jumlah yang pas untuk memenuhi kebutuhan mineral selenium di dalam tubuh.

Mineral selenium ini merupakan zat antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Bahkan, beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa kandungan selenium di dalam udang dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita.

3. Udang Juga Bisa Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes dan Anti depresi

Selain kanker, udang juga dapat menjadi faktor pencegah yang bisa dikatakan unik untuk menghindari resiko terhadap penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung. Lagi-lagi, selenium adalah faktor yang sangat berpengaruh pada pencegahan penyakit jantung ini. karena kekurangan selenium ternyata dapat berakibat pada tingginya resiko terjadinya gagal jantung.

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang tergolong sulit untuk disembuhkan juga bisa kita cegah dengan memasukan udang ke dalam menu makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

Dan satu lagi, selenium yang ada di dalam udang bermanfaat pula bagi pencegahaan ataupun pengobatan bagi penderita depresi. Wow banget kan si udang ini?

4. Udang Sebagai Sumber Omega 3

Beberapa orang mungkin juga menganggap udang sebagai sumber kolesterol jahat atau LDL yang tinggi, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak memasukan udang ke dalam menu sehat harian. Tapi tahukah anda jika mungkin udang merupakan sumber omega 3 yang sangat lengkap? tentu anda sudah banyak mengetahui manfaat omega 3 kan ? sangat penting untuk otak.

Ya, banyak penelitian sudah membuktikan kebenaran bahwa udang memiliki kandungan omega 3 yang beragam. Di dalam empat ons udang, terkandung 50% Eicosapentaenoic Acid atau EPA dan terkandung juga Docosahexaenoic Acid atau DHA dalam presentase seimbang yakni 50%. EPA dan DHA sendiri merupakan dua jenis omega 3 yang berperan aktif guna menjaga kesehatan sistem syaraf dan sebagai faktor pencegah penyakit yang berkaitan dengan organ jantung.

5. Udang Mengandung Zat Anti Inflamasi

Riset membuktikan bahwa udang mengandung zat yang dapat digunakan sebagai anti inflamasi. Zat anti inflamasi tersebut merupakan Astaxanthin dan selenium mineral. Astaxanthin ini terdapat pada pigmen warna yang terdapat di cangkang udang. Zat tersebut sudah banyak diteliti oleh para ahli dan ditemukan bahwa zat ini sangat berguna untuk mencegah maupun mengobati inflamasi.

6. Udang Sebagai Sumber Makan Protein

Udang merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi sumber protein yang sangat baik. Kandungan protein di dalam udang bahkan menjadikan udang masuk ke dalam sepuluh besar makanan paling sehat di dunia. Dan, udang mengandung protein yang tidak hanya dapat mencuupi kebutuhan tubuh tetapi juga memiliki kualitas protein yang sangat bagus. Kegunaan protein tentu sangat banyak. Pertumbuhan kuku, rambut maupun untuk meningkatkan massa otot.

7. Udang Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Jika anda mungkin merasakan kurang berselara makan, disarankan untuk mengkonsumsi udang. Kenapa? Ini karena udang yang mengandung banyak protein jika dikonsumsi akan membentuk zat bernama peptida. Peptida di dalam tubuh akan merangsang pelepasan hormon yang berkaitan dengan nafsu makan yaitu hormon cholecystokinin (CCK). Jumlah CCK inilah yang mengatur tingkat nafsu makan seseorang. Dengan adanya peptida, jumlah hormon CCK dapat diatur sehingga anda pun dapat memiliki nafsu makan anda kembali.

8. Udang Sebagai Obat Anemia

Udang memiliki jumlah Vitamin yang tinggi dan beragam.  Di antaranya, udang memiliki kandungan vitamin B. Tidak hanya satu jenis vitamin B saja tetapi ada juga vitamin B jenis lainnya. Vitamin B dalam udang yaitu vitamin B6, B12, Kolin, Niasin dan asam pantotenis. Kegunaan dari vitamin-vitamin B ini mungkin untuk menstabilkan tekanan darah serta dapat mencegah terjadinya anemia. Bahkan mereka yang sudah diduga menderita penyakit kekurangan darah ini dapat diobati dengan konsumsi udang yang disesuaikan.

9. Udang Memiliki Kandungan Fosfor yang Tinggi

Udang yang mungkin sangat kaya manfaat ini juga memiliki khasiat untuk memperkuat tulang kita. Mengkonsumsi udang secara rutin mungkin akan menambah kepadatan dan membuat tulang kita menjadi lebih kuat. Zat untuk pembentuk tulang yaitu fosfor terdapat di dalam udang dengan jumlah yang tinggi.

Selain tulang, fosfor juga dapat menguatkan gigi-gigi kita. Karena jika tulang kita rapuh atau terjadi pengeroposan pada tulang, kesehatan pun secara umum akan terganggu. Persendian lah yang akan sangat terasa nyeri saat kita mengalami pengeroposan tulang.

10. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Selain dapat menjaga kesehatan rambut, udang juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Sifat antioksidan yang kuat dari kedua asam lemak yang dimiliki udang, yaitu astaxantin dan omega-3, mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kini, para peneliti memanfaatkan udang untuk dijadikan petunjuk dalam mendeteksi kanker.

Resep Kerupuk Udang

Peluang usaha kerupuk udang? Kerupuk udang? Kerupuk udang mungkin salah satu jenis kerupuk yang banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat secara luas. Kerupuk udang dibuat dengan campuran udang giling sehingga memiliki cita rasa yang sanngat khas jika dibandingkan dengan jenis kerupuk lainnya.

Kerupuk udang mungkin biasanya dijadikan lauk saat menyantap makanan berkuah seperti soto, rawon, dll. Tidak hanya nikmat jika dijadikan lauk saja namun saat sedang bersantai dengan keluarga Anda bisa menyajikan kerupuk udang dengan saus sambal sebagai cocolannya.

Kerupuk udang saat ini mungkin banyak dijual dipasaran baik yang masih entah ataupun yang sudah digoreng. Jika Anda suka dengan jenis kerupuk yang satu ini maka tidak perlu binggung dimana tempat yang tepat untuk mendapatkan kerupuk udang. Kerupuk udang saat ini banyak dijual di berbagai toko, pasar, supermarket, swalayan, mall, dll.

Mungkin Harga jual kerupuk udang masih sangat terjangkau sehingga Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan olahan kerupuk udang. Proses penggolahan atau proses produksi kerupuk udang sangat mudah sehingga membuat banyak para pembisnis baru yang ingin menjalankan usaha kerupuk udang.

Berbisnis kerupuk yang bisa dikatakan cukup mudah bukan berati tidak menjanjikan. Potensi bisnis kerupuk udang justru sangat menguntungkan karena Anda bisa melihat dari banyaknya jumlah peminat masyarakat yang semakin meningkat untuk mendapatkan kerupuk udang.

Apakah Anda mungkin sebagai salah satu masyarakat yang ingin mencoba menjalankan bisnis kerupuk udang? Bagi Anda yang belum memiliki usaha bisa mengambil kesempatan yang ada untuk menjalankan bisnis kerupuk udang.

Bisnis kerupuk udang sangat mudah untuk dijalankan namun sebagai pembisnis kerupuk udang yang masih pemula ada beberapa persiapan yang perlu diketahui supaya bisnis kerupuk udang yang dijalankan bisa semakin sukses dan mampu bersaing dengan para pembisnis kerupuk udang lainnya. Adapun persiapan yang perlu diperhatikan dapat Anda lihat di bawah ini.

1.Tempat Usaha

Proses pembuatan kerupuk udang membutuhkan tempat produksi agar berjalan dengan lancar. Jika anda ingin menjalankan bisnis kerupuk udang sebaiknya proses produksi harus berpisah dengan dapur yang ada di rumah. Agar proses produksi berjalan lancar maka Anda perlu menyiapkan tempat produksi yang bersih dengan menyediakan aneka peralatan yang diperlukan. Dengan begitu proses pembuatan kerupuk udang akan berjalan dengan lancar.

2.Persiapan Bahan

Setelah Anda mungkin memikirkan persiapan tempat usaha untuk menjalankan bisnis kerupuk udang langkah berikutnya yang perlu diperhatikan adalah persiapan kebutuhan bahan yang digunakan untuk membuat kerupuk udang. Mungkin Bahan-bahan yang digunakan sebagai bahan untuk membuat kerupuk udang harus tersedia. Jika stok bahan sudah mulai habis sebaiknya Anda menambah stok bahan agar proses pembuatan kerupuk udang tetap berjalan dengan lancar.

3.Kemasan

Kemasan kerupuk udang yang Anda produksi mungkin harus terlihat menarik. Usahakan untuk memberi label pada kemasan kerupuk udang agar masyarakat mengetahui produksi kerupuk udang yang Anda buat.

4.Pemasaran Luas

Agar kerupuk udang yang diproduksi dapat menjangkau masyarakat secara luas maka Anda harus memasarkan kerupuk udang dalam jangka yang luas pula. Pemasaran yang luas akan membuat masyarakat dari berbagai daerah semakin menjangkau kerupuk udang yang Anda buat.

Beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum menjalankan peluang bisnis kerupuk udang dapat Anda perhatikan di atas. Bagi Anda yang mungkin ingin menjalankan bisnis kerupuk udang tidak hanya mengetahui persiapan penting di atas saja namun Anda juga perlu melihat hitungan analisa usaha dalam menjalankan bisnis kerupuk udang seperti yang ada di bawah ini.

Analisa Usaha Kerupuk Udang

Asumsi

  • Mesin pemotong kerupuk lontong selama waktu 8 tahun.
  • Kompor serta tabung gas selama waktu 5 tahun.
  • Panci pengukus selama waktu 4 tahun.
  • Pisau selama waktu 3 tahun.
  • Wadah selama waktu 3 tahun.
  • Lap selama waktu 1 tahun.
  • Mesin oven pengering selama waktu 3 tahun.
  • Mesin hand sealer selama waktu 4 tahun.
  • Meja dan kursi selama waktu 3 tahun.
  • Peralatan tambahan selama waktu 3 tahun.

Investasi

Peralatan Harga
 Mesin pemotong kerupuk lontongan  Rp. 4,500,000
 Kompor dan gas  Rp. 350,000
 Panci pengukus  Rp. 100,000
 Pisau  Rp. 80,000
 Wadah  Rp. 50,000
 Lap  Rp. 50,000
 Mesin oven pengering  Rp. 2,500,000
 Mesin hand sealer  Rp. 1,800,000
 Meja dan Kursi  Rp. 600,000
 Peralatan tambahan  Rp. 90,000
 Jumlah Investasi  Rp. 10,120,000

Biaya Operasional

Biaya Operasional per Bulan
 Biaya Tetap
 Penyusutan mesin pemotong kerupuk lontongan 1/30 x Rp. 4.500.000  Rp. 150,000
 Penyusutan kompor dan gas 1/30 x Rp. 350.000  Rp. 11,667
 Penyusutan panci pengukus 1/30 x Rp. 100.000  Rp. 3,333
 Penyusutan pisau 1/30 x Rp. 80.000  Rp. 2,667
 Penyusutan wadah 1/30 x Rp. 50.000  Rp. 1,667
 Penyusutan lap 1/30 x Rp. 50.000  Rp. 1,667
 Penyusutan mesin oven pengering 1/30 x Rp. 2.500.000  Rp. 83,333
 Penyusutan hand sealer 1/30 x Rp. 1.800.000  Rp. 60,000
 Penyusutan meja dan kursi 1/30 x Rp. 600.000  Rp. 20,000
 Penyusutan alat tambahan 1/30 x Rp. 90.000  Rp. 3,000
 Total Biaya Tetap  Rp. 337,333

 

Biaya Variabel
 Tepung kanji  Rp. 100,000  x  30  =  Rp. 3,000,000
 Tepung terigu  Rp. 100,000  x  30  =  Rp. 3,000,000
 Udang  Rp. 150,000  x  30  =  Rp. 4,500,000
 Telur  Rp. 40,000  x  30  =  Rp. 1,200,000
 Air kapur sirih  Rp. 15,000  x  30  =  Rp. 450,000
 Gula halus  Rp. 50,000  x  30  =  Rp. 1,500,000
 Penyedap rasa  Rp. 30,000  x  30  =  Rp. 900,000
 Bawang putih  Rp. 50,000  x  30  =  Rp. 1,500,000
 Garam  Rp. 10,000  x  30  =  Rp. 300,000
 Plastik  Rp. 30,000  x  30  =  Rp. 900,000
 Gas LPG  Rp. 40,000  x  30  =  Rp. 1,200,000
 Listrik  Rp. 30,000  x  30  =  Rp. 900,000
 Biaya Variabel  Rp. 19,350,000

 

Total Biaya Operasional
 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 19,687,333

Pendapatan

Pendapatan per Bulan
 Penjualan rata – rata =
100  Bungkus  x  Rp. 10,000  =  Rp. 1,000,000
Rp. 1,000,000  x 30 hr  =  Rp. 30,000,000

 

Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.    30,000,000  – 19,687,333  =  Rp. 10,312,667

 

Lama Balik Modal
 Total Investasi / Keuntungan =  Rp. 10,120,000  : 10,312,667  = 1  bln

 

Jadi, jika dilihat dari hitungan analisa usaha yang disediakan di atas Anda dapat mengetahui besarnya keuntungan yang didapatkan setiap satu bulannya dalam menjalankan bisnis kerupuk udang. Bagi Anda yang ingin proses produksi kerupuk udang dapat berjalan lancar maka Anda perlu mengaplikasikan mesin pemotong kerupuk.

Mesin pemotong kerupuk akan membantu Anda dalam melancarkan proses pemotongan dengan cepat. Jika Anda ingin menggunakan mesin pemotong kerupuk sebaiknya mempercayakan mesin usaha yang diproduksi oleh rumah mesin dan Anda bisa segera mendapatkannya di rumah Mesin.

Demikian tadi merupakan informasi penting tentang peluang usaha kerupuk udang yang sangat menguntungkan jika dijalankan sebagai salah satu bisnis. Semoga saja dengan adanya berbagai penjelasan di atas dapat membuat bisnis kerupuk udang yang Anda jalankan berjalan dengan lancar.

× Whatsapp Kami!