Kerupuk bawang adalah makanan yang berupa cemilan kerupuk yang berukuran panjang yang di olah dari tepung terigu atau tepung sagu dan saya akan membahas tentang resep kerupuk bawang. Kerupuk ini bercita rasa gurih dan renyah karena di olah secara sederhana tanpa menggunakan bahan pewarna dan pengawet sehingga keaslian rasanya tetap terjaga dan kualitasnya terjamin.

Kerupuk merupakan camilan yang sellau ada disaat makan.Apabila pada saat makan tidak ditemani dengan kerupuk maka akan terasa tidak lengkap.Kerupuk sebagai camilan yang banyak disukai oleh masyarakat karena kerupuk merupakan camilan yang mempunyai rasa gurih dan tekstur yang renyah.Semua orang pasti menyukai olehan kerupuk mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Jenis dari camilan kerupuk sekarang ini sudah banyak sekali sehingga bagi masyarakat yang menyukai dengan kerupuk bisa memilih camilan kerupuk yang paling disukai.Untuk mendapatkan camilan kerupuk sangat mudah sekali jika didapatkan di indonesia bahkan hampir dimasing-masing daerah yang ada di indonesia mempunyai kerupuk khas dari masing-masing daerahnya.

Simak Resep kerupuk Bawang yang Gurih Berikut

Sebelum anda membahas lebih lanjut mengenai cara membuat kerupuk bawang, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini merupakan bahan-bahan yang harus Anda persiapkan untuk membuat kerupuk bawang gurih dan renyah:

resep kerupuk bawang

Bahan-bahan Resep Kerupuk Bawang:

  • Tepung terigu 1 kg
  • Bawang putih 15 siung (haluskan)
  • Bawang merah 10 butir (haluskan)
  • Ketumbar bubuk 3 sendok teh
  • Merica bubuk ¼ sendok teh
  • Kaldu ayam bubuk 3 sendok teh
  • Soda kue 1 sendok teh
  • Seledri 2 batang (cincang halus)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus)

Langkah-langkah Resep Kerupuk Bawang:

1. Siapkan wadah

Untuk ingin membuat kerupuk bawang, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyiapkan wadah. Siapkan wadah yang cukup besar untuk menguleni adonan agar proses pengulenan lebih mudah.

2. Masukkan semua bahan

Cara untuk membuat kerupuk bawang selanjutnya yaitu masukkan semua bahan (kecuali minyak goreng dan daun pisang) ke dalam wadah yang telah Anda siapkan.

Untuk air mungkin sebaiknya tuang di belakang setelah semua bahan-bahan tercampur merata. Setelah itu mungkin barulah tuang air ke dalamnya sedikit demi sedikit sambil terus diuleni.

Jika mungkin  dirasa sudah cukup, hentikan menambah air lalu uleni adonan sampai terbentuk adonan yang kalis. Jika masih terasa keras, tambahkan sedikit air lagi.

3. Bungkus adonan

Langkah berikutnya yaitu membungkus adonan layaknya membungkus lontong. Bentuk daun pisang memanjang lalu masukkan adonan ke dalamnya, setelah itu gunakan lidi untuk merekat kedua ujungnya.

4. Kukus adonan

Cara untuk membuat kerupuk bawang berikutnya yaitu kukus adonan tersebut selama kurang lebih 3 jam. Setelah dikukus, diamkan adonan sampai benar-benar dingin. Selanjutnya barulah Anda dapat memotong adonan tipis-tipis.

5. Jemur adonan

Jika sudah dipotong-potong, Anda dapat menjemurnya di bawah terik matahari sampai kering. Jemurlah hingga benar-benar kering agar kerupuk dapat mengembang secara sempurna.

6. Goreng kerupuk yang sudah kering

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah memanaskan minyak goreng secukupnya. Jika sudah panas, kecilkan api lalu goreng kerupuk yang sudah dikeringkan sampai matang.

Jika mungkin sudah matang, angkatlah kerupuk tersebut lalu tiriskan terlebih dahulu. Jika mungkin sudah dingin, Anda dapat menyajikan dan menikmati kerupuk bawang buatan Anda tersebut. Atau Anda juga bisa menyimpannya di dalam stoples agar tidak mudah melempem. Itulah Resep Kerupuk Bawang , selamat mencoba.

resep kerupuk bawang

Kerupuk bawang menjadi menu lauk atau camilan yang paling digemari, cita rasa gurih dan renyahnya mampu membuat suasana makan menjadi menyenangkan. Kerupuk bawang ini juga mungkin sudah banyak dijual dipasaran, karena memang penikmat kerupuk bawang cukup besar dari berbagai kalangan.

Jenis kerupuk ini paling banyak diminati dan disukai karena cita rasanya yang lezat, membuat peluang usaha kerupuk bawang ini menggiurkan untuk dicoba. Sebagai lauk dan camilan kerupuk bawang memang mampu menghipnotis setiap kalangan untuk menikmatinya. Oleh karena itu  usaha kerupuk bawang ini sangat menguntungkan dan bisa dicoba untuk ditekuni, siapa tahu cocok untuk dijalankan.

Info Bisnis Kerupuk Bawang

Kerupuk bawang juga memiliki kualitas rasa yang bagus dengan tekstur krispi renyah. Camilan ini enak digunakan sebagai lauk atau menu camilan biasa. Mungkin Banyak cara untuk menikmati kerupuk bawang dan camilan ini nikmat dimakan dalam segala suasana.

Bisnis kerupuk bawang sendiri juga bisa dijalankan oleh siapa pun. Cara membuat kerupuk bawang sangat mudah dan sederhana, bahan baku kerupuk bawang bisa diperoleh dipasaran dengan mudah.

Apabila juga ingin menjalankan usaha kerupuk bawang akan lebih baik jika Anda mengetahui cara memulainya. Mungkin Supaya nanti juga bisa mempersiapkan kebutuhan apa saja saat membuka bisnis kerupuk dari bahan bawang ini.

Mungkin Terdapat banyak persiapan pada bisnis kerupuk bawang sama halnya dengan aneka bisnis lainnya. Beberapa persiapan ini misalnya bahan baku, target pasar, peralatan usaha, cara mengelola usaha, strategi pasar, dan sebagainya. Supaya Anda juga bisa memahaminya dengan baik maka simak dengan baik artikel usaha kerupuk bawang ini.

Bahan Baku Kerupuk Bawang

Ketahuilah bahan baku untuk menjalankan usaha kerupuk bawang ini. Dengan anda mengetahui bahan untuk membuat kerupuk bawang maka akan semakin mudah Anda dalam menjalankan usaha. Tentukan bahan baku dengan memiliki kualitas tepung dan bawang untuk bumbu halus.

Selain bahan tersebut ada bahan lainnya yang akan membuat kerupuk bawang lebih nikmat berupa ketumbar, merica, seledri, dan sebagainya. Supaya bisa menghasilkan kerupuk bawang bervariasi maka kerupuk bawang bisa ditambahi dengan bumbu aneka rasa. Mungkin dengan produk kerupuk bawang dengan aneka rasa akan lebih diminati.

Perlengkapan Bisnis Kerupuk Bawang

Menjalankan bisnis kerupuk bawang ini juga butuh persiapan matang untuk melancarkan usaha. Persiapan ini seperti perlengkapan produksi dan perlengkapan untuk promosi. Peralatan untuk memulai bisnis kerupuk bawang ini misalnya wajan, kompor dan gas, spatula, peniris minyak, pengaduk adonan kerupuk, cetakan kerupuk bawang, alat pengemas, baskom dan sebagainya.

Konsumen Kerupuk Bawang

Camilan yang renyah ini sangat disukai aneka golongan masyarakat dari anak – anak sampai orang tua. Kerupuk bawang mungkin bisa digunakan untuk camilan atau menu lauk saat makan.

Mungkin Kandungan gizi yang ada pada bawang juga membuat banyak kalangan memilih mengkonsumsi bawang. Sehingga membuat kerupuk bawang ini memiliki konsumen yang besar dari berbagai golongan. Mungkin Sebagai pelaku usaha kerupuk bawang ini bisa menentukan target pasar dengan mudah.

Tempat Bisnis Kerupuk Bawang

Saat ingin memulai usaha kerupuk bawang ini butuh tempat usaha yang strategis supaya produk dikenal masyarakat. Tempat usaha yang sesuai untuk menjalankan bisnis ini yaitu di pinggiran jalan, dekat dengan pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Jika mungkin ingin produk kerupuk bawang dilirik maka tata dengan rapi kerupuk bawang dan kemas secara menarik.

Harga Kerupuk Bawang

Produk kerupuk bawang ini juga bisa dibeli dengan harga murah, sesuai dengan kemasan yang diberikan. Rata – rata harga kerupuk bawang dipasaran ini mulai dari Rp. 5.000 sampai Rp. 15.000 per kemasan sesuai dengan beratnya. Kerupuk bawang juga bisa dijual secara matang atau mentah sesuaikan dengan keinginan.

Kelebihan Bisnis Kerupuk Bawang

Kerupuk bawang menjadi produk andalan dan selalu laris manis dipasaran karena banyak yang suka. Hal ini mungkin menjadi kelebihan dari berbisnis kerupuk bawang.Untuk Target pasar yang mudah didapatkan dan harga jual kerupuk bawang terjangkau sehingga siapa pun bisa membelinya.

Bisnis kerupuk bawang ini mungkin juga tidak membutuhkan banyak cara untuk menjalankannya. Modal usaha yang dibutuhkan tidak besar sehingga bisa dijalankan oleh siapa pun.

Pemasaran Bisnis Kerupuk Bawang

Produk kerupuk bawang ini juga mungkin dalam pemasaran bisa dilakukan dengan menawarkan kerupuk bawang ke beberapa toko, supermarket, swalayan, atau tempat menjual oleh – oleh. Pastikan jika kemasan rapi, terdapat label dan sudah terdaftar di BPOM sehingga produk kerupuk bawang terpercaya. Anda bisa membuat brosur untuk memasarkannya atau menggunakan jasa promosi supaya produk cepat dikenal masyarakat.

Contoh Analisa Usaha Kerupuk Bawang

Tertarik untuk mencoba peluang bisnis kerupuk bawang ini maka silahkan disimak dengan baik contoh analisa usaha kerupuk bawang sebagai berikut :

Asumsi :

  • Masa penggunaan kompor dan gas selama waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan baskom selama waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan mesin pengaduk adonan selama waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan penghalus bumbu selama waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan mesin cetak kerupuk selama waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan mesin pengemas selama waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan peniris minyak selama waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan peralatan tambahan selama waktu 4 tahun
Peralatan  Harga
 Kompor dan  gas  Rp. 300,000
 Baskom  Rp. 150,000
 Mesin pengaduk adonan  Rp. 500,000
 Penghalus bumbu  Rp. 120,000
 Mesin cetak kerupuk  Rp. 600,000
 Mesin pengemas  Rp. 450,000
Peniris minyak  Rp. 1,750,000
 Peralatan tambahan  Rp. 150,000
 Jumlah Investasi  Rp. 4,020,000

Biaya Operasional

Biaya Operasional per Bulan
 Biaya Tetap  Nilai
 Penyusutan kompor dan gas  1/48 x Rp. 300.000  Rp. 6,250
 Penyusutan baskom 1/48 x Rp. 150.000  Rp. 3,125
 Penyusutan mesin pengaduk adonan 1/48 Rp. 500.000  Rp. 10,417
 Penyusutan penghalus bumbu 1/48 x Rp. 120.000  Rp. 2,500
 Penyusutan mesin cetak kerupuk 1/48 x Rp. 600.000  Rp. 12,500
 Penyusutan mesin pengemas 1/48 x Rp. 450.000  Rp. 9,375
 Penyusutan peniris minyak 1/48 x Rp. 1.750.000  Rp. 36,458
 Penyusutan peralatan tambahan  1/48 x Rp. 150.000  Rp. 3,125
 Total Biaya Tetap  Rp. 83,750

Biaya Variabel

Biaya Variabel
 Bawang putih  Rp. 50,000  x 30  =  Rp. 1,500,000
 Bawang merah  Rp. 60,000  x 30  =  Rp. 1,800,000
 Tepung terigu  Rp. 150,000  x 30  =  Rp. 4,500,000
 Garam  Rp. 2,000  x 30  =  Rp. 60,000
 Minyak goreng  Rp. 140,000  x 30  =  Rp. 4,200,000
 Kemasan  Rp. 30,000  x 30  =  Rp. 900,000
 Gas Lpg  Rp. 22,000  x 4  =  Rp. 88,000
 Biaya listrik  Rp. 140,000  x 1  =  Rp. 140,000
 Biaya air  Rp. 80,000  x 1  =  Rp. 80,000
 Biaya tambahan lain  Rp. 150,000  x 30  =  Rp. 4,500,000
 Total Biaya Variabel  Rp. 17,768,000

 

Total Biaya Operasional
 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 17,851,750

Pendapatan

Pendapatan per Bulan
 Penjualan rata – rata =
43  kemasan  x  Rp. 15,000  =  Rp. 645,000
Rp. 645,000  x 30  hr  =  Rp. 19,350,000

 

Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.      19,350,000  – 17,851,750  =  Rp. 1,498,250

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan =  Rp. 4,020,000  : 1,498,250  = 3  bln

Mungkin Supaya dalam menjalankan usaha kerupuk bawang ini semakin mudah maka dibutuhkan mesin usaha seperti mesin oven pengering. Mesin ini juga dapat digunakan untuk mengeringkan kerupuk bawang sehingga cepat kering dan bisa segera dipasarkan.

Mungkin Sekian tadi ulasan untuk resep kerupuk bawang dan analisa usahanya, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.

× Whatsapp Kami!