Resep Keripik Singkong Pedas Balado Khas Jawa Barat

Resep Keripik Singkong Pedas Balado – Keripik singkong merupakan salah satu dari aneka camilan yang sangat digemari. Tetapi apa jadinya jika keripik tidak renyah alias melempem. Berikut resep dan tips cara membuat keripik singkong pedas enak renyah dan gurih.

Resep Keripik Singkong Pedas Balado Khas Jawa Barat

Resep Keripik Singkong Pedas – Oleh sebab itu kerenyahan dari camilan ini menjadi ciri khas dari keripik singkong. Apalagi jika ditambah dengan varian rasa yang bermacam-macam menjadikan rasa camilan ini menjadi semakin dahsyat saat berada didalam mulut. Berikut ini kami akan bagikan resep cara membuat keripik singkong pedas.

 

Bahan Dan Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Balado

Bahan Dan Bumbu :

  • Singkong sebanyak 1 kg.
  • kapur sirih sebanyak 1 sdm.
  • air bersih 300 ml.
  • 5 sdm garam untuk rendaman.
  • 5 siung bawang putih, yang sudah haluskan untuk rendaman.
  • 2 sdm gula pasir untuk bumbu.
  • Minyak goreng secukupnya.

Haluskan :

  • bawang merah 8 butir.
  • cabai merah keriting 150 gram.
  • 1½ sdt garam.

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Balado

  1. Langkah pertama singkong yang berukuran cukup besar dikupas terlebih dahulu, kemudian dicuci bersih lalu diiris tipis dengan menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik jika tidak ada bisa menggunakan pisau, tetapi usahakan ukuran irisan singkong sama tipis.
  2. Campur air dengan air kapur sirih, lalu campuran tersebut dengan bawang putih dan garam yang sebelumnya telah dihaluskan, aduk air rendaman hingga rata. Rendam irisan singkong ke air rendaman tersebut rendam hingga kurang lebih 30 menit, angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng singkong hingga berwarna kekuningan atau kecoklatan dan kering, angkat dan tiriskan keripik singkong hingga dingin dan tidak terlalu berminyak.
  4. Panaskan minyak dengan api kecil, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan, aduk sebentar. Tuang gula pasir sedikit demi sedikit, aduk tumisan hingga rata. Setelah bumbu mengering, kecilkan api lalu masukkan keripik singkong, aduk hingga rata. Jika sudah matang angkat, tiriskan dan diamkan hingga dingin lalu sajikan.

 

Tips Membuat Keripik Singkong Yang Renyah :

  1. Pilihlah singkong yang masih segar, berukuran besar dan isinya berwarna putih tidak berwarna kebiruan.
  2. Tiriskan singkong yang sudah direndam hingga benar-benar tidak mengandung air dan usahakan singkong jangan terkena sinar matahari langsung.
  3. Siapkan dua penggorengan. Penggorengan yang pertama dengan api sedang sedang yang bertujuan untuk menggoreng singkong hingga setengah matang saja, kemudian penggorengan yang kedua dengan api besar yang bertujuan untuk menggoreng singkong yang setengah matang tadi menjadi matang.
  4. Penggunaan bumbu sebaiknya disesuaikan dengan selera, atau anda dapat memadukan dengan yang lain, seperti daun salam, cabai merah besar atau air asam jawa. Selain rasa bumbu pedas balado, keripik singkong bisa juga disajikan dengan bumbu asin atau keju.

 

Baca Juga : Cara Memilih Singkong Yang Berkualitas Baik

 

Tips Membuat Keripik Singkong Yang Empuk :

  1. Singkong atau ubi kayu yang masih segar tidak lebih dari 1 hari setelah dicabut dari akarnya.
  2. Iris singkong jangan terlalu tipis ataupun tebal, rendam singkong dengan air panas.
  3. Campurkan soda kue sebanyak 1 sdt yang dilarutkan dengan 1 lt air, lalu diamkan air hingga dingin.
  4. Goreng singkong dengan api yang besar kira-kira perbandingan minyak goreng dan singkong adalah 3:1.
  5. Jika setelah dicampur bumbu, lalu singkong menjadi lembek itu berarti bumbu masih mengandung banyak air atau saat proses menumis anda terlalu banyak menambahkan air.
  6. Agar keripik singkong bisa menjadi renyah kembali, caranya adalah di goreng kembali dengan api besar. Namun cara ini beresiko mengurangi rasa dari singkong atau anda juga bisa dengan menggunakan oven agar tidak merubah rasa dari singkong tersebut. Tetapi kami sarankan agar anda memakai oven kompor agar kualitas rasa dari singkong tidak berubah.

 

Resep Keripik Singkong Pedas Balado – Untuk mendapatkan hasil keripik yang terbaik, tentu ada sejumlah kriteria singkong yang baik, untuk memilih singkong sebenarnya susah-susah gampang. Tentunya ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan saat memilih singkong yang berkualitas baik, dan tentunya singkong yang berkualitas bagus akan mempengaruhi kualitas dari keripik singkong yang akan dibuat.

 

Baca Juga : Cara Memuat Keripik Buah Naga Tanpa Mesin Spinner