Pada artikel kali ini saya akan memberitahu resep keripik bayam. Bahan utama pembuatan keripik ini adalah daun bayam hijau atau merah yang lebar. Rasa bayam yang dibalut dengan tepung beras sangat renyah dan gurih.

Mendengar kata Keripik Bayam, biasanya kita akan selalu tertarik karenanya. Maklum, gorengan dalam bentuk sayuran dari jenis bayam memang jarang-jarang muncul meskipun sudah lama dijual di pasaran. Hanya saja bisa jadi kita tidak cocok dengannya. Itulah sebabnya saya ingin memberitahu dan mencoba membuat sendiri di rumah.

Selain daun bayam bisa diolah menjadi sayur, ternyata kamu juga bisa bisa nih, mengolah daun bayam menjadi keripik yang renyah. Keripik ini sangat pas menjadi camilan hari libur Lebaran nih.

Daun bayam yang kaya akan kandungan nutrisi seperti beta karoten, vitamin C, vitamin A, kalsium, karbohidrat dan zat besi. Kandungan yang terdapat di dalam daun bayam ini sangat bermanfaat untuk tubuh kita lho.

Keripik bayam merupakan makanan sederhana yang mudah dibuat dan enak untuk di jadikan cemilan di rumah ataupun di kantor. Makanan ini bisa menjadi alternatif dalam mengolah bayam. Juga bisa menjadi pengganti kerupuk teman makan nasi.

Berikut ini kami akan menyajikan aneka resep keripik bayam,Agar penampilan keripik bagus, gunakan bayam raja yang berdaun lebar. Siangi batangnya terlebih dahulu agar terlihat rapi setelah digoreng.

Keripik Bayam Kriuk

resep keripik bayam

Selanjutnya resep keripik bayam kriuk berikut dibuat dengan menyampurkan tepung beras dan santan agar lebih renyah. Anda bisa tambahkan satu butir telur ayam jika ingin keripik yang yang kita buat bertekstur rapuh.

Resep Keripik Bayam Kriuk

Bahan:

  • 500 gram tepung beras
  • 100 ml santan kental instan
  • 40 lembar daun bayam raja, cuci bersih
  • 1 butir telur ayam (opsional)
  • garam halus secukupnya
  • air secukupnya

Bumbu Halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • 3 cm kencur
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 sendok teh ketumbar

Resep Keripik Bayam:

  1. Campur tepung beras dengan santan kental instan. Kemudian masukkan bumbu halus dan aduk rata. Tuangkan air sedikit demi sedikit hingga mencapai kekentalan yang diinginkan dan pastikan adonan tidak menggumpal. Idealnya adonan cukup encer agar tidak membentuk lapisan tebal di wajan.
  2. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak. Kemudian celupkan bayam ke dalam adonan tepung, kemudian goreng bayam yang sudah dibaluti tepung hingga renyah.
  3. Kemudian jika keripik sudah matang angkat dari penggorengan,kemudian simpan di atas kertas untuk meniriskan minyaknya.

Setelah keripik bayam sudah matang dan ditiriskan, kemudian simpanlah keripik di wadah kedap udara seperti toples dan lain sebagainya agar keripik tetap renyah meski sudah beberapa hari.

Keripik Bayam Pedas

resep keripik bayam

Selanjutnya kita akan mempelajari cara membuat peyek bayam atau keripik bayam pedas. Pada keripik pedas ini adonan tepungnya sama saja, hanya kita perlu menambahkan beberapa bumbu saja seperti bumbu kunyit dan cabai rawit.

Resep Keripik Bayam Pedas

Bahan:

  • 500 gram tepung beras
  • 100 ml santan kental instan
  • 40 lembar daun bayam raja, cuci bersih
  • garam halus secukupnya
  • air secukupnya

Bumbu Halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit
  • 3 buah kemiri
  • 3 cm kencur
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 1 butir bawang merah
  • 1 cm kunyit, kupas

Resep Keripik Bayam:

  1. Campur tepung beras dengan santan kental instan. Kemudian masukkan bumbu halus dan aduk rata. Tuangkan air sedikit demi sedikit hingga mencapai kekentalan yang kita inginkan dan tidak ada adonan yang menggumpal lagi. Idealnya adonan cukup encer agar tidak membentuk lapisan tebal di wajan.
  2. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak. Kemudian celupkan bayam ke dalam adonan tepung, lalu goreng bayam hingga renyah.
  3. Setelah adonan sudah matang angkat keripik bayam dari penggorengan,kemudian letakkan di atas kertas atau tisu untuk meniriskan minyaknya.

Kemudian setelah keripik bayam sudah matang dan di tiriskan, lalu kita simpan di wadah kedap udara agar tetap awet dan renyah meski sudah beberapa hari.

Peyek Bayam Tanpa Santan

Meski tidak ada santan dalam pembuatan peyek bayam atau keripik bayam, masih bisa dibuat tanpa campuran bahan tersebut. Hasilnya tetap renyah dan enak, kok. Berikut ini kita akan memberitahukan resepnya.

Resep Keripik Bayam tanpa Santan

Bahan:

  • Daun bayam raja secukupnya
  • 300 gram tepung beras
  • 1 gelas air

Bumbu halus:

  • 1 cm kunyit
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • minyak goreng secukupnya

Resep Keripik Bayam:

  1. Cuci daun bayam raja atau jenis bayam yang lainnya hingga bersih, kemudian tiriskan.
  2. Setelah itu campurkan tepung beras dengan bumbu halus, lalu tuangkan air sedikit demi sedikit sampai mendapatkan kekentalan dari adonan yang dibuat.
  3. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak di Penggorengan. Kemudian celupkan bayam di dalam adonan tepung yang sudah dibumbui, kemudian goreng hingga matang dan renyah.
  4. Setelah adonan keripik bayam sudah matang kita angkat, lalu letakkan keripik di atas kertas untuk meniriskan minyaknya.

Sama seperti yang sebelumnya keripik yang sudah matang dan ditiriskan kita simpan diwadah kedap udara agar keripiknya tetap renyah meskipun sudah beberapa hari menyimpannya.

Keripik Bayam Aneka Rasa

Sebenarnya cara membuat keripik bayam aneka rasa tak beda jauh dengan keripik tempe atau keripik pisang aneka rasa. Bedanya kita hanya perlu menyiapkan bumbu perasa bubuk sesuai selera kita saja, kalau saya di sini mencontohkan dengan bumbu barbeque.

Resep Keripik Bayam Aneka Rasa

Bahan:

  • Keripik bayam yang baru matang secukupnya
  • Bumbu barbeque bubuk atau bumbu yang lainnya (sesuai selera) secukupnya.

Resep Keripik Bayam:

  1. Pertama, letakkan keripuk bayam yang baru matang di atas piring atau wadah yang lainnya.
  2. Kemudian taburkan bumbu yang sudah kita siapkan sedikit demi sedikit
  3. Balikkan keripik bayamnya dan taburkan kembali bumbu nya
  4. Saat kita mencampurkan bumbu jangan di kocok-kocok keripik bayam agar tidak remuk
  5. Setelah selesai di bumbui tunggu sampai keripik bayam dingin, kemudian pindahkan ke dalam wadah kedap udara.

Kemudian sama seperti pembuatan keripik yang sebelumnya kita harus menyimpannya di wadah kedap udara agar keripik yang kita buat tidak mudah basi dan tetap renyah meski sudah beberapa hari kita menyimpannya.

Manfaat Keripik Bayam Bagi Kesehatan:

Selain dapat dikonsumsi sebagai camilan sehari-hari ternyata di dalam keripik bayam memiliki banyak berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini saya akan beri tahu beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi keripik bayam setiap hari.

       1. Mencegah anemia :

Di dalam keripik bayam terdapat kandungan zat besi yang di percaya sangat efektif untuk mencegah terjadinya anemia. Sehingga dengan mengkonsumsi keripik bayam Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit salah satunya adalah terhindar dari penyakit anemia.

       2. Mengobati tekanan darah tinggi :

Keripik bayam juga sangat efektif untuk mengobati tekanan darah tinggi. Didalam keripik bayam terdapat senyawa- senyawa baik yang di percayai menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga bagi anda yang mempunyai penyakit darah tinggi anda dapat mengkonsumsi keripik bayam.

        3. Digunakan untuk ibu hamil :

Di dalam keripik bayam juga terdapat senyawa folat dan zat besi yang berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Kandungan zat besi yang terdapat di dalam akan membantu ibu hamil terhindar dari anemia.

         4. Digunakan untuk menyehatkan mata :

Kesehatan pada mata kita sangatlah penting untuk dijaga, dengan rajin mengkonsumsi keripik bayam  kesehatan pada mata kita akan terjaga. Karena di dalam keripik bayam terkandung berbagai macam zat dan senyawa baik yang dapat digunakan untuk membantu menyehatkan mata.

         5. Meningkatkan kecerdasan pada otak :

Keripik bayam juga dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan pada otak. Ternyata hanya dari keripik bayam saja bisa meningkatkan kecerdasan pada otak kita, terutama pada anak-anak.

          6. Menjaga kesehatan otak :

Selain dapat membantu meningkatkan kencerdaskan pada otak kita di dalam keripik bayam juga dapat membantu dalam meregenerasi sel-sel otak sehingga dengan adanya reggaenerasi sel-sel otak dapat menjaga otak kita menjadi tetap sehat.

Ternyata hanya dari keripik bayam saja kita bisa mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jika kita sudah tahu banyak manfaat yang terkandung di dalam keripik bayam,kita harus rajin mengonsumsinya.

Demikian artikel tentang resep dan cara membuat keripik bayam enak dan sederhana, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

 

 

× Whatsapp Kami!