Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki banyak nama dan julukan yang berbeda di beberapa negara,bahkan di indonesia,ikan lele memiliki nama yang berbeda pada beberapa daerah,hal ini disebabkan karena ikan lele termasuk janis yang memiliki banyak species.

Namun demikian,secara ilmiah ikan lele lebih dikenal dengan nama clarias,berasal dari kata chalos bahasa yunani yang miliki arti kuat atau lincah,seperti pada kenyataanya dialam bebas,ikan lele memang terkenal lincah dan mampu bertahan hidup meskipun dalam kondisi air dan kadar oksigen yang minimum,karena ikan lele memiliki alat pernafaasan tembahan berupa labirin.

Masyarakat indonesia pada zaman dahulu hanya mengnal jenis lele lokal,kemudian sekitar tahun 1985 jenis lele dumbo masuk ke indosenia,kualitas lele dumbo yang pada saat itu lebih unggul dibandingkan dengan lele jenis loakl langsung memikat hati para pembudidaya dan ternak lele di nusantara.

Seiring dengan berjalannya waktu dan dikarenakan kelalaian banyak pihak,kualitas lele dumbo megalami penurunan,daya tahan dan pertumbuhan lele dumbo yang dibanggakan berangsur angsur sirna,banyak para oengusahan busidaya lele kecewa,hal ini menyebabkan lesunya dunia perlelean ditanah air.

Sekitar pada tahun 2004 kemudian baru munculah strain lele dumbo keluaran BBPBAT sukabumi yang diberi nama lele sangkuriang,indukan lele dan bibit lele sangkuriang telah membawa pencerahan kepada banyak pelaku usaha ternak lele sampai saat ini.

Pasalnya baik indukan maupun benih lele sangkuiang memiliki banyak keunggulan setelah melalui proses perbaikan genetik,disamping daya tahan tubuh lebih kuat terhadap penyakit,benih atau bibit lele jenis sangkuriang juga dapat tumbuh dengan lebih cepat,selain itu jumlah telur indukan lele sangkuriang juga meghasilkan lebih banyak,semoha saja kualitas lele sangkuariang tetap bisa dipertahankan atau mudah-mudahan malah bisa semakin ditingkatkan.

Jenis-jenis Ikan Lele:

1.Lele Dumbo

Lele ikan dumbo baru pertama kali masuk ke indonesia pada tahun 1985 dan menjadi salah satu ikan favorit yang paling banyak dibudidayakan.

Lele dumbo memiliki ciri” fisik berupa warna hitam kehijauan dan apabila ikan ini mengalami stress yang diakibatkan dari suhu atau lingkungn yang tidak sesuai sengan habitatnya makan akan muncul bercak-bercak hitam dan putih pada kulit ikan lele dumbo,namun apabila keadaan ikan sudaj muncuk normal maka bercak-bercak akan hilang dengan sendirinya.

2.Lele Sangkuriang

Setelah sempat menjadi ikan primadona ditahun 1980 an sampai diawal tahun 2000 kualitas lel dumbo mulai dirasakan menurun diawal tahun 2000 an sehingga pasar menurun dan peminat masayarakat mulai memudar membudidyakan.

Ciri khusus fisik lele sangkuriang ialah warna hitam kehijauan pada bagaian punggung dan putih kekuningan pada bagian perut,memiliki permukaan kulit yang lebih licin dan berlendir,serta ukuran kepala yang lebih besar bila dibandingkan lele dumbo.

3.Lele Phyton

Ikan lele phyton dikembangkan oleh kelompok tani di pandeglang banten pada tahun 2004 oleh teja suwarna,sonar raja jati danwawan setiawan dengan tujuan mendapatkan ikan lele yang lebih tahan terhadap suhu dingin.Ciri fisik dari ikan lele phyton adalah bentuk kepala yang lebih besar,gerakan yang lincah,mulitnya lebih kecil dan berbentuk pipih.

4.Lele Masamo

Bagi pembudidaya ikan lele mungkin jenis ikan ini belum terdengar familiar diandingkan jenis ikan lele lainya.Lele jenis masamo mempunyai ciri khas fisik yang cukup berbeda dengan lele dumbo,Sangkuriang dan phyton yang lebih dulu beredar.

Dijelaskan maylana,kepala lele masamo lebih lonjong,menyrupai sepatu pantofel model lama.Sirip(patil) lebih tajam,badan lebih panjang dan berwarna kehitama.Ketika stes,muncul warna keputih-putihan atau keabu abuan.

Kandungan Gizi Ikan Lele Dumbo dan Lele Goreng

Sebagaimana yang berlaku, harga suatu bahan tidak ditentukan berdasarkan nilai gizinya. Harga ikan lele mungkin  memang termasuk murah jika dibandingkan ikan air tawar pada umumnya.Namun Akan tetapi, kandungan gizi lele tidak murah alias ‘mahal’.

Berikut ini adalah tersedia informasi kandungan gizi lele dumbo, lele segar, dan lele goreng:

1. Lele mengandung banyak jenis zat gizi

Ikan lele yang baik dan segar maupun goreng sama-sama mengandung zat gizi makro dan mikro. Zat gizi mikro yang ada di ikan lele di antaranya adalah protein, lemak, dan karbohidrat. Kandungan gizi ikan lele juga terdapat beberapa jenis zat gizi mikro.

Zat gizi mikro yang dikandung oleh ikan lele yaitu kalsium, fosfor, zat besi, natrium, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin). Ikan Lele yang segar memiliki kandungan air yang cukup tinggi yaitu lebih dari 70%.

2. Nilai kandungan gizi lele dumbo

Nilai kandungan gizi ikan lele cukup tinggi. Di dalam 100 gram ikan lele dumbo mengandung energi sebanyak 372 kalori; 7,80 gram protein; 36,30 gram lemak; dan 3,50 gram karbohidrat.

Kandungan mineral yang ada pada ikan lele dumbo juga dinilai ‘mahal’ karena memiliki nilai gizi mineral yang cukup tinggi. Lele juga mengandung 289 mg kalsium; 295 mg fosfor; 5,30 mg zat besi; 150 mg natrium; 210 IU vitamin A; 0,1 mg vitamin B1; 0,05 mg vitamin B2; dan 2 mg vitamin B3.

3. Nilai kandungan gizi ikan lele segar dan goreng

Kandungan giziyang ada pada ikan lele segar mengandung 17 gram protein; 4,5 gram lemak; 200 mg kalsium; 20 mg fosfor; 1 mg zat besi; 150 IU vitamin A; dan 0,05 mg vitamin B. Nilai kandungan gizi pada lele segar memiliki perbedaan dengan nilai gizi pada lele goreng.

Nilai gizi  100 gram pada ikan lele goreng terdiri dari 19,9 gram protein; 19,1 gram lemak; 233 mg kalsium; 23,8 mg fosfor; 1,2 mg zat besi; 53 IU vitamin A; dan 0,58 mg vitamin B.

Berikut beberapa manfaat ikan lele untuk kesehatan kita:

1.Sebagai sumber protein

Ikan air tawar ini apabila dikonsumsi dapat menjadi sumber protein hewani yang bisa mencukupi kebutuhan harian anda.Didalam protein ikan lele terkandung asam amino esensial lisin,metionin dan leusin yang lebih tinggi jika dibandingkan yang terkandung didalam susu dan daging.Leusin berguna untuk membantu proses pertumbuhsn pada anak.

2.Pembentukan tulang dan gigi

Didalam ikan lele kandungan fosfor cukup tinggi yang berguna untuk memberi energi dalam metabolisme.Fosfor juga berfungsi membantu penyerapan kalsium.

Pada ibu hamil fosfor berguna untuk pembentukan tulang pada janin,apabila asupan fosfor untuk janin kurang makan akan memgambil dari sang ibu,ini dapat memybabkan sang ibu mengalami osteoporosis. Fosfor adalah mineral urutan kedua dalam daftar mineral yang sagat dibutuhkan tubuh.

Mineral ini sangat berperan dalam pembentukan tulang dan gigi.Kekuarangan mineral fosfor ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda,karena anda dapat menderita tulang keropos yang dapat berujung kelumpuhan apabila berlangsung sangat lama.

3.Baik untuk otak dan jantung

Walaupun harga ikan ini relatif terjangkau jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar yang lain,akan tetapi kandungannya tidak kalah jika dibandingkan dengan ikan salmon dan tuna.Ikan lele juga mengandung sama omega 3 dan omega 6 yang sangat baik bagi kinerja otak serta dapat mencegah oenyakit jantung.

Mengkomsumsi ikan lele secara teratur dapat menurunkan kolesterol,diabetes serat jantung koroner.Asam omega 3 juga membantu perkembangan otak dan fungsi penglihatan pada bayi.

4.Menurunkan Teanan Darah

Para ahli telah melakukan penelitian yang menemukan pula manfat dari asam omega 3 bagi tubuh yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi,merawat kesehatan kulit terutama dari ekzema dan dermatitis,serta berperan dalam pembentukan cortese otak.

Ekzema adalah peradangan hebat yang menyebabakan pembentukan lepuh atau lembung kecil pada kulit hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan.Setelah membahas pengetahuan tentang nilai gizi,manfaat kesehatan dan jenis-jenis ikan lele,berikut ini kami akan membagikan resep cara menbuat abon lele untuk anda.

1.Resep Cara Membuat Abon Lele

cara membuat abon ikan lele

Bahan-bahan:

  • 220 gr daging lele blender tanpa duri
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 bawang bombay
  • 5 bawang merah
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1 cabe merah besar buang biji
  • 3 btr kemiri
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 3 daun salam
  • 1 ruas kunyit
  • gula dan garam

Langkah-langkah:

  1. Lele yang sudah dibersihkan lumur dengan garam dan bawang putih lalu goreng hingga kuning saya pakai 5 ekor lele ukuran besar
  2. PIsahkan lele dari durinya kemudian blender sisihkan
  3. Blender semua bumbu kecuali daun salam dan lengkuas
  4. Tumis masukkan daun salam dan lengkuas setelah harum masukkan lele
  5. Masak hingga tercampur rata beri gula dan garam

2.Cara Membuat Abon Ikan Lele Pedas Mantab

Bahan-bahan:

  • Ikan lele 2 kg,dibersihkan dan direndam air jeruk nipis+garam
  • Santan kelapa 250 ml
  • Garam 1 sdt
  • Gula merah 1 sdm
  • Daun salam 2 lembar
  • Serai 2 batang,geprek
  • Bumbu dihaluskan
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 4 siung
  • Ketumbar 1 sdt
  • Cabe rawit merah 5 buah
  • Cabe merah keriting 5 buah
  • Kemiri 2 butir disangrai dulu

Langkah-langkah:

  1. Pertama kita kukus ikan lele yang telah bersih hungga matang
  2. Pisahkan daging ikan dari duri,buang juga bagian kepalanhya
  3. Selanjutnya daging ditumbuk agar lebih lembut,bisa juga diblender sebentar,sisihkan
  4. Haluskan semua bumbu(bawang putih,bawang merah,ketumbar,cabe rawit,cabe merah,kemiri)lalu tumis hingga harum,tambahkan daun salam,serai,garam dan gula merah,aduk sampai merata
  5. Lalu masukkan daging lele yang telah disuwir dan tuangkan santan kental.
  6. Setelah daging lele terlihat kering,tinggal matikan kompor dan angkat abon lele
  7. Jika sudah selesai,selanjutnya bisa dimakan langsung bersama nasi hangat ataupun dijadikan tambahan makaan lain.

Abon memang bahan baku makanan yang tidak ada hentinya untuk bisa dibicarakan, ya karena memang abon disukai banyak kalangan. Abon bisa dibuat dari berbagai jenis bahan dari mulai ikan, sayur, daging dan sebagainya. Pada saat ini jenis abon semakin banyak dan bervariasi, hal ini menandakan jika permintaan abon semakin meningkat.

Abon yang disukai dan dibuat dari bahan ikan  ini misalnya sangat disukai karena rasa gurihnya. Abon ini yaitu abon ikan lele yang sudah pasti sehat dan menggugah selera. Selain dapat dimasak menjadi menu sayur, ikan lele ternyata bisa dijadikan abon. Abon ikan lele ini pun telah banyak dijual dipasaran.

Peluang usaha abon ikan lele ini pun sangat menguntungkan untuk dicoba. Apabila tertarik untuk menjalankan usaha abon ikan lele, maka kesempatan untuk menjalankan usaha ini masih cukup tinggi. Anda bisa mencoba menjalankan bisnis abon ikan lele ini sangat modal ringan. Simaklah info dalam menjalankan usaha abon ikan lele ini disini :

Info Usaha Abon Ikan Lele

Abon ikan lele dibuat dari bahan ikan lele yang mudah ditemui. Sehingga untuk menjalankan usaha abon ikan lele ini sangat mudah. Bisnis ini memiliki peluang yang bagus untuk dikerjakan sebab banyak yang suka dengan abon ikan lele ini. Abon yang dibuat dari ikan lele ini memiliki rasa yang gurih, selain itu menyehatkan. Kandungan gizi dari ikan lele ini sangat tinggi sehingga baik bagi tubuh. Abon ikan lele ini pun sudah banyak dijalankan oleh para pengusaha abon. Namun permintaannya masih sangat tinggi, menjadikan usaha ini memiliki peluang yang bisa dijalankan oleh siapa pun.

Target Pasar Abon Ikan Lele

Abon ikan lele ini sangat mudah untuk mencari konsumen dari mulai anak – anak sampai orang tua suka dengan abon ikan lele. Apalagi jika mampu menghasilkan abon ikan lele gurih dan memiliki rasa yang lezat.

Bahan Baku Usaha Abon Ikan Lele

Membuat produk abon ikan lele ini sangatlah mudah, bahan – bahan yang dibutuhkan yaitu berupa ikan lele segar, bumbu halus, minyak goreng dan bahan tambahan lainnya. Untuk dapat membuat abon ikan lele yang gurih maka dibutuhkan ikan lele segar dan proses pembuatan abon menggunakan bahan berkualitas.

Peralatan Usaha Abon Ikan Lele

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat abon ikan lele ini misalnya baskom, pengaduk, wajan, kompor, peniris minyak, spatula, peniris minyak, alat pengemas dan peralatan pendukung lainnya.   Peralatan ini akan membantu membuat abon ikan lele menjadi lebih leluasa dan mudah.

Pengemasan Produk Abon Ikan Lele

Dalam proses pengemasan produk abon ikan lele untuk lebih menariknya perlu dibuat dengan kemasan yang cukup tebal dengan menambahkan gambar dan tulisan. Gambar dapat disesuaikan dengan keinginan, asalkan sesuai dengan produk abon yang dijual. Tambahi dengan nama usaha dengan nama yang unik supaya konsumen mengetahui si pembuat produk. Jika kemasan dibuat secara menarik tentu akan meningkatkan penjualan abon ikan lele.

Promosi Produk Abon Ikan Lele

Agar produk abon ikan lele dikenal oleh masyarakat maka lakukan promosi, cara mempromosikan produk abon ikan lele ini bisa dikerjakan dengan cara mencetak brosur, spanduk dan membuat iklan. Selain itu proses promosi bisa dikerjakan dengan menggunakan bantuan media social. Bagi yang berminat menjalankan usaha abon ikan lele ini maka harus pandai dalam mempromosikan produk tersebut.

Strategi Usaha Abon Ikan Lele

Supaya produk abon ikan lele disukai oleh konsumen maka perlu melakukan banyak strategi usaha. Salah satu cara dengan menjual produk abon ikan lele ini keberbagai tempat, proses promosi yang maksimal akan mendatangkan konsumen. Terutama bila kualitas abon ikan lele sangat bagus dan rasa yang dihasilkan sesuai dengan lidah masyarakat.

Analisa Usaha Abon Ikan Lele

Apabila Anda ingin menjalankan usaha abon ikan lele maka perlu mengetahui dengan detail mengenai analisa usahanya. Supaya bisa menjalankan peluang bisnis abon ikan lele dengan lebih mudah. Oleh karena itu silahkan disimak lebih lanjut mengenai info analisa usaha abon ikan lele ini :

Asumsi

  • Masa penggunaan kompor dan gas selama waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan baskom selama waktu 3 tahun
  • Masa penggunaan wajan selama waktu 3 tahun
  • Masa penggunaan spatula selama waktu 2 tahun
  • Masa penggunaan penghalus bumbu selama waktu 3 tahun
  • Masa penggunaan peniris minyak selama waktu 2 tahun
  • Masa penggunaan pengemas selama waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan peralatan tambahan selama waktu 2 tahun

 

Peralatan  Harga 
 Kompor dan gas  Rp. 560,000
 Baskom  Rp. 150,000
 Wajan  Rp. 140,000
 Spatula  Rp. 35,000
 Penghalus bumbu  Rp. 200,000
 Peniris minyak  Rp. 500,000
 Pengemas  Rp. 250,000
 Peralatan tambahan  Rp. 70,000
 Jumlah Investasi  Rp. 1,905,000

 

Biaya Operasional per Bulan
 Biaya Tetap  Nilai
 Penyusutan kompor dan gas 1/48 x Rp. 560.000  Rp. 11,667
 Penyusutan baskom 1/36 x Rp. 150.000  Rp. 4,167
 Penyusutan wajan 1/36 x Rp. 140.000  Rp. 3,889
 Penyusutan spatula 1/24 x Rp. 35.000  Rp. 1,458
 Penyusutan penghalus bumbu  1/36 x Rp. 200.000  Rp. 5,556
 Penyusutan peniris minyak 1/24 x Rp. 500.000  Rp. 20,833
 Penyusutan pengemas 1/48 x Rp. 250.000  Rp. 5,208
 Penyusutan peralatan tambahan 1/24 x Rp. 70.000  Rp. 2,917
 Total Biaya Tetap  Rp. 55,694

 

Biaya Variabel
 Ikan lele  Rp. 250,000  x 30  =  Rp. 7,500,000
 Bawang merah  Rp. 45,000  x 30  =  Rp. 1,350,000
 Bawang putih  Rp. 20,000  x 30  =  Rp. 600,000
 Jahe  Rp. 15,000  x 30  =  Rp. 450,000
 Garam  Rp. 2,000  x 30  =  Rp. 60,000
 Gula  Rp. 17,000  x 30  =  Rp. 510,000
 Minyak  Rp. 45,000  x 30  =  Rp. 1,350,000
 Gas Lpg  Rp. 20,000  x 4  =  Rp. 80,000
 Biaya listrik  Rp. 65,000  x 1  =  Rp. 65,000
 Biaya air  Rp. 40,000  x 1  =  Rp. 40,000
 Biaya tambahan lain  Rp. 35,000  x 30  =  Rp. 1,050,000
 Total Biaya Variabel  Rp. 13,055,000

 

Total Biaya Operasional
 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 13,110,694

 

Pendapatan per Bulan
 Penjualan rata – rata =
61  kemasan  x  Rp. 7,500  =  Rp. 457,500
Rp. 457,500  x 30  hr  =  Rp. 13,725,000

 

Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.      13,725,000  – 13,110,694  =  Rp. 614,306

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan =  Rp. 1,905,000  : 614,306  = 3  bln

 

Pada saat menjalankan usaha abon ikan lele ini keuntungan yang dihasilkan cukup banyak. Hasil ini tergantung dengan tingkat penjualan abon ikan lele setiap harinya. Agar usaha abon ikan lele ini dapat mengalami penjualan yang meningkat maka lakukan strategi penjualan yang tepat.

Pembuatan abon ikan lele ini tentu akan membutuhkan waktu lama, terutama jika masih menggunakan cara manual. Oleh karena ini saat ini telah ada mesin pembuat abon ikan yang akan membantu mempercepat produksi. Dengan menggunakan mesin pembuat abon ikan ini maka hasil abon akan lebih berkualitas.

Cara kerja mesin akan mempercepat pekerjaan dan usaha pun bisa berjalan dengan lebih maksimal. Apabila tertarik untuk menjalankan usaha abon ikan lele ini maka cobalah menggunakan mesin pembuat abon ikan.

Untuk bisa memiliki mesin pembuat abon ikan ini maka datang ke showroom Toko Mesin Maksindo. Mesin tersedia dalam kualitas bagus dan bisa diandalkan.

Demikianlah pembahasan mengenai Resep Cara Membuat Abon Lele Dengan Mudah. Semoga dengan informasi yang sudah disampaikan mengenai usaha abon ikan lele ini bisa membantu dan dapat bermanfaat untuk para pembaca. Selamat mencoba.

 

 

 

 

 

 

× Whatsapp Kami!