Tentunya anda sudah tahu jika resep bandeng presto merupakan salah satu makanan khas kota Semarang. Makanan olahan ikan bandeng ini memiliki keunikan tekstur dagingnya yang sangat lembut hingga ke tulang atau durinya.

Jadi kita tidak perlu repot-repot memilah duri saat akan menyantapnya. Bahkan ikan bandeng ini bisa anda lahap habis sampai tak bersisa sama sekali, Membayangkannya saja sudah membuat kita tidak sabar lagi menyantapnya, kan?

Pada umumnya, ikan bandeng dipresto dengan beralaskan daun pisang baru kemudian digoreng supaya garing. Banyak yang suka dengan bandeng empuk ini hingga lama kelamaan bandeng presto berkembang pesat hingga sekarang menjadi ikon kuliner dan oleh-oleh khas Kota Semarang.

Jika anda ingin menikmatinya, anda tidak perlu jauh-jauh ke semarang. Kita bisa membuatnya sendiri dirumah, berikut ini kami akan memberitahu resep bandeng presto yang gurih dan lembut sampai ke tulangnya. Baiklah langsung saja kita ke proses pembuatannya.

resep bandeng presto

Resep Bandeng Presto

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan saja, dan pastinya bahan-bahannya mudah di temukan dipasaran dan langsung teman-teman mempraktekan resep di bawah ini dirumah.

Bahan-Bahan :

  • Ikan bandeng ukuran sedang – 1 kg (untuk 4 porsi)
  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 5 butir kemiri
  • 2 sdm ketumbar yang sudah disangrai
  • 2 ruas kunyit
  • 2 ruas jahe
  • 3 sdm garam 

Langkah-Langkah :

  1. Langkah yang pertama bersihkan lalu kita buang kotoran ikan bandeng sampah benar-benar tidak tersisa kotorannya.
  2. Sebelum di cuci kita lumuri ikan bandeng yang sudah bersih dari kotorannya dengan garam dan air perasan jeruk nipis, kemudian diamkan 10 menit.
  3. Setelah itu kemudian cuci sampai bersih ikan bandengnya lalu pada proses ini lumuri dengan bumbu yang sudah di haluskan, diamkan selama 30 menit.
  4. Siapkan daun pisang kemudian taruh selembar daunnya di dasar panci presto lalu susun ikan  yang sudah di bumbui diatasnya.
  5. Kemudian setelah ikan tersusun rapih di dalam panci, baru kemudian kita tuangkan air ke dalam panci sampai setinggi ikan yang paling atas.
  6. Setelah itu masak ikan sampai matang selama kurang lebih 2 jam, usakakan menggunakan api kecil.
  7. Setelah 2 jam biarkan sampai uap panasnya hilang, setelah uap yang ada di dalam panci hilang tutup pancinya bisa dibuka.
  8. Biarkan ikan yang sudah matang di dalam panci presto sampai dingin lalu kita bisa mengeluarkannya dari dalam panci, angkat satu persatu agar ikan tidak patah atau hancur.
  9. Panaskan minyak goreng yang banyak, lalu kemudian goreng ikan hingga kecoklatan dan matang sempurna.

Jika ikan sudah matang, kita bisa memakannya langsung dengan nasi atau kita bisa mengolah kembali bandeng yang sudah di goreng seperti mengolahnya menjadi semur bandeng, asem-asem bandeng, dan lain sebagainya sesuai selera kita.

Tips Membuat Bandeng Presto

Untuk mendapatkan rasa bandeng yang enak sampai tulang-tulang dari ikan bandeng tersebut menjadi lunak, tentu ada beberapa trik atau tips agar bandeng presto yang kita buat enak dan lembut sampai ke tulang-tulangnya. Berikut ini beberapa tips dari saya.

1. Memilih Dan Membersihkan Ikan Bandeng

Pilihlah bandeng yang masih segar dan berkualitas bagus. Ingat, kualitas bahan makanan yang bagus akan menghasilkan sajian dengan cita rasa yang berkualitas pula. Sebelum mengolahnya, buang kotoran pada ikan bandeng dan bersihkan di bawah air mengalir hingga tak ada kotoran yang tersisa.

Jika tak ingin repot, anda bisa biarkan sisiknya, tapi saya menyarankan agar teman-teman di rumah juga membersihkan sisiknya.

2. Membumbui Ikan Yang Benar

Pada proses pembumbuan, ikan dilumuri dengan bumbu-bumbu seperti garam, bawang putih, ketumbar, dan kunyit yang sudah dihaluskan. Anda tidak perlu menambahkan air pada bumbu-bumbu tersebut, ya.

Untuk kunyit kita dapat mengoleskan setelah bandeng dibumbui (tergantung kita), untuk memberikan warna kuning pada permukaan bandeng. Rempah-rempah seperti daun salam, laos, dan sere juga bisa ditambahkan untuk menjadikan bandeng semakin lezat.

Jangan lupa, gunakan jumlah garam yang lebih banyak dari jumlah yang biasa kita gunakan dalam membuat ikan goreng. Tujuan dari penambahan garam ini agar rasa gurih ikan tidak hilang setelah dipresto. Semua bumbu-bumbu yang digunakan tadi bisa juga dihaluskan jadi satu, baru kemudian dilumurkan ke seluruh permukaan ikan.

3. Memakai Panci Presto

Setelah dibumbui, saatnya bandeng dimasak. Jangan lupa untuk menakar air dengan ukuran yang pas, berikan air sebanyak sampai batas tinggi angsangnya. Jangan kurang atau jangan lebih usahakan menggunakan air dengan ukuran yang pas, kemudian kita masukan bandeng ke dalam angsangnya lalu tutup panci prestonya.

Masaklah dengan api kecil selama 2 jam atau sampai matang biasanya panci akan berbunyi. Anda boleh sesekali membuka katup uap panci prestonya, agar tekanan berkurang dan ikan bandeng menjadi tidak mudah hancur.

Jika aroma sedap dan harum sudah tercium, itu tandanya bandeng prestonya sudah matang. Cicipi rasa bandeng yang anda buat. Jika masih kurang asin, oleskan kembali garam pada bandeng dan tutup kembali pancinya. Masak lagi bandeng, hingga garamnya meresap. Jangan terlalu lama memasaknya ya, cukup sebentar saja.

4. Susunan Yang Benar

resep bandeng presto

Pada saat kita menyusun ikan yang sudah di bungkus dengan daun pisang usahakan kita menyusunnya dengan rapih. Alasannya adalah agar ikan bandeng yang sedang di kukus, tidak hancur atau patah saat proses pengukusan.

5. Gunakan Daun Pisang

Saat kita akan mengukusnya, usahakan menggunakan daun pisang untuk membungkis ikan bandengnya agar tidak hancur dan memberikan cita rasa yang berbeda. Kita juga bisa menggunakan pembungkus yang lainnya untuk membungkusnya, tapi saya menyarankan anda menggunakan daun pisang saja.

6. Penyajian

Setelah bandeng dirasa sudah matang, matikan api, diamkan panci hingga suhunya menurun, dan uap dipancinya hilang. Baru kemudian buka tutup panci dan  tunggu bandeng sampai dingin, Jika anda mengangkat ketika masih panas, bandeng akan mudah hancur.

Bandeng presto bisa digoreng langsung atau dibuat menjadi menu hidangan lain. Jika anda ingin mengorengnya, bisa mencampurkannya dengan telur atau tepung terlebih dahulu, agar lebih renyah dan krispi. Nikmati disantap bersama sambal dan nasi hangat.

Mungkin itulah beberapa resep bandeng presto dan tips cara membuat bandeng presto agar hasilnya memuaskan dan enak yang hanya bisa saya sampaikan, semoga dengan tips yang saya berikan ini teman-teman di rumah bisa terbantu.

Manfaat Ikan Bandeng

resep bandeng presto

1. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Manfaat yang paling utama dari konsumsi ikan adalah mencegah timbulnya penyakit jantung. Ternyata berdasarkan sebuah penelitian, suku bangsa Eskimo yang tinggal di Greenland mempunyai prevalensi dari pengidap sakit jantung yang sangat rendah.

Hal yang sama pula terjadi di Jepang, di Jepang langka sekali ditemukan orang yang memiliki sakit jantung koroner. Apakah yang menyebabkan semua itu bisa terjadi? Ternyata sangat sederhana, yakni orang Jepang maupun orang Eskimo amat suka mengonsumsi ikan.

2. Makanan Untuk Lauk Terbaik

Apabila Anda malas hanya sarapan menggunakan lauk yang setiap hari sama, dapat mencoba untuk mulai menggunakan ikan untuk menu pendamping nasi yang memanjakan lidah. Ikan juga mempunyai protein hewani yang mempunyai banyak kelebihan, di antaranya adalah: mengandung banyak protein, vitamin, mineral dan berkalori rendah.

Ikan amat bagus untuk yang berkeinginan merawat kesegaran metabolisme tubuh selain dari apa yang kita dapatkan dari makan sayur-sayuran. Kandungan gizi yang ada di dalam ikan juga sangat bagus bagi tubuh, seperti asam amino esensiil maupun non esensiil.

3. Mencegah Kolestrol

Biasanya orang yang mudah terserang penyakit jantung koroner adalah orang yang mempunyai kadar kolesterol lebih dari 300 mg/dl. Tapi, bahaya dari penyakit kolesterol tidak bisa terjadi jika rutin makan ikan. Hal tersebut dikarenakan pada setiap tubuh ikan mempunyai simpanan minyak ikan yang amat tinggi.

4. Baik Untuk Yang Sedang Diet

Apabila anda sedang menjalani program diet, mengonsumsi ikan adalah alternatif yang cocok bagi tubuh. Ikan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Bagi yang suka memakannya rata-rata akan jarang mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti halnya yang terdapat pada keju atau daging.

Mengapa ikan penting untuk diet? Ikan tidak mempunyai kandungan lemak yang banyak, melainkan sangat tinggi protein dan vitamin dan juga memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik. Ikan tidak akan merusak program diet yang sedang kita jalankan.

Mungkin hanya itulah resep bandeng presto, tips bandeng presto, dan sejarah tentang bandeng presto yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terimakasih kepada semuanya yang telah membaca artikel saya dari atas sampai selesai.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu teman-teman, dan semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata sekian dan terimakasih. Sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

× Whatsapp Kami!