Alat Pres Plastik https://alatpresplastik.com Jual Alat Pres Plastik - Mesin Press Plastik - Vacuum Sealer - Sealer Plastik - Hand Sealer Terbaru 2017 Wed, 01 Jul 2020 02:02:35 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.1 https://alatpresplastik.com/wp-content/uploads/2017/03/cropped-alat-pres-plastik-icon-32x32.png Alat Pres Plastik https://alatpresplastik.com 32 32 Resep Napoleon Cake Lezat Dan Sederhana https://alatpresplastik.com/resep-napoleon-cake/ Fri, 24 Jan 2020 07:25:41 +0000 http://alatpresplastik.com/?p=2287 Pada artikel kali ini kami akan memberikan resep napoleon cake, tapi apakah kalian pernah mendengar tentang napoleon cake? Jika belum pernah mendengarnya dan membuatnya mari kita bahas dan belajar bersama-sama mengenai napoleon cake. Napoleon cake merupakan sejenis kue gulung yang merupakan oleh-oleh khas dari kota Medan. Jenis cake yang satu ini  termasuk makanan yang baru […]

The post Resep Napoleon Cake Lezat Dan Sederhana appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Pada artikel kali ini kami akan memberikan resep napoleon cake, tapi apakah kalian pernah mendengar tentang napoleon cake? Jika belum pernah mendengarnya dan membuatnya mari kita bahas dan belajar bersama-sama mengenai napoleon cake.

Napoleon cake merupakan sejenis kue gulung yang merupakan oleh-oleh khas dari kota Medan. Jenis cake yang satu ini  termasuk makanan yang baru di Medan, cake satu ini menjadi booming dan hits karena merupakan salah satu bisnis cake dari artis Irwansyah.

Kalau di dunia kuliner napoleon sendiri merupakan salah satu jenis dessert berbahan dasar puff pastry yang berasal dari Perancis. Terdiri dari 3 layer puff pastry yang pada masing-masing layer terdapat pastry cream.  Bedanya dengan Medan Napoleoon Cake, terletak pada penyajiannya.

Napoleon cake penyajiannya sangat sederhana yakni dengan cara ditumpuk dan juga dilengkapi dengan taburan remah-remah puff pastry. Baiklah langsung saja kita ke proses pembuatannya, teman-teman bisa langsung mempraktekan cara membuat napoleon yang saya berikan ini di rumah.

resep napoleon cake

Resep Napoleon Cake

Kue gulung yang satu ini bisa di kreasikan menjadi beberapa macam rasa dan warna, berikut ini kami akan menyajikan beberapa macam resep napoleon cake yang enak dan mudah dipraktekkan oleh teman-teman dirumah.

1. Napoleon Cake Original

Bahan-Bahan :

  • 4 Butir Kuning telur
  • 1 Butir Telur utuh
  • 30 gram Tepung terigu
  • 10 gram Tepung Maizena
  • 10 gram Susu bubuk
  • 40 gram Butter cair
  • 1/2 sdt Emulsifier
  • 1 Sdt Vanilli.

Bahan-Bahan Untuk Isian :

  • Pastry instan
  • 150 g dark chocolate (lelehkan)
  • Keju cheddar (parut).

Alat-Alat :

  • Loyang berukuran 20×20
  • Mixer
  • Spatula
  • Kertas Masak

Langkah-Langkah :

  1. Pertama potong pastry menjadi 3 bagian yangg sama besar berbentuk persegi panjang
  2. Kemudian tusuk-tusuk permukaan pastry dengan garpu, tujuannya agar tidak mengembang saat di panggang. Kemudian oven lebih kurang selama 20 menit atau hingga kuning keemasan
  3. Setelah matang lalu dinginkan pastry, oleskan coklat leleh dan tambahkan keju diatas permukaan pastry, lalu susun pastry menjadi 3 tingkat dan padatkan lalu sisihkan
  4. Kemudian siapkan bahan cake, lalu campur terigu, maizena dan susu bubuk. Kemudian kocok telur, gula, emulsifier dan vanilli hingga putih mengembang kurang lebih selama 15 menit dengan kecepatan tinggi
  5. Masukkan campuran tepung, kocok dgn kecepatan rendah hingga rata. Matikan mixer, masukkan butter cair aduk perlahan menggunakan spatula
  6. Tuang adonan ke dalam loyang berukuran 20×20 yg telah dialasi kertas masak dan diolesi mentega. Ketuk-ketuk loyang agar tidak ada rongga angin
  7. Oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 15 menit, atau cek jika permukaan sudah tidak lengket berarti adonan sudah matang
  8. Jika sudah matang kemudian siapkan kertas masak, lalu letakkan cake diatasnya, usahakan ketika cake masih panas. Kemudian tambahkan susunan pastry diatasnya, gulung secara perlahan hingga menutupi semua permukaan pastry
  9. Kemudian tambahkan topping sesuai selera, sajikan.

2. Napoleon Greentea Cake

resep napoleon cake

Bahan-Bahan :

  • 6 butir telur
  • 90 gr gula halus
  • 70 gr terigu
  • 1/2 sdm SP
  • 10 gr maizena
  • 10 gr susu bubuk
  • 1 sdt vanila
  • 125 gr butter dicairkan
  • 3 sdt bubuk greentea cairkan dgn sedikit air
  • 2 lembar puff pastry
  • Buttercream (untuk isiannya)
  • Nutela (untuk isiannya).

Langkah-Langkah :

  1. Potong puff pastry menjadi 3 bagian, kemudian letakkan dalam loyang panggang 180 derajat hingga mengembang dan agak kecoklatan permukaannya
  2. Setelah itu ayak terigu, susu, maizena lalu sisihkan
  3. Mixer dengan speed tinggi semua bahan roll cake kecuali butter cair (hingga adonan soft peak)
  4. Kemudian masukkan butter cair lalu aduk degan spatula hingga rata dan homogen
  5. Tuang adonan dalam loyang panggang 200 derajat selama kurang lebih 20 menit
  6. Angkat dan balikkan ke kertas roti yg lebih besar
  7. Olesi permukaan roll cale dgn buttercream. Beri nutella dibagian tengah. Tumpuk pastry ditengah pas diatas nutella. Tumpuk sampai 3 lapis, olesi tiap lapisnya dgn nutella. Oles permukaan atas pastry kembali dgn nutella.
  8. Gulung dan beri topping diatasnya sesuai selera.

Mungkin hanya itu saja beberapa resep cara membuat napoleon cake yang hanya bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, sebenarnya masih banyak lagi berbagai resep napoleon cake, anda hanya perlu mengkreasikan berbagai macam rasa dan isian dari napoleon cake.

Cara Membuat Pastry :

Untuk membuat pastry yang sempurna dengan lapisan yang renyah di setiap lapisnya memang gampang-gampang susah. Orang akan lebih suka membeli kulit pastry langsung jadi ketimbang repot bikin sendiri.api, meski demikian, bukan berarti membeli jadi hasilnya lebih enak.

Selain itu membuat pastry sendiri juga bukan sebuah hal mustahil. Jadi makin sering berlatih maka anda juga akan semakin mudah membuatnya. Sekarang sudah siapkah anda membuat pastry sendiri di rumah?

Bahan-Bahan :

  • 250 ml air es
  • 500 gram terigu protein rendah
  • 20 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 250 gram korsvet
  • 15 gram garam
  • 50 gram margarin
  • Selai coklat kacang secukupnya
  • Kismis secukupnya
  • Gula pasir untuk taburan secukupnya

Cara Membuat :

  1. Campur gula pasir, terigu dan garam di sebuah wadah yang bersih.
  2. Masukkan telur satu demi satu sambil diaduk lalu diremas-remas.
  3. Tuang air sedikit sedikit sambil diuleni semua adonannya.
  4. Tambah dengan margarin, uleni lagi hingga adonan cukup licin dan cukup agar nanti ditambah korsvet. Bungkus menggunakan plastik dan simpan beberapa saat dalam lemari es.
  5. Adonan dikeluarkan dari kulkas, lalu gilas menggunakan rolling pin. Letakkan korsvet pada bagian tengah adonan. Lipat menjadi bentuk amplop. Gilas lagi hingga tebalnya 1/2 cm.
  6. Adonan dilipat dari sisi kanan ke arah dalam hingga 2/3 bagian tengahnya. Lalu lipat sisi kiri ke arah dalam sebanyak sisanya. Gilas lagi, kemudian simpan dalam kulkas sepuluh menit. Sebanyak 3 kali anda lakukan atau lebih untuk memperoleh lapisan yang Anda kehendaki. Setelah itu, adonan siap dibentuk sesuai selera.

Tips Membuat Pastry :

Pada umumnya pastry digunakan untuk membungkus campuran untuk isian tertentu seperti apple pie, zuppa soup, dan lain-lain masih banyak lagi. Sekarang pastry juga banyak dikombinasikan dengan cake atau bolu, seperti cake kekinian ala selebritis, berikut ini beberapa tips yang bisa kami sampaikan.

1. Gunakan Bahan Yang Segar Dan Berkualitas

Bahan yang digunakan untuk membuat pastry adalah tepung terigu protein tinggi, korsvet atau pastry shortening atau mentega khusus pastry, margarin, kuning telur, garam, dan air dingin. Semua bahan harus dipastikan fresh, terutama kuning telur, agar hasil puff pastry bisa bagus.

2. Cara Mencampur Bahan Yang Benar

Setelah bahan-bahan tersedia, sekarang saatnya anda mencampurnya. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, garam, margarin, kuning telur, dan air sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan berbentuk pasir. Anda juga mencampur bahan tersebut dengan menggunakan mikser pada kecepatan paling rendah sebentar saja.

3. Giling Adonan Dengan Benar

Agar kita berhasilan membuat pastry harus memperhatikan cara penggilingannya. Yaitu, pipihkan adonan pastry dengan roll di bidang datar jangan lupa taburkan sedikit tepung agar tidak lengket, lalu isi dengan korsvet atau mentega khusus pastry. Hindari cara menggiling adonan terlalu kuat, karena bisa membuat korsvet pecah atau keluar dari adonan.

Kemudian lipat adonan tadi menjadi seperti bentuk amplop (agar seluruh korsvet tertutupi), lalu giling lagi dengan ketebalan sekitar ½ cm. Agar terbentuk beberapa lapisan pada pastry, anda harus menggilingnya beberapa kali. Ada teknik khusus yang harus anda lakukan untuk menggilingnya, pertama lipat sisi kanan dan kiri adonan pastry ke arah dalam, tapi jangan sampai kedua lipatan saling bersentuhan.

Setelah itu, lipat lagi adonan tersebut sampai saling bersentuhan dan giling dengan cara pelan-pelan. Anda bisa mengulangi langkah tersebut beberapa kali, tergantung berapa banyak lapisan yang ingin anda hasilkan.

4. Simpan adonan puff pastry dalam kulkas

Jika pastry selesai digulung kemudian bungkus lagi adonan tadi dengan plastik lalu masukkan ke dalam lemari es selama beberapa jam akan jauh lebih baik menyimpannya sampai seharian. Agar mentega tetap padat, sehingga bisa bekerja maksimal saat dipanggang, yaitu menaikkan setiap lapisan adonan pastry dan membuatnya jadi super renyah. Jika anda menyisakan adonan pastry yang tidak terpakai, segera bungkus dengan plastik dan simpan kembali dalam lemari es atau freezer agar tahan lama.

Mungkin hanya itu beberapa resep dan cara membuat napoleon cake yang hanya dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terimakasih kepa teman-teman yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai selesai, mohon maaf bila ada kesalahan sekian dan terimakasih sampai jumpa dilain kesempatan.

The post Resep Napoleon Cake Lezat Dan Sederhana appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Resep Bandeng Presto Gurih Dan Lembut https://alatpresplastik.com/resep-bandeng-presto/ Wed, 22 Jan 2020 07:02:54 +0000 http://alatpresplastik.com/?p=2195 Tentunya anda sudah tahu jika resep bandeng presto merupakan salah satu makanan khas kota Semarang. Makanan olahan ikan bandeng ini memiliki keunikan tekstur dagingnya yang sangat lembut hingga ke tulang atau durinya. Jadi kita tidak perlu repot-repot memilah duri saat akan menyantapnya. Bahkan ikan bandeng ini bisa anda lahap habis sampai tak bersisa sama sekali, […]

The post Resep Bandeng Presto Gurih Dan Lembut appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Tentunya anda sudah tahu jika resep bandeng presto merupakan salah satu makanan khas kota Semarang. Makanan olahan ikan bandeng ini memiliki keunikan tekstur dagingnya yang sangat lembut hingga ke tulang atau durinya.

Jadi kita tidak perlu repot-repot memilah duri saat akan menyantapnya. Bahkan ikan bandeng ini bisa anda lahap habis sampai tak bersisa sama sekali, Membayangkannya saja sudah membuat kita tidak sabar lagi menyantapnya, kan?

Pada umumnya, ikan bandeng dipresto dengan beralaskan daun pisang baru kemudian digoreng supaya garing. Banyak yang suka dengan bandeng empuk ini hingga lama kelamaan bandeng presto berkembang pesat hingga sekarang menjadi ikon kuliner dan oleh-oleh khas Kota Semarang.

Jika anda ingin menikmatinya, anda tidak perlu jauh-jauh ke semarang. Kita bisa membuatnya sendiri dirumah, berikut ini kami akan memberitahu resep bandeng presto yang gurih dan lembut sampai ke tulangnya. Baiklah langsung saja kita ke proses pembuatannya.

resep bandeng presto

Resep Bandeng Presto

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan saja, dan pastinya bahan-bahannya mudah di temukan dipasaran dan langsung teman-teman mempraktekan resep di bawah ini dirumah.

Bahan-Bahan :

  • Ikan bandeng ukuran sedang – 1 kg (untuk 4 porsi)
  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 5 butir kemiri
  • 2 sdm ketumbar yang sudah disangrai
  • 2 ruas kunyit
  • 2 ruas jahe
  • 3 sdm garam 

Langkah-Langkah :

  1. Langkah yang pertama bersihkan lalu kita buang kotoran ikan bandeng sampah benar-benar tidak tersisa kotorannya.
  2. Sebelum di cuci kita lumuri ikan bandeng yang sudah bersih dari kotorannya dengan garam dan air perasan jeruk nipis, kemudian diamkan 10 menit.
  3. Setelah itu kemudian cuci sampai bersih ikan bandengnya lalu pada proses ini lumuri dengan bumbu yang sudah di haluskan, diamkan selama 30 menit.
  4. Siapkan daun pisang kemudian taruh selembar daunnya di dasar panci presto lalu susun ikan  yang sudah di bumbui diatasnya.
  5. Kemudian setelah ikan tersusun rapih di dalam panci, baru kemudian kita tuangkan air ke dalam panci sampai setinggi ikan yang paling atas.
  6. Setelah itu masak ikan sampai matang selama kurang lebih 2 jam, usakakan menggunakan api kecil.
  7. Setelah 2 jam biarkan sampai uap panasnya hilang, setelah uap yang ada di dalam panci hilang tutup pancinya bisa dibuka.
  8. Biarkan ikan yang sudah matang di dalam panci presto sampai dingin lalu kita bisa mengeluarkannya dari dalam panci, angkat satu persatu agar ikan tidak patah atau hancur.
  9. Panaskan minyak goreng yang banyak, lalu kemudian goreng ikan hingga kecoklatan dan matang sempurna.

Jika ikan sudah matang, kita bisa memakannya langsung dengan nasi atau kita bisa mengolah kembali bandeng yang sudah di goreng seperti mengolahnya menjadi semur bandeng, asem-asem bandeng, dan lain sebagainya sesuai selera kita.

Tips Membuat Bandeng Presto

Untuk mendapatkan rasa bandeng yang enak sampai tulang-tulang dari ikan bandeng tersebut menjadi lunak, tentu ada beberapa trik atau tips agar bandeng presto yang kita buat enak dan lembut sampai ke tulang-tulangnya. Berikut ini beberapa tips dari saya.

1. Memilih Dan Membersihkan Ikan Bandeng

Pilihlah bandeng yang masih segar dan berkualitas bagus. Ingat, kualitas bahan makanan yang bagus akan menghasilkan sajian dengan cita rasa yang berkualitas pula. Sebelum mengolahnya, buang kotoran pada ikan bandeng dan bersihkan di bawah air mengalir hingga tak ada kotoran yang tersisa.

Jika tak ingin repot, anda bisa biarkan sisiknya, tapi saya menyarankan agar teman-teman di rumah juga membersihkan sisiknya.

2. Membumbui Ikan Yang Benar

Pada proses pembumbuan, ikan dilumuri dengan bumbu-bumbu seperti garam, bawang putih, ketumbar, dan kunyit yang sudah dihaluskan. Anda tidak perlu menambahkan air pada bumbu-bumbu tersebut, ya.

Untuk kunyit kita dapat mengoleskan setelah bandeng dibumbui (tergantung kita), untuk memberikan warna kuning pada permukaan bandeng. Rempah-rempah seperti daun salam, laos, dan sere juga bisa ditambahkan untuk menjadikan bandeng semakin lezat.

Jangan lupa, gunakan jumlah garam yang lebih banyak dari jumlah yang biasa kita gunakan dalam membuat ikan goreng. Tujuan dari penambahan garam ini agar rasa gurih ikan tidak hilang setelah dipresto. Semua bumbu-bumbu yang digunakan tadi bisa juga dihaluskan jadi satu, baru kemudian dilumurkan ke seluruh permukaan ikan.

3. Memakai Panci Presto

Setelah dibumbui, saatnya bandeng dimasak. Jangan lupa untuk menakar air dengan ukuran yang pas, berikan air sebanyak sampai batas tinggi angsangnya. Jangan kurang atau jangan lebih usahakan menggunakan air dengan ukuran yang pas, kemudian kita masukan bandeng ke dalam angsangnya lalu tutup panci prestonya.

Masaklah dengan api kecil selama 2 jam atau sampai matang biasanya panci akan berbunyi. Anda boleh sesekali membuka katup uap panci prestonya, agar tekanan berkurang dan ikan bandeng menjadi tidak mudah hancur.

Jika aroma sedap dan harum sudah tercium, itu tandanya bandeng prestonya sudah matang. Cicipi rasa bandeng yang anda buat. Jika masih kurang asin, oleskan kembali garam pada bandeng dan tutup kembali pancinya. Masak lagi bandeng, hingga garamnya meresap. Jangan terlalu lama memasaknya ya, cukup sebentar saja.

4. Susunan Yang Benar

resep bandeng presto

Pada saat kita menyusun ikan yang sudah di bungkus dengan daun pisang usahakan kita menyusunnya dengan rapih. Alasannya adalah agar ikan bandeng yang sedang di kukus, tidak hancur atau patah saat proses pengukusan.

5. Gunakan Daun Pisang

Saat kita akan mengukusnya, usahakan menggunakan daun pisang untuk membungkis ikan bandengnya agar tidak hancur dan memberikan cita rasa yang berbeda. Kita juga bisa menggunakan pembungkus yang lainnya untuk membungkusnya, tapi saya menyarankan anda menggunakan daun pisang saja.

6. Penyajian

Setelah bandeng dirasa sudah matang, matikan api, diamkan panci hingga suhunya menurun, dan uap dipancinya hilang. Baru kemudian buka tutup panci dan  tunggu bandeng sampai dingin, Jika anda mengangkat ketika masih panas, bandeng akan mudah hancur.

Bandeng presto bisa digoreng langsung atau dibuat menjadi menu hidangan lain. Jika anda ingin mengorengnya, bisa mencampurkannya dengan telur atau tepung terlebih dahulu, agar lebih renyah dan krispi. Nikmati disantap bersama sambal dan nasi hangat.

Mungkin itulah beberapa resep bandeng presto dan tips cara membuat bandeng presto agar hasilnya memuaskan dan enak yang hanya bisa saya sampaikan, semoga dengan tips yang saya berikan ini teman-teman di rumah bisa terbantu.

Manfaat Ikan Bandeng

resep bandeng presto

1. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Manfaat yang paling utama dari konsumsi ikan adalah mencegah timbulnya penyakit jantung. Ternyata berdasarkan sebuah penelitian, suku bangsa Eskimo yang tinggal di Greenland mempunyai prevalensi dari pengidap sakit jantung yang sangat rendah.

Hal yang sama pula terjadi di Jepang, di Jepang langka sekali ditemukan orang yang memiliki sakit jantung koroner. Apakah yang menyebabkan semua itu bisa terjadi? Ternyata sangat sederhana, yakni orang Jepang maupun orang Eskimo amat suka mengonsumsi ikan.

2. Makanan Untuk Lauk Terbaik

Apabila Anda malas hanya sarapan menggunakan lauk yang setiap hari sama, dapat mencoba untuk mulai menggunakan ikan untuk menu pendamping nasi yang memanjakan lidah. Ikan juga mempunyai protein hewani yang mempunyai banyak kelebihan, di antaranya adalah: mengandung banyak protein, vitamin, mineral dan berkalori rendah.

Ikan amat bagus untuk yang berkeinginan merawat kesegaran metabolisme tubuh selain dari apa yang kita dapatkan dari makan sayur-sayuran. Kandungan gizi yang ada di dalam ikan juga sangat bagus bagi tubuh, seperti asam amino esensiil maupun non esensiil.

3. Mencegah Kolestrol

Biasanya orang yang mudah terserang penyakit jantung koroner adalah orang yang mempunyai kadar kolesterol lebih dari 300 mg/dl. Tapi, bahaya dari penyakit kolesterol tidak bisa terjadi jika rutin makan ikan. Hal tersebut dikarenakan pada setiap tubuh ikan mempunyai simpanan minyak ikan yang amat tinggi.

4. Baik Untuk Yang Sedang Diet

Apabila anda sedang menjalani program diet, mengonsumsi ikan adalah alternatif yang cocok bagi tubuh. Ikan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Bagi yang suka memakannya rata-rata akan jarang mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti halnya yang terdapat pada keju atau daging.

Mengapa ikan penting untuk diet? Ikan tidak mempunyai kandungan lemak yang banyak, melainkan sangat tinggi protein dan vitamin dan juga memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik. Ikan tidak akan merusak program diet yang sedang kita jalankan.

Mungkin hanya itulah resep bandeng presto, tips bandeng presto, dan sejarah tentang bandeng presto yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terimakasih kepada semuanya yang telah membaca artikel saya dari atas sampai selesai.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu teman-teman, dan semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata sekian dan terimakasih. Sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

The post Resep Bandeng Presto Gurih Dan Lembut appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Resep Butter Cookies Renyah Dan Juga Praktis https://alatpresplastik.com/resep-butter-cookies/ Wed, 22 Jan 2020 07:02:24 +0000 http://alatpresplastik.com/?p=2137 Resep Butter Cookies adalah salah satu jenis kue kering dengan dominan rasa butter yang renyah dan juga enak. Jenis kue kering ini memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, dikarenakan sudah banyak toko-toko yang menjualnya. Menjelang lebaran biasanya banyak bermunculan aneka kue kering dijajakan dalam kemasan plastik maupun kaleng. Harga dan kualitasnya pun bervariasi, […]

The post Resep Butter Cookies Renyah Dan Juga Praktis appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Resep Butter Cookies adalah salah satu jenis kue kering dengan dominan rasa butter yang renyah dan juga enak. Jenis kue kering ini memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, dikarenakan sudah banyak toko-toko yang menjualnya.

Menjelang lebaran biasanya banyak bermunculan aneka kue kering dijajakan dalam kemasan plastik maupun kaleng. Harga dan kualitasnya pun bervariasi, dari yang sedang sampai mahal, tentu saja untuk dapat lebih hemat kita bisa membuat kue kering sendiri, lebih enak dan hasilnya pun lebih banyak.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberitahukan resep dan cara membuat kue kering yang enak dan praktis. Teman-teman dirumah hanya perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat-alat untuk membuatnya, bahan-bahannya pun sudah banyak dijual di warung-warung terdekat atau minimarket terdekat.

Berikut ini kami akan menyajikan beberapa resep dan cara membuat kue kering, kue jenis ini sangat cocok dijadikan camilan santai di rumah dan cocok disajikan bersama teh hangat atau kopi hangat pada saat cuaca hujan.

Dan sekarang tiba saatnya kita akan membagikan beberapa macam resep dan juga cara membuat kue kering. Semoga teman-teman dirumah bisa mempraktekannya dan juga semoga resep yang saya berikan ini bermanfaat serta membuat teman-teman semua puas.

resep butter cookies

Macam-macam Resep Butter Cookies

Ternyata kita bisa mengkreasikan butter cookies menjadi beberapa jenis mulai dari yang rasa coklat atau pun yang lainnya.

1. Butter Cookies Coklat Selai Kacang

Resep yang pertama kami berikan yatu butter cookies chocolate peanut atau lebih sering disebut dengan kue kering selai kacang. Sebenarnya kalian bisa mengkreasikan topingnya sesuai selera kita, tapi pada kesempatan ini saya mencontohkan memakai toping kacang mete.

Bahan-bahan :

  • 90 gram butter
  • 90 gram margarine
  • 100 gram palm sugar
  • 2 kuning telur (untuk olesan)
  • 100 gram selai kacang
  • 100 gram kacang sangrai cincang
  • 225 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram tepung maizena
  • 20 gram coklat bubuk
  • 1/2 sdt baking powder

Langkah-Langkah :

  1. Langkah yang pertama yaitu kita harus mengayak bahan-bahan kering seperti tepung, agar kita mendapatkan tekstur bahan yang halus
  2. Kemudian kita campurkan margarin, butter, gula aren lalu kocok bahan tercebut sampai rata, masukkan kuning telur lalu kocok kembali sampai semua adonan tercampur secara merata
  3. Masukkan selai kacang, kocok rata, masukkan kacang sangrai, lalu aduk dengan spatula kemudian masukkan bahan-bahan kering aduk sampai merata
  4. Setelah adonan tercampur rata kemudin gilas adonan, lalu cetak sesuai selera oleskan kuning telur diatas adonan yang sudah dicetak tadi
  5. Setelah adonan sudah di cetak dan sudah di oleskan kuning telur, lalu kita beri toping kacang mete atau apa saja sesuai selera
  6. Kemudian panggang adonan di oven sampai matang dan kering.

Jika adonan sudah selesai di buat dan sudah matang, kita bisa menyajikannnya langsung atau disimpan di wadah kedap udara seperti kaleng biskuit atau toples agar kue yang kita buat tetap awet dan tetap enak jika kita menyimpannya berhari-hari.

2. Cookies Toping Chocochip

Bedanya dengan yang sebelumnya adalah di bagian toping nya saja, jika tadi kita menggunakan selai kacang dan toping kacang mete, tapi pada resep ini kita menggunakan chocochip coklat untuk toping nya atau kalian bisa menggunakan apa saja.

Bahan-bahan :

  • 150 gram mentega
  • 60 gram gula halus
  • 1 butir kuning telur
  • 170 gram tepung terigu
  • 25 gram maizena
  • 25 gram susu bubuk coklat
  • 25 gram chocochip

Langkah-Langkah :

  1. Siapkan semua bahan-bahannya dan peralatannya
  2. Kemudian campur gula halus dan mentega, lalu tambahkan kuning telur, mixer sampai tercampur rata
  3. Setelah itu campurkan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, lalu ayak diatas adonan mentega. Aduk rata kemudian kita uleni hingga kalis
  4. Tambahkan chocochip sesuai selera dan campur rata. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega untuk memanggangnya
  5. Ambil secukupnya adonan dan bentuk bulat-bulat atau cetak sesuai selera, lalu tekan dan pipihkan dengan garpu dan beri taburan chocochip lagi. Oven hingga matang sambil sesekali dilihat, agar tidak gosong
  6. Jika sudah matang keluarkan dari oven dan dinginkan,  kemudian setelah dingin kita bisa menata dalam stoples atau langsung dimakan.

Setelah adonan selesai di buat dan selesai di oven, kemudian kita simpan di toples atau bisa kita sajikan langsung. Gimana mudah kan ? Semoga kalian berhasil mempraktekannya di rumah.

3. Rasa Coklat dan Keju

Sama saja seperti yang sebelumnya tetapi cara pembuatan kue yang satu ini hanya perlu menambahkan beberapa bahan saja. Dan bahan-bahan nya mudah didapat di warung warung terdekat rumah kita.

Bahan-bahan :

  • 100gram butter
  • 50gram margarin
  • 225gram/15sdm tepung terigu
  • 100gram/14sdm gula tepung/gula halus
  • 2butir kuning telur
  • Sejumput garam
  • 1/4sdt baking powder
  • 2sdm coklat bubuk
  • 1sdt vanilli essence/ 1/4sdt vanilli bubuk
  • Chocochip secukupnya
  • Keju cheddar (parut) secukupnya

Langkah-Langkah :

  1. Pertama campurkan butter, margarin, gula halus dan kuning telur, aduk rata.
  2. Masukkan tepung terigu yang dicampur baking powder dan garam, tambahkan vanilli essence atau vanilli bubuk. Campur dan uleni sebentar hingga adonan tidak lengket di tangan.
  3. Bagi adonan menjadi dua, satu adonan ditambah coklat bubuk dan aduk rata. Adonan satunya lagi ditambah parutan keju cheddar lalu aduk rata.
  4. Ambil adonan lalu bentuk bulat kemudian sedikit pipihkan menggunakan garpu. Tata adonan yang sudah dibentuk di loyang yang sudah dioles margarin. Hias dengan chocochip lalu oven selama 30 menit dengan api kecil jika menggunakan oven api.

Dan butter cookies pun sudah siap disajikan, mudah kan ? Kita hanya perlu mencampurkan bahan-bahan yang sudah di persiapkan saja semoga teman-teman bisa mempraktekannya di rumah, semoga berhasil dan mendapatkan hasil yang bagus.

Itulah beberapa resep yang dapat kami beritahukan pada kesempatan ini, semoga kalian berhasil mencobanya di rumah. Kita lanjut saja ke pembahasan yang selanjutnya yaitu tentang tips membuat kue kering agar hasilnya memuaskan dan berhasil.

Tips Membuat Butter Cookies

Agar hasil kue yang kita buat di rumah berhasil dan hasilnya memuaskan tentu ada tips agar hasilnya memuaskan, berikut ini saya akan memberi tahukan beberapa tips agar hasil kue yang kita buat berhasil dan rasanya enak.

resep butter cookies

1. Gunakan Adonan Kue Kering

Gunakan adonan kue yang kering, yakni mencampurakan mentega dan margarin yang dikocok bersama gula. Saat mengocoknya, mentega harus dalam keadaan dingin dan baru saja dikeluarkan dari lemari pendingin. Agar kue tidak melebar pengocokan harus dilakukan sesuai dengan waktu yang disarankan di dalam resep . Jika kita menggunakan gula pasir halus di dalam resepnya, jangan menggantinya dengan gula tepung agar tekstur kue tidak menjadi keras.

2. Kombinasikan Kue Sesuai Selera

Seperti kue kaleng kemasan yang biasa kita lihat dan temukan di pasaran, kue yang kita buat bisa ditambahkan kacang, kismis, atau kelapa (sesuai selera). Dengan menkombinasikan kue nya kita mendapatkan beberapa rasa.

3. Bentuk dan Ukuran

Umumnya bentuk butter cookies ini bulat, kotak, persegi panjang atau oval dengan dua lubang di tengah. Tapi kita bisa mengkreasikan sesuka hati asalkan ingat jangan terlalu tebal atau terlalu tipis, itu akan mempengaruhi tekstur saat pengovenan.

4. Pengovenan yang Benar

Kue kering jenis ini dioven atau dimatangkan pada suhu seperti kue kering pada umumnya yaitu 140-150 derajat celsius. Jika tingkat kepanasannya melabihi pada umumnya, biasanya kue akan menghitam atau pahit ketika di makan.

5. Gunakan Topping Sesuai Selera Kita

Pada umumnya kue kering ini tampil polos, ada juga yang diberi taburan berupa gula pasir kasar, parutan kelapa kering, atau kacang. Nah kita bisa menggantinya sesuai selera kita, bisa menggunakan keju atau lain sebagainya.

6. Gunakan Loyang yang Benar

Untuk tinggi dan besar loyang biasanya menggunakan loyang datar dengan tinggi maksimum 2 cm, agar panas nya merata kesemua kue yang kita buat. Dan jangan lupa olesi loyang dengan margarin agar saat adonan sudah matang tidak lengket saat kita ambil.

Selain kita mengkonsumsinya langsung, kita juga bisa menjualnya itu akan sangat menguntungkan. Jika kita ingin menjualnya kita harus mengkreasikan kuenya agar pembeli tertarik membeli kue kita.

Mungkin hanya itulah beberapa resep butter cookies yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Teman-teman di rumah bisa mencontohkannya atau mempraktekannya dengan mudah, dan inilah akhir perjumpaan kita semoga kalian terbantu. Sekian dan terimakasih, sampai jumpa lagi.

The post Resep Butter Cookies Renyah Dan Juga Praktis appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Cara Membuat Sushi Enak Dan Menggugah Selara https://alatpresplastik.com/cara-membuat-sushi/ Wed, 22 Jan 2020 07:01:28 +0000 http://alatpresplastik.com/?p=2238 Cara membuat sushi merupakan makanan yang berasal dari negara jepang, Jepang terkenal dengan etos kerjanya yang tinggi. Negara yang populer dengan julukan negeri matahari terbit ini juga memiliki banyak kebudayaan. Sementara itu, sudah banyak tempat yang secara khusus difungsikan sebagai pusat kebudayaan Jepang di Indonesia. Bukan hanya soal budaya saja, ternyata kuliner Jepang turut menjadi daya […]

The post Cara Membuat Sushi Enak Dan Menggugah Selara appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Cara membuat sushi merupakan makanan yang berasal dari negara jepang, Jepang terkenal dengan etos kerjanya yang tinggi. Negara yang populer dengan julukan negeri matahari terbit ini juga memiliki banyak kebudayaan. Sementara itu, sudah banyak tempat yang secara khusus difungsikan sebagai pusat kebudayaan Jepang di Indonesia.

Bukan hanya soal budaya saja, ternyata kuliner Jepang turut menjadi daya tarik lho. Jika kita membahas  kulinernya, pasti kita sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Jepang ini, yaitu sushi. Sushi merupakan makanan yang terbuat dari nasi yang dibentuk bersama lauk, baik berupa daging, ikan laut, atau sayuran. Rasa nasi yang masam dan gurih, ditambah lauknya yang segar membuat sushi jadi makanan favorit banyak orang.

Selain rasanya yang nikmat, sushi juga makanan yang menyehatkan. Mengonsumsi sushi dipercaya bisa mencegah hipertensi. Sebab cuka pada nasinya, mengandung anti bakteri tinggi. Apalagi jika dipadukan dengan ikan yang kaya akan omega 3. Kebayang bagaimana menyehatkannya makanan ini.

Untuk mengonsumsinya, tidak selalu harus membeli di gerai sushi lho. Kita bisa mencoba membuat sendiri di rumah. Bahan-bahannya cukup sederhana dan mudah ditemukan. Berikut ini kami akan memberikan beberapa resep dan cara membuat sushi yang enak dan memnggugah selera.

cara membuat sushi

Cara Membuat Sushi

Pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa jenis cara membuat sushi, mulai dari sushi roll sederhana sampai sushi chicken futomaki. Mungkin bagi orang yang baru akan mencoba sushi masih sangat asing dengan nama-nama dan jenis-jenis sushinya.

1. Sushi roll sederhana

Sushi yang pertama adalah sushi roll sederhan, sudah dapat ditebak dari namanya saja ada kata sederhana berarti pembuatan sushi ini sangat sederhana.

Bahan-Bahan :

  • 2 genggam beras
  • 2 genggam beras ketan
  • 2 lembar nori/rumput laut
  • 1 sendok makan kecap asing
  • 1 sendok makan cuka beras
  • 1 butir telur
  • 1 buah timun
  • 1/2 wortel
  • 1 sosis bratwurst ukuran sedang
  • 1 siung bawang putih cincang
  • Mayones secukupnya (jangan terlalu banyak)
  • Garam secukupnya

Langkah-Langkah Cara Membuat Sushi :

  1. Pertama, siapkan penanak nasi
  2. Masak terlebih dahulu nasi sushinya, dengan mencampurkan beras biasa dan beras ketan dengan air sekitar 250 ml. Gunakanlah api kecil kemudian masak nasi sampai setengah matang
  3. Selama menunggu nasinya matang, potong timun, wortel, dan sosis, dengan potongan memanjang
  4. Kemudian jika nasi sudah setengah matang, kukus kembali nasi bersama dengan sosis dan wortel yang sudah dipotong
  5. Biarkan hingga nasi matang dan pulen, setelah itu pindahkan nasi ke dalam wadah lain
  6. Kemudian kita tambahkan kecap asin dan cuka beras, lalu aduk rata
  7. Goreng bawang putih hingga berubah warna menjadi kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan
  8. Kemudian goreng telur dadar, jangan lupa tambahkan garam dan lada. setelah itu potong telur dadar dengan memanjang
  9. Siapkan penggulung sushi, atau bisa juga dengan plastik segi empat. kemudian letakkan nori di paling bawah, selanjutnya nasi diratakan di atas nori
  10. Selanjutnya susun sosis, wortel, dan telur di atasnya nasi, lalu taburkan bawang putih goreng jangan lupa tambahkan mayones secukupnya. Kemudian gulung sushi dengan memberikan sedikit tekanan agar padat, lalu potong sushi seukuran 1,5 cm dengan pisau tajam dan sushi pun siap disajikan.

2. Salmon Nigiri

cara membuat sushi

Bahan-Bahan :

  • Ikan salmon segar
  • Nori potong memanjang
  • Nasi yang sudah masak
  • Cuka beras
  • Kaldu jamur

Langkah-Langkah :

  1. Lankah yang pertama bersihkan ikan salmon sampai bersih
  2. Kemudian potong ikan dengan memanjang dengan ketebalan sedang
  3. Lalu siapkan wadah untuk nasi, kemudian masukkan nasi, cuka beras, dan kaldu jamur, aduk rata
  4. Cetak nasi dengan cetakan khusus untuk sushi. Bisa juga dibentuk sendiri dengan tangan. Lalu letakkan potongan salmon di atas nasi
  5. Kemudian potong nori dengan memanjang lalu lilitkan dan salmon nigiri siap dinikmati.

3. Inari Sushi

Bahan-Bahan :

  • 15 tahu pong (bisa tahu lain yang bisa diambil kulitnya)
  • Nasi secukupnya
  • Salmon secukupnya
  • 2 butir telur, goreng dadar dan potong-potong
  • 350 ml air
  • 3 sendok makan gula
  • 10 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan wijen
  • Saus tomat secukupnya
  • Mayones secukupnya

Langkah-Langkah :

  1. Panaskan air dengan kecap asin dan gula
  2. Kemudian masukkan tahu pong
  3. Gunakanapi sedang masak untuk memasaknya
  4. Setelah itu biarkan air terserap ke tahu
  5. Kemudian tiriskan dan potong tahu agar bisa diisi
  6. Siapkan wadah lain, kkemudian campurkan telur, crab stick, saus, dan mayones
  7. Setelah itu siapkan nasi dan campurkan dengan minyak wijen sebagai isian tahu dan inari sushi siap dinikmati.

Mungkin itulah beberapa macam cara membuat sushi yang hanya dapat kami berikan. Semoga dengan membaca artikel dari saya teman-teman bisa terbantu dan tahu mengenai macam-macam sushi.

Tips Cara Membuat Sushi

Agar sushi yang kita buat enak dan menyehatkan tentu anda harus membuatnya dengan benar. Berikut ini kami akan memberikan tips cara membuat sushi yang benar.

1. Pilih menu yang tepat

Bahan-bahan yang terdapat di dalam sushi menjadi faktor penentu apakah itu cukup sehat atau tidak. Ikan biasanya rendah kalori, tinggi protein, dan mengandung nutrisi seperti omega-3. Apalagi kalau ditambah  sayuran segar seperti timun dan avokad yang kaya akan lemak sehat, membuat sushi semakin sehat.

2. Kurangi saus dan mayones

Saus dan bumbu tambahan lainnya bisa meningkatkan kadar sodium dan lemak di sushi. Mayones pedas, contohnya, mengandung lemak dan kalori yang sangat terkonsentrasi. Namun, bumbu sushi lainnya dikemas dengan penuh rasa dan nutrisi. Jahe yang diolah dalam bentuk acar sebagai pelengkap sushi, memiliki kandungan anti-inflamasi. Dan lobak merupakan sumber vitamin C yang luar biasa.

3. Ikan mentah yang berkualitas

Penikmat sushi harus berhati-hati saat makan ikan mentah. Antara lain, terkena penyakit yang disebakan oleh bakteri dan parasit. Oleh sebab itu, harus memastikan ikan tersebut benar-benar segar atau dibekukan dengan baik.

4. Ubah jadi lebih sehat

Membuat sushi dengan campuran timun dan avokad atau sashimi, dan disajikan tanpa nasi, merupakan cara makan sushi yang lebih sehat. Anda juga bisa menambah makanan yang memiliki protein dan serat seperti edamame, sup miso, atau salad yang lebih sehat dan membuat kenyang lebih lama.

Manfaat Sushi Bagi Kesehatan

cara membuat sushi

Ternyata didalam makanan ini terkandung banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita, berikut ini kami akan memberikan beberapa manfaat dari sushi.

1. Mencegah Hipertensi

Penambahan cuka beras pada nasi ini bertujuan agar memberikan sedikit rasa asam pada nasi. Sehingga rasa dari daging ikannya dapat lebih terasa nikmat dan lezat. Manfaat dari cuka beras adalah sebagai antibakteri tinggi yang memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi atau darah tinggi.

2. Meningkatkan Metabolisme

Sushi juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh karena adanya tambahan nori sebagai pembungkusnya. Nori merupakan sejenis rumput laut yang berbentuk seperti kertas tipis. Selain itu, nori juga memiliki kandungan mineral, vitamin dan iodine yang bagi kesehatan tubuh.

3. Mencegah Kanker

Minuman pelengkap sushi yang tidak boleh dipisahkan adalah ocha. Ocha adalah minuman teh hijau khas  dari Jepang yang tinggi kandungan antioksidan. Manfaat antioksidan itu sendiri adalah menangkal radikal bebas akibat polusi yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker atau tumor dalam tubuh. Selain itu, ocha juga dapat melancarkan pencernaan serta membunuh bakteri yang mengakibatkan keracunan makanan.

4. Mengandung Zat Antibakteri

Wasabi adalah bahan tambahan pembuatan sushi yang memiliki rasa pedas dan menambah cita rasa pada sushi. Selain itu, wasabi juga bermanfaat untuk membunuh kuman dan bakteri dalam tubuh dan juga mengandung vitamin C.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Tidak hanya sushi, makanan pendamping yang disebut gari, memiliki manfaat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga terhindar dari berbagai serangan penyakit sistem imun, seperti flu dan batuk. Sebab, gari terbuat dari ginseng.

6. Kaya Kandungan Omega-3

Bahan utama pembuatan sushi yaitu daging ikan segar dan jenis ikan yang dipakai yakni ikan tuna atau ikan salmon yang kaya akan kandungan omega-3. Ikan yang masih mentah dan segar, masih memiliki kandungan omega-3 yang bagus dan sangat tinggi. Sehingga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, menyehatkan otak, dan mencegah hipertensi.

7. Melancarkan Pencernaan

Menurut sebagian peneliti, kecap asin atau soyu memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan lambung dari bakteri jahat. Karena, soyu memiliki kandungan zat besi dan protein yang cukup tinggi.

Mungkin hanya itulah beberapa manfaat dari cara membuat sushi yang bisa teman-teman ketahui. Baiklah mungkin cukup sekian dari saya terimakaih untuk teman-teman yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai akhir. Mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata sekian dan terimakasih, sampai jumpa diartikel berikutnya. Selamat Mencoba!

The post Cara Membuat Sushi Enak Dan Menggugah Selara appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Cara Membuat Cupcake Lembut Dan Mudah https://alatpresplastik.com/cara-membuat-cupcake/ Wed, 22 Jan 2020 07:01:01 +0000 http://alatpresplastik.com/?p=2249 Cara membuat cupcake adalah kue yang berukuran kecil dilapisi kertas atau bahasa pasaran di Indonesia yakni kue cangkir. Cupcake banyak dicari oleh kebanyakan orang selain karena cupcake ini rasanya enak dan juga memiliki tekstur yang lembut serta rasanya pun manis. Dalam buku ‘Seventy-five Receipts for Pastry, Cakes, and Sweetmeats’ karangan Eliza Leslie, Cupcake pertama kali […]

The post Cara Membuat Cupcake Lembut Dan Mudah appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Cara membuat cupcake adalah kue yang berukuran kecil dilapisi kertas atau bahasa pasaran di Indonesia yakni kue cangkir. Cupcake banyak dicari oleh kebanyakan orang selain karena cupcake ini rasanya enak dan juga memiliki tekstur yang lembut serta rasanya pun manis.

Dalam buku ‘Seventy-five Receipts for Pastry, Cakes, and Sweetmeats’ karangan Eliza Leslie, Cupcake pertama kali muncul pada tahun 1828 dengan menggunakan cangkir sebagai alat untuk mengukur dan sebagai wadah bahan-bahannya. Sedangkan alat untuk memanggangnya masih menggunakan tungku, sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk membuat cupcake ini.

Dengan tampilannya yang imut dan cantik, selain lezat cupcake juga enak dipandang mata jadi gak tega deh makannya. Nggak heran kalau cake mungil ini tidak hanya dibuat untuk dimakan, tapi juga untuk hiasan. Disantap sebagai camilan bisa, dijadikan hadiah atau kado pun layak. Pacar atau sahabatmu pasti senang mendapat hidangan yang manis ini darimu.

Cupcake menjadi salah satu yang cukup hits, selain rasanya yang enak, juga menarik perhatian karena bentuknya yang imut. Cupcake bisa disantap sebagai camilan bisa, dijadikan hadiah atau kado pun layak. Kamu juga bisa merayakan ulang tahun dengan menggunakan cupcake lho. Ternyata cara membuat cupcake itu sangat mudah untuk teman-teman praktekan sendiri di rumah. Berikut ini kami akan memberikan cara membuat cupcake lembut dan enak.

cara membuat cupcake

Cara Membuat Cupcake

Bagi teman-teman yang sangat menyukai salah satu jenis kue satu ini, teman-teman bisa membuatnya sendiri di rumah. Teman-teman nggak perlu khawatir harus berkutat seharian di dapur untuk membuat cupcake mungil dan lezat. Berikut kami akan memberikan beberapa jenis cupcake dan cara membuatnya.

1. Rose cupcakes

Bahan-Bahan :

  • 3 butir telur
  • 100 gr gula kastor
  • 130 gr tepung terigu serba guna
  • 1/8 sdt garam
  • 50 ml susu cair
  • 50 ml minyak sayur
  • Secukupnya selai coklat untuk filling
  • Secukupnya buttercream untuk topping

Langkah-Langkah :

  1. Kocok telur dan gula sampai mengembang dan kental. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk dan garam yang telah diayak bergantian dengan susu cair dan minyak sayur. Mix dengan mixer kecepatan rendah sampai rata
  2. Masukkan adonan ke dalam cupcake case. Panggang 25 menit dengan suhu 180°C atau sesuaikan dengan oven masing-masing
  3. Kemudian beri lubangi di bagian tengah cupcake dengan menggunakan spuit lalu semprotkan selai cokelat ke dalamnya dan tutup kembali
  4. Oles buttercream di permukaan cupcake lalu hias dengan buttercream sesuai selera.

2. Cupcake cokelat kukus

cara membuat cupcake

Bahan-Bahan :

  • 4 butir telur utuh
  • 200 gr gula pasir butiran halus
  • 1 sdm emulsifier, TBM, Ovalet, SP
  • 110 gram tepung Segitiga Biru
  • 2 sdm cokelat bubuk
  • 150 ml minyak goreng
  • 1-2 sdm pasta cokelat pakai yang good quality
  • 75 gr cokelat batang, serut, lelehkan, diamkan suhu ruang

Langkah-Langkah :

  1. Campurkan telur dan gula, kocok sebentar, masukkan emulsifier, kocok hingga kental dan mengembang
  2. Masukkan tepung terigu, cokelat bubuk dengan cara diayak, aduk balik menggunakan spatula
  3. Kemudian tuang minyak goreng, pasta, coklat leleh ke dalam adonan, campur hingga rata
  4. Setelah itu tuang adonan ke dalam cup atau alumunium foil
  5. Kukus adonan selama 20-25 menit
  6. Setelah matang angkat dan tiriskan kemudian sajikan.

3. Triple choco cupcake

Bahan-Bahan A :

  • 180 gr tepung terigu prot sedang
  • 20 gr cokelat bubuk
  • 1/2 sdt BPDA (Baking Powder Double Acting)

Bahan-Bahan B :

  • 125 gr butter
  • 170 gr gula halus
  • 2 butir telur
  • 100 ml susu cair

Langkah-Langkah :

  1. Pertama-tama campur bahan A jadi satu, lalu kemudian kita ayak. setelah itu sisihkan
  2. Kocok bahan B hingga mengembang halus dan halus. Lalu masukkan telur satu persatu sambil di-mix. Kemudian matikan mixer jika dirasa sudah mengembang dan halus
  3. Kemudian tuangkan bahan A dan susu cair secara bergantian, dimulai dari tepung dan diakhiri dengan tepung
  4. Tuang adonan ke dalam cup kertas sebanyak 3/4 cup. Kemudian oven dengan suhu 175 derajat celcius selama 25 menit atau sesuaikan dengan oven masing-masing. Setelah matang kemudian angkat lalu dinginkan
  5. Setelah itu buat lubang di tengah cupcake, lalu beri filling choco chrunch, kemudian semprot ganache di atasnya sesuai selera.

4. Super moist chocolate cupcake

Bahan-Bahan :

  • 95 gr tepung serba guna
  • 45 gr cocoa powder
  • 3/4 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/4 sdt garam
  • 2 butir telur ukuran besar, diamkan di suhu ruang
  • 50 g gula pasir
  • 50 g brown sugar
  • 180 ml canola oil atau minyak sayur
  • 1 sdt vanilla extract
  • 120 ml susu
  • 1 sdm air lemon (buttermilk), campur lalu diamkan 10 menit hingga mengental

Langkah-Langkah :

  1. Langkah yang pertama ayak tepung, cocoa powder, baking powder, baking soda dan garam (bahan kering). Kemudian sisihkan
  2. Campur telur, canola oil, gula pasir, brown sugar di wadah yang berbeda dengan menggunakan wisk tangan hingga rata dan gula larut (bahan basah)
  3. Setelah itu tuang setengah bagian basah ke bahan kering, tuang juga sebagian buttermilk, lalu aduk pelan hingga menyatu. Lakukan lagi untuk setengah bagian lainnya. Kemudian aduk secara perlahan dan pelan, jangan terlalu banyak mengaduk agar cupcake tidak bantat
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan cupcakes hanya sampai setengah bagian cetakan saja agar tidak pecah, ketika matang bagian atas cupcake tidak kering dan ukurannya pas ketika akan diberi buttercream
  5. Panggang di oven 175 derajat Celcius, 12-15 menit atau sampai matang (suhu dan lama memanggang sesuaikan dengan oven masing-masing), lakukan tes tusuk untuk melihat kematangan cake
  6. Setelah itu beri butter cream favorite kalian dan sajikan.

5. Muffin almond choco chips

Bahan-Bahan :

  • 100 gr margarine, 25 gr butter
  • 50 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 125 gr gula pasir
  • 200 gr tepung terigu
  • 20 gr cokelat bubuk
  • 1 sdt soda kue
  • 1 sdt baking powder
  • 150 gr choco chips.

Langkah-Langkah :

  1. Pertama panaskan oven dengan temperatur 200 derajat Celcius, lalu siapkan cetakan muffin beri kertas cup
  2. Kemudian ayak terlebih dahulu tepung terigu, soda kue, baking powder, dan cokelat bubuk jadi satu, lalu sisihkan
  3. Setelah itu cairkan margarin dan butter bersama susu cair asal hangat saja, tidak sampai mendidih, lalu angkat
  4. Kocok telur dan gula dengan mixer kecepatan sedang sampai gulanya larut, lalu masukkan campuran tepung, kemudian aduk rata
  5. Masukkan larutan margarin dan aduk rata secara perlahan-lahan. Jangan lupa tambahkan choco chips lalu aduk rata
  6. Setelah itu tuang adonan ke dalam cetakan muffin sampai 3/4 penuh lalu taburi kacang almond
  7. Kemudian panggang 200 derajat Celcius selama 25 menit hingga matang setelah matang kita tinggal angkat dan sajikan.

Itulah mungkin beberapa cara membuat cupcake yang hanya bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga ibu di rumah atau teman-teman dirumah bisa membuat sendiri cupcaknya dan berhasil serta rasanya pun lebih enak.

Tips Membuat Cupcake

cara membuat cupcake

Agar cupcake yang kita buat berhasil dan lembut, teman-teman bisa mempraktekkan tips yang harus dilakukan agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips-tips membuat cupcake.

1. Jangan Mengocok Adonan Dengan Kecepatan Tinggi

Karena cupcake merupakan jenis kue yang tergolong kue yang padat, sebaiknya teman-teman mengocok  adonan cupcake nya dengan kecepatan rendah agar semua bahan tercampur rata. Jika teman-teman mengocok adonan cupcake dengan mixer berkecepatan tinggi hanya akan menimbulkan gelembung-gelembung udara pada adonan.

2. Memperkirakan Takaran Adonan Cupcake

Adonan cupcake yang sudah siap tinggal dimasukkan ke dalam loyang atau wadah yang lainnya sesuai selera. Usahakan jangan terlalu mengisi loyang atau paper cup hingga terlalu penuh ya. Isi setengahnya saja karena agar bagian loyang agar cupcake teman-teman mengembang dengan sempurna.

3. Jangan Terlalu Sering Membuka Oven

Membuka oven terlalu sering saat membuat cupcake bisa membuat cupcake teman-teman jadi bantat, lho. Biarkan saja adonan cupcake mengembang dalam oven sampai beberapa menit. Untuk mempermudah teman-teman bisa memantau cupcake yang sedang dipanggang jika teman-teman sedang menggunakan oven berjendela kaca yang bisa diintip.

Itulah beberapa tips-tips cara membuat cupcake yang hanya bisa saya sampaikan, agar hasilnya memuaskan dan rasanya enak dan lembut, teman-teman di rumah bisa mencoba dan mempraktekan tips di atas agar cupcakenya lembut dan enak.

Mungkin cukup sampai disini artikel mengenai cara membuat cupcake, saya ucapkan terimakasih kepada semuanya yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai akhir. Semoga dengan adanya artikel yang kami buat ini bisa membantu teman-teman dirumah, sekian dan terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya.

The post Cara Membuat Cupcake Lembut Dan Mudah appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Cara Membuat Bubble Praktis dan Mudah https://alatpresplastik.com/cara-membuat-bubble/ Wed, 22 Jan 2020 07:00:32 +0000 http://alatpresplastik.com/?p=2220 Cara membuat bubble merupakan salah satu jenis olahan yang terbuat dari tepung tapioka dan lain sebagai nya yang dimasak bersama-sama. Biasanya bubble di jadikan bahan campuran membuat minuman segar yang sedang hits di indonesia yaitu bubble tea atau pearl milk. Siapa yang tidak tahu bubble tea? Beragam kedai yang menyajikan minuman teh dengan campuran susu ditambah […]

The post Cara Membuat Bubble Praktis dan Mudah appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Cara membuat bubble merupakan salah satu jenis olahan yang terbuat dari tepung tapioka dan lain sebagai nya yang dimasak bersama-sama. Biasanya bubble di jadikan bahan campuran membuat minuman segar yang sedang hits di indonesia yaitu bubble tea atau pearl milk.

Siapa yang tidak tahu bubble tea? Beragam kedai yang menyajikan minuman teh dengan campuran susu ditambah dengan bola-bola kenyal di dalamnya, menjamur di seluruh kota di Indonesia, baik brand lokal maupun internasional.

Namun, membeli bubble tea terus-terusan tentu tidak disarankan. Selain membuat isi dompet kering, kita juga tidak tahu bahan-bahan apa saja yang dipakai dalam proses pembuatannya. Untuk itu, ada resep membuat bubble tea rumahan yang sehat dan murah.

Bubble tea atau pearl milk tea menjadi salah satu minuman yang sedang populer di indonesia dan terdiri dari bahan dasar teh dan susu. Yang menjadikan minuman asal taiwan ini semakin di gemari adalah tambahan pearl atau bubble yang terbuat dari tepung tapioka yang kenyal dan memberikan sensasi yang unik.

Kelebihan dari resep rumahan bubble tea adalah anda bisa mengukur tingkat kemanisannya sesuai selera, anda juga bisa memilih gula yang cocok untuk anda. Anda bisa menyajikannya untuk keluarga atau untuk pesta kecil di rumah anda, jadi anda tidak perlu repot jauh-jauh membeli di kedai.

Berikut ini kami akan memberitahukan cara membuat bubble yang enak dan praktis di rumah. Teman-teman di rumah hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini dan langsung mempraktekannya di rumah.

cara membuat bubble

Cara Membuat Bubble

Berikut ini kami telah menyajikan resep dan cara pembuatan bubble, dan teman-teman dirumah bisa langsung mempraktekannya.

Bahan-Bahan Cara Membuat Bubble :

  • 2 cup tepung tapioka
  • 1/2 cup gula merah
  • 2/3 cup air (untuk adonan)
  • 1 liter air (untuk merebus)

Langkah-Langkah Cara Membuat Bubble :

  1. Pertama, panaskan air dan gula merah diatas kompor, pastikan gula mencair seluruhnya dan tidak ada yang menggumpal.
  2. Kemudian setelah mendidih, kita  kecilkan api lalu tuangkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Aduk rata, jika sudah matang kemudian pindahkan adonan ke wadah yang  datar.
  3. Jika sudah matang, kemudian uleni adonan hingga tekstur menjadi lembut dan sedikit lengket. Setelah itu, potong adonan menjadi 9 bagian.
  4. Bentuk silinder memanjang masing-masing bagian adonan dengan diameter sesuai keinginan. lalu potong kecil-kecil dengan ukuran sama besar.
  5. Selanjutnya, bentuk bulatan-bulatan kecil menyerupai mutiara, sisihkan dalam mangkuk yang sudah berisi tepung tapioka. Lakukan hingga seluruh adonan habis.
  6. Didihkan satu liter air dalam panci, kemudian masukkan bola-bola tapioka yang sudah dibuat tadi ke dalamnya sambil terus diaduk.
  7. Kemudian tingkatkan kecilkan api menjadi sedang, lalu masak selama kurang lebih 30 menit hingga semua bubble matang.
  8. Jika dirasa sudah matang, kemudian matikan api dan diamkan terlebih dahulu di dalam panci selama 15 menit atau sampai cukup dingin.
  9. Terakhir saring dan bersihkan bubble dalam air mengalir sampai bersih.

Dan bubble pun sudah siap disajikan menjadi campuran untuk minuman bubble tea atau pearl milk yang saat ini sedah hits di indonesia. Atau kalian bisa mengkreasikan bubble ini menjadi beberapa olahan lainnya, berikut ini kami akan memberikan satu contoh cara mengolah kembali bubble menjadi beberapa jenis makanan dan minuman yang enak.

Cara Membuat Bubble Cake

cara membuat bubble

Bahan-Bahan :

  • 350 ml susu-cair
  • 30 g thai tea bubuk
  • 450 g tepung-terigu-protein-rendah
  • 1½ sdm baking-powder
  • 290 g mentega
  • 200 g gula-bubuk
  • 100 g susu-kental-manis
  • 5 butir telur-ayam

Bahan Tambahan :

  • 50 ml madu
  • 50 ml air
  • 200 g boba pearl

Langkah-Langkah :

  1. Masak susu cair dan tea bubuk hingga mendidih, kemudian angkat dan saring. Setelah itu simpan dalam kulkas hingga dingin.
  2. Aduk rata tepung terigu dan baking powder, setelah itu sisihkan.
  3. Kemudian kocok mentega, gula bubuk, dan susu kental manis menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga lembut dan mengembang.
  4. Saat masukkan telur usahakan satu per satu sambil terus dikocok hingga rata.
  5. Kemudian masukkan tepung secara bertahap diselingi dengan larutan tea, kocok menggunakan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata.
  6. Setelah adonan selesai kemudian tuang adonan kue ke dalam 3 buah loyang bulat dengan diameter 16 cm.
  7. Jika semua adonan sudah di masukkan wadah, kemudian panggang dalam oven panas dengan suhu 180 C hingga matang. Lalu keluarkan dari cetakan dan biarkan hingga cake dingin.
  8. Langkah selanjutnya aduk rata madu dan air dan sisihkan.
  9. Rebus bubble dalam air mendidih hingga matanga lalu angkat dan rendam dalam air madu. Diamkan hingga menyerap (15 menit).
  10. Setelah selesai ambil 1 buah cake lalu berikan 3 sdm buttercream di atasnya dan ratakan dengan  palette knife. Tumpuk dengan sisa cake yang ada lalu tutup seluruh permukaan kue dengan sisa buttercream setelah itu berikan topping bubble di atasnya, lalu potong-potong dan sajikan.

Dan itulah mungkin contoh cara mengkreasikan bubble menjadi olahan makanan yang hanya bisa saya sampaikan. Selanjutnya kita akan membahas tentang jenis-jenis bubble.

Jenis-Jenis Bubble

cara membuat bubble

Berikut ini kami akan memberitahukan jenis-jenis bubble yang biasa anda temukan di kedai-kedai. Baiklah langsung saja saya akan memberikan 5 jenis bubble yang paling standar.

1. Black Bubble

Ini jenis bubble yang paling umum, khususnya di minuman milk tea. Bubble yang berbentuk seperti bola mutiara ini pada umumnya terbuat dari tepung tapioka. Warna hitam biasanya berasal dari gula merah atau pewarna karamel.

Dengan teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis, black bubble ini menjadi topping minuman yang bikin banyak orang jadi ketagihan.

2. Clear Bubble

Clear bubble atau boba yang bening ini juga merupakan jenis bubble yang cukup umum. Kalau black bubble terbuat dari tepung tapioka, clear bubble ini merupakan pati dari akar singkong. Kalau kamu lebih suka yang tidak terlalu manis, clear bubble bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu.

Clear bubble relatif hambar, makanya biasanya lebih banyak digunakan di minuman seperti milk teaBola-bolanya mampu menyerap susu dan rasa tehnya, membuat rasa clear bubble ini menyatu dengan aroma teh. Misalnya kamu memesan chai bubble tea, clear bubble akan terasa seperti chai tea juga.

3. Flavored Tapioca Bubble

Flavored bubble adalah bubble biasa yang dimasak atau dilapisi dengan sirup perasa. Cita rasanya bisa berbagai macam, mulai dari rasa buah seperti stroberi, mangga, dan lain sebagainya hingga rasa ekstois seperti lidah buaya dan kelapa.

Di sejumlah gerai bubble tea, flavored bubble ini suka disebut sebagai jelly pearl. Bubble tipe ini biasanya digunakan untuk smoothies dan teh seduh, sering juga digunakan sebagai topping es krim atau fro-yo.

4. Popping Bubble

Dari namanya udah bisa tebak dong bubble macam apa yang ini? Bubble yang satu ini menyimpan kejutan karena begitu digigit, bubblenya meledak. Jenis boba ini dibuat melalui gastronomi molekuler. Popping bubble ini begitu digigit selain meledak juga menyemburkan jus buah asli yang ada di dalamnya.

Popping bubble juga ada yang tersedia dalam banyak rasa seperti mangga dan pisang. Popping bubble ini berbeda dengan falvored bubble karena bukan dibuat dari tapioka. Popping bubble kebanyakan digunakan untuk smoothies dan shaken iced tea.

5. Mini Bubble

Kembali lagi ke bubble paling dasar, bubble yang terbuat dari tapioka. Seperti namanya, mini bubble ini layaknya black bubble, clear bubble, atau flavored boba tapi versi lebih kecilnya. Kalau kamu suka merasa bahwa bubble ukuran biasa susah dikunyah atau ditelan, kamu bisa mencoba mini bubble. Mini bubble ini jadi topping yang pas untuk fro-yo atau bubble tea.

Wah, keliatannya ada yang mulai ngiler nih sekarang kamu jadi udah lebih tahu deh soal jenis-jenis boba. Pas mau pesan jadi udah gak bingung, tapi jenis minumannya juga bermacam-macam, dari milk tea, brown sugar, dan lain-lain. Kamu tinggal coba-coba deh yang mana yang menjadi favoritmu.

Mungkin hanya itu saja cara membuat bubble, jenis-jenis bubble, dan lain sebagainya yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga dengan adanya artikel tentang proses pembuatan bubble dan jenis-jenis buble ini teman-teman di rumah bisa terbantu.

Sekali lagi terimakasih bagi teman-teman yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai akhir. Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi teman-teman semua, sekian dan terimakasih sampai jumpa kembali di artikel berikutnya.

The post Cara Membuat Bubble Praktis dan Mudah appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Cara Membuat Selai Durian Asli Yang Enak https://alatpresplastik.com/cara-membuat-selai-durian/ Wed, 22 Jan 2020 06:59:51 +0000 http://alatpresplastik.com/?p=2172 Pada artikel kali ini kami akan memberitahu cara membuat selai durian. Mendengar kata durian memang sudah tidak asing lagi, karena di setiap daerah pasti banyak pedagang buah yang menjual buah yang satu ini. Mungkin kita sudah mengenal dan merasakan buah yang satu ini, tapi apakah kalian tahu tentang selai durian ? Jika teman-teman belum tahu […]

The post Cara Membuat Selai Durian Asli Yang Enak appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Pada artikel kali ini kami akan memberitahu cara membuat selai durian. Mendengar kata durian memang sudah tidak asing lagi, karena di setiap daerah pasti banyak pedagang buah yang menjual buah yang satu ini.

Mungkin kita sudah mengenal dan merasakan buah yang satu ini, tapi apakah kalian tahu tentang selai durian ? Jika teman-teman belum tahu tentang selai durian mari kita bahas bersama-sama. Memang sih sudah banyak minimarket atau toko yang menjual selai durian.

Akan tetapi jika kita membuatnya sendiri di rumah itu akan sangat baik dan kualitasnya terjamin, karena biasanya selai yang banyak di jual di pasaran belum tentu terjamin. Dan juga biasanya mereka menggunakan pemanis buatan yang sangat tidak baik bagi tubuh kita.

cara membuat selai durian

Cara Membuat Selai Durian

Di indonesia biasanya setiap awal dan akhir tahun sedang musim durian atau buah durian, akan jauh lebih enak bila kita buat menjadi selai durian untuk berbagai keperluan makanan baik sebagai pelengkap memasak maupun untuk bahan isian kue kering, seperti untuk isian nastar, atau untuk roti.

Selain enak dibuat menjadi tempoyak  buah durian memang bagus dibuat menjadi selai karena lebih tahan lama dan serbaguna untuk dipakai dibeberapa masakan seperti es durian, kue kering dan kue basah. Berikut ini beberapa bahan dan cara pembuatan yang akan kami beritahukan.

Bahan :

  • 1 buah durian masak
  • 1/2 gelas air
  • 1 ons gula pasir
  • Garam sedikit

Langkah-Langkah Cara Membuat Selai Durian :

  1. Siapkan buah durian yang bagus, lalu belah buah duriannya
  2. Kemudian pisahkan daging buah durian dengan bijinya
  3. Setelah itu ambil saja daging buah duriannya, lalu blender sampai halus
  4. Lalu setelah daging buah durian halus, kemudian masak dan campurkan dengan bahan-bahan yang sudah disiapkan
  5. Pastikan api yang digunakan sedang, lalu masak sampai kental
  6. Apabila sudah mendidih dan matang, segeralah angkat dan dinginkan pindahkan ke wadah yang bersih.

Dan jika sudah dingin kita bisa langsung menggunakannya atau kita bisa menyimpannya. Enaknya selai ini dijadikan untuk olesan roti atau isian kue nastar dan lain sebagainya saesuai selera kita.

Tips Cara Membuat Selai Durian :

Selain memilih daging buah yang bagus, ternyata ada beberapa tips agar selai durian yang kita buat enak dan terjamin kualitasnya. Berikut ini beberapa tips yang dapat kami sampaikan.

cara membuat selai durian

1. Gunakan Jenis Buah Yang Bagus

Dengan menggunakan jenis buah durian yang bagus pasti rasanya juga akan beda dengan menggunakan jenis buah yang biasa saja. Kita juga harus menggunakan buah yang matang, jika kita menggunakan buah yang belum matang pasti rasanya akan berbeda dan tidak akan enak.

2. Masukan Kedalam Botol Selai

Untuk selai yang sudah di buat lebih baik kita menggunakan wadah yang kedap udara seperti botol, botol sudah pasti tidak akan kemasukan udara jika kita menutupnya rapat-rapat. Pastikan botol yang akan kita gunakan sudah di cuci bersih, baru setelah kering kita masukkan selai kedalam botolnya.

3. Jangan Mengaduk Saat Dimasukkan Kedalam Botol

Selai yang kita buat jangan diaduk-aduk, tetapi sedikit demi sedikit memasukkan selai durian kedalam botol dengan menggunakan sendok. Usahakan jangan sampai ada udara terperangkap diantara selai. Sendok dan tangan juga harus bersih dan kering, agar ketahanan selai dapat tahan lebih lama.

4. Tutup Rapat Botolnya

Tutup rapat dan masukkan kedalam lemari es jika ingin menyimpannya. Sangat cocok untuk isian roti tawar, atau disantap sambil dicocol dengan roti panggang,juga sangat enak disantap sambil minum kopi hangat atau teh hangat dipagi hari ataupun sore hari.

Itulah beberapa tips cara membuat selai durian yang dapat saya beritahukan pada teman-teman semua, semoga setelah membaca artikel yang saya buat ini teman-teman dirumah dapat terbantu dan bisa mempraktekannya dirumah.

Tips Memilih Buah Durian Yang Bagus :

Durian, buat sebagian besar orang Indonesia adalah buah yang mewah. Selain rasanya yang enak dan manis ternyata buah durian sangat mahal jika membelinya di kota. Seperti di Jakarta durian montong bisa dihargai Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Akan terasa sia-sia jika kamu nggak mendapatkan durian dengan kualitas terbaik.

Rasa manis dan tebalnya isi daging durian menjadi harga yang nggak bisa ditawar, sih. Tapi, nggak bisa dipungkiri juga kalau kurang ahli, kamu hanya akan mendapatkan durian yang terlalu matang atau belum matang sama sekali. Berikut ini klami akan memberikan tips memilih buah durian yang matang dan bagus.

cara membuat selai durian

1. Memilih Bentuk Yang Benar

Jika ingin mendapatkan buah durian isi kuning dan jumlah yang lebih banyak, maka pilih durian yang bentuknya bulat. Menurut pedagang durian, buah berbentuk lonjong memiliki daging yang lebih sedikit dibanding buah yang bentuknya bulat.

2. Berat Durian

Beberapa orang yang baru pertama kali membeli tentu akan berpikir “Semakin berat buahnya, mungkin akan semakin banyak isinya” dan kita memilih buah dengan bobot yang lebih berat. Namun, cara yang tepat memilih durian adalah memilih buah yang ringan.

Jika anda membeli buah durian dengan bobot yang ringan maka bisa pertanda kalau buah durian tersebut matang dan berlimpah, jadi semakin berat buahnya itu bukan dagingnya yang melimpah tapi bijinya besar.

3. Tangkai Buah Durian

Kebanyakan orang memilih durian berdasarkan warna, ukuran, dan aromanya saja. Namun, ternyata  tangkainya juga bisa menjadi petunjuk durian sudah matang, atau tidak.

Tangkai yang tebal dan pendek menunjukkan bahwa daging buah tersebut tebal dan banyak. Sebaliknya jika tangkainya ramping dan panjang bisa jadi daging tersebut sedikit dan tidak terlalu tebal.

Jadi, mulai dari sekarang cobalah memperhatikan tangkai durian yang akan kita beli jika menginginkan daging buah durian yang lebih tebal.

4. Bunyi Buah Durian

Durian matang bisa diketahui ketika kita mengetuk buah durian tersebut. Para pedagang durian juga sering melakukan cara ini jika ingin memilihkan untuk pembelinya dengan cara mengetuk-ngetuk. Jika takut dengan durinya, maka kita bisa minta penjual untuk mengetuknya, lalu dengarkan bunyi yang timbul.

Bila durian sudah matang, bunyinya akan terasa sedikit berat dan terendam seperti “bluk-bluk”. Sedangkan jika mendengar suara seperti berongga itu tandanya buah sudah tidak segar.

5. Aroma Buah Durian

Aroma dari durian bisa menjadi cara memilih durian yang bagus, durian dengan aroma yang harum biasanya memiliki daging yang kuning dan manis. Cara ini juga sering dipakai oleh kebanyakan orang saat memilih durian, kita tidak usah membelah durian jika ingin mencium aromanya.

Cukup mengangkat buahnya, kemudian dekatkan ke hidung anda. Durian yang kualitas baik akan menebarkan aroma yang harum dan sangat khas meskipun belum dibelah atau disayat kulitnya. Tentunya durian dengan aroma yang harum umumnya akan memiliki daging yang kuning dan manis.

6. Lihat Kulit Buahnya

Saat akan membeli durian, kebanyakan orang tidak memperhatikan cara memilih durian yang benar dan cenderung membeli durian yang sudah terbuka kulitnya. Mungkin mereka berpikir lenih baik durian yang sudah terbuka agar dapat melihat warna dagingnya.

Anda pasti akan mendapatkan daging berwarna kuning, tapi percayalah kemungkinan besar rasa manisnya akan lebih manis durian yang belum dibelah.

Ketika kulit durian sudah terbuka, maka daging di dalamnya akan terkena angin terus menerus. Ini menyebabkan daging durian menjadi berkurang tingkat kemanisannya. Sebaiknya, kita pertimbangkan untuk membeli durian yang masih tertutup rapat.

7. Bentuk Durinya

Agar mendapat durian yang paling enak dan matang, anda juga perlu mencermati bentuk dari durinya.  Anda harus memilih durian dengan duri pendek dan jarang, karena dipercaya lebih manis.

Sebaliknya, jika anda mendapat durian dengan duri panjang dan rapat, maka bisa dipastikan anda mendapatkan buah dengan daging yang sedikit.

8. Perhatikan Warna Buahnya

Sangat disarankan bagi anda yang memilih durian pertama kali abaikan warna buah durian. warna durian tidak berpengaruh terhadap kelezatan isinya. Ada 3 warna buah durian yang biasa kita temui, yakni hijau, kuning, dan coklat.

Kulit yang berwarna hijau tidak selamanya belum matang, karena bisa jadi itu memang warna khasnya dari jenis durian tersebut. Sedangkan durian yang warnanya coklat itu cirinya sudah sangat matang. Akan tetapi percayalah bahwa warna kulit durian tidak akan mempengaruhi kualitas daging dari buahnya.

Mungkin hanya itulah tips cara memilih buah durian yang bagus dan benar, agar buah yang kita beli rasanya matang dan dagingnya tebal mungkin teman-teman bisa mempraktekan tips di atas saat membelinya.

Itulah cara membuat selai durian dan tips-tips yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, terimakasih kepada semuanya yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai akhir semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Sampai berjumpa dilain kesempatan sekian dan terimakasih.

The post Cara Membuat Selai Durian Asli Yang Enak appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Cara Membuat Kopi Bubuk yang Nikmat Serta Aromanya yang Mantap https://alatpresplastik.com/cara-membuat-kopi-bubuk/ Wed, 22 Jan 2020 03:50:16 +0000 http://alatpresplastik.com/?p=2255 Cara Membuat Kopi Bubuk– kopi bubuk dengan tubruk akan menghasilkan seduhan yang..Jika bubuk kopi kasar gunakan 2 sendok makan dengan 250ml air. Seperti kebanyakan pecinta kopi bubuk , kamu mungkin diantaranya yang senang membuat kopi dengan berbagai alat kopi khusus. Contohnya seperti vietnam drip, v60, mokapot, french press ataupun sebagainya. Jika belum tahu, cara seduh kopi […]

The post Cara Membuat Kopi Bubuk yang Nikmat Serta Aromanya yang Mantap appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Cara Membuat Kopi Bubuk– kopi bubuk dengan tubruk akan menghasilkan seduhan yang..Jika bubuk kopi kasar gunakan 2 sendok makan dengan 250ml air.

Seperti kebanyakan pecinta kopi bubuk , kamu mungkin diantaranya yang senang membuat kopi dengan berbagai alat kopi khusus. Contohnya seperti vietnam drip, v60, mokapot, french press ataupun sebagainya. Jika belum tahu, cara seduh kopi manual dengan alat kopi bisa dibaca di sini

Namun, apakah coffeemates pernah menemukan keadaan di mana suatu pagi saat kamu benar-benar membutuhkan kafein, di sana tidak ada alat kopi. Jangankan Mokapot, french press yang merupakan alat kopi paling sederhana pun tidak ada.

Kopi menjadi salah satu minuman yang sangat digemari di dunia, bahkan untuk sebagian orang minum kopi sudah dijadikan kebutuhan tiap hari. Walaupun banyak opini tentang kandungan dalam kopi yang berefek buruk bagi kesehatan, tapi kopi masih saja disukai oleh hampir 80% hingga 90% populasi orang dewasa di dunia.

Cara membuat kopi bubuk menggunakan teknik ini sangat mudah. Kopi bubuk diletakkan pada kertas saring yang berada di atas bejana kopi. Lalu kemudian air panas akan dituang di atas kopi, lalu kemudian direndam menggunakan air panas dengan memanaskan bejana tersebut dan kopi pun siap dinikmati.

Bila Anda bagian dari salah satu penikmat kopi, ada beberapa cara membuat kopi bubuk agar lebih nikmat.
Di antaranya adalah Anda harus memahami kualitas air, kualitas biji kopi, takaran yang menentukan kadar kepekatan kopi, dan beberapa faktor lainnya.

Sebelum kita masuk kedalam kopi, Ada baiknya kita kenalan dulu dengan bahan baku pembuatan kopi susu ini.Yaps..siapa lagi kalo bukan si kopi dan si susu.

Kopi adalah hasil dari pemrosesan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan sehingga menjadi bubuk yang siap diseduh dengan air. Kopi sendiri memounyai citarasa yang pahit tapi dari kepahitan itulah para penggemar kuliner suka dengan kopi itu karena kekhasan kopi didalam penyebaran ciratasa uniknya sehingga dapat membangun gairah tersendiri setelah mencicipi secangkir kopi.

Susu adalah cairan yang penuh gizi dan mayoritasnya berasal dari kelenjar susu mamalia. Seperti sapi, kambing, unta, bahkan manusia . Susu biasanya diperuntukkan untuk bayi karena kandungan gizi yang ada didalam susu sangat baik untuk pertumbuhan bayi . Tapi kaum dewasapun juga tak mau kalah dari kegiatan meminum susu itu. Karena rasanya yang manis dan gurih sehingga menghasilkan susu yang membuat siapa saja ketagihan untuk meminum susu lagi dan lagi.

Agar citarasa kopi itu yang kita buat lebih sempurna, ada beberapa cara membuat kopi hitam yang harus diketahui. Akan tetapi, Setiap minum kopi, semua orang selalu menginginkan secangkir kopi dengan cita rasa nikmat dan sempurna.
Tentu bukan rahasia lagi apabila diantara kita yang memanfaatkan kopi sebagai energy booster di pagi hari. Ya, tidak salah lagi! Kopi bisa juga membuat badan kita menjadi lebih segar dan lebih bersemangat lagi. Karena kopi bisa meningkatkan metabolisme tubuh kita serta bisa memberikan banyak efek positif bagi kesehatan
Jika ingin merasakan kepuasan kopi bubuk untuk citarasa kopi hitam yang akan disajikan, setidaknya harus mengetahui bagaimana cara membuat kopi atau menyeduh kopi agar hasilnya seperti yang diinginkan yaitu enak diseruput dan sempurna ketika mengalir di tenggorokan.

Oke kali ini saya akan mencoba share kepada kalian tentang bagaimana cara membuat kopi susu dengan cara yang sederhana, Akan tetapi rasanya tidak kalah dengan kopi susu buatan kafe kafe yang ada diItalia sana.

Membeli kopi yang sudah jadi atau yang sudah digiling dan dapat disimpan didalam waktu yang sangat lama. Tidak mampu menghadirkan kesegaran mutlak dari biji kopi tersebut. Dan apabila sering membeli kopi bubuk atau kopi-kopi yang sudah dikemas. citarasanya kopi tersebut sering kali sudah berkurang atau hilang sama sekali karena pengaruh oksigen dan cahaya yang tentu saja menjadi salah satu musuh dari rasa kopi
Sangat jarang sekali kita menemukan orang-orang yang peduli dengan citarasa kopi yang mereka simpan. Untuk menyimpan kopi agar citarasanya tidak berkurang  sedikitpun atau setidaknya bisa lebih awet, kita harus melapisi tempat menyimpan kopi dengan menggunakan minyak kopi. Selain itu kopi juga harus disimpan di tempat yang memiliki segel serta tidak sering terkena cahaya. Karena cahaya bisa menyebabkan rasa kopi memudar.
Cara agar penyimpan biji kopi yang baik dan benar adalah dengan menempatkan diwadah kedap udara. Kita bisa memanfaatkan toples, botol kaca atau tempat dari keramik yang bisa disegel. Sebisa mungkin dihindarkan dari penyimpanan biji kopi ditempat-tempat yang berpori atau lembab, dan sebisa mungkin jauhkan dari makanan yang berbau.

Cara membuat kopi bubuk menggunakan mesin espresso terbilang agak sulit, terutama bagi Anda yang memang pertama kali menggunakannya. Pertama kali yang harus dilakukan adalah menggiling biji kopi itu dengan menggunakan mesin Espresso, Anda dapat mengontrol kelembutan kopi yang tepat dengan selera Anda, yang pasti semakin lembut akan dapat menghasilkan rasa yang mantap.

Taruh dibiji kopi yang telah lembut kedalam Porta Filter, Tapi pastikan telah di-flushing (bersihkan) dan dikeringkan terlebih dahulu. Baiknya diperhatikan agar permukaan kopi bubuk lembut didalam Porta Filter tersebut  dengan rata, dengan mengetuk Porta Filter atau cukup mengetuknya saja. Langkah terakhir adalah membuat Ekstraksi Espresso, dengan menggunakan Variable Presseru Anda bisa menciptakan rasa yang Anda inginkan.

1.Cara Membuat Kopi Bubuk dengan Susu

cara membuat kopi bubuk

Bahan bahan:

  • 1 sdm kopi bubuk
  • 3 sdm susu kental manis
  • 1sdt krimer
  • gula pasir secukupnya
  • setengah sdt bubuk coklat plain(tanpa rasa)
  • air panas secukupnya

Cara Membuat Kopi Bubuk:

  1. Masukkan kopi didalam gelas, Kemudian masukkan gula pasir dan aduk sampai rata, Lalu barulah coklat bubuknya.
  2. Masukkan air panas ke dalam gelas perlahan lahan. Itu akan sangat mempengaruhi aroma kopinya yang muncul dalam segelas kopi susu.
  3. Biarkan beberapa saat kemudian kira-kira 15 detik, Lalu masukkan susu kental manis kedalam gelas.
  4. Aduk merata hingga samua bahan larut sempurna di dalam air.
  5. Agar terasa lebih nikmat lagi, Masukkan krimer dibagian atas kopi yang ada busanya.
  6. Kopi susu sudah selesai dan siap disajikan.

2.Cara Membuat Kopi Bubuk Tubruk

Sekilas kopi tubruk

Kopi adalah tips untuk membuat kopi yang paling awam. Dirumah-rumah, kopi tubruklah yang paling sering dihidangkan. Di kantor dan di tempat kerja pun demikian.

Di desa, para petani sering membawa bekal kopi bubuk dan air panas (serta gula) untuk ngopi di ladang.

Dalam acara yang umum seperti pertemuan dan pengajian, kopi sering disajikan.

Diindonesia, kopi sering diidentikkan dengan sihitam manis, Setelah ditubruk, kopi sering langsung dicampur dengan gula.

Namun dikedai-kedai kopi dan baiknya, Kopi disajikan tanpa gula. Ini untuk merasakan langsung karakter kopi yang kita minum. Slanjutnya ini demi kesehatan bersama 🙂

Bahan-bahan:

  • Kopi Fresh Biji Ataupun Bubuk
  • Air Panasnya sekitar 95 derajat celcius
  • Perbandingan kopi dengan air 1:15. Jika kopi kasar kita tuangkan 2 sendok makan kira-kira 250ml air. Apabila kopi  bubuk halus, gunakan 1 sendok makan untuk 250ml air.
  • 2 cangkir kopi, 1 untuk pembuat kopi, 1 untuk menghidangkan.

Cara Membuat Kopi Tubruk:

  1. Jika kamu punya kopi dari biji, gunakan blender bumbu dan haluskan dengan beberapa kali menghidup dan matikan blender. Grinding berjenis blade akan mudah panas dan bisa merusak aroma kopi, dengan cara perlahan kopi kamu tidak terasa hangus.
  2. Ambil bubuk kopi masukkan ke dalam cangkir,
  3. Masak air sampai mendidih, setelah mendidih diamkan selama 1 menit.
  4. Siram air panas ke dalam cangkir yang sudah diberi kopi.
  5. Aduk sebentar dan diamkan selama kurleb 3 menit.
  6. Ampas kopi akan turun, tuangkan perlahan air kopi ke gelas yang lain.
  7. Masukkan gula jika dirasa perlu.
  8. Kopi tubruk seperti french press siap dinikmati.

 3.Cara Membuat Kopi Bubuk Rebus

cara membuat kopi bubuk

Bahan-bahan:

  • Kopi bubuk halus tepung Robusta Lampung Petik Merah. Usahakan menggunakan kopi berbubuk halus jangan kasar.
  • Gula Aren. Gula putih juga boleh
  • Panci agak tinggi.
  • Jangan ditinggal pergi karena buih kopi bisa meledak.

Cara Membuat Kopi Rebus

  1. Isi panci dengan air yang lebih banyak dibanding ketika kamu menyeduh kopi tubruk. Tambahkan sekitar ¾ air dari biasa, karena air seduhan kali ini akan menguap ¾ nya. Metode ini juga akan menyisakan lumpur kopi di bawah panci yang airnya tidak bisa dikonsumsi.
  2. Masukkan kopi dan gula ke dalam air panci, aduk dengan rata.
  3. Tempatkan panci dan panaskan di atas kompor atau pemanas lainnya.

cukup sekian artikel yang saya buat. Semoga bermanfaat untuk kalian semua dan bisa membuatnya sendiri dirumah, dan selamat untuk menikmatinya!

The post Cara Membuat Kopi Bubuk yang Nikmat Serta Aromanya yang Mantap appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Cara Membuat Jahe Instan yang Awet dan tahan lama https://alatpresplastik.com/cara-membuat-jahe-instan/ Mon, 20 Jan 2020 04:07:39 +0000 http://alatpresplastik.com/?p=2237 Cara Membuat Jahe Instan-Jahe adalah tanaman rimpang yang memiliki batang semu dan beraroma khas. Bentuknya yang unik dan rasa pedas yang dimiliki oleh salah satu makanan penghangat yang difaforitkan. Tanaman rempah ini sudah digunakan sejak lama sebagai bumbu masakan, obat-obatan dan minuman sehat. Industri-industri yang sudah banyak membuat produk dari bahan jahe. Jahe Instan adalah […]

The post Cara Membuat Jahe Instan yang Awet dan tahan lama appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Cara Membuat Jahe Instan-Jahe adalah tanaman rimpang yang memiliki batang semu dan beraroma khas. Bentuknya yang unik dan rasa pedas yang dimiliki oleh salah satu makanan penghangat yang difaforitkan. Tanaman rempah ini sudah digunakan sejak lama sebagai bumbu masakan, obat-obatan dan minuman sehat. Industri-industri yang sudah banyak membuat produk dari bahan jahe.

Jahe Instan adalah produk olahan jahe siap saji berupa bubuk untuk membuat minuman jahe cepat saji. Pembuatan jahe instan akan memberi nilai tambah pada produk jahe sehingga dapat memberikan tambahan harga apabila dibandingkan dengan produk jahe yang berua rimpang.

Terdapat beberapa jenis jahe yang umum dikembangkan di Indonesia, antara lain jahe merah, jahe putih kecil (jahe emprit) dan jahe putih besar (jahe gajah). Dengan adanya perbedaan karakteristik dan manfaat dari tiap jenis jahe tersebut,  jahe yang seringkali diolah menjadi jahe instan adalah jahe merah. Dengan mengolah jahe instan, jahe akan tahan lama dan siap diseduh sewaktu-waktu diperlukan. Alat dan bahan pembuatan jahe instan sangat mudah dijumpai.

Dibawah ini, Cara pembuatannya dapat diperoleh dengan mudah dan harganya pun terjangkau, karena ketersediaanya cukup banyak dipasar atau dilingkungan sekitar. Bahan yang adalah jahe dan gula yang telah dipilih dengan kualitas terbaik. Hal yang mendasari adalah penggunaan makanan instan adalah makanan instan lebih praktis karena hanya menyeduhkan serbuk dengan air hangat kemudian diminum. Serbuk makanan instan dapat digunakan dalam jangka lama karena berbentuk serbuk sehingga tahan lama dalam penyimpanan.

Tak kusangka, ternyata membuat jahe instan sendiri di rumah sangatlah gampang. Rasa pedasnya membuat badan menjadi hangat di badan dan serbuknya tidak meninggalkan ampas sama sekali. Joos👍

Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat popule, Sebagai bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe adalah tanaman yang tumbuh tegak dengan tinggi 30–60 cm. Daun tanaman jahe itu daun tunggal, berbentuk lanset dan berujung runcing. Mahkota bunga berwarna ungu, berbentuk corong dengan panjang 2 – 2,5 cm. Sedangkan buah berbentuk bulat panjang berwarna cokelat dengan biji berwarna hitam.

Jahe memiliki kandungan aktif yaitu oleoresin. Oleoresin sebagai minyak dan damar. Yang merupakan salah satu campuran minyak atsiri sebagai pembawa aroma dan sejenis damar sebagai pembawa rasa. Oleoresin jahe mengandung: gingerol, paradol, shogaol, zingerone, resin dan minyak atsiri.

Makanan  mempunyai fungsi yang berhubungan dengan rasa, aroma dan atau nutrien essensial. Minuman yangbermanfaat untuk kesehatan  produk pangan fungsional lebih menekankan pada peningkatan status kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit. Dulu istilah health food untuk makanan sehat bagi konsumen, tetapi hal ini tidak digunakan lagi karena pada prinsipnya semua bahan pangan akan menyehatkan tubuh bila dikonsumsi secara baik dan benar.

makanan  yang menyehatkan adalah makanan yang mempunyai komponen aktif yang dapat menyehatkan dan menyegarkan tubuh, sehingga layak disebut sebagai pangan fungsional. Ada beberapa faktor yang harus terpenuhi oleh produk pangan termasuk makanan yang sehat agar supaya dapat dikategorikan sebagai pangan yang memenuhi kesehatan (sifat fungsional) yaitu :

1.Produk tersebut haruslah suatu produk pangan

2.Produk tersebut dapat dan selayaknya dikonsumsi sebagai bagian dari
pangan sehari-hari

3.Produk tersebut mempunyai fungsi tertentu pada waktu dicerna, serta memberikan kegunaan tertentu dalam proses metabolisme tubuh,
misalnya ;

Memperkuat mekanisme pertahanan tubuh
Mencegah timbulnya penyakit tertentu (seperti penyakit kanker,
kardiovaskuler dan jantung koroner, pencernaan, osteoporosis, dan berbagai gangguan kesehatan akibat kekurangan atau kelebihan zat gizi tertentu)
Membantu untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah terserang penyakit tertentu
Menjaga kondisi fisik dan mental
Memperlambat proses penuaan(Anonim, 2004:m)

Efek yang berpengaruh positif bagi kesehatan yang dapat timbul  pada bagian tubuh yaitu dapat memberikan efek farmakologis (pengobatan), efek imunomodulasi (kekebalan/ketahanan tubuh), efek reparasi dan peremajaan sel, efek dari vasoproteksi (perlindungan atau ketahanan jantung), efek antioksidan, efek dari hepatoproteksi (perlindungan hati), efek antibiotika (antibakteri/kuman) dan efek antijamur sehingga dapat meningkatkan status kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit-penyakit tertentu.

1.CARA MEMBUAT JAHE INSTAN

cara membuat jahe instan

Bahan-bahan:

  • Jahe 1 kg
  • Gula Pasir 1 kg
  • Serai 5 batang
  • Cengkeh 10 butir
  • Daun Panda 5 lembar
  • Kayu Manis 3 ruas jari
  • Air 1 gelas

Cara Membuat Jahe Instan

  1. -Kupas rimpang jahe lalu dipotong-potong ukuran besar agar   mudah dibersihkan. Cuci sampai bersih.
  2. -Potong kecil-kecil rimpang jahe yang sudah dibersihkan.
  3. – Kemudian, potongan kecil jahe lalu dicampur dengan air lalu dimasukkan ke dalam blender, kemudian blender jahe sampai halus.
  4. -Peras jahe yang sudah diblender dengan saringan. Air perasan   jahe akan digunakan sebagai bahan pokok membuat jahe   instan.
  5. -Cuci serta bersihkan bahan lainnya.
  6. -Masukkan air perasan jahe, daun pandan, kayu manis,cengkeh,   gula pasir ke dalam panci, tambahkan 1 gelas air, lalu aduk   sampai rata.
  7. -Kemudian rebus semua bahan dengan api yang tidak besar. Aduk jangan sampai lengket/gosong.
  8. -Jika bahan sudah mulai masak, tandanya telah mengkristal dan   berwarna putih agak coklat muda, segera angkat. Biarkan   sampai dingin.
  9. -Ayaklah jahe instan agar kristalnya halus dan rata. Kristal   jahe  yang masih kasar masih harus dihaluskan lalu diayak lagi sampai halus   dan rata.
  10. -Jahe instan siap disajikan atau dikemas.

2.Cara Membuat Jahe instan bubuk

cara membuat jahe instan

Bahan-bahan:

0,5 kg jahe
0,4 kg gula
secukupnya Air putih

Cara Membuat Jahe

  1. -Jahe dicuci bersih dari sisa-sisa tanah, lalu dipotong kecil-kecil

-Kemudian, Masukkan jahe dalam blender dan beri air secukupnya, sehingga dapat parutan jahe. (Jahe juga dapat diparut menggunakan parutan manual)

-Saring air jahe dari parutannya seperti memeras santan.   Diamkan air perasannya selama beberapa menit agar terdapat   endapan dibagian bawah wadah.

-Pisahkan air perasan jahe dengan endapan putih dibagian   bawah wadah.

-Air perasan jahe dimasukkan dalam wajan dan ditambah gula   kemudian panaskan dengan api sedang. Air perasan tersebut   terus diaduk secara berkala.

–  kemudian, Tunggu sampai air jahenya mendidih setelah itu kecilkan apinya dan   terus diaduk hingga mengental.

-Apabila sudah mengental maka jahe instan sudah hampir jadi.   Terus aduk hingga diperoleh serbuk jahe instan.

-Serbuk jahenya diblender kembali untuk mendapatkan ukuran   serbuk yang kecil-kecil.

-Serbuk jahe instan siap dikemas dan dapat langsung diseduh   menggunakan air panas.

Belum adanya standar mutu bahan baku alami di Indonesia, maka penentuan parameter terhadap kadar konsumsi senyawa tertentu secara tepat dan benar belum dapat dilakukan dalam penelitian ini. Untuk mengukur kadar konsumsi terhadap komponen/senyawa tertentu secara tepat dan benar perlu dilakukan pengujian lanjut/khusus (Wawancara : Bambang Sudibyo, September 2004). Berikut uraian masing-masing tinjauan parameter kelayakan minuman instan sebagai minuman kesehatan.
Mobilitas masyarakat yang semakin tinggi memerlukan kondisi kesehatan yang optimal. Kondisi kesehatan tubuh tentunya tidak bisa lepas dari konsumsi makanan yang sehat. Banyaknya penyakit yang ditimbulkan karena cara mengkonsumsi makanan yang salah ataupun keamanan makanan yang tidak terjaga menyebabkan masyarakat cenderung bersikap hati-hati.
Pemanfaatan dalam bidang kesehatan, zat aktif berupa zingeron dan senyawa antioksidan lain yang terkandung dalam jahe dapat digunakan bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit, kembang gula dan berbagai minuman. Jahe juga digunakan dalam industri obat, minyak wangi dan jamu tradisional. Jahe muda dimakan sebagai lalaban, diolah menjadi asinan dan acar.
Besarnya potensi kesehatan dan kimia/gizi yang terkandung dalam jahe, menggugah peneliti untuk mencoba menuangkan ide dan inovasi menciptakan produk baru yaitu minuman kesehatan berbentuk serbuk/instan dengan memanfaatkan jahe. Ide pembuatan ini didasarkan pada sifat bahan yang memungkinkan untuk dapat dibuat minuman instan dengan mengacu pada proses pembuatan minuman instan secara umum.
Khasiat minuman instan ekstrak jahe dan untuk menciptakan produk yang praktis dan efisien, sehingga diharapkan diperoleh manfaat kesehatan. Hal ini didasari juga oleh tingginya kebutuhan masyarakat akan kesehatan dan kecenderungan masyarakat untuk mengkonsumsi minuman kesehatan yang lebih praktis dan efisien, sehingga diperlukan kemudahan untuk mendapatkannya.
cukup sekian artikel yang saya buat ini semoga bermanfaat untuk kalian semua, Selamat mencobanya dirumah dan menikmatinya dengan santai..<>..

The post Cara Membuat Jahe Instan yang Awet dan tahan lama appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Cara Membuat Selai Nanas yang tahan lama https://alatpresplastik.com/cara-membuat-selai-nanas/ Fri, 17 Jan 2020 07:39:03 +0000 http://alatpresplastik.com/?p=2223 Cara Membuat Selai Nanas-Selai merupakan salah satu hasil olahan makanan awetan yang terbuat dari sari buah yang telah melalui proses dengan penambahan gula. Untuk menikmatinya, selai biasanya dimakan bersama roti dengan cara dioleskan untuk sarapan atau bisa juga sebagai bahan isian kue nastar. Selain selai cokelat, selai nanas juga sering digunakan untuk isian roti dan […]

The post Cara Membuat Selai Nanas yang tahan lama appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>
Cara Membuat Selai Nanas-Selai merupakan salah satu hasil olahan makanan awetan yang terbuat dari sari buah yang telah melalui proses dengan penambahan gula. Untuk menikmatinya, selai biasanya dimakan bersama roti dengan cara dioleskan untuk sarapan atau bisa juga sebagai bahan isian kue nastar. Selain selai cokelat, selai nanas juga sering digunakan untuk isian roti dan kue lho.

Buah nanas memiliki banyak kandungan zat yang diperlukan tubuh kita. Seperti kandungan enzim pencerna protein yakni proteinase sistein. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk antiperadangan dan membantu melancarkan pencernaan.

Selai nanas jadi bahan wajib saat membuat nastar. Selai nanas yang enak seharusnya bertekstur lunak dengan rasa manis asam yang pas.Selain itu, buah nanas mengandung vitamin C, vitamin B1 yang bermanfaat untuk antioksidan dan imunitas.

Kandungan zat dalam nanas juga dapat bermanfaat untuk degenerasi makula sehingga penurunan fungsi penglihatan ketika memasuki usia tua dapat dihindari.

Selain bergizi, roti tawar yang dicampur dengan selai nanas juga dapat membuat kenyang. Perpaduan rasa manis dan asam segar yang legit khas dari buah nanas memang pas untuk dibuat selai. Apalagi hampir di semua daerah Indonesia buah ini dengan mudah dijumpai dan harganya pun cukup murah.

Cara membuat selai nanas yang legit rasanya selain garam juga harus menambahkan gula. Garam dan gula tersebut jangan dicampur di awal proses pembuatannya. Untuk membuat selai nanas yang benar, Parutan nanas tersebut dan dimasak terlebih dahulu sampai airnya menyusut hingga gula dan garamnya terasa. Jangan lupa harus sering-sering diaduk supaya nanti bagian bawah selainya tidak gosong dan menghitam.

Kalau ditambah diawal, gula akan membentuk seperti karamel dan membuat selai yang kita buat nanti akan cepat gosong dan menghitam. Selain itu buah nanas  yang dipakai benar-benar dicuci bersih dan mata nanas dan benar-benar dibuang. Mata inilah yang seringkali menimbulkan rasa agak gatal saat dikonsumsi nantinya.

Nanas (Ananas Comosus) merupakan salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan bagian buahnya. Kualitas nanas yang baik akan sangat mempengaruhi kualitas selai yang akan kamu hasilkan.

Saat ini, sudah banyak toko makanan yang menyediakan selai dengan berbagai macam pilihan rasa, sehingga sangat mudah bagi kita untuk bisa menikmatinya. Sayangnya, produk selai yang beredar di pasaran belum tentu terbuat dari nanas original yang mempunyai segudang manfaat.

Mungkin kita pernah mencicipi atau merasakan selain nanas rumahan rasanya ada yang sedikt pahit. Atau mungkin saat kita membuat selai untuk isian nanas ternyata setelah jadi ada rasa pahit yang terasa diresep selai nanas yang kita buat tadi. Sebenarnya rasa pahit itu bukan disebabkan untuk membuat selai nanas yang salah. Hal ini memang kareteristik buah nanas itu sendiri. Cara untuk mengatasinya, selai yang kita buat harus ditambahkan garam secukupnya. Garam ini nanti akan menghilangkan rasa pahit dari buah nanas tersebut.

Selai nanas yang siap pakai atau pineapple jam yang banyak dijual memang biasanya tahan lama dan awet. Tetapi jika kita ingin buat selai nanas sendiri sebenarnya bisa disimpan juga. Apa lagi disimpan dilemari kulkas, Selai nanas yang kita buat bisa bertahan lebih lama dan bisa untuk stok.

Kalau teman-teman mau membuatnya sendiri, sebaiknya pastikan selai nanas yang kita buat tadi benar-benar kering atau sedikit mengandung air. Sebaiknya menggunakan nanas palembang karena selain jenis ini biasanya tidak terlalu banyak mengandung air sehingga mempercepat proses pembuatannya.

Ada beberapa cara untuk membuat selai nanas sebagai isian. Mulai dari jenis nanas yang tepat sampai olahannya hingga jadi lembut dan manis hingga segar rasanya.

1.Cara membuat selai nanas sederhana

cara membuat selai nanas

Bahan-bahan:

  • 6 buah nanas ukuran sedang
  • 1/4 kg gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Selai Nanas:

-Kupas buah nanas sampai bersih termasuk rongga-rongga   gatalnya tersebut bersih dengan sempurna.
-Parut nanas menggunakan parutan keju agar lebih mudah.   Tuang parutan nanas kedalam panci dan masak dengan   menggunakan api sedang.
-Setelah itu masukkan gula pasir dan garam sesuai selera,   kemudian aduk kembali dengan api kecil.
-Setelah benar-benar tercampur dan tekstur berubah, angkat   dan diamkan hingga dingin.
– Selai nanaspun siap untuk disantap dengan roti tawar.

2.Cara membuat selai nanas legit

cara membuat selai nanas

Bahan-bahan:

1 buah nanas yang telah matang
200 gram gula passir
2 buah lemon
1/2 sdt kayu manis

Cara Membuat Selai Nanas:

-Kupas buah nanas sampai bersih termasuk rongga-rongga   gatalnya tersebut bersih dengan sempurna.
-Parut nanas menggunakan parutan keju agar lebih mudah.   Sangat disarankan untuk tidak menggunakan blender karena   akan menambah kadar air.
-Tuangkan isi parutan nanas kedalam wajan kemudian masak   dengan api sedang sampai airnya benar-benar menyusut.
-Lalu, tambahkan bahan-bahan pelengkap seperti, gula pasir, kayu manis, dan air lemon, yang akan membuat selai semakin enak. Kemudian aduk kembali dengan api kecil.
-Setelah benar-benar tercampur dan menyusut dan tekstur mulai   kelihatan, angkat dari dalam panci.
-Kemudian, diamkan sejenak agar uap hilang dan selai tersebut menjadi dingin.
-Masukkan selai nanas ke dalam toples dan simpan di dalam   kulkas.
-Selai nanas pun siap dioleskan di roti.

cara membuat selai nanas

Bahan-bahan:

– 2 buah nanas masak ukuran sedang
– 1 buah pepaya mengkal
– 2/3 pcs kayu manis
– 3 pcs cengkeh
– 1/4 kg gula pasir
– 1 sdt garam

Cara Membuat Selai Nanas:

-Bersihkan buah nanas dan pepaya sampai benar-benar bersih.
-Kemudian potong nanas secara vertikal agar mudah diparut   menjadi 3-4 bagian.
-Lalu, parut nanas dan pepaya menggunakan parutan keju atau   parutan kelapa. Jangan diblender.
-Siapkan panci, kemudian masukkan parutan pepaya dan nanas.
-Maukan bahan lainnya seperti garam, cengkeh, dan kayu   manis, kemudian aduk sampai semua bahan tercampur rata,   berubah warna dan menyusut.
-Kecilkan api kemudian tuang gula pasir dan aduk kembali jagan   sampai adonan gosong.
-Setelah tercampur rata, Dan airnya sudah benar-benar   menyusut. Lalu matikan api dan angkat.
-Tunggu sampai dingin, dan simpan selai di kulkas atau untuk   isian kue kering.

4.Cara membuat selai nanas dari nanas kaleng

cara membuat selai nanas

Bahan-bahan:

6.000 gram nanas kaleng
480 gram gula pasir

Cara Membuat Selai Nanas:

-Tuang buah nanas serta sari-sarinya ke dalam panci,   tambahkan 480 gram gula ke dalamnya, lalu aduk adonan selai   dengan sendok sampai seluruh bahan tercampur dengan baik.
-Panaskan campuran nanas dan gula dengan api sedang sambil   terus diaduk agar suhu panasnya merata. Lakukan proses ini   sampai adonan mendidih.
-Setelah campuran mendidih, aduk adonan selama 20 menit   secara konstan. Setelah itu adonan selai akan terlihat lebih   kental dari sebelumnya.
-Matikan api kompor jika tekstur selai sudah benar-benar   mengental.
-Diamkan dan tunggu hingga dingin, kamu dapat menyimpannya   dilemari pendingin.
– Selai nanas pun siap untuk disajikan bersama roti.

5.Cara membuat selai nanas 

cara membuat selai nanas

Bahan-bahan:

– 1 buah nanas ukuran sedang
– 1 kg tepung terigu
– 2 gelas gula
– 2 sdm kayu manis
– 4 buah cengkeh
– 1/2 sdt vanilli bubuk
– 1/4 sdt garam
– 2 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat Selai Nanas:

-Kupas buah nanas sampai bersih termasuk rongga-rongga gatalnya tersebut bersih dengan sempurna.
-Setelah dikupas, potong buah nanas menjadi beberapa bagian,   lalau parut buah annas menggunkan parutan keju.
-Masak nanas dalam panci hingga mendidih, campurkan 300   gram gula pasir, air jeruk limau, vanilli, dan kayu manis.   Kemudian aduk terus sampai semua tercampur rata.
-Masak sampai air nanas surut atau sampai padat sambil terus   diaduk-aduk kurang lebih 30 menit.
-Setelah mengental dan menjadi selai, matikan api dan   tambahkan air lemon. Campur hingga rata dan biarkan hingga   dingin.
-Ambil toples kering dan selai dapat bertahan dengan lama.   Setelah dingin masukkan dalam toples kecil dan tutup rapat lalu   masukkan dalam lemari es. selai dapat bertahan lama tanpa   bahan pengawet.

Cara paling praktis untuk menghancurkan buah nanas yang sudah dikupas dan dihilangkan matanya memang dengan di blender. Tetapi sebenarnya cara membuat selai nanas dengan di blender ini tidak dianjurkan lho. Resep selai nanas yang akan kita buat nanti akan mengeluarkan terlalu banyak air dan terlalu lembek kalau sudah jadi. Solusinya buah tadi sebaiknya di parut saja bersama dengan bonggol tengahnya sekalian. Selalu gunakan parutan yang biasa untuk keju dan pastikan cukup tajam sehingga nanti tidak terlalu berserat hasilnya.

cukup sekian untuk artikel yang saya buat, ada salah kata saya mohon maaf. Selamat bagi yang mau mencobanya dirumah semoga berhasil dan selamat untuk menikmatinya!

The post Cara Membuat Selai Nanas yang tahan lama appeared first on Alat Pres Plastik.

]]>