Cara membuat sushi merupakan makanan yang berasal dari negara jepang, Jepang terkenal dengan etos kerjanya yang tinggi. Negara yang populer dengan julukan negeri matahari terbit ini juga memiliki banyak kebudayaan. Sementara itu, sudah banyak tempat yang secara khusus difungsikan sebagai pusat kebudayaan Jepang di Indonesia.

Bukan hanya soal budaya saja, ternyata kuliner Jepang turut menjadi daya tarik lho. Jika kita membahas  kulinernya, pasti kita sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Jepang ini, yaitu sushi. Sushi merupakan makanan yang terbuat dari nasi yang dibentuk bersama lauk, baik berupa daging, ikan laut, atau sayuran. Rasa nasi yang masam dan gurih, ditambah lauknya yang segar membuat sushi jadi makanan favorit banyak orang.

Selain rasanya yang nikmat, sushi juga makanan yang menyehatkan. Mengonsumsi sushi dipercaya bisa mencegah hipertensi. Sebab cuka pada nasinya, mengandung anti bakteri tinggi. Apalagi jika dipadukan dengan ikan yang kaya akan omega 3. Kebayang bagaimana menyehatkannya makanan ini.

Untuk mengonsumsinya, tidak selalu harus membeli di gerai sushi lho. Kita bisa mencoba membuat sendiri di rumah. Bahan-bahannya cukup sederhana dan mudah ditemukan. Berikut ini kami akan memberikan beberapa resep dan cara membuat sushi yang enak dan memnggugah selera.

cara membuat sushi

Cara Membuat Sushi

Pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa jenis cara membuat sushi, mulai dari sushi roll sederhana sampai sushi chicken futomaki. Mungkin bagi orang yang baru akan mencoba sushi masih sangat asing dengan nama-nama dan jenis-jenis sushinya.

1. Sushi roll sederhana

Sushi yang pertama adalah sushi roll sederhan, sudah dapat ditebak dari namanya saja ada kata sederhana berarti pembuatan sushi ini sangat sederhana.

Bahan-Bahan :

  • 2 genggam beras
  • 2 genggam beras ketan
  • 2 lembar nori/rumput laut
  • 1 sendok makan kecap asing
  • 1 sendok makan cuka beras
  • 1 butir telur
  • 1 buah timun
  • 1/2 wortel
  • 1 sosis bratwurst ukuran sedang
  • 1 siung bawang putih cincang
  • Mayones secukupnya (jangan terlalu banyak)
  • Garam secukupnya

Langkah-Langkah Cara Membuat Sushi :

  1. Pertama, siapkan penanak nasi
  2. Masak terlebih dahulu nasi sushinya, dengan mencampurkan beras biasa dan beras ketan dengan air sekitar 250 ml. Gunakanlah api kecil kemudian masak nasi sampai setengah matang
  3. Selama menunggu nasinya matang, potong timun, wortel, dan sosis, dengan potongan memanjang
  4. Kemudian jika nasi sudah setengah matang, kukus kembali nasi bersama dengan sosis dan wortel yang sudah dipotong
  5. Biarkan hingga nasi matang dan pulen, setelah itu pindahkan nasi ke dalam wadah lain
  6. Kemudian kita tambahkan kecap asin dan cuka beras, lalu aduk rata
  7. Goreng bawang putih hingga berubah warna menjadi kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan
  8. Kemudian goreng telur dadar, jangan lupa tambahkan garam dan lada. setelah itu potong telur dadar dengan memanjang
  9. Siapkan penggulung sushi, atau bisa juga dengan plastik segi empat. kemudian letakkan nori di paling bawah, selanjutnya nasi diratakan di atas nori
  10. Selanjutnya susun sosis, wortel, dan telur di atasnya nasi, lalu taburkan bawang putih goreng jangan lupa tambahkan mayones secukupnya. Kemudian gulung sushi dengan memberikan sedikit tekanan agar padat, lalu potong sushi seukuran 1,5 cm dengan pisau tajam dan sushi pun siap disajikan.

2. Salmon Nigiri

cara membuat sushi

Bahan-Bahan :

  • Ikan salmon segar
  • Nori potong memanjang
  • Nasi yang sudah masak
  • Cuka beras
  • Kaldu jamur

Langkah-Langkah :

  1. Lankah yang pertama bersihkan ikan salmon sampai bersih
  2. Kemudian potong ikan dengan memanjang dengan ketebalan sedang
  3. Lalu siapkan wadah untuk nasi, kemudian masukkan nasi, cuka beras, dan kaldu jamur, aduk rata
  4. Cetak nasi dengan cetakan khusus untuk sushi. Bisa juga dibentuk sendiri dengan tangan. Lalu letakkan potongan salmon di atas nasi
  5. Kemudian potong nori dengan memanjang lalu lilitkan dan salmon nigiri siap dinikmati.

3. Inari Sushi

Bahan-Bahan :

  • 15 tahu pong (bisa tahu lain yang bisa diambil kulitnya)
  • Nasi secukupnya
  • Salmon secukupnya
  • 2 butir telur, goreng dadar dan potong-potong
  • 350 ml air
  • 3 sendok makan gula
  • 10 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan wijen
  • Saus tomat secukupnya
  • Mayones secukupnya

Langkah-Langkah :

  1. Panaskan air dengan kecap asin dan gula
  2. Kemudian masukkan tahu pong
  3. Gunakanapi sedang masak untuk memasaknya
  4. Setelah itu biarkan air terserap ke tahu
  5. Kemudian tiriskan dan potong tahu agar bisa diisi
  6. Siapkan wadah lain, kkemudian campurkan telur, crab stick, saus, dan mayones
  7. Setelah itu siapkan nasi dan campurkan dengan minyak wijen sebagai isian tahu dan inari sushi siap dinikmati.

Mungkin itulah beberapa macam cara membuat sushi yang hanya dapat kami berikan. Semoga dengan membaca artikel dari saya teman-teman bisa terbantu dan tahu mengenai macam-macam sushi.

Tips Cara Membuat Sushi

Agar sushi yang kita buat enak dan menyehatkan tentu anda harus membuatnya dengan benar. Berikut ini kami akan memberikan tips cara membuat sushi yang benar.

1. Pilih menu yang tepat

Bahan-bahan yang terdapat di dalam sushi menjadi faktor penentu apakah itu cukup sehat atau tidak. Ikan biasanya rendah kalori, tinggi protein, dan mengandung nutrisi seperti omega-3. Apalagi kalau ditambah  sayuran segar seperti timun dan avokad yang kaya akan lemak sehat, membuat sushi semakin sehat.

2. Kurangi saus dan mayones

Saus dan bumbu tambahan lainnya bisa meningkatkan kadar sodium dan lemak di sushi. Mayones pedas, contohnya, mengandung lemak dan kalori yang sangat terkonsentrasi. Namun, bumbu sushi lainnya dikemas dengan penuh rasa dan nutrisi. Jahe yang diolah dalam bentuk acar sebagai pelengkap sushi, memiliki kandungan anti-inflamasi. Dan lobak merupakan sumber vitamin C yang luar biasa.

3. Ikan mentah yang berkualitas

Penikmat sushi harus berhati-hati saat makan ikan mentah. Antara lain, terkena penyakit yang disebakan oleh bakteri dan parasit. Oleh sebab itu, harus memastikan ikan tersebut benar-benar segar atau dibekukan dengan baik.

4. Ubah jadi lebih sehat

Membuat sushi dengan campuran timun dan avokad atau sashimi, dan disajikan tanpa nasi, merupakan cara makan sushi yang lebih sehat. Anda juga bisa menambah makanan yang memiliki protein dan serat seperti edamame, sup miso, atau salad yang lebih sehat dan membuat kenyang lebih lama.

Manfaat Sushi Bagi Kesehatan

cara membuat sushi

Ternyata didalam makanan ini terkandung banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita, berikut ini kami akan memberikan beberapa manfaat dari sushi.

1. Mencegah Hipertensi

Penambahan cuka beras pada nasi ini bertujuan agar memberikan sedikit rasa asam pada nasi. Sehingga rasa dari daging ikannya dapat lebih terasa nikmat dan lezat. Manfaat dari cuka beras adalah sebagai antibakteri tinggi yang memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi atau darah tinggi.

2. Meningkatkan Metabolisme

Sushi juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh karena adanya tambahan nori sebagai pembungkusnya. Nori merupakan sejenis rumput laut yang berbentuk seperti kertas tipis. Selain itu, nori juga memiliki kandungan mineral, vitamin dan iodine yang bagi kesehatan tubuh.

3. Mencegah Kanker

Minuman pelengkap sushi yang tidak boleh dipisahkan adalah ocha. Ocha adalah minuman teh hijau khas  dari Jepang yang tinggi kandungan antioksidan. Manfaat antioksidan itu sendiri adalah menangkal radikal bebas akibat polusi yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker atau tumor dalam tubuh. Selain itu, ocha juga dapat melancarkan pencernaan serta membunuh bakteri yang mengakibatkan keracunan makanan.

4. Mengandung Zat Antibakteri

Wasabi adalah bahan tambahan pembuatan sushi yang memiliki rasa pedas dan menambah cita rasa pada sushi. Selain itu, wasabi juga bermanfaat untuk membunuh kuman dan bakteri dalam tubuh dan juga mengandung vitamin C.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Tidak hanya sushi, makanan pendamping yang disebut gari, memiliki manfaat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga terhindar dari berbagai serangan penyakit sistem imun, seperti flu dan batuk. Sebab, gari terbuat dari ginseng.

6. Kaya Kandungan Omega-3

Bahan utama pembuatan sushi yaitu daging ikan segar dan jenis ikan yang dipakai yakni ikan tuna atau ikan salmon yang kaya akan kandungan omega-3. Ikan yang masih mentah dan segar, masih memiliki kandungan omega-3 yang bagus dan sangat tinggi. Sehingga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, menyehatkan otak, dan mencegah hipertensi.

7. Melancarkan Pencernaan

Menurut sebagian peneliti, kecap asin atau soyu memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan lambung dari bakteri jahat. Karena, soyu memiliki kandungan zat besi dan protein yang cukup tinggi.

Mungkin hanya itulah beberapa manfaat dari cara membuat sushi yang bisa teman-teman ketahui. Baiklah mungkin cukup sekian dari saya terimakaih untuk teman-teman yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai akhir. Mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata sekian dan terimakasih, sampai jumpa diartikel berikutnya. Selamat Mencoba!

× Whatsapp Kami!