Pada artikel kali ini kami akan memberitahu cara membuat selai durian. Mendengar kata durian memang sudah tidak asing lagi, karena di setiap daerah pasti banyak pedagang buah yang menjual buah yang satu ini.

Mungkin kita sudah mengenal dan merasakan buah yang satu ini, tapi apakah kalian tahu tentang selai durian ? Jika teman-teman belum tahu tentang selai durian mari kita bahas bersama-sama. Memang sih sudah banyak minimarket atau toko yang menjual selai durian.

Akan tetapi jika kita membuatnya sendiri di rumah itu akan sangat baik dan kualitasnya terjamin, karena biasanya selai yang banyak di jual di pasaran belum tentu terjamin. Dan juga biasanya mereka menggunakan pemanis buatan yang sangat tidak baik bagi tubuh kita.

cara membuat selai durian

Cara Membuat Selai Durian

Di indonesia biasanya setiap awal dan akhir tahun sedang musim durian atau buah durian, akan jauh lebih enak bila kita buat menjadi selai durian untuk berbagai keperluan makanan baik sebagai pelengkap memasak maupun untuk bahan isian kue kering, seperti untuk isian nastar, atau untuk roti.

Selain enak dibuat menjadi tempoyak  buah durian memang bagus dibuat menjadi selai karena lebih tahan lama dan serbaguna untuk dipakai dibeberapa masakan seperti es durian, kue kering dan kue basah. Berikut ini beberapa bahan dan cara pembuatan yang akan kami beritahukan.

Bahan :

  • 1 buah durian masak
  • 1/2 gelas air
  • 1 ons gula pasir
  • Garam sedikit

Langkah-Langkah Cara Membuat Selai Durian :

  1. Siapkan buah durian yang bagus, lalu belah buah duriannya
  2. Kemudian pisahkan daging buah durian dengan bijinya
  3. Setelah itu ambil saja daging buah duriannya, lalu blender sampai halus
  4. Lalu setelah daging buah durian halus, kemudian masak dan campurkan dengan bahan-bahan yang sudah disiapkan
  5. Pastikan api yang digunakan sedang, lalu masak sampai kental
  6. Apabila sudah mendidih dan matang, segeralah angkat dan dinginkan pindahkan ke wadah yang bersih.

Dan jika sudah dingin kita bisa langsung menggunakannya atau kita bisa menyimpannya. Enaknya selai ini dijadikan untuk olesan roti atau isian kue nastar dan lain sebagainya saesuai selera kita.

Tips Cara Membuat Selai Durian :

Selain memilih daging buah yang bagus, ternyata ada beberapa tips agar selai durian yang kita buat enak dan terjamin kualitasnya. Berikut ini beberapa tips yang dapat kami sampaikan.

cara membuat selai durian

1. Gunakan Jenis Buah Yang Bagus

Dengan menggunakan jenis buah durian yang bagus pasti rasanya juga akan beda dengan menggunakan jenis buah yang biasa saja. Kita juga harus menggunakan buah yang matang, jika kita menggunakan buah yang belum matang pasti rasanya akan berbeda dan tidak akan enak.

2. Masukan Kedalam Botol Selai

Untuk selai yang sudah di buat lebih baik kita menggunakan wadah yang kedap udara seperti botol, botol sudah pasti tidak akan kemasukan udara jika kita menutupnya rapat-rapat. Pastikan botol yang akan kita gunakan sudah di cuci bersih, baru setelah kering kita masukkan selai kedalam botolnya.

3. Jangan Mengaduk Saat Dimasukkan Kedalam Botol

Selai yang kita buat jangan diaduk-aduk, tetapi sedikit demi sedikit memasukkan selai durian kedalam botol dengan menggunakan sendok. Usahakan jangan sampai ada udara terperangkap diantara selai. Sendok dan tangan juga harus bersih dan kering, agar ketahanan selai dapat tahan lebih lama.

4. Tutup Rapat Botolnya

Tutup rapat dan masukkan kedalam lemari es jika ingin menyimpannya. Sangat cocok untuk isian roti tawar, atau disantap sambil dicocol dengan roti panggang,juga sangat enak disantap sambil minum kopi hangat atau teh hangat dipagi hari ataupun sore hari.

Itulah beberapa tips cara membuat selai durian yang dapat saya beritahukan pada teman-teman semua, semoga setelah membaca artikel yang saya buat ini teman-teman dirumah dapat terbantu dan bisa mempraktekannya dirumah.

Tips Memilih Buah Durian Yang Bagus :

Durian, buat sebagian besar orang Indonesia adalah buah yang mewah. Selain rasanya yang enak dan manis ternyata buah durian sangat mahal jika membelinya di kota. Seperti di Jakarta durian montong bisa dihargai Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Akan terasa sia-sia jika kamu nggak mendapatkan durian dengan kualitas terbaik.

Rasa manis dan tebalnya isi daging durian menjadi harga yang nggak bisa ditawar, sih. Tapi, nggak bisa dipungkiri juga kalau kurang ahli, kamu hanya akan mendapatkan durian yang terlalu matang atau belum matang sama sekali. Berikut ini klami akan memberikan tips memilih buah durian yang matang dan bagus.

cara membuat selai durian

1. Memilih Bentuk Yang Benar

Jika ingin mendapatkan buah durian isi kuning dan jumlah yang lebih banyak, maka pilih durian yang bentuknya bulat. Menurut pedagang durian, buah berbentuk lonjong memiliki daging yang lebih sedikit dibanding buah yang bentuknya bulat.

2. Berat Durian

Beberapa orang yang baru pertama kali membeli tentu akan berpikir “Semakin berat buahnya, mungkin akan semakin banyak isinya” dan kita memilih buah dengan bobot yang lebih berat. Namun, cara yang tepat memilih durian adalah memilih buah yang ringan.

Jika anda membeli buah durian dengan bobot yang ringan maka bisa pertanda kalau buah durian tersebut matang dan berlimpah, jadi semakin berat buahnya itu bukan dagingnya yang melimpah tapi bijinya besar.

3. Tangkai Buah Durian

Kebanyakan orang memilih durian berdasarkan warna, ukuran, dan aromanya saja. Namun, ternyata  tangkainya juga bisa menjadi petunjuk durian sudah matang, atau tidak.

Tangkai yang tebal dan pendek menunjukkan bahwa daging buah tersebut tebal dan banyak. Sebaliknya jika tangkainya ramping dan panjang bisa jadi daging tersebut sedikit dan tidak terlalu tebal.

Jadi, mulai dari sekarang cobalah memperhatikan tangkai durian yang akan kita beli jika menginginkan daging buah durian yang lebih tebal.

4. Bunyi Buah Durian

Durian matang bisa diketahui ketika kita mengetuk buah durian tersebut. Para pedagang durian juga sering melakukan cara ini jika ingin memilihkan untuk pembelinya dengan cara mengetuk-ngetuk. Jika takut dengan durinya, maka kita bisa minta penjual untuk mengetuknya, lalu dengarkan bunyi yang timbul.

Bila durian sudah matang, bunyinya akan terasa sedikit berat dan terendam seperti “bluk-bluk”. Sedangkan jika mendengar suara seperti berongga itu tandanya buah sudah tidak segar.

5. Aroma Buah Durian

Aroma dari durian bisa menjadi cara memilih durian yang bagus, durian dengan aroma yang harum biasanya memiliki daging yang kuning dan manis. Cara ini juga sering dipakai oleh kebanyakan orang saat memilih durian, kita tidak usah membelah durian jika ingin mencium aromanya.

Cukup mengangkat buahnya, kemudian dekatkan ke hidung anda. Durian yang kualitas baik akan menebarkan aroma yang harum dan sangat khas meskipun belum dibelah atau disayat kulitnya. Tentunya durian dengan aroma yang harum umumnya akan memiliki daging yang kuning dan manis.

6. Lihat Kulit Buahnya

Saat akan membeli durian, kebanyakan orang tidak memperhatikan cara memilih durian yang benar dan cenderung membeli durian yang sudah terbuka kulitnya. Mungkin mereka berpikir lenih baik durian yang sudah terbuka agar dapat melihat warna dagingnya.

Anda pasti akan mendapatkan daging berwarna kuning, tapi percayalah kemungkinan besar rasa manisnya akan lebih manis durian yang belum dibelah.

Ketika kulit durian sudah terbuka, maka daging di dalamnya akan terkena angin terus menerus. Ini menyebabkan daging durian menjadi berkurang tingkat kemanisannya. Sebaiknya, kita pertimbangkan untuk membeli durian yang masih tertutup rapat.

7. Bentuk Durinya

Agar mendapat durian yang paling enak dan matang, anda juga perlu mencermati bentuk dari durinya.  Anda harus memilih durian dengan duri pendek dan jarang, karena dipercaya lebih manis.

Sebaliknya, jika anda mendapat durian dengan duri panjang dan rapat, maka bisa dipastikan anda mendapatkan buah dengan daging yang sedikit.

8. Perhatikan Warna Buahnya

Sangat disarankan bagi anda yang memilih durian pertama kali abaikan warna buah durian. warna durian tidak berpengaruh terhadap kelezatan isinya. Ada 3 warna buah durian yang biasa kita temui, yakni hijau, kuning, dan coklat.

Kulit yang berwarna hijau tidak selamanya belum matang, karena bisa jadi itu memang warna khasnya dari jenis durian tersebut. Sedangkan durian yang warnanya coklat itu cirinya sudah sangat matang. Akan tetapi percayalah bahwa warna kulit durian tidak akan mempengaruhi kualitas daging dari buahnya.

Mungkin hanya itulah tips cara memilih buah durian yang bagus dan benar, agar buah yang kita beli rasanya matang dan dagingnya tebal mungkin teman-teman bisa mempraktekan tips di atas saat membelinya.

Itulah cara membuat selai durian dan tips-tips yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, terimakasih kepada semuanya yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai akhir semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Sampai berjumpa dilain kesempatan sekian dan terimakasih.

× Whatsapp Kami!