Kali ini kami ingin menyajikan informasi tentang bagaimana cara membuat molen coklat. Molen merupakan suatu hidangan atau cemilan yang biasanya berbahan dasar pisang yang dibaluti dengan adonan yang terbuat dari tepung.

Gorengan dengan bahan tepung ini pasti sangat pas jika dinikmati di sore hari atau pagi hari, dan paling enak dinikmati dengan didampinngi teh atau kopi hangat. Kebanyakan orang menyebut cemilan ini dengan sebutan pisang molen.

Semua orang tahu tentang pisang molen, banyak orang yang menyukai rasanya dan banyak juga yang dijual baik di toko-toko maupun di tukang kaki lima seperti tukang gorengan. Tapi apakah Anda tahu darimana pisang molen ini berasal? Diambil dari wikipedia, pisang molen ternyata berasal dari Sumatera Utara.

Cemilan ini atau gorengan ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita, karena sudah banyak orang yang menjualnya di pasaran atau toko-toko kue. Akan tetapi jauh lebih baik jika mkita membuat sendiri di rumah itu akan lebih higenis dan akan jauh lebih lezat.

Hal pertama yang harus diperhatikan agar adonan tidak bantat, alot, atau tak renyah. Yaitu dalam penggunaan bahan dan juga komposisinya. Dengan menggunakan tepung terigu protein dan dicampurkan dengan sedikit tepung maizena.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan beberapa jenis resep molen dan cara membuat molen coklat lumer, yang bahan pembuatannya mudah di dapatkan di minimarket atau warung-warung terdekat.

cara membuat molen coklat

Cara Membuat Molen Coklat

Sama seperti yang sebelumnya, cara membuat pisang molen coklat ini kita hanya perlu menggabungkan pisang dengan coklat. Kalian bisa mencobanya dirumah karena bahan mudah di dapatkan serta pembuatannya sangat mudah.

Bahan:

  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • Telur 1 butir
  • margarin 75 gram
  • Gula halus 75 gram
  • tepung maizena 2 sendok
  • Vanila ekstrak/Vanili secukupnya
  • Minyak goreng untuk menggoreng
  • baking powder 1 sendok
  • garam 1/4 sendok
  • air dingin secukupnya

Isian:

  • Pisang uli 15 buah atau bisa menggunakan jenis pisang apa saja asalkan manis, lalu kupas dan potong sesuai selera
  • Coklat blok atau vla coklat secukupnya

Cara Membuat Molen Coklat:

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan, bisa menggunakan wadah apa saja asalkan besar
  2. Masukkan telur, gula halus dan margarin. Kocok hingga rata 30 detik
  3. Kemudian masukkan tepung terigu, tepung maizena, baking powder, susu bubuk dan garam
  4. Tuang air sedikit demi sedikit, aduk kembali hingga adonan kalis
  5. Kemudian giling tipis adonan menggunakan alat penggiling mie atau menggunakan botol
  6. Setelah itu potong memanjang atau sesuai selera
  7. Belah pisang uli menjadi 4 bagian lalu beri coklat diatasnya, jangan terlalu banyak memberi coklat diatasnya
  8. Kemudian lilitkan adonan dengan pisang, lalu tambahkan coklat di atas pisang
  9. Jangan terlalu banyak menambahkan coklatnya, karena akan meleleh di dalamnya pada saat di goreng
  10. Panaskan minyak goreng untuk menggoreng molen pisang coklat, lalu goreng hingga berubah warna menjadi keemasan.

Setelah selesai digoreng dan matang sesuai dengan apa yang kita inginkan, tiriskan molen di atas piring yang telah dikasih kertas di atasnya atau tisu. Diamkan molen yang baru diangkat dari pengggorengan hingga tidak ada minyak lagi.

Tips Cara Membuat Molen Coklat

1. Pakai Pisang Yang TepatĀ 

pisang uli

Untuk membuat pisang molen yang harus diperhatikan yaitu pisangnya, agar rasanya enak. Setelah ituĀ  baru teliti pengolahan bagian kulitnya. Tidak semua pisang cocok untuk diolah menjadi dessert. Untuk membuat molen,jenis pisang uli lah yang paling pas. Mulai dari pisang goreeng, isian leker, bahkan di jadikan kolak pun sangat pas jika menggunakan pisang uli.

Rasa pisang uli begitu manis, dengan tekstur lembut dan empuk, sangat pas untuk isian pisang molen. Ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Selain itu juga pisang yang digunakan harus jenis pisang yang memiliki kadar air cukup rendah. Hal ini dikarenakan jika jenis pisang yang digunakan adalah jenis pisang uli yang pada umumnya bertekstur lembut dan lembab.

Mungkin pada saat kita menggorengnya, tekstur si pisang akan melempem dan sulit untuk mendapatkan pisang yang krispi. Hal inilah yang dapat mengurangi kenikmatan dari olahan pisang goreng ini.

Salah satu jenis pisang ini adalah pisang yang paling cocok untuk digoreng. Pada olahan pisang yang di goreng untuk beberapa pedagang pisang goreng mereka akan cenderung menggunakan jenis pisang ini untuk bahan utamanya.

Karena jenis pisang uli adalah jenis pisang yang memenehui kreteria pisang yang cocok untuk kita goreng. Selain itu tekstur pisang ini lebih padat dan memungkinkan anda untuk bisa mendapatkan rasa pisang yang lezat dan nikmat saat kita menyantapnya.

2. Pakai Tepung Protein Sedang

Untuk hasil yang maksimal, pastikan Anda memilih jenis tepung yang tepat. Beda jenis tepung, tentu hasilnya juga akan berbeda. Semakin tinggi tepung terigu makan teksturnya akan semakin lembut dan kenyal. Oleh karena itu gunakanlah tepung protein sedang untuk pembuatan kulit molennya.

Jika Anda masih punya stok tepung terigu protein sedang di rumah, pastikan kualitas tepung masih baik ya. Hal ini sangat penting dalam menentukan kualitas molen yang dihasilkan. Karena itu jika Anda punya sisa tepung, simpan juga dengan tepat supaya bisa digunakan berkali-kali tanpa mengurangi hasil masakan.

3. Keseimbangan Komposisi Bahan

Jangan malas menggunakan timbangan dan mengecek resep yang sudah teruji. Ikuti petunjuknya dan jangan hanya menduga-duga. Keseimbangan takaran satu sama lain sangat penting untuk menciptakan tekstur kulit molen yang renyahnya pas. Untuk 250 gram tepung terigu, tambahkan 3 sendok makan tepung maizena. Ayak dahulu semuanya sampai rata.

4. Gunakan Air Dingin Untuk Menguleni

Setelah diayak, tepung dengan gula, garam, dan margarin sampai rata. Uleni adonan dengan air es. Ini adalah trik agar kulit molen tidak alot setelah digoreng. Uleni sampai kalis dan tidak lengket, ya.

6. Penggorengan Yang Benar

Jika semua adonan sudah siap, goreng molen dengan minyak yang baru dan panas. Hal ini akan membuat kulitnya menjadi renyah. Selain itu goreng dengan teknik membulak balikan adonan di dalam minyaknya supaya matangnya merata.

Manfaat Dari Cara Membuat Molen Coklat

 

Jika kita menggunakan pisang untuk isiannya, tentu kita dapat mendapatkan beberapa manfaat bagi tubuh kita. Ibu bisa menarik minat anak kita untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti buah pisang ini agar sumber gizinya juga terpenuhi.

Salah satu caranya adalah dengan cara mengubah bentuk pisang matang menjadi kreasi yang unik dan menggiurkan untuk dicicipi anak kita. Teman-teman dapat mencoba kreasi dari pisang yaitu membuatnya menjadi pisang molen. Olahan yang terbuat dari pisang ini juga dapat kalian padukan dengan beberapa rasa kesukaan anak kita, seperti dengan keju, cokelat dan lain sebagainya.

1. Dapat Menjaga Merat Badan

Pisang bisa menekan nafsu makan, sebab di dalamnya terdapat kandungan serat yang mampu menahan rasa lapar sampai waktunya makan. Tetapi, sebagai makanan olahan pisang, porsi pisang molen coklat tetap perlu dikontrol agar tidak terjadi obesitas pada tubuh kita.

2. Sumber Energi Bagi Tubuh

Jika Ibu-ibu di rumah ingin memberikan anaknya suplemen yang alami agar anaknya selalu dalam kondisi sehat bugar, maka pisang adalah jawaban dari permasalahan tersebut. Pisang bisa menjadi sumber energi yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan energi tubuh kita. Pisang termasuk jenis buah terbaik karena mengandung serat yang tinggi dan juga nutrisi.

3. Sistem Pencernaan Terjaga

Manfaat lain dari pisang ialah kandungan senyawa pectin atau serat tidak larut yang mampu menjaga pencernaan dan menjauhkannya dari diare. Daging pada buah pisang yang bertekstur lembut bisa juga untuk melapisi dinding lambung dan juga usus sehingga bisa menjadi lapisan anti radang untuk perut.

Mungkin Hanya itulah beberapa manfaat dari buah pisang yang bisa kalian ketahui, ternyata hanya dari pisang molen saja terkandung berbagai manfaat bagi tubuh kita. Terutama bagi anak kita yang tidak menyukai buah pisang.

Teman-teman bisa mengkreasikan buah pisang dengan cara mengubahnya menjadi pisang molen coklat ini. Tentunya pasti anak kita menyukai salah satu olahan dari pisang ini. Baiklah mungkin cukup sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf, sekian dan terimakasih.

× Whatsapp Kami!