Cara Membuat Masker Kefir Sendiri Di Rumah Untuk Perawatan Wajah Yang Sehat

Cara Membuat Masker Kefir Sendiri Di Rumah Untuk Perawatan Wajah Yang Sehat

Cara Membuat Masker Kefir Sendiri – Kecantikan apalagi soal wajah sudah pasti sangat diidam-idamkan oleh manusia, khususnya kaum hawa. Tidak peduli wanita dari jaman kuno sampai jaman modern sekalipun, banyak cara yang mereka gunakan untuk membuat wajah mereka tampil cantik.

Keinginan untuk tampil cantik ini dikarenakan oleh berbagai alasan, bahkan ada yang dijadikan sebagai pembeda status sosial, aneh ya. Tampil cantik memang penting karena wajah yang cantik juga akan menjadikan kita lebih percaya diri.

Keiinginan para wanita untuk tampil cantik juga menjadi incaran para pembisnis. Parahnya, ada produk-produk kecantikan yang dijual tanpa ada ijin BPOM, jadinya alih-alih membuat wajah lebih cantik, banyak ditemukan kasus dimana wajah justru menjadi “hancur”.

Jika tidak mau mengalami hal demikian, selain selektif dalam membeli produk-produk kecantikan anda bisa juga membuat masker wajah sendiri di rumah. Membuat masker wajah sendiri di rumah ini bisa menggunakan bahan-bahan alami yang lebih aman karena tanpa bahan kimia.

Salah satunya yaitu masker kefir, masker ini terbuat susu kambing atau susu sapi yang difermentasi sehingga sangat alami. Dengan demikian, aman untuk wajah dan hasilnya pun tidak akan mengecewakan .

Apa itu Kefir?

Cara Membuat Masker Kefir Sendiri

Kefir adalah susu fermentasi yang sudah dikenal sejak  1.400 tahun silam di Kaukasus dan Rusia. Sedangkan  pertama kalinya,  kefir dikenalkan oleh nabi Muhammad kepada penduduk Kaukasus.

Kefir berasal dari bahasa Turki, ke’if, yang artinya enak; kondisi yang baik.  Berbeda dengan yoghurt yang juga hasil fermentasi susu. Kefir berwujud cair, sedangkan yoghurt berwujud kental. Kefir juga lebih banyak mengandung bakteri baik yang tidak terkandung dalam yogurt. Selain itu juga mengandung protein lengkap, asam amino dan banyak mineral.

Cara hidup masyarakat yang berpindah-pindah (nomaden) membutuhkan perbekalan dalam setiap perjalanan mereka. Selain bekal makanan, mereka membawa susu yang disimpan di dalam kantung yang terbuat dari kulit kambing.

Pengembaraan yang membutuhkan waktu lama ini akhirnya menjadikan aktivitas mikroorganisme pada susu yang ada pada kantung kulit kambing memfermentasi susu menjadi gumpalan.

Kini kefir sudah lebih populer karena ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Meski masih jarang ditemui, kefir bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bibit kefir.

Masker Kefir

Cara Membuat Masker Kefir Sendiri

Jika kefir dikonsumsi dengan cara diminum, olahan susu fermentasi kefir ini juga berupa masker kefir. Masker kefir adalah masker yang dibuat dari susu sapi atau susu kambing yang difermentasi. Tanpa campuran bahan apapun, masker kefir didapat dari endapan susu ketika proses fermentasi dilakukan.

Masker kefir terbukti sangat baik untuk perawatan wajah yang memiliki banyak manfaat. Diantaranya, masker kefir mengandung asam hidroksil (AHA) yang berguna untuk mengurangi keriput dan memperlambat proses penuaan.

Makser kefir juga mengandung asam amino yang sangat penting untuk hidrasi kulit dan anti oksidan. Karena tanpa campuran bahan-bahan kimia, masker kefir tidak akan menyebabkan flek hitam, iritasi atau alergi. Jika muncul di awal pemakaian maka itu merupakan detoksisasi untuk mengeluarkan racun dari kulit wajah.

Mengapa Kefir Baik Untuk Wajah?

Perlu diketahui bahwa kulit wajah kita mengandung sekumpulan mokroba unik yang berfungsi menjaga keseimbangan PH dan  hidrasi. Jika kita menggunakan produk kecantikan yang mengandung zat kimia, maka zat tersebut akan membunih mikroba-mikroba tersebut.

Sedangkan kefir justru alami dan mengandung banyak kandungan yang akan membantu wajah untuk tampil cantik dan sehat secara alami tanpa zat kimia. Kandungan kefir diantaranya:

  • Lebih dari 50 jenis bakteri probiotik
  • Asam amino untuk antioksidan dan melindungi sel kulit mati
  • Alpha Hidroxy Acid/AHA untuk mencerahkan kulit dan membuat kulit lebih mulus

Manfaat Masker Kefir

  1. Membantu mengeluarkan tumpukkan racun kimia yang ada pada kulit hasil dari kandungan aneka kosmetik yang mengandung bahan kimia.
  2. Membantu memutuskan ketergantungan dari cream atau racikan obat tertentu.
  3. Kandungan asam hidroksil AHA  pada masker kefir berguna untuk mengurangi keriput dan tanda-tanda penuaan pada wajah.
  4. Mencerahkan kulit dan membuat kulit wajah semakin glowing.
  5. Mengurangi iritasi kulit akibat penggunaan cream-cream yang mengandung logam berat seperti mercury.
  6. Membantu pengelupasan sel-sel kulit mati sehingga kulit nampak lebih cerah secara alami.
  7. Meremajakan kulit.
  8. Asam amino pada masker kefir berguna sebagai antioksidan yang baik untuk kulit.
  9. Masker kefir mengandung bakteri Lactobacilli yang dapat mengatur keseimbangan asam dalam sel-sel kulit wajah.
  10. Meningkatkan kadar kolagen pada wajah sehingga kulit semakin kencang.
  11. Mengatasi masalah jerawat akibat iritasi atau lemak
  12. Mengurangi komedo

Cara Membuat Masker Kefir Sendiri

cara membuat masker kefir sendiri

Meski manfaat kefir ini sangat banyak, masker kefir masih jarang ditemukan khususnya di Indonesia. Misalnya anda mencari di toko kecantikan atau swalayan, maka anda tidak akan menemukannya.

Ketika anda mencoba mencari, kemungkinan anda akan menemukan produk yang dibuat oleh produsen rumahan yang menjualnya secara online. Padahal anda bisa membuatnya sendiri di rumah, kuncinya alat-alat yang digunakan harus bersih dan steril agar kualitas masker yang dihasilkan bagus. Berikut cara membuat makser kefir.

Bahan dan alat yang perlu disiapkan:

  • 1 liter susu murni
  • 50 gram bibit kefir
  • Toples kaca
  • Kain
  • Spatula
  • Saringan
  • Freezer

Langkah pembuatan masker kefir:

  1. Campur susu dengan bibit kefir di dalam toples kaca. Untuk satu liter susu murni dibutuhkan kira-kira 20-50 gram bibit kefir.
  2. Aduk perlahan menggunakan spatula agar tercampur rata.
  3. Tutup toples kaca memakai kain dan diamkan selama 24 jam.
  4. Setelah 24 jam, buka toples lalu aduk lagi secara perlahan.
  5. Tutup toples lagi menggunakan kain lalu diamkan lagi selama 12-24 jam agar fermentasi berjalan sempurna.
  6. Setelah 48 jam berlalu, angkat bagian atas susu dan memindahkannya ke wadah lain menggunakan spatula.
  7. Bagian bawah susu selanjutnya diaduk dan disaring pelan-pelan lalu masukan kefir ke dalam freezer agar dingin. Jangan gunakan bahan metal atau stainlis sebagai wadah masker karena bisa merusak kefir.
  8. Masker kefir siap digunakan. 

Cara Pemakain Masker Kefir

  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun wajah dan air hangat yang bertujuan agar pori-pori wajah terbuka.
  2. Oleskan masker kefir secara merata ke area wajah menggunakan kuas yang bersih, hindari area sekitar mata.
  3. Diamkan selama 20-30 menit, saat mengering kulit akan terasa kencang dan masker diserap oleh wajah.
  4. Bilas sampai bersih.

Ketika pertama kali memakai makser kefir, kulit wajah mungkin akan memerah atau gatal. Efek lain juga berupa munculnya bruntusan, namun semua itu merupakan respon normal yang memebuktikan masker kefir bekerja.

Dalam hal ini kulit wajah sedang mengeluarkan detox dari dalam yang mungkin selama ini menumpuk hasil dari aneka macam kosmetik, cream dan obat-obat yang digunakan. Namun, setelah selesai, kulit akan normal.

Demikian tulisan kali ini seputar masker kefir dan cara membuat masker kefir sendiri di rumah. Jika bisa membuat sendiri, mengapa harus membeli bukan, karena harga masker kefir juga tidak murah.

Semoga artikel cara membuat masker kefir sendiri ini membantu anda terutama yang ingin tampil cantik secara alami. Gunakan masker kefir secara rutin dan hindari produk kecantikan yang banyak mengandung bahan kimia dan obat-obatan yang berbahaya untuk kulit wajah anda.

 

Peluang Usaha Masker Kefir

Nah begitu mudah kan cara membuat masker kefir sendiri? Jika anda mempunyai produk masker kefir yang bagus, sudah dicoba dan hasilnya memuaskan tentu menjadi peluang usaha.

Untuk membuat kemasan anda bisa menggunakan plastik biasa atau alumunium foil. Kemudian gunakan alat pres plastik untuk merekatkan kedua sisi sehingga produk kefir anda aman dari zat kimia.

Untuk menjual masker ini anda dapat melalui social media seperti facebook atau twitter. Ini akan lebih cepat mengundang perhatian pembeli daripada anda bejualan di toko atau menawarkan person by person.

 

Demikian informasi dari kami mengenai cara membuat masker kefir sendiri dan peluang usahanya.  Selamat mencoba.

 

 

 

 

By | 2017-04-18T04:04:52+00:00 April 15th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Masker Kefir Sendiri Di Rumah Untuk Perawatan Wajah Yang Sehat