Karamel adalah gula yang telah  dilarutkan tanpa menggunakan air diatas wajan melainkan sampai memiliki warna kuning keemasan atau kecoklatan dan cara membuat kue karamel ini cukuplah mudah.Agar roti karamel mempunyai tampilan yang sangat cantik anda harus menggunakan gula yang bersih dan kering tidak menggumpal.

Karamel yang baik untuk dihidangkan adalah yang berwarna kecoklatan.Karena didalam gula mengandung karbon,hidrogen dan oksigen.Sehingga saat dipanaskan membuat gula akan mencair.Roti karamel adalah makanan khas indonesia.Kenapa disebut dengan karamel karena dalam membuat roti karamel menggunakan bahan utamanya adalah karamel.

Bentuk,warna dan aromanya dari roti karamel sangat menggoda banyak orang untuk mencicipinya.Orang sumatera selalu menyebut roti satu ini adalah bika karamel.

Ada juga bahkan orang-orang dari luar kota lain,menyebut roti karamel dengan nama bolu karamel.Keunikan dari ciri khas roti karamel adalah bentuknya yang berongga-rongga seperti sarang semut.Anda pasti selalu menemui roti karamel ketika hari raya atau acara penting seperti slametan atau syukuran.

Karamel disebut sebagai roti tradisional karena memang  telah ada sejak nenek moyang kita.Bukan hanya orang indonesia saja yang mempunyai roti sejenis in.Dinegara lain pun seperti malaysia dan brunei darussalam juga mengenal roti karamel ini.Tetapi dengan nama yang berbed,seperti caramel cake,honeycomb cake atau sugar burnt cake.

Anda tertatik dengan cara membuat kue karamel yang enak dan sederhana bisa anda coba dirumah?resep yang akan kami bahas kali ini tidak menggunakan oven,jadi anda yang tidak memiliki oven dirumah jangan bingung.

Kali ini anda bisa mencoba membuat roti karamel dengan cara dikukus,Silahkan simak baik-baik resepnya dan ikuti langkahnya dengan benar agar hasilnya juga sempurna.

cara membuat kue karamel yang lezat

Bahan Bahan Resep Bolu Karamel Sarang Semut Panggang

  1. Seperti membuat resep bolu kukus, resep kali ini juga menggunakan tepung terigu yang mempunyai kadar protein sedang kurang lebih sebanyak 200 gram. Jangan lupa tepung diayak terlebih dahulu supaya benar benar halus.
  2. Gula pasir putih kualitas bagus kurang lebih sebanyak 500 gram untuk membuat karamelnya.
  3. Air bersih panas untuk membuat karamelnya secukupnya (kurang lebih butuh sekitar 500 ml).
  4. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 8 pcs.
  5. Tepung maizena kualitas bagus kurang lebih sebanyak 100 gram.
  6. Soda kue kualitas bagus kurang lebih sebanyak satu sendok teh saja.
  7. Margarin kualitas bagus kurang lebih sebanyak 130 gram saja. Kocok dan aduk margarin dnegan menggunakan sendok sampai mentega lembut dan tidak keras.
  8. Baking powder kurang lebih sebanyak satu sendok kecil atau sendok teh.
  9. SKM (susu kental manis) kualitas bagus kurang lebih sebanyak 200 gram saja.
  10. Garam dapur yang beryodium kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil. Bisa di tambahkan atau dikurangi sesuai selera.

Cara Membuat Kue Bolu Karamel Panggang Sarang Semut

  1. Langkah pertama adalah membuat karamelnya yang nanti akan dicampur dengan adonan bolunya.
  2. Siapkan penggorengan untuk membuatnya, sebaiknya menggunakan wajan dengan lapisan teflon supaya tidak lengket.
  3. Masukkan gula pasir putih bersih yang sudah dipersiapkan dengan api kecil saja. Sekali kali diaduk gulanya sampai gulanya berubah warna menjadi agak kecoklatan dan cair.
  4. Masukkan air panas yang sudah dipersiapkan di atas dan tuang ke dalam wajan teflonnya. Aduk aduk supaya larutan karamel gulanya tercampur rata dengan air dan meleleh lalu angkat dan dinginkan (kurang lebih butuh sekitar 600 ml).
  5. Langkah berikutnya adalah membuat adonan kue nya. Ambil satu tempat agak besar. Masukkan tepung terigu protein sedangnya, tepung maizena, soda kue dan baking powdernya.
  6. Aduk aduk semua bahan sampai benar benar tercampur rata lalu saring atau diayak supaya benar benar halus.
  7. Ambil satu tempat lagi agak besar dan masukkan telur ayam yang sudah dipersiapkan dan garam dapur beryodiumnya. Aduk aduk dan kocok lepas kedua bahan diatas secukupnya sampai mengental (tidak perlu pakai mixer).
  8. Masukkan campuran bahan tepung dan bahan lain diatas ke dalam wadah telur yang sudah dikocok diatas. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai habis.
  9. Masukkan mentega yang sudah dilembekkan di atas ke dalam nya sedikit demi sedikit sambik diaduk sampi benar benar rata dan habis.
  10. Masukkan susu kental yang manis kurang lebihnya sebanyak 200 gram yang sudah dipersiapkan di atas.
  11. Masukkan larutan gula karamel yang sudah dibuat di langkah pertama ke dalamnya dan aduk aduk lagi sampai karamel tercamur rata dengan adonan kue bolu Karemelnya.
  12. Siapkan oven untuk memanggang dan hidupkan kompor dengan api besar.
  13. Lapisi loyang yang akan digunakan dengan sedikit mentega dan taburi tepung di atasnya supaya tidak lengket.
  14. Tuang adonan ke dalamnya dan masukkan ke dalam panggangan oven dengan api besar.
  15. Tunggu sampai adonan sudah agak matang (tandanya adonan kue bolu sudah agak mengembang dan naik) lalu kecilkan apinya dan terus panggang sampai benar benar matang (kurang lebih selama 43-50 menit).

 

  NILAI GIZI PADA KARAMEL

Energi 820 kj
196 kkal
Lemak 3,99 g
Lemak Jenuh 1,376 g
Lemak tak Jenuh Ganda 0,506 g
Lemak tak Jenuh Tunggal 1,454 g
Kolesterol 137 mg
Protein 5,44 g
Karbohidrat 36,09 g
Serat 1,1 g
Gula 26,37 g
Sodium 122 mg
Kalium 102 mg

 

cara membuat kue karamel yang lezat

Keuntungan karamel kami sebagai berikut:

  1. Karamel kami tahan lama  dan dapat disimpan dalam suhu ruang hingga 12 bulan di dalam wadah tertutup.
  2. Karamel yang kami buat mempertahankan kelembabannya agar tidak meresap pada biskuit ,wafer , roti dan kue sehingga tetap lembut
  3. Karamel ini cocok untuk berbagai macam produk makanan, seperti roti, kue, donat, wafer, biskuit, sereal, topping es krim, kopi ,  dan hidangan penutup.

Ada 3 variant karamel dari caramel kitchen:

  1. Karamel untuk produk roti Karamel lembut untuk isian produk roti seperti donat, kue, roti . Karamel kami akan tahan lama , tetap lembut dalam suhu ruang dengan tekstur krim halus.
  2. Karamel pelapis Karamel untuk pelapis dan isian biskuit , wafer dan kue. Dibuat dengan formula yang khusus agar kelembabannya tidak meresap pada kue dengan daya tahan hingga 12 bulan.
  3. Karamel madu Karamel madu terbuat dari madu murni Indonesia . Tahan lama dan dapat disimpan dalam suhu ruang

Manfaat Karamel:

1. Berguna Sebagai Eksfoliator

Salah satu alasan mengapa Anda dapat merawat kulit menggunakan karamel adalah teksturnya yang dapat digunakan sebagai eksfoliator. Dilansir dari laman My Dairy Diet, karamel dapat meluruhkan sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit.

Karamel dengan tekstur yang sedikit kasar karena masih mengandung sejumlah granula gula dapat mengangkat debu mau pun kotoran yang terjebak dan menyumbat pori-pori kulit.

2. Menjadikan Kulit Lebih Glowing

Bukan hanya itu saja, penggunaan karamel dalam beauty products atau beauty treatment ternyata juga menjadikan kulit tampak lebih glowing. Hal itu mungkin saja berkaitan dengan fungsi karamel yang dapat dijadikan sebagai salah satu eksfoliator alami.

Saat kulit terbebas dari kotoran dan sel kulit mati, kulit akan tampak lebih bersih, glowing dan flawless. Apalagi kulit terasa lebih lembut setelah pemakaian karamel.

3. Kulit Terasa Lebih Lembut

Karamel yang dibuat dari gula ini ternyata juga mengandung protein di dalamnya. Protein merupakan salah satu bahan aktif yang berfungsi untuk menjaga sel kulit tetap sehat.

Saat sel kulit sehat, sel kulit juga dalam keadaan lembap. Kondisi yang demikian tentu akan berdampak pada tekstur kulit yang terasa lebih kencang dan lembut.

Anda yang tertarik menggunakan karamel dapat langsung mengaplikasikannya pada kulit. Selain itu, Anda juga dapat mengombinasikannya dengan sejumlah bahan alami lainnya yang mampu memberikan manfaat lebih. Anda yang tidak ingin repot dapat langsung menggunakan skincare dengan kandungan esktrak karamel di dalamnya.

Peluang Usaha Kue Karamel:

Cara memulai usaha bolu kukus sakura

Dalam memulai bisnis bolu kukus sakura memang dapat dimulai dengan langkah termudah. Usaha bolu kukus sakura bisa dijalankan dengan maksimal jika sebelumnya menyiapkan modal usaha.

Modal yang dibutuhkan dalam membuka bisnis dengan menawarkan bolu kukus sakura memang tidak terlalu besar sehingga membuat bisnis bolu kukus sakura cocok dijalankan semua kalangan. Bisnis bolu kukus sakura bisa dimulai dalam skala rumahan yang bertahap.

Namun setelah bisnis bolu kukus sakura nanti dapat berjalan dengan maksimal maka Anda bisa mengembangkannya dalam skala yang besar. Usaha bolu kukus sakura memang tepat sekali untuk dijalankan karena keuntungannya begitu sangat besar dan menggiurkan.

Bahan baku bolu kukus sakura

Bisnis bolu kukus sakura memang tidak dapat dijalankan tanpa menyiapkan bahan baku. Berbagai bahan baku yang digunakan dalam membuat bolu kukus sakura diantaranya meliputi tepung terigu, telur ayam, baking powder, gula pasir, margarine, garam dan aneka bahan yang lain.

Ketika memilih bahan baku yang digunakan untuk mengolah bolu kukus sakura, maka perlu memilih bahan baku yang berkualitas supaya nantinya bisa menghasilkan bolu kukus sakura yang berkualitas.

Dengan memproduksi bolu kukus sakura yang berkualitas maka bisa menarik minat dari banyaknya calon konsumen. Untuk mendapatkan bahan baku pembuatan bolu kukus sakura kini sudah bisa didapatkan di pasar tradisional maupun disupermarket bahkan juga disediakan di toko-toko.

Peralatan usaha bolu kukus sakura

Ketika ingin memulai usaha bolu kukus sakura maka perlu sebuah peralatan yang memadai agar usaha bolu kukus sakura bisa berjalan dengan lancar. Beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam usaha bolu kukus sakura diantaranya yaitu gerobak/etalase, pisau, mesin mixer, pengukus , kompor dan tabung gas, baskom, panci dan lain sebagainya.

Harga jual bolu kukus sakura

Sebelum Anda memasarkan usaha bolu kukus sakura, maka perlu menentukan harga jual. Dalam mematok harga yang diberikan maka juga bisa disesuaikan dengan ukuran porsi yang diberikan.

Rata-rata pemasaran bolu kukus sakura sekitar Rp. 2.500 per biji.  Dengan menentukan harga jual sajian kuliner bolu kukus sakura yang terjangkau juga bisa memikat banyak konsumen yang menyukai.

Lokasi usaha bolu kukus sakura

Ketika ingin memulai usaha bolu kukus sakura juga perlu mencari lokasi yang yang tepat. Hal ini memang cukup penting diperhatikan karena untuk memudahkan masyarakat mengetahui keberadaan bisnis yang Anda jalankan. Selain itu, penentuan tempat untuk berjualan tentu bisa mempermudah dalam memasarkan produk bolu kukus sakura.

Penentuan tempat yang akan dipakai untuk berjualan makanan bolu kukus sakura juga harus dipastikan dengan benar supaya nantinya dapat mudah mendapatkan konsumen. Dalam memilih lokasi tempat untuk berjualan bolu kukus sakura, kami sarankan untuk memilih tempat yang strategis dan ramai.

Jika merasa bingung dalam menentukan lokasi usaha bolu kukus sakura, Anda bisa memilih lokasi yang ada di pinggir jalan, dekat kampus, dekat tempat rekreasi, sekolahan, pusat perbelanjaan dan berbagai tempat strategis yang lain.

Pemasaran usaha bolu kukus sakura

Agar keberadaan usaha bolu kukus sakura yang Anda jalankan mudah dijangkau dan dikenali masyarakat luas maka perlu dilakukan promosi.

Dimana promosi mungkin juga bisa dilakukan dengan cara Anda membuat spanduk atau banner dengan menggunakan kata-kata yang unik yang disertai dengan gambar yang menarik dan di letakkan di depan Anda berjualan. Dengan begitu tentu bisa membuat usaha bolu kukus sakura yang dijalankan mudah menggait minat dari banyak orang.

Analisa usaha bolu kukus sakura

Asumsi

  • Masa penggunaan untuk etalase/gerobak dalam jangka waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan untuk wadah dalam jangka waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan untuk panci dalam jangka waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan untuk baskom dalam jangka waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan untuk mesin mixer dalam jangka waktu 4.5 tahun
  • Masa penggunaan untuk pengukus dalam jangka waktu 4.5 tahun
  • Masa penggunaan untuk loyang dalam jangka waktu 3.5 tahun
  • Masa penggunaan untuk kompor dan tabung gas dalam jangka waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan untuk piring dalam jangka waktu 3.5 tahun
  • Masa penggunaan untuk sendok dalam jangka waktu 3.5 tahun
  • Masa penggunaan untuk garpu dalam jangka waktu 3.5 tahun
  • Masa penggunaan untuk meja dalam jangka waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan untuk kursi dalam jangka waktu 4 tahun
  • Masa penggunaan untuk tempat sampah dalam jangka waktu 3 tahun
  • Masa penggunaan untuk timba dalam jangka waktu 3 tahun
  • Masa penggunaan untuk nampan dalam jangka waktu 3 tahun
  • Masa penggunaan untuk serbet dalam jangka waktu 3 tahun
  • Masa penggunaan untuk peralatan tambahan lain dalam jangka waktu 3 tahun

Investasi

Peralatan  Harga 
 Etalase/gerobak  Rp. 1,414,000
 Wadah  Rp. 89,500
 Panci  Rp. 88,000
 Baskom  Rp. 90,000
 Mesin pengukus  Rp. 128,000
 Loyang  Rp. 92,000
 Kompor dan tabung gas  Rp. 241,700
 Piring  Rp. 119,300
 Sendok  Rp. 87,900
 Garpu  Rp. 74,800
 Meja  Rp. 119,800
 Kursi  Rp. 106,400
 Tempat sampah  Rp. 60,000
 Timbo  Rp. 68,000
 Nampan  Rp. 58,500
 Serbet  Rp. 23,100
 Peralatan tambahan lain  Rp. 66,200
 Jumlah Investasi  Rp. 2,927,200

 

Biaya Operasional per Bulan
 Biaya Tetap  Nilai
 Penyusutan etalase/gerobak 1/60 x Rp. 1,414,000  Rp. 23,567
 Penyusutan wadah 1/48 x Rp. 89,500  Rp. 1,865
 Penyusutan panci 1/48x Rp. 88,000  Rp. 1,833
 Penyusutan baskom 1/48 x Rp. 90,000  Rp. 1,875
 Penyusutan mesin pengukus 1/54 x Rp. 128,000  Rp. 2,370
 Penyusutan loyang 1/42 x Rp. 92,000  Rp. 2,190
 Penyusutan kompor dan tabung gas 1/42 x Rp. 241,700  Rp. 5,755
 Penyusutan piring 1/42 x Rp. 119,300  Rp. 2,840
 Penyusutan sendok 1/42 x Rp. 87,900  Rp. 2,093
 Penyusutan garpu 1/42 x Rp. 74,800  Rp. 1,781
 Penyusutan meja 1/48 x Rp. 119,800  Rp. 2,496
 Penyusutan kursi 1/48 x Rp. 106,400  Rp. 2,217
 Penyusutan tempat sampah 1/36 x Rp. 60,000  Rp. 1,667
 Penyusutan timbo 1/36 x Rp. 68,000  Rp. 1,889
 Penyusutan nampan 1/36 x Rp. 58,500  Rp. 1,625
 Penyusutan serbet 1/36 x Rp. 23,100  Rp. 642
 Penyusutan peralatan tambahan lain 1/36 x Rp. 66,200  Rp. 1,839
 Gaji karyawan  Rp. 1,000,000
 Total Biaya Tetap  Rp. 1,058,543

 

Biaya Variabel
 Telur ayam  Rp. 10,000  x 30  =  Rp. 300,000
 Baking powder  Rp. 9,500  x 30  =  Rp. 285,000
 Gula pasir  Rp. 16,000  x 30  =  Rp. 480,000
 Margarine cair  Rp. 8,500  x 30  =  Rp. 255,000
 Garam  Rp. 1,500  x 30  =  Rp. 45,000
 Tepung terigu  Rp. 30,000  x 30  =  Rp. 900,000
 Air mineral  Rp. 4,000  x 30  =  Rp. 120,000
 plastik  Rp. 6,000  x 30  =  Rp. 180,000
 Biaya sewa tempat  Rp. 13,000  x 30  =  Rp.  390,000
 Biaya air dan listrik  Rp. 13,500  x 30  =  Rp. 405,000
 Total Biaya Variabel  Rp. 3,360,000

 

Total Biaya Operasional
 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 4,360,000

 

Pendapatan per Bulan
100  Biji  x  Rp. 2,500  =  Rp. 250,000
250,000  x 30  hr  =  Rp. 7,500,000

 

Keuntungan per Bulan
 Laba    =  Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.    7,500,000  –    4,360,000  =  Rp. 3,140,000

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan  =  Rp.  2,927,200  : 3,140,000  =  1  bln

Dalam menjalankan bisnis bolu kukus sakura juga membutuhkan peralatan usaha yang memadai untuk membantu pengolahannya. Salah satu mesin yang dibutuhkan yaitu mesin mixer planetary. Penggunaan mesin mixer planetary akan sangat membantu dalam proses pengadukan adonan yang akan digunakan untuk memproduksi bolu kus sakura.

Proses pengadukan bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan semakin lebih praktis. Selain itu untuk hasil adonan yang diperoleh juga akan jauh lebih kalis dan merata sehingga bisa menghasilkan produksi bolu kukus sakura makin lebih berkualitas.

Penggunaan mesin mixer planetary ini juga dapat dipakai dalam mengaduk adonan dalam jumlah yang besar sehingga akan lebih memudahkan para pebisnis kue.

 

× Whatsapp Kami!