Anda penikmat olahan tahu? anda suka cemilan? tenang anda dapat membuatnya sendiri dengan mudah di dapur rumah anda. Kerupuk yang merupakan cemilan maupun pelengkap disaat kita makan, banyak orang Indonesia yang menyukai kerupuk sehingga bisa dikatakan makan kurang nikmat apabila tidak ada kerupuk. Disini kita akan membahas cara membuat kerupuk tahu yang enak dan gurih.

 

Cara Membuat Kerupuk Tahu

Kerupuk adalah makanan yang terbuat dari tepung tapioka dan dicampur dengan bahan perasa seperti ikan maupun udang. Kerupuk dibuat dengan cara mengukus adonan lalu dipotong tipis – tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari atau dioven sampai kering dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak.

Salah satu jenis varian kerupuk yang saat ini sering kita temui dipasaran adalah kerupuk tahu. cara membuat kerupuk tahu sangatlah mudah dan sederhana, karena untuk bahan dan peralatan mudah untuk kita temukan disekitar kita.

Kerupuk tahu sangat cocok untuk dijadikan cemilan dikala kita kumpul keluarga, menonton tv maupun saat kita bersantai. Selain renyah dan gurih tentu kerupuk tahu juga menyehatkan karena mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Selain menjadi cemilan, kerupuk tahu juga cocok untuk dijadikan bahan pelengkap disaat kita makan.

Pada kali ini saya akan membagikan bagaimana membuat kerupuk tahu yang renyah dan gurih sehingga kita bisa menjadikannya cemilan sehat maupun kita bisa mencobanya untuk dijadikan bahan bisnis.

Bahan-Bahan Kerupuk Tahu

Bahan Utama

  • 10 buah tahu pong cokelat
  • 750 ml minyak
  • 300 ml air bersih

Bahan Pelapis :

  • 100 gr tepung terigu
  • 25 gr tepung beras
  • 1 sendok teh tepung maizena
  • 1/2 sendok makan cabai bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sendok teh bawang putih bubuk

Cara Membuat kerupuk Tahu Pedas

  1. Ambil tahu pong dan buang isinya sehingga menyisakan kulitnya saja, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Siapkan minyak dan wajan lalu panaskan supaya saat adonan sudah siap minyak juga sudah siap untuk menggoreng
  3. masukan bahan pelapis ke dalam wadah baskom satu persatu, lalu aduk rata bahan pelapis tersebut hingga rata
  4. Celupkan tahu pong kedalam adonan tadi hingga tahu pong terbalut dengan rata oleh adonan pelapis
  5. Goreng tahu kedalam minyak yang sudah kita panaskan tadi. goreng dengan api sedang supaya matangnya merata dan kering
  6. Angkat dan tiriskan tahu yang sudah matang, dan kerupuk tahu siap untuk dihidangkan sebagai cemilan maupun pelengkap disaat kita makan.

apabila anda sudah bisa cara membuat kerupuk tahu dan ingin menikmati sajian kerupuk sederhana yang mudah untuk dibuat, anda bisa baca artikel ini cara membuat kerupuk nasi renyah dan gurih 

Mengenal Tahu

cara membuat kerupuk tahu

Tahu, merupakan makanan yang berasal dari olahan kedelai yang difermentasi. Tahu juga merupakan makanan yang mudah ditemukan disekitar kita karena selain harganya yang mudah dijangkau oleh masyarakat tetapi juga banyak yang menyukainya.

Tahu di Indonesia diolah menjadi berbagai varian bentuk dan olahan baik tradisional maupun modern. Baik untuk dijadikan gorengan maupun sebagai olahan basah seperti tahu tek, tahu crispy, wedang dawet, dan masih banyak lagi.

Didalam tahu mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh kita sehingga baik untuk dimakan untuk segala umur dan kalangan.Tahu berbahan dasar kedelai sehingga mempunyai protein yang tinggi, dan memiliki kandungan nutrisi semisal dalam 100 gram tahu sebagai berikut :

  • Protein 10,9 gr
  • Lemak 4,7 gr
  • Karbohidrat 0,8gr
  • Serat 0,1 gr
  • Energi 80 kkal

Didalam tahu juga banyak terkandung protein nabati yang baik untuk tubuh dan tahu pun mengandung 8 asam amino seperti zat besi, kalsium, mangan, selenium, magnesium, tembaga, seng, serta vitamin B1 yang sangat baik untuk tubuh.

 

Manfaat Tahu Untuk Tubuh

1. Menjada Keseimbangan Kardiovaskular

Tahu merupakan makanan yang terbuat dari sari kedelai, sedangkan kedelai sendiri merupakan salah satu makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan lemak jenus dalam tubuh kita apabila dikonsumsu secara teratur. Maka dari itu dengan makan tahu secara teratur kita bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Darah

Didalam tahu terdapat kandungan asam linoleat yang bertindak sebagai sumber lesitin yang dapat melindungi metabolisme tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

3. mencegah Asam Urat

Zat protein yang terdapat didalam tahu mampu menurunkan kadar zat purin yang terdapat didalam tubuh kita dan memperbaiki jaringan asam urat supaya tetap sehat dan seimbang.

4. Mencegah Anemia

Tahu memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga mampu menjaga dan meningkatkan jumlah sel darah merah didalam tubuh khususnya orang dewasa yang dikarenakan tuntukan pekerjaan sehingga kurang tidur dan kelelahan yang mengakibatkan menurunnya jumlah sel darah merah didalam tubuh.

5. Menyehatkan Jantung

Bahan dasar tahu yaitu kedelai mempunyai kemampuan dalam menekan dan menghancurkan gumpalan kolesterol yang mengakibatkan sumbatan lemak jenuh didalam pembuluh arteri menuju jantung, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

6. Melancarkan Peredaran Oksigen

Kandungan protein dan vitamin B komplek yang terdapat didalam tahu dapat menyehatkan hemoglobin yang berfungsi untuk mengangkut serta mengedarkan oksigen kedalam seluruh jaringan tubuh.

7. Memperlambat Proses Penuaan

Tahu memiliki kandungan isoflavon yang sangat bagus dalam menghambat efek dari radikal bebas yang berada didalam aliran darah pada kolagen kulit dan permukaan kulit, sehingga mampu mencegah penuaan dini pada tubuh kita.

8. Mencegah Kanker Payudara

Tahu memiliki nutrisi yang dapat mengikat hormon esterogen pada wanita, kandungan isoflavon yang ada didalamnya mengandung hormon esterogen yang kuat sehingga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker pada payudara wanita.

9. Mencegah Osteoporosis

Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, sehingga dapat memadatkan tulang, menguatkan tulang, serta memperbaiki tulang yang telah keropos supaya sehat kembali.

10. Sebagai Energi Cadangan

Didalam tahu juga terkandung karbohidrat yang lumayan tinggi, sehingga kita dapat mengatasi tubuh yang kelelahan karena aktifitas rutin yang membutuhkan banyak tenaga dan pikiran, dan membuat energi kita akan terbuang banyak dan mengakibatkan badan jadi malas untuk berkativitas.

11. Menjaga Kesehatan Mata

Tahu mengandung omega 3 yang dapat membantu dalam mempertahankan intensitas penglihatan mata menjadi lebih tajam dan sekaligus melindungi kerusakan pada retina dan kornea mata dari terpaan cahaya yang mengandung radiasi elektromagnetik dari laya komputer maupun televisi.

12. Menyehatkan jaringan otak

asam linoleat, omega 3 serta kalsium yang terkandung didalam tahu dapat bergabung untuk menjaga dan memperbaiki jaringan otak yang mengalami gangguan akibat benturan, hantaman maupun akibat dari kurangnya gizi yang masuk kedalam tubuh kita.

13. Menjaga Kesehatan Kulit

Asam linoleat yang terkandung didalm kedelai dapat mencegah kulit kering dan kusam yang dikarenakan tubuh sering terpapar sinar matahari, serta dapat menjaga kandungan air alami yang terdapat didalam kulit, sehingga kulit tubuh tetap lembab dan sehat.

Bagaimana kawan, sudah tau kan cara membuat kerupuk tahu dan manfaat tahu itu sendiri bagi tubuh kita? mungkin bagi kawan-kawan kerupuk tahu ini bisa dijadikan usaha juga dirumah.