Kerupuk rambak merupakan salah satu jenis kerupuk yang sering kita jumpai di berbagai rumah makan, baik rumah makan mewah maupun angkringan. Cara membuat kerupuk rambak pun tidak sulit.

 

Cara Membuat Kerupuk Rambak yang Gurih dan Renyah untuk Dimakan

Bahan dan Alat yang digunakan saat membuat kerupuk rambak ini cukuplah mudah untuk kita dapati di dapur rumah kita, untuk hasil pun tidak kalah dengan kerupuk rambak dari hasil produksi industri yang besar.

Disini saya akan memberika resep dan cara untuk membuat kerupuk rambak yang gurih dan renyah sehingga enak dinikmati sebagai camilan saat santai ataupu sebagai pelengkap saat kita makan.

Bahan dan peralatannya bisa kita sesuaikan dengan yang ada dirumah maupun sekitar kita sehingga kita tidak repot untuk mencarinya. Berikut adalah resep dan langkah – langkah dalam membuat kerupuk rambak :

Bahan-Bahan Kerupuk Rambak :

  • 1 ons kulit sapi
  • 1 kg tepung tapioka
  • 1/4 tepung terigu
  • 1/4 ons bawang putih
  • ketumbar
  • garam
  • penyedap rasa
  • air

Cara Membuat Kerupuk Rambak

  1. Cuci dan bersihkan rambak yang akan kita masak
  2. Haluskan atau giling bumbu seperti bawang putih, ketumbar, garam, penyedap rasa dan juga rambak sapi
  3. Tuangkan air sekitar 600 ml kedalam suatu wadah, kemudian masukan tepung terigu dan juga tepung tapioka
  4. Masukan bumbu yang sudah kita giling tadi kemudian aduk adonan hingga merata
  5. Tuangkan adonan kedalam cetakan dengan ketebalan adonan sekita 1 cm atau sesuai selera
  6. Kukus adonan yang sudah dicetak selama 20 – 30 menit
  7. Apabila sudah matang, angkat kemudian tiriskan dan dijemur setengah atau satu hari supaya adonan menjadi lengket
  8. Potong adonan menjadi kecil dengan ukuran sesuai selera lalu bisa dijemur kembali atau dioven supaya kering
  9. Goreng kerupuk yang sudah kering dan kerupuk rambak siap untuk dihidangkan

cukup mudah kan teman-teman cara membuat kerupuk rambak dirumah? mungkin ini bisa dijadikan teman-teman sebagai refrensi dalam berbisnis.

Apakah teman-teman suka bikin keripik di rumah? kalau suka teman-teman mungkin bisa baca artikel berikut  Ini dia.! Resep Aneka Keripik Unik yang Cocok untuk Memulai Bisnis Anda dan menjadikan hobi teman-teman untuk menjadi usaha

 

Mengenal Kerupuk Kulit “Rambak”

Kerupuk kulit atau yang biasa kita sebut dengan rambak merupakan sebuah hasil produksi dari hewani. Rambak sering kita jumpai di warung makan atau toko cemilan, karena selain enak untuk dijadikan cemilan,kerupuk rambak juga enak untuk dijadikan pelengkap saat kita makan.

Saat ini kerupuk rambak benyak disajikan dengan berbagai rasa seperti disajikan dalam rasa pedas, pedas manis, asin dan masih banyak lagi. Rambak juga selain dibuat kerupuk juga bisa dibuat campuran sayur.

Meskipun rasanya yang enak, banyak juga orang yang menghindari untuk memakan kerupuk rambak karena dengan alasan kesehatan karena menganggap kerupuk rambak mengandung bahan yang berbahaya. Padahal dalam kerupuk rambak ini juga mengandung banyak manfaat bagi tubuh.

Kerupuk rambak mengandung beberapa mineral yang banyak manfaatnya bagi tubuh, seperti zat protein yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak tetapi juga berguna untuk membentuk tulang dan gigi agar lebih kuta.

Kandungan Nutrisi Kerupuk Rambak

Dalam 100 gr rambak sapi mengandung nutrisi sebagai berikut :

  • Protein 83 gr
  • Lemak 4 gr
  • Mineral 1 gr
  • Kalsium 5 mg
  • Fosfor 10 mg
  • Air 12 mg
  • Energi 268 kal

Manfaat Kerupuk Rambak

1. Baik Untuk Perkembangan Gigi dan Tulang

Dalam kerupuk rambak terkandung kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk pembentukan maupun pemeliharaan pada tulang dan gigi baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Rambak memiliki yang zat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. kandungan zat yang ada di dalam makanan ini mampu melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Selain itu untuk meningkatkan kekebalan tubuh,kerupuk rambak ini juga bisa untuk meningkatkan kemampuan sistem syaraf.

3. Pemeliharaan Sel Tubuh yang Baik

Kandungan nutrisi yang di miliki kerupuk rambak ini juga sangat penting untuk memelihara sel tubuh yang sehat. Kerupuk rambak sangat baik untuk di konsumsioleh wanita hamil, karena saat wanita hamil membutuhkan asupan protein yang lebih banyak dibandingkan dengan wanita pada saat tidak hamil.

4. Menyembuhkan Maag

Kerupuk rambak merupakan salah satu makanan ringan yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan mual serta perih pada perut yang disebabkan oleh gangguan maag.

Jika anda mempunyai gejala maag, disarankan untuk mengonsumsi kerupuk rambak ini setiap gejala tersebut kambuh. Hal ini terjadi karena dengan mengonsmsi kerupuk rambak, maka rasa sakit dan juga perih pada lambung akibat dari serangan maag dapat hilang dan teratasi tanpa perlu mengonsumsi obat.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit, Rambut, dan Otot

Kandungan nutrisi yang ada di dalam kerupuk rambak ini memiliki perotein yang sangat membantu ibu hamil agar memiliki kulit yang elastis dan sehat sehingga bisa membantu ibu hamil dalam menghadapi persalinan.

selain untuk menghadapi persalinan, kerupuk rambak juga dapat membangun bagian penting dari sel – sel yang bekerja di bagian rambut dan kulit serta dapat memperbaiki kesehatan dan kekuatan otot melalui zat dari kerupuk rambak tersebut.

6. Menghasilkan Tenaga

Ternyata rambak juga bisa membantu pembentukan tenaga. Hal ini disebabkan karena makanan ini memiliki kandungan karbohidrat serta lemak yang diperlukan tubuh sebagai cadangan energi.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Rambak memiliki kandungan zat protein yang dapat membantu untuk memelihara kesehatan jantung. Kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan ini bisa membentuk perlindungan khsusus bagi tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol di dalam tubuh.

Selain itu, senyawa yang ada di dalam makanan ini bisa mengancam jenis kolesterol buruk yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung.

8. Melancarkan Pencernaan

Kandungan dalam kerupuk rambak ini juga bisa didapat akibat dari bahan dasarnya yaitu kulit sapi dan kerbau. Didalam kerupuk rambak terdapat kandungan serat yang dapat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, karena serat tersebut mampu mengontrol kerja sistem pencernaan agar menjadi lancar.

9. Mengatasi Rasa Pedas

Kerupuk rambak sangat cocok untuk dijadikan pelengkap disaat kita makan karena selain rasanya yang gurih ternyata kerupuk rambak juga dapat mengatasi rasa pedas yang ada di lidah kita, karena di dalam kerupuk rambak terkandung minyak yang dapat menetralisir rasa pedas yang ada di lidah.

 

4 Jenis Kulit Sapi Berdasarkan Kualitas

Dari berbagai macam produk olahan kulit yang sering kita lihat, boleh di bilang kebanyakan di antaranya adalah terbuat dari kulit sapi. Mengapa olahan kulit menggunakan bahan dari kulit sapi? salah satu alasannya adalah dikarenakan kulit sapi memiliki tekstur yang lebih khas, tahan lama sehingga kulit sapi banyak digunakan. Berikut akan kita jabarkan beberapa jenis bahan kulit sapi yang biasa digunakan untuk dijadikan produk olahan

1. Kulit Sapi Nabati

  • sifat kulit: tebal/kaku
  • Jenis kulit ini lebih banyak digunakan karena selain kualitasnya yang cukup baik, harga jenis kulit sapi ini tidak terlalu mahal dibandingkan dengan jenis kulit sapi lainnya. Sehingga kita dapat tetap menghasilkan produk yang berkualitas tetapi modal yang tidak terlalu besar.

2. Kulit Sapi Krom

  • sifat kulit: tebal/lembut
  • Jenis kulit sapi ini tergolong memiliki permukaan agak halus, sehingga dari sisi harga lebih mahal dari jenis kulit sapi nabati. Jenis kulit sapi jenis krom biasa digunakan untuk dibuat olahan tas kulit, dompet kulit, atau sandal kulit berlabel limited edition atau branded.

3. Kulit Sapi Pullup

  • sifat kulit: tebal/lembut/lentur
  • Harga untuk jenis kulit pullup ini lebih mahal 2 hingga 3 kali dari jenis kulit nabati maupun krom. Sehingga membuat jenis kulit ini cocok jika digunakan untuk dijadikan kerajinan tas dan dompet kulit dengan kualitas super.

4. Kulit Sapi Suede

  • sifat kulit: tipis/lembut
  • jenis kulit sapi ini merupakan jenis yang termahal dibandingkan dengan jenis kulit nabati dan krom, memiliki tekstur yang hampir berbulu serta lembut. Jenis kulit sapi suede ini biasa digunakan untuk dijadikan kerajinan tas kulit, dompet kulit, atau sandal kulit yang bermerk dengan koleksi produk yang mewah

Begitulah cara membuat kerupuk rambak dan manfaat rambak sendiri, cukup mudah dan bermanfaat kan teman-teman? silahkan dicoba dirumah teman-teman