Cara Membuat Kerupuk Kulit Yang Mudah Dan Praktis- Kerupuk kulit merupakan makanan populer di kalangan masyarakat Indonesia. Panganan ini bisa dipakai untuk cemilan serta pelengkap untuk berbagai makanan Indonesia. Sebenarnya untuk membeli kerupuk kulit ini cukup mudah, karena banyak tersedia.

Di warung-warung atau toko yang khusus menyediakan makanan kerupuk. Namun, kalau kamu membuatnya sendiri di rumah, pasti bisa mendatangkan kebanggan untuk diri sendiri. Apalagi jika anda dapat membuatnya dengan rasa yang lebih enak dan sesuai dengan selera. Dalam artikel ini saya akan membagikan cara membuat kerupuk kulit yang mudah dan praktis.

Cara Membuat Kerupuk Kulit Yang Mudah Dan Praktis

  1. terlebih dahulu kulit sapi direndam ke dalam air kaur kurang lebih 2 hari. Lalu bersihkan kulit sapi menggunakan pisau.
  2. Jemur kulit sapi tersebut di bawah sinar matahari langsung sampai kering. Kemudian potong kulit sapi yang telah kering sesuai selera. Sisihkan.
  3. Rebus potongan kulit sapi bersama dengan bumbu yang telah dihaluskan sampai kulit masak. Angkat dan tiriskan. Kemudian jemur hingga benar-benar kering.
  4. siapkan penggorengan untuk tahap pertama. Goreng kerupuk kulit sapi kering dalam minyak dengan suhu sedang dan menggunakan api kecil sampai kerupuk kulit sapi agak mengembang. Angkat dan tiriskan.
  5. Siapkan penggorengan tahap kedua. Goreng kembali kerupuk kulit sapi tadi dalam minyak panas menggunakan api besar hingga kerupuk kulit sapi mengembang.
  6. Angkat dan tiriskan. Biarkan dingin. Ini dia rahasia agar kerupuk kulit sapi kita terasa renyah saat di makan, caranya yaitu dengan proses penggorengan hingga 2 kali.
  7. Setelah kerupuk kulit sapi dingin masukkan dalam tempat yang tertutup rapat.
  8. Kerupuk kulit sapi siap disajikan.

Cara Membuat Kerupuk Kulit Yang Mudah Dan Praktis dan Manfaat Kulit Sapi Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidak dapat dipungkiri jika di sekitar kita terdapat bermacam-macam virus dan bakteri sumber penyakit yang siap menyerang kapan saja. Untuk itu kita harus membentengi diri dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Dengan kandungan protein yang tinggi kulit sapi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

2. Membantu Regenerasi Sel-Sel Tubuh

Jika sistem kekebalan tubuh sudah baik maka regenari sel-sel tubuh juga akan berjalan dengan lancar sehingga tubuh kita sehat dan awet muda. Sel-sel yang rusak dan mati akan diganti dengan sel-sel baru sehingga kinerja tubuh akan berjalan maksimal.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang lancar ke seluruh tubuh sangat menentukan kondisi kesehatan seseorang. Hal ini disebabkan peranan darah yang sangat penting sebagai pembawa oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh. Apabila peredaran darah tidak lancar tentu dapat berakibat buruk untuk kesehatan. Mengkonsumsi kulit sapi dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

4. Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung dalam kulit sapi dapat membantu menghindarkan kita dari penyakit anemia, kondisi dimana berkurangnya kadar sel darah merah dalam darah. Terutama pada ibu hamil, konsumsi zat besi yang cukup sangat diperlukan.

5. Menambah Massa Otot

Mengonsumsi kulit sapi juga bermanfaat dalam meningkatkan massa otot. Dengan mengandung protein yang tinggi sangat membantu dalam meningkatkan massa otot yang dapat menyokong pembentukan otot tubuh.

6. Mencegah Atau Mmemperlambat Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi dimana menurunnya kepadatan tulang yang sangat ditakuti terutama oleh orang dewasa atau lanjut usia. Dengan mengkonsumsi kulit sapi yang mengandung kalsium dapat membantu mencegah atau memperlambat terjadinya osteoporosis.

7. Menambah Berat Badan

Olahan kulit sapi yang basah maupun kering dengan menggunakan berbagai bumbu dan rempah sangat membuat ketagihan. Hal ini tentu berpengaruh pada nafsu makan sehingga dapat membantu anda ingin menambah berat badan.

Cara Membuat Kerupuk Kulit Yang Mudah Dan Praktis dan Bahan-Bahan Dan Alat Membuat Kerupuk Kulit Sapi

  • 1 kg kulit sapi
  • Air kapur
  • Minyak goreng
  • Oven panjang
  • Pisau
  • Wajan penggorengan
  • Lahan untuk menjemur dan mengeringkan

Informasi Bisnis Kerupuk Kulit

Kerupuk dari bahan kulit memiliki rasa yang gurih dan enak. Sehingga tidak dipungkiri jika kerupuk kulit begitu disukai. Bila anda tertarik untuk menjalankan bisnis kerupuk kulit ini maka ketahui dahulu hal dalam memulai bisnis seperti mengetahui bahan baku yang digunakan untuk kerupuk kulit, peralatan yang dibutuhkan, tempat usaha, strategi usaha dan lainnya.

Ada banyak sekali cara supaya usaha kerupuk kulit ini dapat berjalan dengan baik, apabila menjalankan usaha sesuai strategi.

Strategi Usaha Keripik Kulit

Agar usaha kerupuk kulit ini disukai oleh banyak kalangan maka buat menu kerupuk kulit yang nikmat dan berkualitas, berikan banyak pilihan rasa agar produk diminati masyarakat. Kemas produk kerupuk kulit dengan tampilan yang cantik dan terkemas dengan baik, hal ini agar usaha kerupuk kulit bisa disukai semua kalangan. Beri nama produk dan cantumkan kode kadaluarsa serta no BPOM.

Konsumen Kerupuk Kulit

Kerupuk kulit memiliki rasa enak dan gurih jadi akan disukai banyak kalangan, dari mulai anak-anak sampai orang tua dapat menikmatinya saat santai. Harga kerupuk kulit pun terjangkau sehingga kerupuk kulit akan disukai banyak kalangan. Usaha pun dapat berjalan dengan lancar serta mudah karena terdapat banyak konsumen yang suka.

Pemasaran Kerupuk Kulit

Agar usaha kerupuk kulit berjalan dengan lancar maka untuk proses pemasaran bisa dilakukan dengan membuat spanduk dan memberi nama unik supaya mudah dikenal masyarakat. Buatlah spanduk dengan tampilan menarik desertai gambar.

Nah, jika kamu tertarik menjalani bisnis ini, maka tak ada salahnya jika kamu memilki sebuah brankas yang digunakan untuk menyimpan hasil usaha yang telah kamu dapatkan tanpa takut akan hilang atau dicuri. Karena brankas sendiri memiliki sistem kata sandi yang rumit sehingga sangat sulit untuk dibobol.

Itulah ulasan tentang cara membuat kerupuk kulit. Semoga bermanfaat.

 

× Whatsapp Kami!