Kamu penggemar  kerupuk kulit sapi? Pengen bikin kerupuk kulit sapi sendiri tapi bingung caranya membuat ? Yuk,kita simak bersama cara membuat kerupuk kulit sapi tanpa bahan kimia.

Apa Itu Kerupuk Kulit Sapi?

Kerupuk kulit (kerupuk rambak) mungkin merupakan makanan yang berasal dari bahan dasar kulit sapi yang masih muda, sapi merupakan penghasil kulit yang berkualitas untuk bahan dasar kerupuk. Cara membuat kerupuk kulit juga tergolong sangat rumit dan membutuhkan pekerja yang cukup banyak.

Cara Membuat keupuk Kulit Sapi

cara membuat kerupuk kulit sapi

Bahan dan Alat Membuat Kerupuk Kulit Sapi :

  • 1 kg kulit sapi
  • Air kapur secukupnya
  • Minyak goreng
  • Oven Panjang
  • Peralatan tajam
  • Pisau yang Sangat Tajam
  • Wajan Penggorengan
  • Lahan untuk menjemur dan mengeringkan

Bumbu yang Dihaluskan Untuk Membuat Kerupuk Kulit Sapi :

  • 15 siung bawang putih
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan garam

Cara Membuat Kerupuk Kulit Sapi Yaitu:

  1. Pertama kali kulit sapi direndam ke dalam air kapur selama kurang lebih 2 hari. Lalu bersihkan bulu-bulunya kulit sapi menggunakan pisau.
  2. Jemur kulit sapi tersebut dibawah sinar matahari langsung sampai kering.Berikutnya potong-potong kulit sapi yang sudah kering sesuai selera. Sisihkan.
  3. Rebus potongan kulit sapi bersama bumbu yang sudah dihaluskan hingga kulit matang. Angkat dan tiriskan. Kemudian jemur hingga benar-benar kering.
  4. Siapkan penggorengan untuk tahap pertama. Goreng kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak kering ke dalam minyak dengan suhu sedang dan menggunakan api kecil sampai kerupuk kulit sapi agak mekar. Angkat dan tiriskan.
  5. Siapkan penggorengan tahap kedua. Goreng kembali kerupuk kulit sapi tadi ke dalam minyak panas menggunakan api besar hingga kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak mekar. Angkat dan tiriskan. Biarkan dingin.Ini dia rahasia agar kerupuk kulit sapi kita terasa renyah di makan, caranya yaitu dengan melakukan proses penggorengan hingga 2 kali.
  6. Setelah kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak dingin masukkan dalam wadah yang tertutup rapat.
  7. Kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak siap disajikan.

 

Kandungan Zat Gizi Krupuk Kulit Sapi (Rambak) Mentah

Kandungan Gizi Prosentase
Protein 82,91%
Lemak 3,84%
Mineral 0,04%
Natrium glutamat ( MSG atau NaG bebas) 0,8 g – 5,3 %
Zat pewarna 0
Hidrogen Peroksida (H2O2) 0
Timbal,Krom dan Arsenik 0

Kandungan zat yang mungkin terdapat pada kerupuk kulit yang terbuat dari kulit sapi asli yaitu protein, lemak, mineral, MSG atau NaG bebas. Namun mungkin pada kerupuk kulit yang berbahan baku dari sisa pembuatan sepatu atau tas maupun jaket banyak mengandung zat kimia berbahaya dan zat pewarna, seperti timbal, krom dan arsenik.

Krom (Cr2O3) mungkin bahan atau zat kimia yang digunakan sebagai bahan utama penyamakan kulit yang bertujuan untuk membuat sifat kulit dari sifat labil menjadi stabil (matang). Logam krom (Cr) merupakan salah satu jenis polutan logam berat yang bersifat toksik, dalam tubuh logam krom biasanya berada dalam keadaan sebagai ion Cr3+. Krom juga dapat menyebabkan kanker paru-paru, kerusakan hati (liver) dan ginjal. Jika mungkin kontak dengan kulit menyebabkan iritasi dan jika tertelan dapat menyebabkan sakit perut dan muntah.

1. Kerupuk Bawang

Seperti namanya, kerupuk ini terbuat dari tepung tapioka dan bawang putih. Aromanya khas, rasanya gurih, dan cocok sebagai teman nasi.

2. Kerupuk Udang

Kerupuk udang punya beragam ukuran, ada yang kecil, ada pula lebar. Kerupuk ini biasanya tersaji sebagai tambahan dalam masakan, seperti rawon, soto, hingga nasi pecel.

3. Kerupuk Putih

Ini dia jenis kerupuk yang paling umum di Indonesia. Mayoritas warung makan menyediakan kerupuk putih keriting ini di dalam kaleng besi yang khas. Dijamin,anda gak akan menemukan tempat kerupuk serupa di belahan dunia manapun.

4. Kerupuk Rambak

Kerupuk rambak terbuat dari kulit sapi. Meskipun terlihat tebal, sebenarnya kerupuk ini sangat renyah dan langsung lumer di lidah ketika digigit.

5. Kerupuk Puli

Kerupuk berbahan dasar beras ini punya tekstur kasar, renyah, dan ringan. Di Surabaya, kerupuk puli juga menjadi teman makan semanggi, sedangkan di Madiun biasanya dijadikan pelengkap makan nasi pecel.

6. Emping

Kerupuk emping atau kerupuk melinjo dimakan dengan cara berbeda-beda di berbagai daerah. Ada yang dimakan langsung sebagai camilan, dijadikan topping rawon, hingga pelengkap coto Makassar.

7. Kerupuk Mie

Disebut demikian karena bentuknya keriting mirip mie. Paling mantap kalau dimakan bareng asinan atau disiram bumbu rujak.

8. Kerupuk Opak

Opak singkong asalnya dari Wonosobo, Jawa Barat, dan terbuat dari singkong. Namun, ada juga opak yang berbahan dasar beras ketan dan menjadi kerupuk khas Sunda.

9. Kerupuk Kemplang

Kerupuk khas Palembang dan Bandar Lampung ini biasanya terbuat dari ikan belida. Ada yang digoreng, tapi ada juga yang dibakar, sehingga aromanya lebih sedap.

10. Kerupuk Gendar

Mirip dengan kerupuk puli, karena berbahan dasar nasi. Namun bedanya, nasi kering ditumbuk kasar sehingga teksturnya masih terlihat.

11. Rengginang

Kerupuk dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan ini biasanya laris manis saat Lebaran. Tapi rengginang juga jadi camilan favorit sehari-hari.

12. Kerupuk pasir

Karena digoreng dengan pasir, kerupuk ini jadi lebih sehat tanpa minyak. Warna-warni kerupuk yang mencolok jadi salah satu identitas khasnya. Di Jawa Timur, kerupuk pasir atau kerupuk upil biasanya dicocol saus petis.

13. Kuku macan

Terbuat dari bahan dasar tepung dan ikan, kerupuk ini rasanya gurih banget. Mungkin Bentuk yang kecil dengan ujung runcing menyerupai kuku macan bikin kerupuk ini makin unik.

14. Kerupuk ikan

Ada berbagai macam  jenis ikan yang bisa diolah menjadi kerupuk. Namun yang paling umum diolah adalah ikan tengiri.

Manfaat Kerupuk Kulit

cara membuat kerupuk kulit sapi

Mungkin Selain rasanya yang gurih, ternyata tersimpan banyak manfaat yang dapat kita ambil dari kerupuk kulit ini. Apa sajakah itu? Ini dia manfaat dari kerupuk kulit.

1. Mengurangi Rasa Pedas

Kerupuk kulit ini mungkin sangat cocok untuk anda jadikan makanan penyelamat jikalau tidak mampu menahan rasa pedas saat makan.Mungkin Dari pada terlalu banyak minum air yang dapat menyebabkan kembung, anda juga bisa mencoba kerupuk kulit untuk mengurangi sensasi pedas yang anda rasakan.

Terdapat kandungan minyak yang tinggi pada kerupuk kulit. Minyak tersebut dapat menetralisir rasa pedas yang ditimbulkan oleh capcaisin yang terdapat pada cabai

2. Menjadi Cemilan atau Pendamping Makan

Ini merupakan manfaat kerupuk kulit yang paling banyak dirasakan orang Indonesia saat tersedia stok kerupuk kulit di rumah. Kerupuk mungkin  memang sering dijadikan sebagai cemilan atau pendamping makan besar.

Rasanya yang gurih dan renyah mungkin dimiliki oleh kerupuk kulit membuat kenikmatan saat makan menjadi bertambah. Bahkan mungkin ada produsen yang mengemas kerupuk kulit ini dengan campuran bumbu-bumbu yang ditujukan khusus untuk cemilan.

3. Menyembuhkan Maag

Tahukah anda kalau kerupuk kulit dapat menyembuhkan maag? Saya pun juga tidak pernah tahu kalau kerupuk kulit dapat menyembuhkan maag. Yang saya dapatkan dari salah satu sumber website di internet adalah kerupuk kulit dapat menyembuhkan gejala mual dan perih di perut yang disebabkan oleh maag.

Jadi, jika anda sering terkena serangan maag, tidak ada salahnya untuk mencoba mengobatinya dengan mengonsumsi kerupuk kulit. Anda pastinya tidak akan keberatan jika obatnya adalah makanan seenak ini.

4. Memiliki Kandungan Protein yang Tinggi

Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari protein, di antaranya adalah meningkatkan ketahanan tubuh, meningkatkan massa otot, meningkatkan pembentukan energi dan masih banyak lagi. Protein tersebut juga bisa anda dapatkan pada kerupuk kulit ini. Ini mungkin dikarenakan kerupuk kulit merupakan produk hewani yang mana terdapat protein yang tinggi.

5. Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Manfaat kerupuk kulit yang lainnya adalah kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada kerupuk kulit dapat menjaga kesehatan tulang dan membantu proses pertumbuhan tulang.

6. Peluang Usaha yang Menjanjikan

Karena mungkin minat orang Indonesia yang tinggi pada kerupuk, membuka usaha kerupuk kulit dapat menjadi peluang untuk anda. Anda juga bisa jual kerupuk kulit ini saat hari raya karena memang kerupuk kulit ini paling pas disajikan di waktu tersebut. Biasanya disajikan bersama opor dan sajian-sajian lain saat Idul Fitri.

cara membuat kerupuk kulit sapi

Kerupuk kulit camilan satu ini paling banyak diminati karena rasanya yang gurih dan lezat. Mungkin Dengan banyaknya penyuka kerupuk kulit ini membuat usaha kerupuk kulit sangat menguntungkan bila dijalankan. Peluang usaha kerupuk kulit ini sangat menguntungkan dan terbuka lebar bagi siapa pun.

Proses menjalankan usaha kerupuk kulit sangat mudah dan simple, dengan menyiapkan bahan baku, peralatan usaha dan sebagainya maka usaha kerupuk kulit sudah bisa dijalankan. Asalkan juga mengerti cara menjalankan usaha kerupuk kulit maka usaha pun bisa dijalankan secepatnya. Jika ingin bisnis kerupuk kulit berjalan dengan baik maka ketahui dahulu beberapa info yang mungkin bisa membantu dibawah ini :

Info Bisnis Kerupuk Kulit

Kerupuk dari bahan kulit mungkin memiliki rasa gurih dan enak, sehingga tidak dipungkiri jika kerupuk kulit ikan begitu disukai.Bila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis kerupuk kulit ini maka ketahui dahulu hal dalam memulai bisnis seperti mengetahui bahan baku yang digunakan untuk kerupuk kulit, peralatan yang dibutuhkan, tempat usaha, strategi usaha dan lainnya. Mungkin Ada banyak sekali cara supaya usaha kerupuk kulit ini dapat berjalan dengan baik, apabila menjalankan usaha sesuai strategi.

Bahan Baku Kerupuk Kulit

Bahan untuk membuat kerupuk kulit ini juga bisa dibeli dipasaran atau kerjasama dengan pengusaha jagal sapi. Bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat kerupuk kulit ini seperti kulit sapi, air kapur, bawang putih, gula pasir, garam, minyak goreng dan sebagainya. Bahan utuk membuat kerupuk kulit ini perlu berkualitas supaya mendapatkan produk kerupuk kulit yang disukai.

Peralatan Usaha Kerupuk Kulit

Pada saat membuat kerupuk kulit ini maka gunakan peralatan usaha yang memadai membuat agar bisa berjalan cepat dan lancar. Mungkin Beberapa peralatan usaha untuk bisnis kerupuk kulit yang bisa digunakan ini ialah wajan, wadah, spatula, pisau, talenan, oven, alat penjemur kerupuk, alat pengemas dan sebagainya.

Lokasi Usaha Kerupuk Kulit

Usaha kerupuk kulit ini mungkin bisa dijalankan di rumah, dengan memanfaatkan dapur rumah sebagai tempat usaha yang sesuai untuk menjalankan bisnis. Proses pembuatan kerupuk kulit ini akan membutuhkan tempat yang luas guna proses penjemuran dan sebagainya. Jika kebetulan rumah cukup besar maka bisa memanfaatkan rumah sendiri.

Strategi Usaha Kerupuk Kulit

Agar usaha kerupuk kulit ini bisa disukai oleh banyak kalangan maka buat menu kerupuk kulit yang nikmat dan berkualitas, berikan banyak pilihan rasa agar produk diminati masyarakat. Kemas produk kerupuk kulit dengan tampilan yang cantik dan terkemas dengan baik, hal ini agar usaha kerupuk kulit bisa disukai semua kalangan. Beri nama produk dan cantumkan kode kadaluarsa serta no BPOM.

Konsumen Kerupuk Kulit

Kerupuk kulit juga memiliki rasa enak dan gurih jadi akan disukai banyak kalangan, dari mulai anak – anak sampai orang tua dapat menikmatinya saat santai. Harga kerupuk kulit juga terjangkau sehingga kerupuk kulit akan disukai banyak kalangan. Usaaha pun dapat berjalan dengan lancar serta mudah karena terdapat banyak konsumen yang suka.

Pemasaran Kerupuk kulit

Agar usaha kerupuk kulit juga dapat berjalan dengan lancar maka untuk proses pemasaran bisa dilakukan dengan membuat spanduk dan memberi nama unik supaya mudah dikenal masyarakat. Buatlah spanduk dengan tampilan menarik disertai gambar.

Contoh Analisa Usaha Kerupuk Kulit

Pada saat mungkin akan menjalankan usaha kerupuk kulit ini maka Anda harus mengetahui dengan baik contoh analisa usaha pada peluang bisnis kerupuk kulit dibawah ini :

Asumsi :

  • Pisau selama waktu 3 tahun
  • Talenan selama waktu 2 tahun
  • Kompor dan gas selama waktu 4 tahun
  • Oven selama waktu 3 tahun
  • Wadah selama waktu 1 tahun
  • Penghalus bumbu selama waktu 3 tahun
  • Mesin pengemas selama waktu 4 tahun
  • Peralatan tambahan selama waktu 3 tahun
Peralatan  Harga
 Pisau  Rp. 35,000
 Talenan  Rp. 65,000
 Kompor dan gas  Rp. 435,000
 Oven  Rp. 1,850,000
 Wadah  Rp. 150,000
 Penghalus bumbu  Rp. 200,000
Mesin pengemas  Rp. 175,000
 Peralatan tambahan  Rp. 250,000
 Jumlah Investasi  Rp. 3,160,000

Biaya Operasional

Biaya Operasional per Bulan
 Biaya Tetap  Nilai
 Penyusutan pisau  1/36 x Rp. 35.000  Rp. 972
 Penyusutan talenan 1/24 x Rp. 65.000  Rp. 2,708
 Penyusutan kompor dan gas 1/48 Rp. 435.000  Rp. 9,063
 Penyusutan oven 1/36 x Rp. 1.850.000  Rp. 51,389
 Penyusutan wadah 1/12 x Rp. 150.000  Rp. 12,500
 Penyusutan penghalus bumbu 1/36 x Rp. 200.000  Rp. 5,556
 Penyusutan mesin pengemas 1/48 x Rp. 175.000  Rp. 3,646
 Penyusutan peralatan tambahan  1/36 x Rp. 250.000  Rp. 6,944
 Total Biaya Tetap  Rp. 92,778

Biaya Variabel

Biaya Variabel
 Kulit sapi  Rp. 325,000  x 30  =  Rp. 9,750,000
 Air kapur  Rp. 50,000  x 30  =  Rp. 1,500,000
 Bawang putih  Rp. 60,000  x 30  =  Rp. 1,800,000
 Gula pasir  Rp. 75,000  x 30  =  Rp. 2,250,000
 Minyak goreng  Rp. 150,000  x 30  =  Rp. 4,500,000
 Kemasan  Rp. 20,000  x 30  =  Rp. 600,000
 Gas Lpg  Rp. 25,000  x 4  =  Rp. 100,000
 Biaya listrik  Rp. 140,000  x 1  =  Rp. 140,000
 Biaya air  Rp. 90,000  x 1  =  Rp. 90,000
 Biaya tambahan lain  Rp. 250,000  x 30  =  Rp. 7,500,000
 Total Biaya Variabel  Rp. 28,230,000

 

Total Biaya Operasional
 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 28,322,778

 

Pendapatan per Bulan
 Penjualan rata – rata =
49  kemasan  x  Rp. 20,000  =  Rp. 980,000
Rp. 980,000  x 30  hr  =  Rp. 29,400,000

Keuntungan

Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.      29,400,000  – 28,322,778  =  Rp. 1,077,222

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan =  Rp. 3,160,000  : 1,077,222  = 3  bln

 

Mungkin Supaya kerupuk kulit ini disukai banyak kalangan maka olah kerupuk kulit dengan cara yang baik. Mesin yang sesuai digunakan untuk membuat kerupuk kulit ini misalnya mesin oven pengering gas.

Dengan menggunakan mesin pengering oven ini maka kegiatan usaha akan lebih berkualitas dan mudah. Hasil kerupuk kulit akan bermutu karena proses pengeringan lebih sempurna dan cepat. Mesin oven pengering ini merupakan pengganti sinar matahari. Sehingga mungkin dengan menggunakan mesin usaha ini proses produksi kerupuk kulit bisa lebih cepat.

Demikian mungkin tips resep masakan (makanan) khas Indonesia dari kami tentang bagaimana cara membuat (membikin), memasak (menggoreng) serta mengolah kulit sapi menjadi sebuah makanan ringan sederhana bercita rasa tinggi, yaitu kerupuk kulit sapi (rambak) special (istimewa) yang renyah (crispy), krenyes, gurih, nikmat, sedap, enak dan juga lezat. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Sekian tadi mungkin pembahasan untuk Cara Membuat Kerupuk Kulit Sapi Tanpa Bahan Kimia, usaha kerupuk kulit yang menguntungkan dan mudah ini layak dicoba. Anda juga dapat menjalankan usaha kerupuk kulit dengan mudah dan sederhana. Semoga info diatas bermanfaat  untuk para pembaca dan selamat mencoba.

× Whatsapp Kami!