cara membuat kerupuk kanji – Kerupuk kanji merupakan salah satu olahan  dari tepung kanji atau tepung tapioka, tepung tapioka sendiri berbahan dasar dari ketela. Kerupuk tapioka ini banyak dicari oleh masyarakat karena sangat cocok untuk dijadikan teman pendamping makan. Untuk cara membuatnya pun sangatlah mudah.

Cara membuat kerupuk kanji

Kerupuk adalah jenis makanan ringan yang terbuat dari tepung tapioka dan dicampur dengan bahan perasa. Kerupuk dibuat dengan cara mengukus adonan lalu dipotong tipis – tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari atau oven sampai kering dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak dan menggunakan api sedang supaya tidak gosong. Salah satu kerupuk yang digemari di Indonesia yaitu kerupuk tapioka. cara membuat kerupuk tapiokasangat mudah dan sederhana, karena untuk bahan dan alat sangat mudah kita temukan disekitar kita.

Kerupuk kanji atau tapioka merupakan jenis varian kerupuk yang mudah ditemui di pasar atau warung, karena selain renyah ternyata kerupuk kanji sangatlah cocok untuk dijadikan pendamping saat kita makan maupun disaat kita sedang kumpul bersama teman atau keluarga.

Melalui tulisan ini saya akan berbagi cara membuat kerupuk kanji atau kerupuk tapioka dengan sederhana tetapi dengan kualitas rasa yang enak.

Bahan-Bahan Kerupuk Kanji

  • 500 gram tepung kanji
  • 600 ml air
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar sangrai
  • garam
  • penyedap rasa

Langkah-Langkah membuat kerupuk kanji

  1. Haluskan bawang putih, ketumbar, garam dan penyedap rasa serta tambahkan air sedikit
  2. larutkan bumbu yang sudah kita haluskan kedalam air sambil diaduk secara perlahan
  3. tambahkan tepung kanji kedalam air secara perlahan sambil diaduk hingga kalis
  4. setelah adonan dirasa cukup kalis selanjutnya masukan adonan kedalam plastik
  5. setelah itu kukus adonan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan menjadi matang
  6. angkat kemudian tiriskan adonan sambil di angin-anginkan
  7. iris tipis-tipis adonan yang sudah dingin tadi
  8. jemur adonan yang sudah diiris dibawah sinar matahari hingga kering
  9. jika sudah kering, goreng adonan kedalam minyak panas
  10. apabila dirasa sudah cukup matang angkat dan tiriskan lalu kerupuk siap dihidangkan

baca juga aritkel Tips membuat kerupuk : cara membuat kerupuk jengkol kesayangan keluarga

saran saat menggoreng kerupuk kanji :

  1. Gunakan minyak goreng yang cukup banyak waktu menggoreng dan gunakan api sedang supaya kerupuk dapat matang secara merata
  2. jangan lupa saat menggoreng sambil dibolak balik supaya tidak matang sebelah saja dan kerupuk dapat mengembang secara sempurna
  3. Hentikan penambahan air jika adonan kerupuk tepung kanji sudah kalis atau tidak lengket.

demikian cara membuat kerupuk kanji, selanjutnya mari kita bahas tepung kanji itu sendiri.

Mengenal Kanji atau Tapioka

cara membuat kerupuk kanji

tepung kanji atau tepung tapioka merupaka tepung yang dibuat dari ekstrak bahan umbi-umbian yaitu singkong. dalam bahasa sunda tepung tapioka atau kanji sering disebut aci sampeu. Tepung tapioka memiliki karakterisktik yang sama dengan tapung sagu, sehingga sering ditukar atau saling menggantikan.

Dalam pemanfaatannya, tepung tapioka sering dipergunakan sebagai bahan dalam membuat makanan ataupun sebagai bahan perekat. Tepung tapioka banyak terdapat dalam makanan maupun minuman tradisional sebagai bahan bakunya, seperti aneka berbagai jenis kerupuk, pempek, tekwan, bakso, siomay, dan masih banyak lagi. DIdalam kue pun tepung tapioka sangatlah sering digunakan sebagai bahan adonan, seperti dalam kue lapis dan kue moci.

Tepung kanji sangatlah bermanfaat bagi tubuh, karena didalamnya terkandung berbagai kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, fosfor, zat besi dan lain lain. Manfaat tepung kanji sangatlah banyak

Manfaat Tepung Kanji

1. Menyehatkan Pencernaan

Tepung kanji memiliki kandungan tinggi akan serat yang bekerja secara efisien untuk menyehatkan pencernaan kita. Mengkonsumsi kanji secara teratur untuk mencegah sembelit, nyeri usus, perut kembung, dan bahkan kanker usus sekalipun.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Tepung kanji atau tapioka mengandung zat besi yang lumayan tinggi dan tubuh kita membutuhkan zat besi untuk menghasilkan sel darah baru, mencegah anemia, dan melancarkan sirkulasi darah

3. Tinggi Asam Folat

Kandungan asam folat dan vitamin B kompleks yang terdapat didalam tepung kanji sangatlah bermanfaat untuk tubuh kita.

4, Menurunkan Tekanan Darah

Kalium dan potasium yang terkandung didalam tepung kanji sangatlah membantu dalam mengurangi tekanan pada pembuluh darah atau arteri.

5. Menaikan Berat Badan Dengan Cara Sehat

Karbohidrat yang terkandung didalam tepung kanji sangatlah sehat untuk menaikan berat badan kita, karena karbohidrat tepung kanji tidak terdapat kandungan lemak jenuh atau tinggi kalori.

6. Menguatkan Tulang

Tepung kanji mengandung fosfor dan kalium yang tinggi, sehingga dapat membantu untuk mencegah osteoporosis maupun gigi keropos.

7. Mendukung Metabolisme Tubuh

Didalam tepung kanji terkandung protein nabati yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme yang terdapat didalam tubuh.

Obat Maag Dari Olahan Tepung Kanji

Tepung kanji atau tapioka bisa kita jadikan pengganti tepung atau gandum bagi kita yang tidak bisa mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Dengan menggunakan tepung kanji kita bisa membuat puding atau roti yang bebas gluten atau makanan-makanan ringan lainnya. Selain itu, tepung kanji juga bisa kita gunakan sebagai pengental.karena tepung ini dapat meningkatkan kadar air dan tekstur yang dapat membuat kelembapan terperangkap membentul gel.

Perlu kita ketahui juga, singkong juga dapat memainkan peran penting sebagai pengganti bahan pokok makanan karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain itu singkong juga mengandung beberapa senyawa bioaktif yaitu senyawa kimia yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia, termasuk dalam hal pencegahan kanker dan penyakit jantung.

Sakit maag atau dispepsia adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Beberapa hal yang dapat dijadikan penyebab sakit maag antara lain pola makan, stres, penggunaan obat-obatan tertentu, konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok.

Ketika seseorang tidak teratur pola makannya, maka hal itu dapat menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit maag, karena saat perut sudah saatnya kita isi, tapi kita biarkan kosong atau ditunda pengisiannya maka asam lambung akan mencerna lapisan mukosa lambung sehingga timbul rasa nyeri.

Selain itu makanan tertentu yang lumayan masih tajam akan merangsang dan menggesek dinding lambung sehingga terjadi radang atau luka, seperti makan yang pedas atau asam. Selain beberapa hal yang tesebut, penyebab maag lainnya antara lain:

  • Penggunanaan obat-obatan tertentu seperti aspirin dengan dosis yang tinggi, kortison, kafein, kortikosteroid.
  • Adanya peningkatan asam lambung yang berlebihan.
  • Pola makan yang tidak teratur dan sering terlambat makan, atau makan berlebihan.
  • Tertelannya substansi/zat yang bersifat korosif seperti alkali, asam kuat, cairan pembersih kimiawi, dan lain-lain.
  • Infeksi bakteri.

Meski begitu, sebagian besar orang tidak ada yang mengetahui manfaat tepung kanji untuk mengobati maag. Tepung kanji atau disebut juga sebagai tepung singkong atau tepung tapioka jika dilihat sekilas mungkin mirip dengan tepung sagu karena keduanya memiliki sifat untuk bisa merekatkan bahan-bahan lain seperti hal nya fungsi lem yang sering kita temui.

Manfaat tepung kanji dipercaya oleh masyarakat bisa membantu untuk menebalkan kembali lapisan lambung secara alami. Inilah cara membuat tepung kanji untuk asam lambung:

  • Persiapkan tepung kanji atau tapioka kurang lebih 1 ons.
  • Sangrai atau goreng tanpa minyak tepung kanji tersebut hingga agak menguning.
  • Konsumsi 2 sendok setiap hari dan dicampur dengan setengah gelas air panas.
  • Biarkan bubuk tepung kanji dan air panas menyatu.
  • Setelah dirasa cukup dingin baru kemudian diminum.
  • Minum dengan rutin selama 1 minggu.

Itulah cara membuat tepung kanji untuk mengobati asam lambung yang bisa teman – teman coba dirumah. Jika cara di atas tidak berhasil mengatasi sakit maag yang teman – teman alami, segeralah konsultasi dengan dokter spesialis gastrointestinal untuk dapat membantu mengatasi penyakit dan mengetahui penyebab dari maag yang kita derita.

Karena bahan dasar pembuatan tepung kanji berasal dari jenis umbi-umbian maka beberapa orang menggunakannya untuk membuat obat. Meski begitu manfaat tepung kanji bagi kesehatan masih diperlukan penelitian lanjutan namun tepung kanji sering kali digunakan sebagai sumber energi.

Dalam proses pencernaan, karbohidrat dipecah menjadi glukosa atau zat gula sebelum diserap oleh tubuh sehingga Dengan bantuan insulin dan glukosa kemudian diserap sel-sel tubuh. Glukosa inilah yang digunakan tubuh kita sebagai bahan bakar dan sumber energi oleh tubuh untuk melakukan segala jenis kegiatan.

Pati resisten adalah pati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh kita sehingga pati ini dapat membantu kita dalam melancarkan pencernaan. Pati ini memiliki fungsi yang sama seperti serat dalam sistem pencernaan. Pati resisten juga dapat menurunkan kadar gula darah setelah kita makan karena dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan insulin dalam tubuh, serta dapat membuat kita kenyang lebih lama. Semua hal ini sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan metabolisme dalam tubuh kita

bagaimana teman-teman cukup mudah kan cara membuat kerupuk kanji ini? jangan lupa share ke teman sekitar ya. terima kasih