Berikut artikel kali ini saya ingin menjelaskan tentang cara membuat kerupuk bakso gurih dan renyah.Namun,sebelum itu anda perlu tau apa itu kerupuk bakso?Mari kita simak.

Apa Kerupuk Bakso Itu?

Bakso memang enak bila mungkin dimakan beserta kuah bakso namun enak juga walau hanya dimakan langsung dengan cocolan sauce tomat atau sambal, adapula yang dibakar seperti sate dahulu sebelum disantap dengan cocolan kecap. Kali ini mungkin ada cara lain yang cukup unik untuk menikmati pentol bakso yaitu diolah menjadi keripik bakso.

Keripik bakso memang mungkin terbuat dari pentol bakso daging yang diiris tipis tipis dan digoreng hingga kering sehingga jadilah makanan ringan yang enak dan menggoda kita untuk segera mencicipi makanan khas kota Malang ini.

Komposisi pentol bakso antara lain daging sapi, tepung tapioca, telur, dan di campur dengan rempah rempah sebagai bumbunya, kemudian dicetak bulat bulat dan direbus dalam kuah yang ber kaldu daging sapi. Sangat lezat dan bergizi tinggi, setelah melalui beberapa tahap pembuatan pentol dahulu tahap pengirisan bakso dimulai hingga proses penggorengan menjadi keripik supaya bakso bisa kering awet dan tahan lama.

Keripik Bakso bisa dinikmati siapa saja tanpa mengenal jenis usia, dan juga makanan bakso yang satu ini sudah diolah menjadi bentuk yang mudah dibawa dan disimpan.

Sebagai Bakso mania mungkin adakalanya kita ingin menikmati bakso setiap saat dan dimana saja, tapi mungkin ketika kita menginginkan malah penjualnya yang tidak ada. Nah keripik bakso adalah salah satu solusinya, praktis bisa disimpan dan lebih “portable” lah daripada membawa mangkok bakso kemana mana.

Resep Keripik Bakso Gurih Dan Renyah. Bakso adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat terkenal di hampir seluruh daerah yang ada di Indonesia. Setiap daerah yang ada di Indonesia ini, pasti memiliki bakso dengan ciri khas masing-masing dari setiap daerah. Biasanya bakso itu disajikan dengan kuah, mie dan beragam macam isian seperti gorengan, tahu, dan lain-lain.

Namun untuk kali ini kita akan mengolah bakso menjadi sebuah keripik. Keripik bakso ini sangat cocok sekali anda nikmati kala sedang santai di rumah bersama keluarga. Cara membuat keripik bakso ini pun cukup mudah sekali dan kalau anda belum pernah membuatnya, kami akan bagikan resep selengkapnya di bawah ini…!!

Resep Keripik Bakso

cara membuat kerupuk bakso

Bahan Untuk Membuat Keripik Bakso :

  • 750 gr daging ayam, potong kasar
  • 600 gr udang, potong kasar
  • 300 gr fillet ikan kakap, potong kasar
  • 300 gr daging sapi, potong kasar
  • 3 butir putih telur, kocok lepas
  • 1 ½ kg tepung tapioka
  • 1 liter minyak goreng
  • Air hangat secukupnya

Bumbu Halus Keripik Bakso :

  • 150 gr bawang putih
  • 6 sendok teh merica bubuk
  • 3 sendok teh pala bubuk
  • 3 sendok teh gula pasir
  • Garam secukupnya

Langkah Membuat Keripik Bakso :

  1. Campurkan semua bahan kecuali minyak, kemudian haluskan dengan food processor.
  2. Tambahkan bumbu halus lalu aduk rata.
  3. Bentuk adonan bulat sebesar bola pingpong kemudian masukkan dalam air hangat dan didihkan.
  4. Angkat lalu tiriskan. Kukus bakso sampai matang kemudian angkat, tiriskan dan biarkan uap panasnya hilang.
  5. Potong bakso setebal 2 mm, atur di atas tampah atau loyang dan jemur sampai kering di bawah terik sinar matahari.
  6. Panaskan minyak, goreng bakso sampai berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan keripik bakso ini bersama saus sambal kesukaan anda.

Manfaat Kerupuk Bakso

1. Menambah nafsu makan

Khasiat kerupuk bakso yang pertama mungkin dapat membantu menambah nafsu makan. Jika anda sering mengalami nafsu makan yang terus berkurang sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan ini. Senyawa yang terdapat pada makanan ini sangat efektif menambah nafsu makan sehingga nafsu makan anda akan kembali seperti sebelumnya.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Sistem pencernaan mungkin terdiri dari berbagai organ yang membantu dalam pencernaan makanan dan memenuhi kebutuhan nutrisi. Untuk melancarkan sistem pencernaan bisa dengan mengkonsumsi pangsit. Kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya berfungsi melancarkan sistem pencernaan dan buang air besar sehingga bisa mencegah dari resiko gangguan pencernaan.

3. Mengontrol berat badan

Berat badan yang berlebih akan mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah obesitas. Untuk mengontrol berat badan anda bisa mengkonsumsi pangsit. Kandungan rendah kalori yang mungkin ada dalam makanan ini sangat bermanfaat untuk mengontrol berat badan sehingga bisa mencegah anda dari resiko kegemukan atau obesitas.

4. Menunjang aktifitas tubuh

Kandungan kalori sangat diperlukan untuk menunjang aktifitas tubuh. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi pangsit ini. Di dalam makanan ini mengandung kalori yang berperan penting untuk menunjang aktifitas tubuh sehingga anda bisa beraktifitas dengan kondisi tubuh tanpa kekurangan kalori.

5. Membantu proses pertumbuhan

Mungkin Selain bermanfaat untuk menunjang aktifitas tubuh, makanan ini juga dapat membantu proses pertumbuhan. Hal ini mungkin dikarenakan kandungan kalori yang ada di dalamnya dapat mendukung sistem perkembangan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

6. Membantu memenuhi nutrisi bagi tubuh

Nutsiri sangatlah berperan penting sebagai asupan bagi tubuh. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan di vitamin C, A, kalsium, dan omega 3 yang ada dalam makanan ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh sehingga anda bisa bebas melakukan aktifitas harian anda.

7. Sebagai sumber energi

Mengkonsumsi pangsit ternyata juga mungkin sangat baik sebagai sumber energi. Hal ini mungkin dikarenakan dalam makanan ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh.

8. Membantu fungsi otot dan saraf

Khasiat lainnya dari pangsit ini  mungkin dapat membantu fungsi otot dan saraf. Kandungan potasium yang ada di dalamnya berperan penting membantu mempertahankan fungsi otot dan syaraf sehingga bisa mencegah dari resiko kram otot.

9. Menjaga kesehatan kulit

Mungkin Untuk menjaga kesehatan kulit anda bisa melakukannya dengan cara mengkonsumsi pangsit ini. Kandungan protein yang mungkin ada di dalamnya dapat menjaga kesehatan kulit sehingga bisa mencegah dari resiko penyakit kulit.

10. Membuat perut kenyang

Mengkonsumsi makanan yang juga mengandung karbohidrat tentu saja akan membuat perut menjadi kenyang. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi pangsit. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat yang relatif tinggi dalam makanan ini dapat membuat perut menjadi kenyang selama beberapa waktu.

Rahasia Kesuksesan Bisnis Keripik Bakso yang Mendunia

 

cara membuat kerupuk bakso

Salah satu contoh kripik yang paling banyak disukai adalah, kripik bakso.Di luar dari itu, buah bakso sendiri mempunyai berbagai ragam khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Diantaranya adalah, bisa membantu menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi.Selain memiliki beraneka macam manfaat yang banyak, buah bakso juga mempunyai rasa yang cukup lezat, apalagi kalau dijadikan keripik.

Terlebih keripik bakso mungkin memang mempunyai cita rasa dan level kerenyahan yang sangat disukai oleh banyak orang.Cara pembuatannya pun juga tergolong sangat mudah dan simpel, sehingga banyak orang yang tertarik dengan salah satu jenis camilan ini.Untuk cara pemasarannya pun juga nggak terlalu sulit.

Jenis makanan ringan yang satu ini bisa dipasarkan hampir ke semua golongan, misalnya kepada para pedagang, ruko, toko–toko kecil, rumah makan, pasar, serta swalayan.Nah, seiring dengan tingginya permintaan para konsumen untuk jenis dan varian dari keripik bakso.

Selain  itu, para produsen telah membuat variasi terbaru dari keripik bakso supaya dapat memenuhi permintaan para penggunanya.Contoh variasi baru yang dilakukan oleh pasar diantaranya adalah, membuat keripik bakso dengan berbagai macam rasa, mulai dari yang asin, keju, manis, dan yang lain sebagainya.

Seiring dengan inovasi baru yang ada, trend keripik ini bisa dikatakan masih sedikit diketahui oleh masyarakat, namun peminat jenis keripik ini sudah sangat meningkat secara signifikan jumlahnya.

Sudah tidak sedikit para pedagang yang beralih mengubah jenis dagangan keripiknya dengan jenis keripik-keripik yang berbeda, dan dibuat menggunakan brand-nya masing-masing.Terlebih camilan ini menjadi salah satu cemilan yang nggak pernah terlupakan untuk dinikmati saat santai, berkumpul, berekreasi, dan yang lainnya.

Disamping itu, peluang bisnis keripik bakso ini juga masih sangat menggiurkan, dan manawarkan laba yang tak sedikit jumlahnya.Bahkan, sudah banyak para usahawan keripik bakso yang  mungkin sukses dan memiliki omzet puluhan juta setiap bulannya.

Apalagi, untuk memulai bisnis keripik bakso ini tidak terlalu sulit seperti apa yang Anda bayangkan, malah bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan.Nah, untuk Anda yang berkeinginan untuk terjun langsung dalam bisnis keripik bakso sebagai usaha yang akan Anda jalankan.

Di bawah ini kami sudah sajikan beberapa poin penting yang harus Anda kuasai atau persiapkan sebelum memulai bisnis tersebut:

1. Kenali Terlebih Dahulu Jenis Bakso dengan Kualitas yang Baik

Supaya dapat mengenali jenis kualitas bakso yang baik ini, Anda perlu menjalin langsung kerjasama dengan para produsen bakso. Dengan cara kerjasama ini, pasytinya Anda akan mengetahui mana jenis bakso yang bagus, atau malah Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran.

2. Persiapkan Peralatan yang Akan Diperlukan Untuk Memudahkan Proses Pembuatan Keripik Bakso

Contohnya seperti mesin pengemas,mesin labelling, plastik kemasan, alat-alat memasak dan yang lainnya.

3. Tingkatkan Kemampuan dan Pengetahuan Anda Tentang Cara Mengolah Keripik Bakso yang Benar

Mungkin Cobalah untuk semaksimal mungkin agar bisa memproduksi keripik bakso dengan hasil yang renyah dan rasa yang nikmat.
Untuk mungkin keunikannya, sebisa mungkin buat rasa keripik bakso Anda memiliki ciri khas tertentu yang tidak dimiliki oleh produsen keripik bakso yang lainnya.

Jenis-jenis Kerupuk:

1. Kerupuk Blek, Kerupuk Uyel atau Kerupuk Kampung

Jenis kerupuk ini memang yang paling sering kita temui. Gak hanya di warung-warung perumahan, tapi di beberapa tempat makan juga sering menyediakan kerupuk ini. Kerupuk ini disediakan di kaleng-kaleng yang ikonik benget. Gak heran kalau kita sebut “kerupuk” aja, pasti yang teringat kerupuk ini duluan.

2. Kerupuk Udang

Kerupuk yang dibuat dari tepung, rebon dan remah ikan asin serta dibumbui berbagai rempah ini biasanya kita temukan dalam acara-acara hajatan. Baik itu hajatan sunat maupun pernikahan. Jarang banget orang yang menyediakan kerupuk “blek” di acara hajatan. Pasti kerupuk ini yang jadi sasarannya.

3. Kerupuk Kulit

Sesuai dengan namanya nih, kerupik ini memang terbuat dari irisan kulit sapi yang dijemur. Kerupuk kulit ini memang lebih sering kita jumpai dalam restoran padang. Gak heran kalau kerupuk kulit ini juga termasuk primadonanya kerupuk, apalagi kalau disiram kuah rendang atau gulai.

4. Kerupuk Kemplang

Palembang mungkin memang selain terkenal dengan hidangan Pempeknya, ternyata juga terkenal dengan kerupuknya. Kerupuk kemplang namanya. Kerupuk yang terbuat dari tepung sagu dan gilingan ikan tenggiri ini memang memiliki tekstur yang lebih keras dari kerupuk lainnya. Kerupuk kemplang ini mungkin sudah paling cocok kalau dimakan bersama dengan Pempek. Maknyussss!

5. Kerupuk Bangka

Kerupuk ini memang terkenal banget. Rasa kerupuk ini memang hampir mirip dengan kerupuk kemplang yang berasal dari Palembang. Yang berbeda dari kerupuk ini hanya ukurannya aja yang lebih besar. Selain itu, sudah disiapkan sambal cocolnya juga supaya kerupuk ini makin sedap.

6. Kerupuk Jengkol

Kerupuk Jengkol ini memang berbahan dasar jengkol. Gak heran dong kalau rasa dan baunya sama kayak jengkol. Mungkin Hanya saja kalau sudah menjadi kerupuk gini jadi lebih enak, baunya gak begitu kerasa. Karena harga jengkol yang tinggi menyebabkan harga kerupuk ini juga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kerupuk lain di kelasnya.

7. Kerupuk Gurilem

Kerupuk yang berbentuk panjang-panjang seperti cacing ini merupakan produk khas dari Cililin, Bandung. Gurilem mungkin memang biasanya disajikan dengan bumbu pedas yang menyelimuti badannya. Rasanya enak, gurih dan pedasnya menggoda.

8. Kerupuk Pasir atau Kerupuk Melarat

Kerupuk pasir atau yang sering disebut dengan kerupuk melarat berasal dari daerah Kediri, Jawa Timur. Kenapa bisa dikatakan “melarat”? Karena proses menggorengnya tidak menggunakan minyak, melainkan menggunakan pasir. Kerupuk ini disebut-sebut sebagai kerupuk sehat karena tidak mengandung lemak.

9. Kerupuk Mie

Kerupuk yang berbentuk bulat-bulat keriting ini memang biasanya disajikan saat makan pecel. Kerupuk yang teksturnya renyah dan memiliki rasa yang gurih ini paling cocok kalau dicocol dengan sambel kacang.

10. Rengginang

Rengginang merupakan kerupuk yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dijemur di bawah sinar matahari. Tekstur rengginang yang renyah memang selalu diminati oleh masyarakat Jawa pada khususnya. Rengginang mungkin juga seringkali menjadi solusi untuk mengolah sisa nasi yang tidak termakan supaya gak mubazir.

11. Kerupuk gendar

Kerupuk gendar ini hampir sama dengan rengginang yang terbuat dari adonan nasi. Bedanya, gendar dibuat dengan dibumbui dengan beberapa rempah sebagai penyedap rasa. Gendar juga lebih tipis daripada rengginang.

12. Kerupuk Emping

Mungkin Lebih dikenal dengan sebutan emping, kerupuk ini terbuat dari buah melinjo yang digeprek sehingga menjadi gepeng. Setelah melalui proses penjemuran, barulah emping ini digoreng. Emping ini sering banget menghiasi mangkok-mangkok soto betawi atau nasi kuning. Bagi yang punya penyakit asam urat dianjurkan untuk tidak makan ini secara berlebihan, daripada kumat.

13. Kerupuk Ceker

Kerupuk yang berasal dari Malang, Jawa Timur ini memang sesuai namanya, dibuat dari ceker atau kaki ayam. Mungkin bagi anda yang tidak suka ceker akan menolak untuk makan kerupuk ini. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah suka bikin ketagihan.

14. Kerupuk Bantal

Mungkin kerupuk ini memang agak kurang cocok kalau dimakan bersama dengan nasi. Rasa kerupuk yang dominan keju ini memang lebih cocok untuk dijadikan cemilan ketimbang sebagai pendamping nasi. Gak heran kalau banyak anak-anak maupun orang dewasa yang suka gak bisa menahan diri saat makan kerupuk ini.

15. Kerupuk Jumbo

Siapa yang mampu menghabiskan kerupuk yang ukurannya hampir sebesar ban motor ini? Rasa kerupuk ini hampir sama dengan rasa kerupuk yang berasal dari Palembang. Ada aroma-aroma ikan tenggirinya gitu deh. Mungkin Kalau beli kerupuk ini lumayan bisa bagi-bagi untuk orang-orang sekantor.

Nah, itu tadi jenis-jenis kerupuk dengan nama aslinya yang mungkin kamu sering salah menyebutnya. Kerupuk-kerupuk di atas memang biasanya dimakan sebagai pendamping makan nasi hangat apalagi kalau ada sambelnya. Kalau kerupuk favoritmu yang mana?

× Whatsapp Kami!