Pada kesempatan kali ini kita akan memberitahu cara membuat keripik wortel. Akan tetapi, apakah kalian pernah dengar apa itu keripik wortel. Mungkin camilan yang satu ini masih asing di telinga kalian, karena biasanya wortel lebih sering diolah menjadi sop, atau jus biasanya juga sering digunakan untuk bahan sayuran pelengkap resep masakan.

Pada wortel terdapat kandungan nutrisi, serat dan Vit. A serta ada magnesium Vit. B1 zat besi dll. Ternyata selain dapat dijadikan bahan untuk pembuatan sayur, wortel juga dapat dijadikan beberapa camilan seperti keripik wortel yang akan kita bahas kali ini.

Keripik wortel ini merupakan inovasi terbaru olahan camilan berbahan dasar wortel. Wortel yang kaya akan gizi ini cocok sekali dijadikan camilan santai di rumah, ataupun saat dalam perjalanan di dalam mobil. Dan sekarang tiba saatnya kita memberitahukan cara membuat keripik wortel, semoga teman-teman puas dengan cara pembuatan yang saya berikan ini.

cara membuat keripik wortel

Cara Membuat Keripik Wortel

Bahan-Bahan Cara Membuat Keripik Wortel :

  • 150 gr wortel (diparut halus).
  • Garam 1 ons
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • 20 gram penyedap rasa
  • 50 gram gula pasir
  • 300 gram tepung terigu
  • Ketumbar secukupnya
  • 30 gram tepung maizena
  • 1 butir telur ayam
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bumbu kentang keju atau yang lainnya (sesuai selera).

Langkah-langkah Cara membuat Keripik Wortel :

  1. Siapkan wadah untuk tempat membuat adonan keripik wortel
  2. Setelah itu masukkan wortel yang sudah diparut, tepung terigu, baking powder, tepung meizena, gula halus, garam dan telur
  3. Kemudian aduk sampai menggumpal lalu campurkan semua bahan setelah itu aduk kembali sampai tercampur rata
  4. Kemudian adonan dibungkus dengan daun pisang lalu gulung memanjang dan kukus sampai adonan benar-benar matang. Kita dapat menggunakan gulungan mie pada proses ini.
  5. Setelah itu pipihkan adonan diatas tempat yang datar, kemudian adonan kita cetak dengan menggunakan ring bulat ataupun dengan menggunakan cetakan yang lainnya (sesuai selera).
  6. Jika adonan sudah di cetak, kemudian kita jemur sampai benar-benar kering
  7. Setelah adonan kering, panaskan minyak goreng gunakan api sedang dan goreng adonan yang sudah kering sampai merekah dan tunggu sampai matang, jangan lupa di bolak-balik agar matang secara merata. Lalu angkat dan tiriskan.
  8. Taburi keripik dengan bahan taburan yang sudah disiapkan, lalu aduk rata sampai keripik terbumbui secara rata
  9. Dan keripik sudah siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga.

Jika kita sudah selesai membuat keripiknya lebih baik kita menyimpannya diwadah kedap udara seperti toples, ataupun wadah yang lainnya agar tetap renyah.

Manfaat Dari Cara Membuat Keripik Wortel

cara membuat keripik wortel

1. Mencegah Penyakit kanker

Di dalam wortel terdapat kandungan falcarinol, senyawa ini adalah senyawa yang mampu mencegah penyakit kanker sekaligus sebagai senyawa anti kanker. Jika kita sering mengonsumsi wortel atupun keripik wortel kemungkinan besar kita dapat terhindar dari pnyakit ganas ini.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel juga sangat terkenal dapat menjaga kesehatan mata kita, di dalam wortel terkandung vitamin A. Vitamin inilah yang sangat baik dan mampu untuk menjaga kesehatan mata kita.

3. Dapat Menguatkan Janin

Tidak hanya baik untuk mata, ternyata vitamin A yang banyak terkandung dalam wortel juga dapat membantu memperkuat janin bagi ibu yang sedang mengandung. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi wortel secara rutin agar kandungannya tetap kuat dan sehat.

4. Mengembalikan Daya Tahan Tubuh Setelah Sakit

Manfaat wortel selanjutnya dapat mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. Vitamin C yang terkandung di dalam wortel bisa mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. Jika anda baru saja mengalami penyakit seperti flu atau infeksi, jangan lupa untuk mengonsumsi wortel agar penyembuhan semakin cepat dan anda bisa kembali beraktivitas seperti semula.

5. Mampu Mencegah Stroke 

Ada sebuah penelitian yang terbukti bahwa wortel mampu menurunkan resiko terserang penyakit stroke. Cukup hanya dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 6 buah setiap hari anda bisa menurunkan resiko terserang penyakit stroke.

 6. Berguna Untuk Menurunkan Kolesterol

Minum air parutan/jus wortel kemudian di minum rutin setiap hari. Untuk menurunkan kolesterol, konsumsi air wortel ini pun harus rutin juga.

7. Mempertajam Memori Dalam Otak Kita

Anda pasti sering mengalami kesulitan untuk mengingat sesuatu yang penting? Jika benar, berarti sudah saatnya jika Anda mencoba mengonsumsi wortel. Manfaat wortel bisa membantu untuk mempertajam memori Anda, karena sayuran ini kaya akan vitamin B.

8. Memperkuat Tulang Dan Gigi

Manfaat wortel bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat memperkuat tulang dan gigi. Wortel mempunyai kandungan vitamin K yang cukup tinggi sehingga sayuran yang satu ini bisa membantu menguatkan tulang dan gigi.

9. Membuat Kualitas Sperma Menjadi Semakin Bagus

Vitamin A yang tinggi yang ada di dalam wortel ternyata dapat membuat kualitas sperma semakin bagus, sehingga wortel mempunyai manfaat besar untuk anda yang tengah mendambakan untuk memiliki keturunan.

10. Kualitas Penyembuhan

Khasiat wortel memiliki kualitas penyembuhan yang hebat dan bagus. Wortel mentah atau yang telah diparut bisa diterapkan pada luka dan peradangan, penyembuhannya cepat. Sifat anti-inflamasi yang ada pada wortel membantu merevitalisasi dan menyamarkan kulit.

11. Perawatan Rambut Rontok

Manfaat wortel sangat bagus untuk melawan kerontokan rambut sebab wortel menyediakan vitamin yangdangat berguna bagi rambut anda, membuatnya lebih kuat, lebih tebal dan lebih bersinar. Minum jus wortel bisa buat rambut anda sehat. Ini merupakan manfaat terbaik dari wortel untuk rambut kita.

12. Mengurangi Tingkat Munculnya Penyakit Leukemia

Penyakit leukemia terjadi akibat produksi sel darah putih (leukosit) yang abnormal dan berlebihan. Manfaat wortel selanjutnya yaitu dipercaya para ahli dapat mengurangi risiko terhadap penyakit tersebut. Berdasarkan sebuah studi, rutin mengonsumsi jus wortel dapat mengurangi risiko leukemia, serta menghambat perkembangannya.

13. Mencegah penyakit jantung

Menurut peneliti Ian Stephen jika kita mengonsumsi wortel selama dua bulan itu sudah bisa memberikan hasil yang signifikan. Hal ini bisa mendorong orang yang tidak gemar memakan sayuran menjadi lebih ingin mengonsumsinya. Dengan adanya hasil penelitian ini, sudah tidak alasan lagi bagi anda untuk tidak memasukan wortel ke dalam menu makanan anda tiap harinya atau mengubahnya menjadi camilan.

Bonus Manfaat Wortel Untuk Wajah Dan Kecantikan

1. Mencegah Kulit Berminyak

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, jangan khawatir. Anda dapat menggunakan wortel sebagai perawatan rutin di rumah. Wortel dapat membuat kulit lebih lembut dan bersih. Kulit berminyak biasanya bermasalah dengan pori-pori kulit, sehingga wortel dapat membersihkannya secara mendalam.

2. Mengatasi Kulit Yang Terpapar Sinar Matahari Langsung

Wortel dapat mengatasi kulit terbakar akibar paparan sinar matahari. Jika dilakukan secara rutin menggunakan masker wortel, secara perlahan kulit kusam akan terlihat lebih sehat. Wortel juga mampu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat kita terlihat lebih cerah.

3. Menyamarkan Flek Hitam Di Wajah

Jika kita menggunaan masker wortel secara rutin itu dapat menyamarkan flek hitam di wajah. Campurkan jus wortel dengan madu dan olive oil. Aplikasikan pada seluruh wajah dan leher secara merata. Diamkan hingga 20 menit kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

4. Kulit Menjadi Lebih Glowing

Vitamin C yang terkandung di dalam wortel juga dapat berfungsi menjadikan kulit menjadi lebih glowing.. Saya sarankan untuk mengkonsumsi wortel secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan kulit yang lembut dan sehat. Aplikasikan secara rutin dan lihat sendiri hasilnya bagaimana kulit terlihat lebih glowing dari hari ke hari, tanpa harus menggunakan masker pemutih lainnya.

4. Mampu Mengurangi Jerawat

Di dalam wortel terdapat kandungan betakaroten yang secara efektif dapat mengontrol prodiksi sebum dan mengurangi efek breakout akibat jerawat. Kamu bisa membuat masker dari wortel untuk mengurangi dan mencegah jerawat. Menurut dr patel, dia menyatakan bahwa orang-orang di India biasanya membuat masker menggunakan bahan utamanya yaitu sari wortel.

6. Menstimulasi Produksi Kolagen

Semakin tua umur kita produksi kolagen dalam tubuh akan makin berkurang. Kolagen merupakan zat yang  dapat membuat kulit kita kencang, elastis, dan sehat. Maka sebabnya kita perlu untuk mengonsumsi makanan atau camilan yang dapat membantu menambah produksi kolagen, salah satunya wortel.

Mungkin hanya itulah beberapa manfaat yang terkandung di dalam wortel yang bisa saya sampaikan. Dan juga hanya itulah cara membuat keripik wortel yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua kurang lebihnya mohon maaf sampai berjumpa lagi di lain kesempatan sekian dan terimakasih.
× Whatsapp Kami!