Cara Membuat Keripik Sukun Aneka Rasa Lengkap Dengan Rahasianya

Cara Membuat Keripik Sukun Aneka Rasa Lengkap Dengan Rahasianya

Cara Membuat Keripik Sukun Aneka Rasa Lengkap Dengan Rahasianya

Cara Membuat Keripik Sukun – Cilacap adalah kota wisata yang banyak sekali buah tangan atau oleh-oleh khas wilayah sana yang wajib kamu coba. Salah satu oleh-oleh khas Cilacap ialah keripik dan stik sukun khas Cilacap. Keripik sukun berbentuk tipis sedangkan stik sukun berbentuk panjang persegi. Keduanya diolah dengan cara digoreng. Rasa dari stik dan keripik Sukun sangat  gurih dengan tekstur yang renyah. Anda tidak perlu susah-susah untuk menemukan toko atau warung yang menjual oleh-oleh stik dan keripik sukun di Cilacap. Karena kedua jenis makanan ini dapat ditemukan dengan gampang baik itu di toko oleh-oleh maupun di warung-warung dipinggir jalan.

Cara Membuat Keripik Sukun Aneka Rasa Lengkap Dengan Rahasianya

Cara Membuat Keripik Sukun – Cilacap selain kaya akan hasil lautnya, kota ini  juga mempunyai produk unggulan dibidang pertanian yaitu sukun. Buah sukun terkenal sampai ke luar negeri sampai-sampai Ratu Inggris pernah menyebutnya sebagai buah roti. Buah sukun pada dasarnya sudah enak dan gurih, rasa buah ini seperti roti tawar, tetapi lebih enak lagi bila diolah.

Cara Membuat Keripik Sukun – Berdasarkan data yang dihimpun, produksi buah sukun bisa mencapai 50-150 buah per pohonnya. Berat buah sukun rata-rata 2 hingga 4 kg dengan harga eceran berkisar antara Rp 2.500 hingga Rp 3.500 per buah tergantung besarnya ukuran. Musim panen sukun biasanya dua kali setahun antara bulan Januari – februari dan Juli – September. Ini menjadi peluang tersendiri bagi para petani untuk membudidayakan buah ini secara intensif. Saat ini sukun di Cilacap umumnya merupakan tanaman sampingan atau digunakan buat penghalang angin belum banyak dibudidayakan secara intensif.

Pada kesempatan kali ini alatpresplastik akan membagikan resep dan cara membuat keripik sukun beserta rahasia pembuatannya. Langsung saja dibawah ini adalah bahan bahan yang harus disiapkan untuk membuat keripik sukun.

 

Bahan Dan Cara Membuat Keripik Sukun

Bahan

  1. Buah Sukun sebanyak 2 buah.
  2. Minyak Goreng 2 liter.
  3. Kunir secukupnya.
  4. Garam secukupnya.
  5. Bawang Putih 3 siung.
  6. Air Bersih secukupnya.
  7. Air Kapur Sirih.

Cara Pembuatan:

  1. kupas kulit sukun hingga bersih.
  2. Iris tipis sukun membentuk stick.
  3. Rendam irisan sukun kedalam air kapur sirih selama kurang lebih 15-20 Menit.
  4. Bila sudah selesai, bilas irisan sukun dengan air mengalir hingga bersih
  5. Haluskan Bumbu : Kunir, garam, bawang putih. tambahkan air sebanyak 1 Lt atau sesuai kebutuhan.
  6. Rendam irisan sukun tadi kedalam bumbu sampai meresap.
  7. Goreng sukun tadi kedalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Minyak harus benar-benar panas supaya hasilnya bisa garing dan renyah, dan dalam penggorengan diusahakan stick sukun terendam dalam minyak, jadi penggunaan minyak juga harus banyak.
  8. Angkat dan tiriskan hingga keripik sukun benar-benar dingin.
  9. taburkan bumbu tabur variant rasa seperti rasa balado dengan stick sukun yang sudah di dinginkan, lalu kocok hingga rata.
  10. stick sukun dengan taburan bumbu siap di sajikan dan kita nikmati.

 

Mengenal Sukun

Cara Membuat Keripik Sukun – Pohon sukun pada lazimnya mempunyai batang besar dan lurus. Pohon sukun dapat mencapai tinggi sampai lebih dari 30 meter. Tapi di wilayah pedesaan tingginya seringkali hanya menjangkau belasan meter saja. Sekarang dengan adanya perbanyakan klon didapatkan pohon yang berbelah rendah dan pendek, batang yang besar berukuran 8 meter, dan akar papan yang rendah memanjang.

Tumbuhan ini berdaun besar  bersusun berselang – seling  dengan lebar daun 20-40 x 20-60 cm, format tulang daun menyirip, berwarna hijau tua yang mengkilap di unsur atas, serta kasar dan berbulu halus di unsur bawah. Bertajuk renggang, ada kuncup yang tertutupi daun penumpu besar berbentuk kerucut. Tanaman ini mempunyai cabang mendatar dan pada seluruh bagian pohonnya bisa menguarkan getah berwarna putih bilamana tergores atau dilukai.

Buah sukun adalah*buah yang tidak memiliki biji dan di sejumlah wilayah kepulauan wilayah tropic, khususnya di Asia Tenggara tergolong bahan pangan urgen sebagai sumber karbohidrat. Sukun dapat diolah utuh atau dipotong – potong kemudian digoreng, dibakar, disangrai ataupun direbus. Sukun yang telah kita olah tadi bisa diiris-iris kecil lantas kita keringkan ke dalam perapian ataupun di bawah sinar matahari langsung, sehingga tahan lama dan tahan lama.

Di wilayah pulau pasifik saat keunggulan panen buah sukun bakal difermentasi dengan teknik dibiarkan beberapa minggu di dalam lubang tanah, sehingga didapatkan seperti pasta yang serupa dengan keju yang bergizi, awet, duratif dan dapat diubah menjadi panganan semacam kue panggang. Buah sukun bisa pula dijadikan keripik dengan diiris tipis – tipis kemudian digoreng.

 

Kandungan Nutrisi Buah Sukun

Nilai gizi buah ini termasuk cukup tinggi. Berikut kumpulan nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam sukun.

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat
  • Lemak
  • Niacin
  • Folates
  • Pyridoxine
  • Thiamin
  • Vitamin C
  • Riboflavin
  • Vitamin E
  • Sodium
  • Vitamin K
  • Kalsium
  • Kalium
  • Vitamin A
  • Tembaga
  • Magnesium
  • Besi
  • Mangan
  • Selenium
  • Fosfor
  • Seng
  • Karoten-ß-
  • Lutein-zeaxanthin
  • Crypto-xanthin-ß

 

Manfaat Buah Sukun

Cara Membuat Keripik Sukun – Banyaknya kandungan gizi tersebut menciptakan sukun menyimpan sekian banyak khasiat atau manfaat untuk kesehatan dan pun membantu mengatasi sejumlah jenis penyakit. Inilah guna sukun untuk kesehatan.

  1. Kaya kandungan serat

Bagi semua pengidap diabetes buah sukun paling bemanfaat sebab kandungan seratnya yang dapat meminimalisir penyerapan gula oleh tubuh. Berdasarkan keterangan dari penelitian menunjukan bahwa bila anda mengkonsumsi buah sukun secara teratur dapat meminimalisir resiko diabetes dan kadar gula dalam darah bisa terkontrol.

  1. Kenyang lebih lama

Buah sukun tidak jarang dijadikan makanan pengganti nasi pada ketika seseorang menjalani diet sebab buah ini tanpa menambah asupan kalori dapat menyerahkan rasa kenyang yang tahan lama. Sehingga seseorang merasa aktif dan bersemangat saat mengkonsumsinya.

  1. Sumber omega 6 dan omega 3

Berdasarkan keterangan dari para berpengalaman bahwa memakan buah sukun dapat menolong anak yang sedang tumbuh dalam pertumbuhan* dan menolong pertumbuhan benak besar mereka sebab kandungan asam lemak omega 3 di dalam buah sukun. Ditambah lagi adanya sepasang asam lemak esensial ini pun baik guna kesehatan jantung.

  1. Obat sulit buang air besar

Kadar serat yang tinggi pada buah sukun bisa berperan dalam melancarkan buang air besar dengan teknik rutin mengkonsumsinya. Selain tersebut juga dapat menerbitkan racun dari usus.

  1. Makanan diet

Untuk orang yang menderita obesitas, buah sukun adalah pilihan yang tepat. Mempunyai jumlah serat yang tinggi dan lebih tidak banyak kalori paling ideal guna dimasukan ke dalam susunan menu diet Anda.

  1. Bagus guna kecantikan

Adanya kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah sukun paling bagus untuk keelokan kulit.  Selain tersebut buah sukun pun kaya dengan kandungan  vitamin C yang pun bagus guna kesehatan kulit.

  1. Sumber Antioksidan

Mengkonsumsi buah sukun secara tertata akan menciptakan kulit sehat baik luar maupun dalam. Berdasarkan keterangan dari  penelitian teranyar ditemukan antioksidan dalam buah sukun yang baik untuk menangkal terjadinya infeksi kulit. Dengan memakan buah sukun secara lumrah seseorang bakal mendapatkan kulit yang halus dan bersinar.

  1. Sumber vitamin dan mineral guna rambut

Adanya kandungan asam lemak omega 6 pada buah sukun paling bermanfaat untuk kesehatan folikel rambut. Hasil yang diperoleh rambut tidak gampang rontok, sehat dan menguatkan akar rambut serta menangkal kebotakan. Malahan guna buah sukun dapat mengusir munculnya ketombe pada rambut.

 

By | 2018-04-17T21:01:55+00:00 April 14th, 2018|Artikel|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Membuat Keripik Sukun Aneka Rasa Lengkap Dengan Rahasianya