Menarik nih ! Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat Tanpa Ribet

Menarik nih ! Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat Tanpa Ribet

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat

Mendengar kata pisang tentunya sudah tidak asing lagi kita dengar. Siapa sih yang tidak tahu buah pisang?Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae.

Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir.

Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Belut

KANDUNGAN GIZI PISANG

  • ENERGI 

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat – Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Selain itu juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Karbohidrat pada pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi.

Kandungan energi pisang merupakan energi instan yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.

Gula pisang merupakan gula buah, yaitu terdiri dari fruktosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik sebagai penyimpan energi karena sedikit lebih lambat dimetabolisme. Sehabis bekerja keras atau berpikir, selalu timbul rasa kantuk. Keadaan ini merupakan tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun.

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat

Untuk melakukan aktivitasnya, otak memerlukan energi berupa glukosa. Karena glukosa sangat vital bagi otak untuk dapat berfungsi dengan baik, antara lain diekspresikan dalam kemampuan daya ingat. Glukosa tersebut terutama diperoleh dari sirkulasi darah otak karena glikogen sebagai cadangan glukosa sangat terbatas keberadaannya.

Glukosa darah terutama didapat dari asupan makanan sumber karbohidrat. Pisang adalah alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat atau jeda, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis.

Namun, kandungan protein dan lemak pisang ternyata kurang bagus dan sangat rendah, yaitu hanya 2,3 persen dan 0,13 persen. Meski demikian, kandungan lemak dan protein pisang masih lebih tinggi dari apel yang hanya 0,3 persen. Karena itu, tidak perlu takut kegemukan walau mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak.

  • Mineral

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat – Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh. Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan apel yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.

Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak.

Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.

Baca Juga : Resep Membuat Keripik Talas Tanpa Ribet

MANFAAT PISANG

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat – Manfaat pisang sudah tidak diragukan lagi, ini sebabnya pohon pisang menjadi salah satu tanaman yang menjadi primadona di Indonesia. Hampir di setiap pelosok daerah, terdapat berbagai macam pisang. Bahkan disetiap kebun-kebun terdapat setidaknya ada 1 buah pohon pisang. Buah yang satu ini memang multi guna, berbagai jenis makanan menggunakan buah pisang sebagai bahan dasar ataupun pendampingnya.

Manfaat kesehatan yang mungkin didapatkan dari mengkonsumsi pisang termasuk menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah dan  meningkatkan kesehatan jantung. Rincian gizi pisang ukuran sedang (sekitar 126 gram) dianggap satu porsi. Satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Berikut beberapa manfaat pisang untuk kesehatan.

  • Melancarkan peredaran darah

Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium mebantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

  • Membantu pencernaan pada usus

Serat yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup konsumsi saja buah pisang. Mencampur pisang dengan segelas susu, membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seprti terjadiya gejala kanker usus besar.

Pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pisang.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat pisang membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea.

Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.

Wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, dan pria membutuhkan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.

  • Menormalkan Fungsi Jantung.

Mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus.

Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.

  • Pisang Mampu Menyehatkan Otak

Pisang sebagai sarapan di kalangan negara maju menjadi salah satu pilihan terbaik. Campurkan potongan pisang pada sereal, memberikan sumber kalori yang cukup untuk mengawali aktivitas. sebuah penelitian yang diikuti 200 pelajar, membuktikan bahwa konsentrasi belajar mereka meningkat sejak menjadikan menu pisang pada sarapan.

Kandungan kalium pada pisang, memberikan stimulun pada otak. Pada bayi yang baru memulai memakan makanan padat, pisang menjadi pilihan yang baik karena bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.

  • Pisang Baik Bagi Ibu Hamil

Seorang ibu hamil memerlukan konsumsi yang baik untuk dirinya dan janin yang dikandung. Asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-100 kalori terkandung dalam pisang, hal ini penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin. Selain itu pisang dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula darah tetap stabil pada ibu hamil. 

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, kandungan buah pisang yang kaya nutrisi ini, juga memberikan manfaat sebagai media pengobatan seperti berikut ini :

  • Anemia, Kandungan FE ( zat besi)  menjadikan buah ini baik dikonsumsi untuk penderita kurang darah. Konsumsi 2 buah pisang perhari.
  • Asma, Sebuah studi yang dilakukan oleh Imperial College London menemukan bahwa anak-anak yang makan hanya satu buah pisang per hari memiliki peluang 34% lebih kecil untuk mengalami asma.
  • Liver, Buah pisang yang dicampur dengan madu, memberikan stimulan untuk nafsu makan bagi penderita lever.
  • Diabetes, Penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat.
  • Diare, Jenis makanan seperti saus apel dan pisang, direkomendasikan untuk perawatan diare. Elektrolit seperti kalium, akan hilang dalam jumlah besar selama masa diare, sehingga dapat membuat penderita yang terkena dampak merasa lemah.
Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat

Itulah sedikit ulasan mengenai pisang dan manfaatnya. Nah, Sekarang saatnya kita membahas tentang olahan makanan olahan makanan dari pisang yang menjadi fokus utama kita. yaitu Cara Membuat Keripik Pesang Cokelat.

Keripik pisang cokelat adalah camilan yang dibuat dari bahan dasar pisang yang di iris tipis – tipis, kemudian digoreng hingga garing lalu dibumbui dengan coklat bubuk sebagai penyedap rasanya. Keripik pisang juga dikenal sebagai cemilan populer di kalangan masyarakat indonesia. Cara membuatnya juga sangat praktis dan simpel, agar tidak penasaran silahkan anda simak resepnya berikut ini :

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Tahu Sederhana

CARA MEMBUAT KERIPIK PISANG COKELAT

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat

Bahan yang dibutuhkan :

  1. 1 kg pisang mengkal
  2. 30 gr coklat bubuk
  3. 50 gr gula halus
  4. 30 gr tepung maizena, sangrai
  5. Garam secukupnya
  6. kapur sirih secukupnya
  7. Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat :

  1. Kupas pisang, kemudian rendam dalam air yang telah diberi garam selama 1 jam
  2. Kemudian, iris pisang tipis-tipis dan rendam kembali kedalam air garam sebentar
  3. Pindahkan irisan pisang ke dalam air yang telah dberi kapur sirih dan diamkan selama 30 menit.
  4. Setelah 30 menit, pindahkan irisan pisang ke dalam air garam. Biarkan sambil menunggu minyak panas
  5. Panaskan minyak dan goreng keripik pisang dengan menggunakan api sedang sampai matang kecoklatan
  6. Angkat dari dalam minyak dan tiriskan, biarkan hingga dingin.
  7. Campur tepung maizena yang telah disangrai dengan coklat bubuk dan gula halus, aduk sampai rata
  8. Masukkan lapisan coklat kedalam tempat tertutup, kemudian masukkan keripik pisang yang telah dingin, kocok-kocok sampai tercampur rata dan lapisan coklat menutupi semua permukaan keripik pisang
  9. Simpan keripik pisang coklat ke dalam wadah yang tertutup rapat supaya tidak mudah melempem

Keterangan:

Irisan pisang direndam bergantian di dalam air garam dan air kapur sirih supaya pisang tidak berubah warna mejadi kehitaman dan rasa keripik yang dihasilkan nanti lebih renyah

 

PELUANG BISNIS KERIPIK PISANG COKELAT

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat – Keripik pisang coklat menjadi camilan yang akan disukai oleh banyak kalangan, cemilan satu ini berbeda dengan keripik pisang pada umumnya karena keripik pisang ini memiliki taburan coklat yang membuat rasanya semakin nikmat. Keripik pisang ternyata bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis varian rasa, jika bosan dengan keripik pisang original maka bisa mengubahnya dengan membuatnya menjadi keripik pisang coklat.

Cemilan ini begitu digemari oleh siapa pun, sehingga membuat peluang bisnis keripik pisang coklat begitu menguntungkan untuk dicoba. Bisnis camilan keripik pisang coklat bisa laris manis dipasaran lantaran banyak yang suka dengan camilan ini. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa bisa mengkonsumsi keripik pisang coklat sebagai camilan di rumah yang enak.

Apalagi harga keripik pisang coklat cukup terjangkau dan bisa dibeli oleh siapa pun. Tertarik mencoba menjalankan bisnis ini? Silahkan  saja karena peluangnya masih terbuka untuk siapa pun yang tertarik. Supaya dalam menjalankan bisnis keripik pisang coklat dapat berjalan dengan baik maka silahkan simak beberapa hal penting yang dibutuhkan saat menjalankan bisnis keripik pisang coklat dibawah ini :

Baca Juga : CARA MEMBUAT KERIPIK BAWANG SELEDRI

  • Bahan Baku Keripik Pisang Coklat

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat – Jika membuka bisnis keripik pisang coklat maka terdapat beberapa bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan rasa keripik pisang coklat yang nikmat. Bahan – bahan yang dibutuhkan ini seperti pisang mengkal, gula halus, coklat bubuk, garam, tepung maizena, minyak serta air kapur sirih. Supaya bisa menghasilkan rasa yang maksimal maka persiapkan bahan berkualitas dan masih segar.

  • Perlengkapan Bisnis Keripik Pisang Coklat

Bisnis keripik pisang coklat ini membutuhkan perlengkapan yang memadai dan lengkap supaya bisa lancar dan memproduksinya. Perlengkapan usaha untuk keripik pisang coklat ini seperti etalase dengan ukuran sedang maupun besar sesuai kebutuhan untuk digunakan sebagai tempat menyimpan atau memajang produk.

Selain etalase diperlukan juga peralatan memasak untuk mengolah pisang coklat seperti pisau, talenan, wadah, perajang pisang, wajan, spatula, peniris minyak dan sebagainya. Supaya bisa menghasilkan produk berkualitas maka sediakan peralatan bisnis yang higienis dan mudah dibersihkan.

  • Tempat Bisnis Keripik Pisang Coklat

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat – Terdapat banyak sekali aneka pilihan tempat usaha yang bisa dijadilkan lokasi untuk menjajakan produk keripik pisang coklat. Tempat tersebut seperti di pasar, pinggir jalan ramai, kawasan sekolahan dan kampus. Anda pun bisa menjajakannya disekitar terminal, stasiun, perkantoran, dan sebagainya. Pilihlah lokasi usaha yang sering dilewati oleh masyarakat selain itu lokasi usaha dapat dilihat dari segala penjuru.

Tempat bisnis yang dibutuhkan ialah mudah dijangkau oleh orang banyak supaya produk dikenal masyarakat. Pilih lokasi usaha yang tidak terhalang oleh kios penjual lainnya atau warung lainnya. Pilih lokasi strategis dan jangan sampai salah tempat memilih lokasi usaha yang sepi.

  • Karyawan Keripik Pisang Coklat

Saat membuka usaha keripik pisang coklat ini Anda membutuhkan bantuan karyawan karena pembuatan keripik pisang coklat yang memakan waktu mulai dari proses pengupasan kulit pisang, perajangan pisang, penggorengan serta pencampuran bumbu.

Oleh karena itu agar bisnis bisa berjalan dengan baik Anda perlu merekrut beberapa karyawan untuk membantu proses produksi. Karyawan yang Anda rekrut ini bisa digaji sekitar Rp. 750.000 hingga Rp. 800.000 per bulannya.

  • Promosi Keripik Pisang Coklat

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat – Proses promosi pada usaha keripik pisang coklat ini dapat dikerjakan dengan cara yang mudah, yaitu dengan membuat spanduk atau brosur. Spanduk bisa dipasang di depan lokasi usaha, sedangkan brosur bisa disebarkan keberbagai tempat supaya usaha dikenal banyak orang.

Anda bisa memanfaatkan media social untuk mempromosikan produk keripik pisang coklat ini karena media social saat ini sudah semakin canggih dan banyak aplikasi yang membantu. Sehingga pemasaran akan semakin mudah dan meluas.

Jika ingin produk diterima oleh masyarakat maka jangan lupa untuk mengemas keripik pisang coklat dengan maksimal, mulai dari menggunakan plastik tebal, label produksi, nama produk, ijin BPOM dan sebagainya.

  • Harga Keripik Pisang Coklat

Harga yang bisa dibanderol untuk keripik pisang coklat ini sangat bervariasi karena memang kemasan yang berbeda – beda. Anda bisa menjual keripik pisang coklat ini dalam beberapa kemasan dengan berat yang berbeda – beda. Harga pada setiap kemasan keripik pisang coklat ini bisa dihargai sekitar Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 20.000 tergantung kemasan yang diberikan.

  • Resiko Bisnis Keripik Pisang Coklat

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat – Terdapat beberapa kendala atau resiko jika menjalankan bisnis keripik pisang coklat. Misalnya saja produk keripik pisang coklat ini sudah banyak digeluti para pengusaha oleh karena itu jika ingin bersaing perlu kerja keras dan kesabaran. Anda bisa membuat kemasan yang unik untuk produk keripik pisang coklat ini, selain itu memberikan berbagai jenis pilihan rasa.

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Ubi

Demikian informasi tentang Cara Membuat Keripik Cokelat yang bisa kami berikan untuk anda, semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang ingin belajar membuat keripik cokelat enak, renyah dan gurih tentunya.

Selamat mencoba.

By | 2017-11-26T15:29:19+00:00 November 16th, 2017|Artikel|Comments Off on Menarik nih ! Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat Tanpa Ribet