Cara Memuat Keripik Buah Naga Dengan Mudah Dan Renyah

Cara Membuat Keripik Buah NagaBuah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Cara Membuat Keripik Buah Naga Yang RenyahCara Membuat Keripik Buah Naga – Resep Keripik Buah Naga Crispy Renyah Sederhana Spesial Asli Enak. Buah naga berasal dari daratan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Walaupun begitu ternyata cocok dengan alam di Indonesia di beberapa daerah tumbuh subur dan buahnya besar, seperti di Banyuwangi tumbuh dengan baik.

Buah ini diberi nama naga karena bentuk kulit dan warnanya diibaratkan menyerupai kulit binatang mitos naga yang oleh beberapa masyarakat Asia dianggap membawa berkah dan keberuntungan. Tanaman buah naga diklasifikasikan menjadi beberapa jenis varietas berdasarkan warna buah yang dihasilkan diantaranya warna putih, warna merah, warna kuning, warna hitam dan warna ungu.

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Resep Keripik Buah Naga Crispy Renyah Sederhana Spesial Asli Enak. Buah naga berasal dari daratan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Walaupun begitu ternyata cocok dengan alam di Indonesia di beberapa daerah tumbuh subur dan buahnya besar, seperti di Banyuwangi tumbuh dengan baik.

Buah naga berwarna merah, putih, ungu, hitam, kuning, dan sebagainya dapat dibuat menjadi keripik yang renyah dan lezat begitu juga dengan kulitnya bisa dibuat keripik kulit buah naga yang gurih.

Berikut kumpulan aneka resepi keripik/kerupuk buah naga khas Melayu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara mudah bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka keripik buah.

 

Bahan Dan Cara Membuat Keripik Buah Naga

Bahan :

  1. Buah naga sebanyak 10kg
  2. minyak goreng sebanyak 3 lt
  3. gula pasir sebanyak 350 gram
  4. garam halus sebanyak 100 gram
  5. kapur sirih sebanyak 200 gram
  6. Air bersih secukupnya

 

Cara Membuat Keripik Buah Naga Crispy :

  1. Siapkan buah naga, ambil dagingnya saja dan pisahkan dari kulitnya. Kulitnya jangan dibuang karena bisa diolah menjadi makanan juga, misalnya dibuat masakan tumis kulit buah naga yang tak kalah lezat dan bisa juga dijadikan keripik kulit buah naga.
  2. Potong daging buah naga dengan ukuran sedang, jika terlalu tipis akan hancur.
  3. Campurkan kapur sirih dengan air secukup nya, aduk hingga merata.
  4. Masukkan potongan buah naga ke dalam air kapur sirih dan tunggu selama 3 jam agar keripik menjadi renyah.
  5. Setelah 3 jam, potongan buah naga dicuci dengan air bersih dan tiris, kemudian keringkan hingga benar-benar kering.
  6. Potongan buah naga yang sudah kering dimasukkan ke dalam mesin vacuum frying yang telah di isi minyak sebelumnya.
  7. Tunggulah hingga minyak yang dimasukkan ke dalam mesin tersebut tidak berbuih, itulah tanda bahwa keripik buah naga sudah matang.
  8. Keripik atau kerupuk yang sudah matang diangkat dan ditiris dengan mesin peniris minyak.
  9. Rebus gula pasir dan garam di dalam air mendidih secukupnya, aduk terus larutan tersebut hingga merata dan larut.
  10. Masukkan buah naga ke dalam rebusan gula tersebut dan aduk hingga merata.
  11. Tunggu hingga keripik buah naga dingin.
  12. Keripik buah naga sudah siap dipacking ataupun dikonsumsi langsung.

 

Manfaat Buah Naga

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Buah naga bisa dimanfaatkan buah dan maupun kulitnya, sudah banyak aneka olahan dan variasi masakan dari kulinya, seperti oseng, cah, tumis kulit buah naga dengan campuran sayur-sayuran dan bahan-bahan lainnya.

Buah naga juga dapat dimakan langsung, dijadikan campuran es buah, puding buah naga, cake, kue, dibuat kerupuk, dan sebagainnya. Ada banyak sekali manfaat dari buah naga, berikut ini adalah manfaat dari buah naga.

  1. Membantu mengurangi berat badan

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Mengisi perut dengan makanan kaya akan serat serta rendah kalori yakni buah naga ini akan membuat perut Anda terus merasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambahnya berat badan. Selan itu buah naga juga akan membuat pencernaan semakin lancar karena buah ini mengandung cukup banyak air pada daging buah maupun kulitnya.

  1. Camilan sehat bagi Anda yang sedang berdiet

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Sama halnya dengan poin pertama, bagi Anda yang sedang berdiet baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk menjaga berat badan ideal Anda, maka tidak salah jika Anda memanfaatkan manfaat buah naga untuk diet. Mengkonsumsi buah naga secara teratur akan membuat perut Anda terus merasa kenyang tanpa takut berat badan tubuh akan naik.

  1. Membantu proses detoksifikasi

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Sebagai sumber kaya akan antioksidan, buah naga juga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh sehingga proses detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh) akan berjalan lancar.

  1. Mampu mencegah kanker

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Sama seperti buah yang berwarna merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene yang bertugas bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga. Buah naga juga telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor,  vitamin C , B2,dan kandungan vitamin lainnya. Buah naga juga membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menimbulkan penyakit kanker.

  1. Mampu mencegah diabetes

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Sifat antioksidannya ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Buah naga juga aman bagi penderita diabetes, karena buah naga memiliki kadar gula yang sangat rendah.

  1. Mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Didalam buah naga terkandung zat Lycopene yang berfungsi sebagai pencegah kanker. Serangan jantung dan tekanan darah tinggi juga bisa dicegah dengan buah naga. Karena kandungan dari biji buah naga kaya akan lemak omega 3 dan 6 yang berguna untuk membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Buah naga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena buah naga mengandung banya sekali nutrisi dan gizi. Selain itu, dengan rajin mengkonsumsi buah naga, maka proses penyembuhan baik luka luar maupun luka luar akan semakin cepat pula.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Jika rutin mengkonsumsi buah naga terutama pada anak-anak, kandungan vitamin B1 dan B2 yang terdapat pada buah naga akan membuat nafsu makan pada anak-anak menjadi meningkat. Manfaat dari buah naga memang bertolak belakang dengan anda yang sedang melakukan diet, namun bagi anda yang sedang diet, anda cukup mengganti makanan sehari-hari dengan buah naga. Disamping buah ini mengenyangkan, buah naga juga tidak membuat tubuh melar.

  1. Membantu masalah pencernaan

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Buah naga juga bisa membantu anda yang sedang membersihkan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada buah naga membantu membersihkan pencernaan dan mengobati sembelit. Selain kandungan seratnya yang tinggi, ternyata buah naga juga tinggi akan protein yang dapat membuat badan anda sehat dan segar.

  1. Menunda penuaan dini

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Buah naga juga dapat memperlambat penuaan dini, karena buah naga kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi membuat kulit tetap kencang dan bergenerasi dengan baik.

  1. Membantu meringankan batuk dan asma

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Biji buah naga juga dapat meringankan gangguan respirasi bagi anda yang menderita penyakit asma atau sedang sakit batuk yang tak kunjung henti. Karena biji dari buah naga kaya akan kandungan lemak omega 3 dan 6, maka cocok sekali bagi anda yang mempunyai gangguan respirasi.

  1. Membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang serta melancarkan peredaran darah

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Kalsium yang ada dalam buah naga akan menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Dan juga zat besi serta fosfor akan membantu melancarkan peredaran darah dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh.

 

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Menurut beberapa penelitian bahwa buah naga yang memiliki pigmen atau warna pada buahnya ditemukan memiliki khasiat yang lebih dibandingkan dengan buah naga yang berwarna putih.

Di Indonesia buah naga cukup populer walaupun para petaninya masih belum begitu banyak jumlahnya. Buah naga ternyata banyak juga khasiatnya untuk ibu hamil, berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil yang belum banyak orang tahu!

  1. Menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Untuk anda yang sedang hamil, mengkonsumsi buah naga sangat membantu untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah sehingga dapat mencegah komplikasi kehamilan. Karena tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

  1. Mampu mencegah dan mengatasi kurang darah (anemia)

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Buah naga juga dapat mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia. Dengan mengkonsumsi buah naga, dapat mencegah anemia, sebab buah naga kaya akan zat besi sebagai penyusun utama sel darah merah.

  1. Mampu meningkatkan kekebalan tubuh

Buah naga mengandung vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah naga maka dapat mencegah serangan dari berbagai macam penyakit.

  1. Menambah tenaga dan kekuatan

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Ibu yang sedang hamil membutuhkan lebih banyak energi (tenaga) dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Karena harus berbagi nutrisi dengan janin yang dikandungnya.

Buah naga sangat bermanfaat untuk ibu hamil sebab, dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 – 14 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai suplemen energi yang alami. Ibu hamil yang mengonsumsi buah naga akan mendapatkan tambahan tenaga dan kekuatan.

  1. Mencegah keguguran dan kelahiran prematur

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Manfaat dari Asam folat bermanfaat untuk memperkuat janin, mencegah keguguran dan kelahiran prematur. Ternyata buah naga kaya akan manfaat tersebut, tentunya buah naga ini sangat baik untuk ibu hamil.

  1. Memperkuat tulang dan gigi

Cara Membuat Keripik Buah Naga –  Menurut beberapa penelitian, banyak kandungan mineral yang terdapat pada daging buah naga. Kandungan tersebut diantaranya ada kalsium, magnesium, dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi.

  1. Memperbaiki pencernaan

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Manfaat buah naga untuk ibu hamil mampu untuk memperbaiki pencernaan. Ibu hamil mudah mengalami sembelit atau susah buang air besar, karena pengaruh hormonal dan desakan janin dalam perut. Buah naga adalah buah yang kaya akan serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

  1. Membantu perkembangan dan pertumbuhan janin

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang juga amat penting adalah membantu perkembangan janin. Sehingga bayi dapat lahir dengan keadaan normal dan sehat.

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Kentang Dengan Bahan Seadanya

Manfaat Kulit Buah Naga

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Buah naga tidak daging buahnya saja yang memiliki khasiat, ternyata bagian kulitnya juga memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat dari kulit buah naga.

  1. Melenturkan pembuluh darah

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini mendapatkan hasil bahwa ternyata di dalam kulit buah naga mengandung senyawa yang mampu melenturkan pembuluh darah. Dengan adanya senyawa ini maka berbagai permasalahan kesehatan yang berkaitan dengan kekakuan pembuluh darah bisa segera di atasi.

Senyawa aktif yang mampu melenturkan pembuluh darah ini antara lain adalah taraxast 12, pentacylic triyepene 20ene 30aol. Kedua senyawa ini mampu membuat pembuluh darah menjadi lentur dan tetap sehat.

Sampai saat ini hanya ada obat kimia saja yang mampu melakukan tugas ini dan ini merupakan salah satu terobosan terbaru dari dunia kesehatan dan bisa digunakan sebagai obat alami bagi masalah pembuluh darah yang mengalami penyempitan.

  1. Mengobati tumor

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Manfaat lainnya yang ada di dalam kulit buah naga adalah dapat mengobati tumor. Di dalam kulit buah naga ternyata mengandung senyawa yang memiliki peran aktif untuk menghambat pertumbuhan sel abnormal yang kemudian bisa menjadi tumor.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari kulit buah naga ini, anda bisa menjadikannya sebagai minuman herbal. Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu dengan memotong kulit buah naga menjadi kecil dan kemudian jemur hingga kering di bawah sinar matahari langsung.

Setelah kering anda bisa menyeduhnya seperti menyeduh teh biasanya. Untuk hasil maksimal anda bisa mengonsumsinya sebanyak 2 kali sehari.

  1. Mendeteksi adanya boraks dan formalin

Cara Membuat Keripik Buah Naga –  Keberadaan boraks dan formalin di dalam makanan akhir-akhir ini menjadi sebuah hal yang menghawatirkan di dalam masyarakat. ulah sejumlah pedagang nakal yang ingin meraup banyak keuntungan dengan menambahkan boraks dan formalin supaya dagangannya menjadi laku tidak bisa ditolerir lagi.

Jika tubuh menelan boraks dan formalin dalam jangka panjang akan membuat tubuh mengalami banyak gangguan kesehatan yang fatal seperti kanker, tumor, kerusakan otak dan lainnya.

Bagaimana cara menggunkan kulit buah naga ini menjadi alat deteksi adanya boraks dan formalin di dalam makanan? Caranya cukup mudah anda hanya perlu menyiapkan kulit buah naga yang telah dipotong dan kemudian rendam di dalam air tawar yang telah diberikan perasan air jeruk nipis. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga air menjadi berubah warna ke merah.

Setelah itu anda siapkanlah tisu dan celupkan pada air rendaman kulit buah naga tadi. Tempelkan tisu yang berwarna merah pada makanan yang hendak diuji, jika tisu tidak berubah warnanya dan tetap merah maka makanan tersebut mengandung boraks atau formalin namun jika warna tisu berubah memudar dan menjadi puith kembali maka makanan aman untuk dimakan karena tidak mengandung boraks dan formalin.

  1. Mencegah kanker

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Kulit buah naga juga bisa menjadi obat herbal untuk pengobatan berbagai jenis penyakit kanker. Penyakit kanker termasuk penyakit yang sangat mematikan di dunia dan anda bisa menghindarinya dengan obat herbal yang terbuat dari kulit buah naga ini.

jika anda sedang dalam masa pengobatan kanker, akan lebih baik anda mengonsumsi obat herbal dari kulit buah naga ini bersama dengan obat farmologi lainnya.

  1. Merawat kulit

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Manfaat lainnya yang ada di dalam kulit buah naga adalah mampu merawat kulit. Di dalam kulit buah naga mengandung antioksidan, vitamin C dan vitamin E cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang membuat kulit menjadi kusam, kering dan sakit.

Untuk anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan maka mengonsumsi teh dari kulit buah naga ini sangatlah cocok untuk melindungi kulit anda dari segala permasalan dan sinar matahari yang berbahaya. Anda juga bisa membuat kulit buah naga ini menjadi masker wajah alami yang baik untuk kulit.

Cara membuat masker dari kulit buah naga ini cukup mudah yaitu dengan memisahkan bagi kulit yang agak halus dengan yang kasar di bagian luar. Yang digunakan adalah kulit halus dibagian dalam saja. setelah siap kemudian haluskan dengan cara ditumbuk manual atau dengan menggunakan bantuan blender.

Setelah itu oleskan di wajah secara merata sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal. Dengan menggunakan masker dari kulit buah naga ini akan membuat wajah terbebas dari berbagai permasalahan wajah seperti jerawat, komedo dan keriput.

  1. Melembabkan kulit

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Salah satu permasalahan yang banyak dialami oleh orang pada kulitnya adalah masalah kulit kering. Kulit kering biasanya dialami oleh mereka yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung.

Kulit kering akan membuat penampilan anda menjadi kurang menarik, terlihat kusam dan bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan kulit lainnya. oleh karena itu anda bisa menggunakan obat herbal dari kulit buah naga untuk mencegah kulit kering dan membuatnya terus lembab sehingga kulit anda akan menjadi lebih sehat.

 

Mengolah Kulit Buah Naga

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Setelah anda mengetahui apa saja manfaat dari kulit buah naga ini mungkin anda akan semakin yakin untuk menggunakan obat herbal dari kulit buah naga ini. Namun mungkin anda juga masih bingung bagaimana caranya untuk mengonsumsi kulit buah naga dan seperti apa pengolahannya supaya bisa dimakan. Berikut ini adalah beberapa aneka olahan dari kulit buah naga yang bisa anda buat.

  1. Teh kulit buah naga

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Untuk menjadikannya sebagai obat herbal bagi beberapa penyakit maka anda bisa mengolahnya menjadi teh kulit buah naga. Cara membuatnya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan kulit buah naga yang telah dipotong kecil-kecil membantuk dadu.

Setelah itu anda jemur kulit buah naga tadi di bawah sinar matahari langsung sampai kulit buah naga kering benar. Seberapa kering kulit buah naga sebenarnya akan tergantung pada cuaca. Setelah kering, anda bisa langsung menyedu kulit buah naga yang sudah siap dan cara menghidangkannya pun tidak jauh berbeda seperti teh pada umumnya.

Anda bisa menikmati teh kulit buah naga ini dengan camilan seperti roti, pudding atau makanan ringan lainnya yang sehat. dengan ini anda akan mendapatkan manfaat yang ada di dalam kulit buah naga dengan cara yang enak dan nikmat.

  1. Tumis kulit buah naga

Cara Membuat Keripik Buah Naga – Anda mungkin asing dengan makanan yang satu ini, karena bahan dasarnya adalah kulit buah naga. Ternyata kulit buah naga juga bisa dijadikan tumis dengan rasa yang khas dan enak serta cocok dijadikan lauk teman makan anda yang nikmat. Bagaimana cara membuatnya.? Cukup mudah dan hampir seperti membuat tumis pada umumnya.

  • Pertama kali anda harus menyiapkan kulit buah naga yang telah dicuci bersih secukupnya
  • Potonglah kulit buah naga kecil-kecil sesuai dengan selera anda
  • Siapkan bumbu tumisan seperti bawang merah, bawang putih, garam, gula, cabai, kemiri, tomat dan jahe
  • Tumbuklah bumbu yang sudah disiapkan menjadi halus
  • Setelah itu masak bumbu tumisan dengan minyak yang tidak cukup banyak
  • Setelah bumbu harum selanjutnya anda masukan potongan kulit buah naga
  • Tumislah sampai matang

Tumisan ini bisa menjadi teman makan anda, selain rasanya yang enak juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan dan anda tidak akan rugi dengan manfaat ini.

 

Baca Juga Resep-Resep Masakan Nusantara Lainnya Hanya Disini