Cara Membuat Keripik Belut yang Gurih

Cara Membuat Keripik Belut yang Gurih

Cara Membuat Keripik Belut

Cara Membuat Keripik Belut

Cara Membuat Keripik Belut – Belut adalah jenis ikan konsumsi air tawar dengan bentuk tubuh bulat memanjang yang hanya memiliki sirip punggung dan tubuhnya licin. Belut suka memakan anak-anak ikan yang masih kecil. Biasanya hidup di sawah-sawah, di rawa-rawa/lumpur dan di kali-kali kecil. Di Indonesia sejak tahun 1979, belut mulai dikenal dan digemari, hingga saat ini belut banyak dibudidayakan dan menjadi salah satu komoditas ekspor.

Belut merupakan predator ganas di lingkungan rawa dan sawah. Makanannya ikan kecil, cacing, krustasea. Ia aktif di malam hari. Hewan ini dapat mengambil oksigen langsung dari udara dan mampu hidup berbulan-bulan tanpa air, asalkan lingkungannya tetap basah. Hewan ini bahkan mampu menyerap oksigen lewat kulitnya. Kebiasaaannya adalah bersarang di dalam lubang berlumpur dan menunggu mangsa yang lewat.

Walaupun berasal dari daerah tropika, belut sawah diketahui dapat bertahan hidup melewati musim dingin dengan suhu sangat rendah. Kombinasi sifat-sifat yang dimiliki belut membuatnya menjadi hewan yang dianggap berbahaya bagi lingkungan yang bukan habitatnya.

Ukuran maksimum adalah 1m, meskipun yang banyak dikonsumsi paling panjang 40 cm. Tidak memiliki sirip, kecuali sirip ekor yang memanjang. Bentuk tubuhnya menyerupai tabung dengan tubuh licin, tanpa sisik. Warna bervariasi, namun biasanya kecoklatan hingga kelabu.

Cara Membuat Keripik Belut – Belut merupakan hewan hermaprodit, dimasa muda merupakan belut betina dan bersarang di lubang untuk meletakkan telur-telurnya pada busa-busa di air yang dangkal. Jika telur menetas, keluarlah belut muda yang semuanya betina. Dalam usia lebih tua perkembangan berikutnya, akan menjadi belut jantan.

Belut sawah berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara barat. Belut sekarang bahkan dilaporkan telah menghuni rawa-rawa di Hawaii, Florida, dan Georgia di Amerika Serikat dan dianggap sebagai hewan invasif.

Daging belut kaya gizi. Tiap 100 gramnya mengandung komposisi protein 14 gram, lemak 27 gram, fosfor 200 mg, kalsium 20 mg, zat besi 20 mg, vitamin A, vitamin B, vitamin C, Air, Omega 3, Omega 6, Vitamin C, Asam Folat, Magnesium, Selenium, dan kalori sebanyak 303. Semua zat-zat tersebut sangat bagus untuk perkembangan dan kesehatan tubuh kita.

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Bawang Seledri

Manfaat Belut

  1. Memperkuat tulang – Untuk segala usia, konsumsi rutin daging ikan berbentuk gilig ini bagus untuk memperkuat tulang. Bahkan bisa memberikan cadangan kalsium di tubuh sehingga terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang. Khasiatnya tak kalah dengan jenis-jenis makanan dan minuman lainnya seperti susu, yoghurt, udang, bandeng, dll.
  2. Mencegah anemia – Ini berkat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Seperti kita ketahui bersama, zat besi merupakan penyusun utama senyawa kompleks hemoglobin sehingga pembentukan sel-sel darah bisa terus terjadi. Bagi kaum hawa tentu ini menjadi kabar baik karena setiap bulannya kedatangan tamu yang harus merelakan kehilangan banyak darah.
  3. Sebagai sumber energi – Kalori yang terdapat di dalam daging belut cukup tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi yang cukup untuk beraktifitas harian. Itulah mengapa harus dicermati saat mengkonsumsinya dengan nasi yang notabene juga sebagai sumber energi.
  4. Menjaga kesehatan mata – Ternyata belum mengandung vitamin A yang bisa langsung diserap oleh tubuh. Sama seperti halnya kita mengkonsumsi hati ayam yang juga kaya vitamin A. Berbeda dengan vitamin A yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan yang masih berbentuk beta karoten yang perlu diolah lebih lanjut.
  5. Mengaktifkan fungsi-fungsi jaringan syaraf – Kandungan omega 3 dalam daging cukup tinggi sehingga bagus untuk mengaktifkan berbagai fungsi jaringan syaraf. Sangat bagus dikonsumsi oleh anak-anak untuk perkembangan otaknya.
  6. Mendukung pembentukan protein – Khasiat daging belut mampu menambah protein dalam tubuh sebagai zat pembangun sehingga proses regenerasi sel-sel yang rusak bisa lebih cepat.
  7. Menormalkan tekanan darah – Walau belum ada penelitian ilmiah yang sahih, pengalaman orang-orang yang mengidap tekanan darah tinggi mampu diturunkan ke angka kisaran normal.
  8. Mendukung sistem reproduksi – Kabar gembira bagi kaum adam dan hawa yang ingin segera memperoleh momongan karena konsumsi daging sejenis ikan berbentuk gilig ini mendukung sistem reproduksi. Mampu menyuburkan rahim dan membuat sel-sel sperma sehat serta lincah.
    Cara Membuat Keripik Belut
  9. Mencegah stroke – Sudah lama diketahui, orang-orang yang rutin konsumsi ikan, organ jantung mereka lebih sehat. Termasuk juga konsumsi belut yang memang masuk jenis ikan.
  10. Menghambat pertumbuhan sel-sel kanker – Kandungan arginin dalam daging belut cukup tinggi. Arginin ini bermanfaat sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi kaum hawa untuk mengkonsumsinya.
  11. Mengaktifkan hormon-hormon dalam tubuh – Mengkonsumsi daging belut juga dapat digunakan untuk meningkatkan hormon hormon pada tubuh anda. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam daging belut sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga akan memperlancar metabolisme tubuh dan mengaktifkan hormon hormon di dalam tubuh. Dengan demikian kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan.
  12. Menurunkan resiko penyempitan pembuluh darah – Penyempitan pembuluh darah dapat diatasi dengan mengkonsumsi daging belut. Sebab di dalam daging belut terkandung vitamin C dan mineral yang di mana vitamin C dan mineral tersebut bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga menekan jumlah kolesterol jahat.
  13. Menurunkan resiko terkena pembekuan darah di otak – Pembekuan darah dalam otak dapat terjadi kapanpun dan pada siapapun. Untuk itu kita harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh kita. Kandungan zat besi yang terdapat di dalam daging belut dapat digunakan untuk membantu mencegah terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah kapiler di otak.
  14. Meningkatkan vitalitas pada kaum pria – Bagi pria yang mudah lelah atau capek, konsumsi daging belut bisa melenyapkan rasa lelah sekaligus menambah vitalitas.
  15. Mempermudah proses persalinan – Sebagian masyarakat masih mempercayai akan keampuhan belut dalam melancarkan proses persalinan. Caranya tinggal mengkonsumsinya menjadi aneka masakan.

Cara Membuat Keripik Belut

Itulah beberapa manfaat belut bagi kesehatan tubuh kita. Nah, sekarang kita akan membahas cara mengolah belut agar tidak amis. Apabila anda ingin memasak menu belut, lebih baik anda membeli belut yang masih hidup karena secara kualitas daging masih segar. Namun biasanya untuk membersihkan daging belut kita akan sedikit kesusahan karena daging belut mengandung lendir, ada 4 cara mengolah belut sebelum dimasak.

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Tahu Sederhana

1. Menghilangkan lendir licin dalam belut
Karena badan belut mengandung lendir, sehingga mengakibatkan sulit dipegang saat akan diolah. Nah cara mudah saat mencuci belut yakni dengan menaburi tubuh belut dengan abu gosok terlebih dahulu. Dengan begitu belut akan menjadi mudah untuk dipegang.
2. Cara membelah belut yang benar
Saat membelah belut, belah isi perut memanjang searah badannya, untuk mengeluarkan isi perutnya hingga tulang punggung. Ketika membersihkan isi perut, daging belut jangan sampai terluka atau tersayat, karena rasa pahit pada isi perut belut dapat mempengaruhi rasa daging belut karena meresap ke dalam daging sehingga bisa ikut pahit.
3. Agar daging belut supaya tidak bau amis atau tanah 
Cara Membuat Keripik Belut – Belut biasanya berbau amis atau berbau tanah karena hidupnya di lumpur air. Untuk menghilangkan bau tersebut caranya mudah saja, yakni siapkan timun lalu di parut, ambil belut yang sudah dibersihkan pukul hingga 2 x dengan ulekan hingga megar atau gepeng. Selanjutnya masukkan belut adi ke dalam parutan timun aduk-aduk sambil di remas-remas kira-kira kurang lebih 15 menit. Angkat dan bersihkan. Nah belut kini siap di olah tanpa berbau amis. Selain dengan timun, perasan jeruk  jeruk nipis juga bisa menghilangkan bau amis dalam daging belut.
4. Cara mencuci daging belut yang benar
Untuk mencuci belut supaya benar-benar bersih adalah dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Karena dengan air mengalir akan membuat daging belut terbebas dari kotoran dan bakteri pada daging belut.
Setelah kita mengetahui bagaimana cara mengolah belut sebelum diolah menjadi keripik, maka langsung saja kita bahas bagaimana cara membuat keripik belut yang gurih.

Cara Membuat Keripik Belut

Cara Membuat Keripik Belut

Cara Membuat Keripik Belut

Bahan-bahan:

– Belut : 500 kg.
– Tepung terigu : 150 gr.
– Tepung Beras : 50 gr.
– Telur : 1 butir.
– Air secukupnya.
– Minyak goreng secukupnya.

Bumbu :

– Bawang putih : 4 siung
– Ketumbar : 1 sendok makan
– Kunyit : 2cm
– Kemiri : 3 butir
– Jeruk Nipis : secukupnya
– Garam : 1 sendok teh

Cara Membuat Kripik Belut

  1. Setelah belut disiangi atau di buang isi perut dan tulangnya, kemudian di potong potong dengan ukuran sesuai selera, Jika belut yang di pilih belut yang berukuran kecil, maka tidak perlu di siangi.
  2. Campurlah air jeruk nipis dan aduk dengan hingga merata. Diamkan selama 15 menit.
  3. Haluskan  bumbu seperti ketumbar, kunyit, kemiri dan bawabg putih. Campurlah bumbu yang telah dihaluskan tadi dengan tepung terigu dan tepung beras serta telur yang telah dikocok. Tambahkanlah air secukupnya hingga terbentuk adonan yang agak encer.
  4. Celupkan belut kedalam adonan tersebut dan gorenglah dengan minyak panas dan api kecil. Cara menggorengnya ambilah belut yang telah bercampur adonan satu persatu agar tidak lengket satu sama lainnya.
  5. Keripik yang matang ditandai dengan warnanya yang coklat kekuningan.
  6. Keripik belut siap dihidangkan atau dikemas.

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat

PELUANG USAHA KERIPIK BELUT

Cara Membuat Keripik Belut – Peluang usaha keripik belut  memang terbilang sangat menguntungkan jika dijalani. Dimana usaha ini terbilang salah satu bisnis yang cukup menguntungkan. Keuntungan yang diperoleh melalui bisnis ini juga tidak sedikit. Cara mengolahnya pun cukup mudah.

Melihat penggemar olahan keripik belut yang semakin meningkat hingga membuat peluang dari bisnis keripik belut patut tuk diperhitungkan. Mungkin Anda tertarik menjalankan bisnis keripik belut ? Ingin mencoba memulainya dari sekarang ? Bagi Anda yang ingin mencoba menjalankan kegiatan usaha keripik belut, silahkan simak detail langsung informasi dibawah ini.

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Ubi yang Enak

  • Melihat Potensi Usaha Keripik Belut

Cara Membuat Keripik Belut – Ketika ingin menjalankan bisnis keripik belut maka perlu melihat potensi dari bisnis keripik belut. Camilan yang enak, gurih dan renyah ini memang sangat banyak peminatnya. Sehingga potensi bisnis keripik belut memang cukup bagus dan cemerlang.

Anda bisa menekuni bisnis keripik belut karena bisnis keripik belut selain mudah dijalankan juga memiliki penggemar yang besar. Dengan bisnis keripik belut maka bisa mendatangkan laba yang besar.

  • Bahan Baku Keripik Belut

Cara Membuat Keripik Belut – Jika membuka bisnis keripik belut maka terdapat beberapa bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan rasa keripik belut yang nikmat. Bahan – bahan yang dibutuhkan ini seperti belut, tepung, air, minyak goreng, dan bumbu-bumbu lainnya. Supaya bisa menghasilkan rasa yang maksimal maka persiapkan bahan berkualitas dan masih segar.

  • Perlengkapan Bisnis Keripik Belut

Cara Membuat Keripik Belut – Bisnis keripik belut ini membutuhkan perlengkapan yang memadai dan lengkap supaya bisa lancar dan memproduksinya. Perlengkapan usaha untuk keripik belut ini seperti etalase dengan ukuran sedang maupun besar sesuai kebutuhan untuk digunakan sebagai tempat menyimpan atau memajang produk.

Selain etalase diperlukan juga peralatan memasak untuk mengolah keripik belut seperti pisau, talenan, wadah, wajan, spatula, peniris minyak dan sebagainya. Supaya bisa menghasilkan produk berkualitas maka sediakan peralatan bisnis yang higienis dan mudah dibersihkan.

  • Tempat Bisnis Keripik Belut

Cara Membuat Keripik Belut – Terdapat banyak sekali aneka pilihan tempat usaha yang bisa dijadilkan lokasi untuk menjajakan produk keripik belut. Tempat tersebut seperti di pasar, pinggir jalan ramai, kawasan sekolahan dan kampus. Anda pun bisa menjajakannya disekitar terminal, stasiun, perkantoran, dan sebagainya. Pilihlah lokasi usaha yang sering dilewati oleh masyarakat selain itu lokasi usaha dapat dilihat dari segala penjuru.

Tempat bisnis yang dibutuhkan ialah mudah dijangkau oleh orang banyak supaya produk dikenal masyarakat. Pilih lokasi usaha yang tidak terhalang oleh kios penjual lainnya atau warung lainnya. Pilih lokasi strategis dan jangan sampai salah tempat memilih lokasi usaha yang sepi.

  • Karyawan Keripik Belut

Cara Membuat Keripik Belut – Saat membuka usaha keripik belut ini Anda membutuhkan bantuan karyawan karena pembuatan keripik belut yang memakan waktu. Oleh karena itu agar bisnis bisa berjalan dengan baik Anda perlu merekrut beberapa karyawan untuk membantu proses produksi. Karyawan yang Anda rekrut ini bisa digaji sekitar Rp. 750.000 hingga Rp. 800.000 per bulannya.

  • Promosi Keripik Belut

Cara Membuat Keripik Belut – Proses promosi pada usaha keripik belut ini dapat dikerjakan dengan cara yang mudah, yaitu dengan membuat spanduk atau brosur. Spanduk bisa dipasang di depan lokasi usaha, sedangkan brosur bisa disebarkan keberbagai tempat supaya usaha dikenal banyak orang.

Anda bisa memanfaatkan media social untuk mempromosikan produk keripik belut ini karena media social saat ini sudah semakin canggih dan banyak aplikasi yang membantu. Sehingga pemasaran akan semakin mudah dan meluas.

Jika ingin produk diterima oleh masyarakat maka jangan lupa untuk mengemas keripik belut dengan maksimal, mulai dari menggunakan plastik tebal, label produksi, nama produk, ijin BPOM dan sebagainya.

  • Harga Keripik Belut

Cara Membuat Keripik Belut – Harga yang bisa dibanderol untuk keripik belut ini sangat bervariasi karena memang kemasan yang berbeda – beda. Anda bisa menjual keripik belut ini dalam beberapa kemasan dengan berat yang berbeda – beda. Harga pada setiap kemasan keripik belut ini bisa dihargai sekitar Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 25.000 tergantung kemasan yang diberikan.

  • Resiko Bisnis Keripik Belut

Cara Membuat Keripik Belut – Terdapat beberapa kendala atau resiko jika menjalankan bisnis keripik belut. Misalnya saja produk keripik belut ini sudah banyak digeluti para pengusaha, oleh karena itu jika ingin bersaing perlu kerja keras dan kesabaran. Anda bisa membuat kemasan yang unik untuk produk keripik belut ini, selain itu memberikan berbagai jenis pilihan rasa.

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Talas

Demikian ulasan mengenai belut dan cara membuat keripik belut. Semoga bermanfaat bagi anda. Dan juga semoga bisa memotifasi anda yang ingin memulai usaha.

By | 2017-12-08T12:08:37+00:00 November 21st, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Keripik Belut yang Gurih