Cara Membuat Jahe Instan-Jahe adalah tanaman rimpang yang memiliki batang semu dan beraroma khas. Bentuknya yang unik dan rasa pedas yang dimiliki oleh salah satu makanan penghangat yang difaforitkan. Tanaman rempah ini sudah digunakan sejak lama sebagai bumbu masakan, obat-obatan dan minuman sehat. Industri-industri yang sudah banyak membuat produk dari bahan jahe.

Jahe Instan adalah produk olahan jahe siap saji berupa bubuk untuk membuat minuman jahe cepat saji. Pembuatan jahe instan akan memberi nilai tambah pada produk jahe sehingga dapat memberikan tambahan harga apabila dibandingkan dengan produk jahe yang berua rimpang.

Terdapat beberapa jenis jahe yang umum dikembangkan di Indonesia, antara lain jahe merah, jahe putih kecil (jahe emprit) dan jahe putih besar (jahe gajah). Dengan adanya perbedaan karakteristik dan manfaat dari tiap jenis jahe tersebut,  jahe yang seringkali diolah menjadi jahe instan adalah jahe merah. Dengan mengolah jahe instan, jahe akan tahan lama dan siap diseduh sewaktu-waktu diperlukan. Alat dan bahan pembuatan jahe instan sangat mudah dijumpai.

Dibawah ini, Cara pembuatannya dapat diperoleh dengan mudah dan harganya pun terjangkau, karena ketersediaanya cukup banyak dipasar atau dilingkungan sekitar. Bahan yang adalah jahe dan gula yang telah dipilih dengan kualitas terbaik. Hal yang mendasari adalah penggunaan makanan instan adalah makanan instan lebih praktis karena hanya menyeduhkan serbuk dengan air hangat kemudian diminum. Serbuk makanan instan dapat digunakan dalam jangka lama karena berbentuk serbuk sehingga tahan lama dalam penyimpanan.

Tak kusangka, ternyata membuat jahe instan sendiri di rumah sangatlah gampang. Rasa pedasnya membuat badan menjadi hangat di badan dan serbuknya tidak meninggalkan ampas sama sekali. JoosūüĎć

Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat popule, Sebagai bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe adalah tanaman yang tumbuh tegak dengan tinggi 30‚Äď60 cm. Daun tanaman jahe itu daun tunggal, berbentuk lanset dan berujung runcing. Mahkota bunga berwarna ungu, berbentuk corong dengan panjang 2 ‚Äď 2,5 cm. Sedangkan buah berbentuk bulat panjang berwarna cokelat dengan biji berwarna hitam.

Jahe memiliki kandungan aktif yaitu oleoresin. Oleoresin sebagai minyak dan damar. Yang merupakan salah satu campuran minyak atsiri sebagai pembawa aroma dan sejenis damar sebagai pembawa rasa. Oleoresin jahe mengandung: gingerol, paradol, shogaol, zingerone, resin dan minyak atsiri.

Makanan  mempunyai fungsi yang berhubungan dengan rasa, aroma dan atau nutrien essensial. Minuman yangbermanfaat untuk kesehatan  produk pangan fungsional lebih menekankan pada peningkatan status kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit. Dulu istilah health food untuk makanan sehat bagi konsumen, tetapi hal ini tidak digunakan lagi karena pada prinsipnya semua bahan pangan akan menyehatkan tubuh bila dikonsumsi secara baik dan benar.

makanan  yang menyehatkan adalah makanan yang mempunyai komponen aktif yang dapat menyehatkan dan menyegarkan tubuh, sehingga layak disebut sebagai pangan fungsional. Ada beberapa faktor yang harus terpenuhi oleh produk pangan termasuk makanan yang sehat agar supaya dapat dikategorikan sebagai pangan yang memenuhi kesehatan (sifat fungsional) yaitu :

1.Produk tersebut haruslah suatu produk pangan

2.Produk tersebut dapat dan selayaknya dikonsumsi sebagai bagian dari
pangan sehari-hari

3.Produk tersebut mempunyai fungsi tertentu pada waktu dicerna, serta memberikan kegunaan tertentu dalam proses metabolisme tubuh,
misalnya ;

Memperkuat mekanisme pertahanan tubuh
Mencegah timbulnya penyakit tertentu (seperti penyakit kanker,
kardiovaskuler dan jantung koroner, pencernaan, osteoporosis, dan berbagai gangguan kesehatan akibat kekurangan atau kelebihan zat gizi tertentu)
Membantu untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah terserang penyakit tertentu
Menjaga kondisi fisik dan mental
Memperlambat proses penuaan(Anonim, 2004:m)

Efek yang berpengaruh positif bagi kesehatan yang dapat timbul  pada bagian tubuh yaitu dapat memberikan efek farmakologis (pengobatan), efek imunomodulasi (kekebalan/ketahanan tubuh), efek reparasi dan peremajaan sel, efek dari vasoproteksi (perlindungan atau ketahanan jantung), efek antioksidan, efek dari hepatoproteksi (perlindungan hati), efek antibiotika (antibakteri/kuman) dan efek antijamur sehingga dapat meningkatkan status kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit-penyakit tertentu.

1.CARA MEMBUAT JAHE INSTAN

cara membuat jahe instan

Bahan-bahan:

  • Jahe 1 kg
  • Gula Pasir 1 kg
  • Serai 5 batang
  • Cengkeh 10 butir
  • Daun Panda 5 lembar
  • Kayu Manis 3 ruas jari
  • Air 1 gelas

Cara Membuat Jahe Instan

  1. -Kupas rimpang jahe lalu dipotong-potong ukuran besar agar   mudah dibersihkan. Cuci sampai bersih.
  2. -Potong kecil-kecil rimpang jahe yang sudah dibersihkan.
  3. – Kemudian, potongan kecil jahe lalu dicampur dengan air lalu dimasukkan ke dalam blender, kemudian blender jahe sampai halus.
  4. -Peras jahe yang sudah diblender dengan saringan. Air perasan   jahe akan digunakan sebagai bahan pokok membuat jahe   instan.
  5. -Cuci serta bersihkan bahan lainnya.
  6. -Masukkan air perasan jahe, daun pandan, kayu manis,cengkeh,   gula pasir ke dalam panci, tambahkan 1 gelas air, lalu aduk   sampai rata.
  7. -Kemudian rebus semua bahan dengan api yang tidak besar. Aduk jangan sampai lengket/gosong.
  8. -Jika bahan sudah mulai masak, tandanya telah mengkristal dan   berwarna putih agak coklat muda, segera angkat. Biarkan   sampai dingin.
  9. -Ayaklah jahe instan agar kristalnya halus dan rata. Kristal   jahe  yang masih kasar masih harus dihaluskan lalu diayak lagi sampai halus   dan rata.
  10. -Jahe instan siap disajikan atau dikemas.

2.Cara Membuat Jahe instan bubuk

cara membuat jahe instan

Bahan-bahan:

0,5 kg jahe
0,4 kg gula
secukupnya Air putih

Cara Membuat Jahe

  1. -Jahe dicuci bersih dari sisa-sisa tanah, lalu dipotong kecil-kecil

-Kemudian, Masukkan jahe dalam blender dan beri air secukupnya, sehingga dapat parutan jahe. (Jahe juga dapat diparut menggunakan parutan manual)

-Saring air jahe dari parutannya seperti memeras santan.   Diamkan air perasannya selama beberapa menit agar terdapat   endapan dibagian bawah wadah.

-Pisahkan air perasan jahe dengan endapan putih dibagian   bawah wadah.

-Air perasan jahe dimasukkan dalam wajan dan ditambah gula   kemudian panaskan dengan api sedang. Air perasan tersebut   terus diaduk secara berkala.

–¬† kemudian, Tunggu sampai air jahenya mendidih setelah itu kecilkan apinya dan¬† ¬†terus diaduk hingga mengental.

-Apabila sudah mengental maka jahe instan sudah hampir jadi.   Terus aduk hingga diperoleh serbuk jahe instan.

-Serbuk jahenya diblender kembali untuk mendapatkan ukuran   serbuk yang kecil-kecil.

-Serbuk jahe instan siap dikemas dan dapat langsung diseduh   menggunakan air panas.

Belum adanya standar mutu bahan baku alami di Indonesia, maka penentuan parameter terhadap kadar konsumsi senyawa tertentu secara tepat dan benar belum dapat dilakukan dalam penelitian ini. Untuk mengukur kadar konsumsi terhadap komponen/senyawa tertentu secara tepat dan benar perlu dilakukan pengujian lanjut/khusus (Wawancara : Bambang Sudibyo, September 2004). Berikut uraian masing-masing tinjauan parameter kelayakan minuman instan sebagai minuman kesehatan.
Mobilitas masyarakat yang semakin tinggi memerlukan kondisi kesehatan yang optimal. Kondisi kesehatan tubuh tentunya tidak bisa lepas dari konsumsi makanan yang sehat. Banyaknya penyakit yang ditimbulkan karena cara mengkonsumsi makanan yang salah ataupun keamanan makanan yang tidak terjaga menyebabkan masyarakat cenderung bersikap hati-hati.
Pemanfaatan dalam bidang kesehatan, zat aktif berupa zingeron dan senyawa antioksidan lain yang terkandung dalam jahe dapat digunakan bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit, kembang gula dan berbagai minuman. Jahe juga digunakan dalam industri obat, minyak wangi dan jamu tradisional. Jahe muda dimakan sebagai lalaban, diolah menjadi asinan dan acar.
Besarnya potensi kesehatan dan kimia/gizi yang terkandung dalam jahe, menggugah peneliti untuk mencoba menuangkan ide dan inovasi menciptakan produk baru yaitu minuman kesehatan berbentuk serbuk/instan dengan memanfaatkan jahe. Ide pembuatan ini didasarkan pada sifat bahan yang memungkinkan untuk dapat dibuat minuman instan dengan mengacu pada proses pembuatan minuman instan secara umum.
Khasiat minuman instan ekstrak jahe dan untuk menciptakan produk yang praktis dan efisien, sehingga diharapkan diperoleh manfaat kesehatan. Hal ini didasari juga oleh tingginya kebutuhan masyarakat akan kesehatan dan kecenderungan masyarakat untuk mengkonsumsi minuman kesehatan yang lebih praktis dan efisien, sehingga diperlukan kemudahan untuk mendapatkannya.
cukup sekian artikel yang saya buat ini semoga bermanfaat untuk kalian semua, Selamat mencobanya dirumah dan menikmatinya dengan santai..<>..
× Whatsapp Kami!