Cara membuat bubble merupakan salah satu jenis olahan yang terbuat dari tepung tapioka dan lain sebagai nya yang dimasak bersama-sama. Biasanya bubble di jadikan bahan campuran membuat minuman segar yang sedang hits di indonesia yaitu bubble tea atau pearl milk.

Siapa yang tidak tahu bubble tea? Beragam kedai yang menyajikan minuman teh dengan campuran susu ditambah dengan bola-bola kenyal di dalamnya, menjamur di seluruh kota di Indonesia, baik brand lokal maupun internasional.

Namun, membeli bubble tea terus-terusan tentu tidak disarankan. Selain membuat isi dompet kering, kita juga tidak tahu bahan-bahan apa saja yang dipakai dalam proses pembuatannya. Untuk itu, ada resep membuat bubble tea rumahan yang sehat dan murah.

Bubble tea atau pearl milk tea menjadi salah satu minuman yang sedang populer di indonesia dan terdiri dari bahan dasar teh dan susu. Yang menjadikan minuman asal taiwan ini semakin di gemari adalah tambahan pearl atau bubble yang terbuat dari tepung tapioka yang kenyal dan memberikan sensasi yang unik.

Kelebihan dari resep rumahan bubble tea adalah anda bisa mengukur tingkat kemanisannya sesuai selera, anda juga bisa memilih gula yang cocok untuk anda. Anda bisa menyajikannya untuk keluarga atau untuk pesta kecil di rumah anda, jadi anda tidak perlu repot jauh-jauh membeli di kedai.

Berikut ini kami akan memberitahukan cara membuat bubble yang enak dan praktis di rumah. Teman-teman di rumah hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini dan langsung mempraktekannya di rumah.

cara membuat bubble

Cara Membuat Bubble

Berikut ini kami telah menyajikan resep dan cara pembuatan bubble, dan teman-teman dirumah bisa langsung mempraktekannya.

Bahan-Bahan Cara Membuat Bubble :

  • 2 cup tepung tapioka
  • 1/2 cup gula merah
  • 2/3 cup air (untuk adonan)
  • 1 liter air (untuk merebus)

Langkah-Langkah Cara Membuat Bubble :

  1. Pertama, panaskan air dan gula merah diatas kompor, pastikan gula mencair seluruhnya dan tidak ada yang menggumpal.
  2. Kemudian setelah mendidih, kita  kecilkan api lalu tuangkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Aduk rata, jika sudah matang kemudian pindahkan adonan ke wadah yang  datar.
  3. Jika sudah matang, kemudian uleni adonan hingga tekstur menjadi lembut dan sedikit lengket. Setelah itu, potong adonan menjadi 9 bagian.
  4. Bentuk silinder memanjang masing-masing bagian adonan dengan diameter sesuai keinginan. lalu potong kecil-kecil dengan ukuran sama besar.
  5. Selanjutnya, bentuk bulatan-bulatan kecil menyerupai mutiara, sisihkan dalam mangkuk yang sudah berisi tepung tapioka. Lakukan hingga seluruh adonan habis.
  6. Didihkan satu liter air dalam panci, kemudian masukkan bola-bola tapioka yang sudah dibuat tadi ke dalamnya sambil terus diaduk.
  7. Kemudian tingkatkan kecilkan api menjadi sedang, lalu masak selama kurang lebih 30 menit hingga semua bubble matang.
  8. Jika dirasa sudah matang, kemudian matikan api dan diamkan terlebih dahulu di dalam panci selama 15 menit atau sampai cukup dingin.
  9. Terakhir saring dan bersihkan bubble dalam air mengalir sampai bersih.

Dan bubble pun sudah siap disajikan menjadi campuran untuk minuman bubble tea atau pearl milk yang saat ini sedah hits di indonesia. Atau kalian bisa mengkreasikan bubble ini menjadi beberapa olahan lainnya, berikut ini kami akan memberikan satu contoh cara mengolah kembali bubble menjadi beberapa jenis makanan dan minuman yang enak.

Cara Membuat Bubble Cake

cara membuat bubble

Bahan-Bahan :

  • 350 ml susu-cair
  • 30 g thai tea bubuk
  • 450 g tepung-terigu-protein-rendah
  • 1½ sdm baking-powder
  • 290 g mentega
  • 200 g gula-bubuk
  • 100 g susu-kental-manis
  • 5 butir telur-ayam

Bahan Tambahan :

  • 50 ml madu
  • 50 ml air
  • 200 g boba pearl

Langkah-Langkah :

  1. Masak susu cair dan tea bubuk hingga mendidih, kemudian angkat dan saring. Setelah itu simpan dalam kulkas hingga dingin.
  2. Aduk rata tepung terigu dan baking powder, setelah itu sisihkan.
  3. Kemudian kocok mentega, gula bubuk, dan susu kental manis menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga lembut dan mengembang.
  4. Saat masukkan telur usahakan satu per satu sambil terus dikocok hingga rata.
  5. Kemudian masukkan tepung secara bertahap diselingi dengan larutan tea, kocok menggunakan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata.
  6. Setelah adonan selesai kemudian tuang adonan kue ke dalam 3 buah loyang bulat dengan diameter 16 cm.
  7. Jika semua adonan sudah di masukkan wadah, kemudian panggang dalam oven panas dengan suhu 180 C hingga matang. Lalu keluarkan dari cetakan dan biarkan hingga cake dingin.
  8. Langkah selanjutnya aduk rata madu dan air dan sisihkan.
  9. Rebus bubble dalam air mendidih hingga matanga lalu angkat dan rendam dalam air madu. Diamkan hingga menyerap (15 menit).
  10. Setelah selesai ambil 1 buah cake lalu berikan 3 sdm buttercream di atasnya dan ratakan dengan  palette knife. Tumpuk dengan sisa cake yang ada lalu tutup seluruh permukaan kue dengan sisa buttercream setelah itu berikan topping bubble di atasnya, lalu potong-potong dan sajikan.

Dan itulah mungkin contoh cara mengkreasikan bubble menjadi olahan makanan yang hanya bisa saya sampaikan. Selanjutnya kita akan membahas tentang jenis-jenis bubble.

Jenis-Jenis Bubble

cara membuat bubble

Berikut ini kami akan memberitahukan jenis-jenis bubble yang biasa anda temukan di kedai-kedai. Baiklah langsung saja saya akan memberikan 5 jenis bubble yang paling standar.

1. Black Bubble

Ini jenis bubble yang paling umum, khususnya di minuman milk tea. Bubble yang berbentuk seperti bola mutiara ini pada umumnya terbuat dari tepung tapioka. Warna hitam biasanya berasal dari gula merah atau pewarna karamel.

Dengan teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis, black bubble ini menjadi topping minuman yang bikin banyak orang jadi ketagihan.

2. Clear Bubble

Clear bubble atau boba yang bening ini juga merupakan jenis bubble yang cukup umum. Kalau black bubble terbuat dari tepung tapioka, clear bubble ini merupakan pati dari akar singkong. Kalau kamu lebih suka yang tidak terlalu manis, clear bubble bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu.

Clear bubble relatif hambar, makanya biasanya lebih banyak digunakan di minuman seperti milk teaBola-bolanya mampu menyerap susu dan rasa tehnya, membuat rasa clear bubble ini menyatu dengan aroma teh. Misalnya kamu memesan chai bubble tea, clear bubble akan terasa seperti chai tea juga.

3. Flavored Tapioca Bubble

Flavored bubble adalah bubble biasa yang dimasak atau dilapisi dengan sirup perasa. Cita rasanya bisa berbagai macam, mulai dari rasa buah seperti stroberi, mangga, dan lain sebagainya hingga rasa ekstois seperti lidah buaya dan kelapa.

Di sejumlah gerai bubble tea, flavored bubble ini suka disebut sebagai jelly pearl. Bubble tipe ini biasanya digunakan untuk smoothies dan teh seduh, sering juga digunakan sebagai topping es krim atau fro-yo.

4. Popping Bubble

Dari namanya udah bisa tebak dong bubble macam apa yang ini? Bubble yang satu ini menyimpan kejutan karena begitu digigit, bubblenya meledak. Jenis boba ini dibuat melalui gastronomi molekuler. Popping bubble ini begitu digigit selain meledak juga menyemburkan jus buah asli yang ada di dalamnya.

Popping bubble juga ada yang tersedia dalam banyak rasa seperti mangga dan pisang. Popping bubble ini berbeda dengan falvored bubble karena bukan dibuat dari tapioka. Popping bubble kebanyakan digunakan untuk smoothies dan shaken iced tea.

5. Mini Bubble

Kembali lagi ke bubble paling dasar, bubble yang terbuat dari tapioka. Seperti namanya, mini bubble ini layaknya black bubble, clear bubble, atau flavored boba tapi versi lebih kecilnya. Kalau kamu suka merasa bahwa bubble ukuran biasa susah dikunyah atau ditelan, kamu bisa mencoba mini bubble. Mini bubble ini jadi topping yang pas untuk fro-yo atau bubble tea.

Wah, keliatannya ada yang mulai ngiler nih sekarang kamu jadi udah lebih tahu deh soal jenis-jenis boba. Pas mau pesan jadi udah gak bingung, tapi jenis minumannya juga bermacam-macam, dari milk tea, brown sugar, dan lain-lain. Kamu tinggal coba-coba deh yang mana yang menjadi favoritmu.

Mungkin hanya itu saja cara membuat bubble, jenis-jenis bubble, dan lain sebagainya yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga dengan adanya artikel tentang proses pembuatan bubble dan jenis-jenis buble ini teman-teman di rumah bisa terbantu.

Sekali lagi terimakasih bagi teman-teman yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai akhir. Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi teman-teman semua, sekian dan terimakasih sampai jumpa kembali di artikel berikutnya.

× Whatsapp Kami!