Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai Bisnis Keripik Singkong Yang Laris Di Pasaran.Sebelum itu kita membahas apa itu singkong?Mari kita simak.

Apa Itu Singkong?

Singkong merupakan sejenis buah dari tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah. Singkong mungkin memiliki bentuk lonjong sepanjang lengan anak kecil, dagingnya menggelembung di bagian tengah dan mengerucut di kedua sisinya.

Singkong memiliki tekstur daging yang keras. Warna kulit singkong merupukan coklat tua atau coklat kehitaman. Singkong tidak memiliki rasa khusus saat masih mentah karena daging buahnya masih sangat keras.

Fungsi

Singkong merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa singkong jauh lebih banyak kandungan karbohidratnya dibandingkan dengan nasi sebagai menu utama makanan orang Indonesia.

Selain itu singkong mungkin juga mengandung protein, lemak, mineral vitamin B, vitamin K, serat dan merupakan bahan makanan dengan kandungan kalori yang sangat tinggi. Kandungan kalori yang tinggi ada di dalam singkong membuat singkong lebih lama saat dicerna oleh tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah lapar. Bagi Anda yang sedang diet, singkong sangat dianjurkan.

Detail Tentang Usaha Bisnis Keripik Singkong

bisnis keripik singkong

Sebagai bahan masakan, singkong biasa dijadikan sebagai bahan makanan utama dengan cara direbus, digoreng, dipanggang, atau dibakar. Singkong juga dijadikan bahan pendamping di beberapa masakan seperti gorengan, sayur bayam kampung, berbagai jajanan pasar dan aneka masakan lainnya. Singkong juga bisa dijadikan sebagai tepung.

Bahan :

  • 1 kg singkong yang masih segar.
  • 1 sendok makan kapur sirih.
  • 250 ml air.

Bumbu Yang Dihaluskan :

  • 3 sdm garam halus.
  • 1 sdm gula pasir.
  • 8 butir bawang merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • minyak untuk menggoreng secukupnya.

Cara Membuat Keripik Singkong Yang Enak dan Renyah:

  1. Dalam tahapan awal ini yang harus anda lakukan adalah memilih singkong yang akan anda gunakan untuk membuat keripik singkong, membuat keripik singkong akan lebih bagus jika menggunakan singkong yang sudah berumur 3 bulan dan siap untuk di panen.
  2. Singkong yang sudah anda pilih sebaiknya langsung anda bersihkan dari kulit ari nya, bersihkan hingga tidak ada kulit ari yang tersisa pada singkong. Setelah itu cuci singkong yang sudah anda kuliti tadi, setelah itu iris dengan pisau yang tajam atau anda bisa menggunakan mesin pemotong keripik atau mesin pemotong singkong agar hasil keripik nya lebih bagus potongan nya.
  3. Singkong yang sudah anda goreng tadi bisa anda tiriskan terlebih dahulu sebelum diberi bumbu agar nanti nya keripik menjadi kering dan tidak berminyak.
  4. Sambil menunggu keripik singkong meniris, anda buat bumbu yang sudah di persiapkan di atas, haluskan semua bumbu yang ada dan goreng, setelah itu masukkan keripik singkong tersebut ke dalam bumbu yang sudah jadi tersebut dan aduk hingga merata.
  5. Tahap selanjutnya adalah menimbang dan mengemas keripik singkong agar ukuran nya sama, dalam hal ini anda harus teliti dalam menutupnya, jika perlu gunakan mesin penutup agar keripik singkong bertahan lama dan kerenyahan nya terjaga.
  6. Keripik singkong yang mungkin sudah dikemas tinggal di jual atau di distribusikan, buatlah sebanyak mungkin varian rasa dari keripik singkong ini dan buat menurut pesanan pelanggan anda seperti keripik singkong rasa balado, sapi panggang, jagung bakar, cokelat, keju dan lain sebagainya.

Setelah anda membuat nya dan siap untuk menjualnya, tentu anda harus belajar bagaimana cara menjual nya agar laris manis di pasaran, jika hanya menunggu orang memesan atau dengan system titip tentu anda akan kesulitan untuk produksi keripik sinkong selanjutnya, jadi berikut ini adalah hal yang harus anda perhatikan dalam berbisnis keripik singkong agar produk anda laris:

1.Rasa Dari Keripik Singkong

Rasa adalah hal utama yang harus anda perhatikan, dan hal yang paling penting adalah pada kerenyahan keripik singkong tersebut, kemudian bumbu yang anda gunakan harus yang berkualitas.

2.Harga Keripik Singkong

Harga dari keripik singkong yang anda jual sebaiknya anda sesuaikan dengan target market anda, hal ini juga dipengaruhi oleh kemasan yang anda gunakan, jika untuk kelas menengah ke atas mungkin harga nya memang lebih mahal dan kemasan nya harus lebih bagus dan menarik jadi sesuaikan harga dan kemasan nya sesuai target market anda.

3.Lokasi Strategis

Lokasi penjualan utama atau gerai anda haruslah strategis tempat nya, karena penjualan yang bagus harus memiliki tempat atau toko nyata di tempat yang strategis, selain itu buatlah toko online juga, perpaduan antara kedua nya akan membuat anda sukses dalam bisnis ini.

4.Ramah Pada Pembeli

Keramahan atau pelayanan yang bagus dalam penjualan keripik anda akan membuat pengunjung anda kembali lagi membeli produk anda, jadi buatlah merek percaya bahwa layanan anda sangatlah bagus.

5.Promo Menarik

Promo adalah salah satu hal yang paling disukai oleh seseorang, apalagi jika promo tersebut menarik, namun anda harus benar-benar menghitung nya dengan tepat agar anda tidak mengalami rugi meskipun anda sedang memberikan promo yang menarik seperti beli 2 dapat 1 atau barang lain nya.

6.Reseller

Menggunakan reseller dengan system dropship atau system lain nya juga akan sangat membantu bisnis anda berjalan dengan baik, apalagi jika anda bisa memiliki reseller di berbagai kota, pastinya akan sangat membantu, jadi anda juga bisa menggunakan cara online dalam memasarkan produk anda menjadi lebih luas lagi.

7.Kerjasama

Kerjasama disini bisa anda lakukan dengan pemilik toko camilan yang ada di berbagai daerah, bahkan luar negeri. Mungkin Ada banyak cara yang bisa anda lakukan seperti titip di minimarket atau supermarket, namun keripik singkong anda haruslah memiliki barkode, terdaftar di BPOM dan lain sebagainya agar bisa masuk ke toko tertentu.

8.Kelebihan Bisnis

Prospek bisnis keripik singkong pedas mungkin masih sangat terbuka lebar. Bahkan saat ini mungkin banyak konsumen yang menjadikan keripik singkong pedas sebagai buah tangan yang cocok bagi sanak saudara di luar kota. Sehingga anda tidak heran bila sekarang ini keripik Maicih menjadi pilihan alternatif bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung, dan singkong balado pedas menjadi pilihan oleh-oleh khas dari daerah Padang.

Disamping prospeknya yang mungkin masih sangat bagus, menjalankan bisnis keripik singkong pedas tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Anda mungkin bisa memulainya dengan skala rumah tangga, dan menggunakan perabot dapur di rumah Anda sebagai sarana dan prasarana dalam memproduksi keripik singkong pedas.

Yang terpenting dalam proses produksi adalah menggunakan bahan baku berkualitas bagus dan mengasah keahlian Anda dalam mengolah singkong, sehingga cita rasa yang dihasilkan juga benar-benar berkualitas.

9.Kekurangan Bisnis

Kendala usaha yang mungkin biasanya ditemui para produsen keripik singkong pedas adalah sulitnya mendapatkan persediaan bahan baku singkong dan cabe yang benar-benar berkualitas bagus. Persediaannya yang kurang stabil membuat harga bahan baku tersebut cenderung naik turun, sehingga para pelaku usaha harus pintar-pintar menyiasatinya tanpa harus menaikan harga jual produk ke pasaran.

Selain itu, kendala berikutnya yaitu adanya persaingan pasar yang cukup ketat. Sekarang ini mungkin jumlah produsen keripik singkong pedas sudah cukup banyak di pasaran, sehingga para pelaku usaha dituntut untuk menghasilkan cita rasa yang lezat dan melengkapinya dengan kemasan yang bisa menarik perhatian konsumen.

10.Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang perlu Anda lakukan yaitu membranding produk Anda sebagai salah satu keripik singkong dengan cita rasa yang super ekstra pedas. Dalam hal ini mungkin Anda juga bisa mencantumkan merek serta slogan tertentu yang bisa menyampaikan pesan pedas pada keripik tersebut kepada para konsumen.

Dengan strategi tersebut, diharapkan bisa menimbulkan rasa penasaran bagi para konsumen, hingga pada akhirnya mereka mulai percaya untuk mencoba produk buatan Anda.

Selanjutnya bagaimana cara memperluas jangkauan pasar, Anda bisa membuka sistem keagenan baik secara offline maupun online bagi para distributor makanan yang tertarik memasarkan produk keripik singkong Anda. Cara ini terbilang efektif, karena selain tidak dibutuhkan tambahan biaya promosi, Anda mendapatkan bantuan dari para agen untuk meningkatkan omset penjualan setiap bulannya.

Strategi promosi lainnya yang juga bisa Anda jalankan yaitu dengan cara mengikuti berbagai pameran UKM yang sering diadakan di sekitar daerah Anda. Melalui pameran, Anda bisa mengenalkan produk keripik singkong pedas kepada khalayak ramai, dan membuka peluang yang lebih besar untuk mengembangkan usaha tersebut.

11.Kunci Sukses

Dalam menjalankan bisnis keripik singkong pedas, yang terpenting adalah menjaga kualitas cita rasa pedas yang ditawarkan dan menjamin kerenyahan keripik yang dihasilkan. Kedua hal tersebut menjadi faktor penentu kualitas keripik singkong yang Anda tawarkan kepada para konsumen.  Kemudian, dukung kualitas produk Anda dengan strategi pengemasan produk yang menarik. Hal ini penting untuk menarik perhatian konsumen dan menjadi salah satu alat bagi mereka untuk membedakan produk Anda dengan produk lainnya milik kompetitor.

 Analisa Ekonomi

Asumsi

– Produksi skala rumah tangga

– Dibantu oleh dua orang tenaga kerja

Modal awal

Mesin pengiris singkong (Slicer)                 Rp 4.500.000,00

Mesin pengemas (Sealer)                          Rp   500.000,00

Peralatan menggoreng (wajan dan alat penirisnya) Rp   300.000,00

Kompor gas dan tabung 3 kg                       Rp   300.000,00+

Total                                            Rp 5.600.000,00

Demikian informasi mengenai Cara Memulai Bisnis Keripik Singkong Yang Laris, semoga informasi seperti ini bisa membantu anda untuk membangun sebuah bisnis yang bagus dan banyak disukai oleh masyarakat luas. Terima kasih.

Jenis Singkong Untuk Membuat Keripik Singkong

Salah satu makanan khas tradisional Indonesia yaitu singkong, ketela pohon atau yang biasa di sebut dengan umbi kayu. Singkong memang bisa di bilang fungsi nya cukup banyak karena singkong ini biasa digunakan untuk mengganti fungsi beras atau nasi sebagai makanan utama atau makanan pokok sebagian orang yang ada di Negara ini.

Kebanyakan para petani memang selain menjual nya, juga mengkonsumsi nya sendiri sebagai makanan mereka, karbohidrat yang ada pada singkong memang bisa membuat orang yang memakan nya merasa kenyang meskipun tidak mengkonsumsi nasi dari beras pada atau lain nya, sehingga tidak heran jika banyak petani yang menanam singkong untuk dijual dan bertahan hidup.

Harga singkong yang dalam keadaan masih segar memang cukup murah dan tidak sebanding dengan pengelolaan nya ketika menanam singkong tersebut, sehingga tidak heran jika pendapatan nya tidak sebanding dengan jerih payah yang sudah di keluarkan, namun saat ini sudah banyak orang yang berusaha untuk mengatasi itu semua dengan cara mengolah singkong menjadi makanan yang lebih disukai oleh banyak orang dan memilki nilai jual yang lebih tinggi.

Jenis Singkong yang Enak Untuk Membuat Keripik Singkong:

1.Singkong Manggu

Singkong manggu merupakan singkong yang berasal dari jawa barat dan sudah lama dikenal oleh masyarakat, singkong yang satu ini memiliki diameter sekitar 4 hingga 5 cm. singkong manggu bisa di oleh menjadi berbagai jenis makanan karena rasa nya yang enak dan manis. Singkong manggu ini sangat mudah untuk di tanam, mudah dikupas, renyah dan daging nya juga empuk, dan kadar pati nya juga cukup tinggi.

2.Singkong Menterga atau Singkong Kuning

Singkong mentega ini mungkin juga disebut dengan singkong kuning karena warna singkong nya memang lebih kuning di bandingkan dengan yang lain nya, banyak orang yang menyukai singkong mentega karena singkong ini memiliki rasa yang lebih legit dan kenyal di bandingkan singkong lain nya.

Keripik singkong yang mungkin terbuat dari singkong mentega akan memiliki tampilan yang lebih bagus dan cantik serta menggugah selera. Ketika digunakan untuk membuat tape juga rasa nya juga lebih enak dan manis.

3.Singkong Gajah

Singkong gajah asalnya dari Kalimantan timur dan memiliki umbi yang besar dengan diameter 8 cm. Singkong ini juga bisa dikonsumsi karena memiliki rasa yang gurih dan seperti mengandung mentega. Singkong ini biasa nya di jadikan tepung atau bahan baku bioetanol.

Singkong gajah ini memang memiliki umbi yang besar, mudah di tanam, bisa langsung dikonsumsi untuk pengganti makanan beras dengan rasa nya yang mirip seperti ketan.

4.Singkong Putih

Singkong yang satu ini juga memiliki tekstur yang lebih keras dan memiliki warna yang putih, singkong ini memang cocok untuk di rebus atau di kukus dalam pengolahan nya, seperti dalam membuat kolak singkong, sup singkong dan lain sebagainya.

5.Singkong Mukibat

Singkong yang satu ini juga merupakan hasil dari percobaan seseorang yang memadukan antara singkong biasa dengan singkong karet, singkong ini adalah perpaduan okulasi kedua nya, dan ternyata hasil nya cukup bagus karena singkong ini bisa digunakan untuk di ambil pati nya dan di olah menjadi bieotanol.

6.Singkong Emas

Singkong yang satu ini juga merupakan salah satu dari percobaan antara singkong karet lokal dengan singkong Thailand, umbi yang satu ini pertama kali di kenalkan di daerah Bengkulu dan di tanam oleh petani Bengkulu. Singkong yang satu ini juga bisa di oleh dengan untuk berbagai jenis makanan seperti tepung terigu, spirtus, bahan pembuatan jamu, minyak kompor hingga pakan ternak.

Mungkin Ada banyak sekali jenis singkong yang bisa anda gunakan untuk membuat keripik singkong, namun seperti nya singkong yang paling bagus untuk membuat keripik singkong adalah singkong mentega atau singkong kuning karena tekstur nya yang lembut dan rasa nya yang enak akan membuat keripik singkong menjadi lebih enak.

Kandungan nutrisi dan manfaat singkong

bisnis keripik singkong

Singkong mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Dalam 100 gram singkong rebus, ada 112 kalori yang 98 persennya berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein serta lemak. Dalam takaran yang sama, singkong juga mengandung serat dan beberapa vitamin serta mineral.

Karbohidrat

Setiap 100 gram singkong mengandung 38 gram karbohidrat. Inilah mengapa singkong bisa menjadi sumber energi yang baik untuk Anda yang harus menjalani aktivitas fisik yang berat.

Aktivitas fisik juga akan menguras glikogen, yang merupakan bentuk glukosa yang disimpan di otot. Ketika Anda makan singkong, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa, yang kemudian diubah menjadi glikogen dan disimpan dalam otot. Jadi, manfaat singkong yaitu menambah energi tak bisa disepelekan.

Serat

Singkong juga mengandung serat pangan dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah sembelit. Serat juga membantu Anda menurunkan berat badan karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama.Selain itu, kandungan serat mendatangkan manfaat singkong untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan risiko obesitas, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Manfaat singkong juga bisa anda dapatkan bagi yang memiliki diabetes. Makan singkong dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena serat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Mineral

Singkong juga mengandung sumber mineral yang cukup banyak seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi, dan kalium. Mineral ini sangat diperlukan untuk perkembangan, pertumbuhan, dan menjalankan fungsi jaringan tubuh.Kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Zat besi mungkin membantu dalam pembentukan protein (hemoglobin dan myoglobin) yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh Anda.

Sementara itu, mangan membantu pembentukan tulang, jaringan ikat, dan hormon seks. Kalium juga diperlukan untuk sintesis protein dan membantu dalam pemecahan karbohidrat.Selain itu, singkong juga mengandung magnesium dan tembaga yang cukup tinggi. Magnesium dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko osteoporosis. Tembaga menjaga fungsi saraf tetap sehat.

Vitamin

Singkong juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan folat yang berlimpah dan memberikan banyak manfaat. Kandungan tersebut memberikan manfaat singkong yaitu melindungi dari kanker usus besar dan mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan. Selain itu,mungkin vitamin C juga melindungi Anda dari penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker.

Demikian tadi artikel tentang bisnis keripik singkong, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

× Whatsapp Kami!