Jenis Plastik Kemasan, Ciri Dan Contoh Penggunannya

Jenis Plastik Kemasan, Ciri Dan Contoh Penggunannya

Jenis plastik kemasan – Penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari sangat tinggi. Seperti tidak bisa dipisahkan. Hal ini tentu karena plastik memiliki keunggulan dibanding komponen lain seperti fleksibel, ringkas, mempermudah, ringan, dll.

Seperti anda ketahui ada banyak jenis plastik kemasan yang digunakan terutama dalam industri makanan. Plastik kemasan ini sangat berguna terutama untuk menjaga kualitas makanan selain untuk mempercantik tampilan produk.

Dari sisi ekonomi, penggunaan plastik untuk kemasan dalam dunia pangan nilainya harus lebih kecil dibanding kegunaan yang diberikan dari barang yang dikemas. Tentu hal ini dikatkan dengan laba yang nantinya akan diperoleh.

jenis plastik kemasan

Plastik kemasan digunakan untuk membungkus aneka makanan atau minuman dengan alat pres plastik. Alat ini akan menjadikan makanan atau minuman yang dibungkus lebih terjaga dari sisi kualitas dan kebersihannya.

Dari sekian banyak plastik kemasan yang pernah anda lihat, barangkali anda tidak sepenuhnya paham tentang aneka jenis plastik kemasan tersebut. Ya, ada begitu banyak jenis plastik kemasan yang digunakan oleh para produsen makanan.

Masing-masing jenis plastik kemasan selain memiliki keunggulan ada juga kaitannya dengan karakteristik dan batas pemakainnya. Sehingga, sebagai konsumen atau pengguna plastik kemasan, sebaiknya ada tahu jenis plastik kemasan dan agar aman dan sehat.

Jenis Plastik Kemasan

jenis plastik kemasan

Ada 7 jenis plastik kemasan dimana masing-masing memiliki ciri-ciri dan kandungan senyawa kimia berbeda-beda. Masing-masing dianjurkan untuk tujuan khusus. Akan sangat berbahay jika jenis plastik digunakan tidak sebagaimana mestinya.

  1. PET atau PolyEthylene Terephthalate

PET adalah jenis plastik kemasan yang hanya bisa SEKALI PAKAI. Jika digunakan berulang maka lapisan polimer botol akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik dan memicu penyakit kanker.

PET biasa digunakan untuk mengemas air mineral,  saus/sambal, minyak goreng, atau botol kecap. Ciri-ciri plastik PET seperti kuat, jernih, tahan pelarut, mudah lunak pada suhu 80 derajat celcius, dan kedap air dan gas.

  1. HDPE atau High Density PolyEthylene

Jenis plastik HDPE lebih aman untuk digunakan dibandingkan PET karena memiliki sifat tahan terhadap suhu tinggi. Meski cukup aman dari reaksi bahan kimia, HDPE dapat berubah lunak jika berada pada suhu 75 derajat celcius.  Cirinya tahan bahan kimia, semi fleksibel dan lembab.

Disarankan untuk tidak menggunakan plastik ini secara berulang karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu. Senyawa antimoni trioksida dari plastik ini dapat mengakibatkan gangguan pernafasan, iritasi kulit, gangguan menstruasi dan menyebabkan keguguran bagi ibu hamil.

Contoh plastik kemasan HDPE adalah Tupperware, jus kemasan, minyak, botol susu yang berwana putih susu, botol galon air minum, dll.

  1. PVC atau PolyVinyl Chloride

PVC merupakan jenis plastik kemasan yang sulit didaur ulang, contohnya botol plastik dan plastik pemungkus. Model PVC banyak digunakan sebagai bahan atap, pipa, pakaian, dll. Sebagai bahan bangunan PVC lebih tahan lama dan mudah dirangkai.

Sangat tidak dianjurkan menggunakan PVC untuk membungkus makanan karena PVC mengandung vinyl chloride monomer (VCM), senyawa Pb, semi karbazid dan ester ftalat DEHP,DIDP) dimana kandungan DEHA nya berbahaya untuk ginjal dan hati anda.

Plastik ini ditandai dengan tanda segitiga dan nomor tiga. Memiliki sifat kuat, cukup keras namun akan  menjadi lunak jika berada pada suhu 80 derajat celcius.

  1. LDPE atau Low Density PolyEthylene

LDPE merupakan jenis plastik yang bisa didaur ulang. Jika anda ingin menggunakan plastik sebagai pembungkus makanan atau minuman, maka LDPE adalah jenis plastik yang cocok karena memiliki perlindungan yang baik terhadap reaksi kimia

Plastik dengan gambar segitiga dan nomor empat ini memiliki sifat kuat, kedap air, fleksibel dan permukannya tidak jernih. Biasa digunakan untuk plastik pembungkus makanan atau kantung plastik supermarket.

  1. PP atau PolyPropylene

PP adalah jenis plastik terbaik untuk mengemas makanan atau minuman. Jenis plastik ini lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah. Contoh penggunannya adalah botol untuk minum bayi, botol obat dan kotak makanan.

Plastik dengan gambar segitiga nomor 5 ini berbahan PP yang tahan terhadap bahan kimia, minyak dan panas namun akan melunak pada suhu 140 derajat celcius.

  1. PS atau PolyStyrene

PS mengandung bahan-bahan Styrine yang berbahaya untuk otak dan mengganggu hormon estrogen pada wanita, akibatnya ke masalah reproduksi dan sistem saraf. Jenis plastik ini hanya bisa digunakan untuk tempat makanan dan minuman untuk SEKALI PAKAI saja.

PS lebih dikenal dengan nama styrofoam dengan sifat kaku, buram, mudah dibentuk, terpengaruh terhadap pelarut dan lemak serta akan melunak pada suhu 95 derajat celcius. PS sering digunakan untuk mengemas hidangan siap saji, makanan beku, dan dapat dibuat sebagai piring, kemasan kopi, garpu dan sendok plastik.

  1. PC atau Polikarbonat

PC merupakan jenis plastik dengan ciri ringan , mudah pecah, namun jernih. Plastik ini ditandai dengan gambar segitiga nomor 7. Pada dasarnya PC aman untuk mengemas makanan atau minuman seperti penggunannya pada botol susu dan galon air minum selama tidak tergores dan menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

PC mengandung residu bisfenol A BPA) yang berbahaya bagi tubuh, jumlah zat ini tergantung pada suhu udara pada saat itu. Karenanya, PC juga tidak direkomendasikan sebagai kemasan makanan atau minuman.

Itulah 7 jenis kemasan plastik berikut ciri dan kandungannya. Sangat penting untuk kita tahu dan mengenali jenis-jenis plastik kemasan tersebut agar kita bisa memilih jenis plastik yang aman dan tidak membahayakan kesehatan.

Selamat berbisnis, tetap gunakan dan pilih plastik kemasan yang cocok  untuk produk anda namun tetap aman untuk konsumen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

By | 2017-03-29T04:22:19+00:00 March 28th, 2017|Artikel|Comments Off on Jenis Plastik Kemasan, Ciri Dan Contoh Penggunannya