Cara Membuat Yogurt Sendiri Di Rumah Yang Mudah Dan Enak

Cara Membuat Yogurt Sendiri Di Rumah Yang Mudah Dan Enak

Cara Membuat Yogurt Sendiri – Sudah tahu apa itu Yogurt, Sobat? Itu lho, minuman yang dibuat dari fermentasi bakteri susu . Biasanya Yogurt bertekstur seperti gel dengan rasa yang unik atau asam yang khas. Rasa tersebut tercipta karena fermentasi dari gula susu menjadi asam laktat.

Walaupun rasanya khas, Yogurt tersedia pula dalam varian rasa buah, vanilla, hingga coklat. Nah, tahukah sobat? Bahwa ternyata Yogurt ini dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Yogurt Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Yogurt memiliki sejumlah kandungan seperti protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6, dan juga vitamin B12. Oleh karena itu, yogurt mengandung serat vitamin yang baik untuk mengurangi kesenjangan nutrisi.

Yogurt yang memiliki kandungan asam laktat bermanfaat untuk menyehatkan gigi, bakteri baik dalam yogurt (prebiotic) dapat membantu system pencernaan tubuh, dan susu mengandung banyak kalsium sehingga dapat mencegah Oesteoporosis.

cara membuat yogurt sendiri

Untuk kecantikan, yogurt bermanfaat sebagai pengangkat sel kulit mati yaitu dapat digunakan untuk srub alami dan penghilang komedo. Yogurt berfungsi pula sebagai obat jerawat, penyembuh kulit terbakar, hingga mengatasi rambut rontok.

Wah, hebat ya minuman satu ini. Bagi anda yang ingin membuat yogurt sendiri di rumah, ini nih cara membuat yogurt sendiri. Caranya sangat mudah dan alat-alatnya pun dapat dijangkau di dapur anda.

Cara Membuat Yogurt Sendiri Yang Enak

Bahan-bahan Pembuatan Yogurt

  • Susu full cream sebanyak 600 ml (anda dapat membeli susu kemasan yang dijual di supermarket, penulis menggunakan Diamond)
  • Susuk bubuk full cream sebanyak 2 sendok makan (penulis menggunakan Dancow Full Cream)
  • Plain yogurt sebanyak 3 sendok makan (penulis menggunakan merk biokul plain)

Alat-alat Untuk Membuat Yogurt

  • Wadah
  • Panci kecil
  • Sendok
  • Kompor
  • Baskom
  • Handuk tebal

Cara Membuat Yogurt Sendiri

  1. Pertama-tama, hal yang harus anda lakukan dalam pembuatan yogurt sendiri di rumah adalah menyiapkan yogurt plain yang telah anda dinginkan di dalam kulkas. Diamkan selama satu jam dalam suhu ruang.
  2. Siapkan wadah untuk pembuatan yogurt kemudian rebuslah dalam air mendidih selama 2-3 menit kemudian angkat dan biarkan hingga dingin.
  3. Ambilah panci kecil lalu tuangkan susu full cream beserta susu bubuk ke dalam panci tersebut. Aduklah kedua bahan tersebut hingga rata. Jika anda ingin mendapatkan hasil yogurt yang kental dan creamy, pilihlah susu full cream yang non rendah lemak.
  4. Panaskan susu tersebut sambil diaduk-aduk. Pastikan bahwa api yang menyala adalah api kecil. Masaklah hingga terdapat gelembung-gelembung kecil dan busa dan jangan sampai susu -tersebut mendidih. Jika susu sudah muncul gelembung-gelembung kecil, segera matikan kompor lalu dinginkan.
  5. Jika susu sudah dingin, dingin di sini maksudnya adalah sesuai dengan suhu kuku anda, maka saatnya susu tersebut dicampurkan dengan kultur bakteri. Caranya, siapkan wadah yang telah dimasak tadi. Tuangkan 3 sendok makan yogurt plain ke dalam wadah. Tuangkan susu yang sehangat kuku sebanyak 200 ml ke wadah itu juga, lalu aduk perlahan. Tuangkan lagi sebanyak 200 ml, aduk kembali seperti langkah sebelumnya, dan terakhir tuangkan sisanya dan aduk kembali hingga rata.
  6. Jika sudah rata, tutuplah wadah hingga rapat kemudian kemudian bungkus dengan handuk tebal yang sudah disiapkan. Letakkan bungkusan tersebut di tempat hangat, anda dapat meletakannya di tumpukan baju di lemari anda. Diamkan selama 7 jam.
  7. Jika sudah didiamkan selama 7 jam, anda dapat menyimpannya di kulkas (bukan di bagian freezer). Setelah itu, yogurt anda sudah siap disajikan!

Nah itulah informasi seputar manfaat yogurt dan resep membuat yogurt sendiri di rumah yang sangat mudah. Anda dapat mencobanya dan semoga berhasil ya!

By | 2017-04-13T16:38:43+00:00 April 13th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Yogurt Sendiri Di Rumah Yang Mudah Dan Enak