Cara Membuat Permen Jelly Untuk Ide Bisnis Menjanjikan

Cara Membuat Permen Jelly Untuk Ide Bisnis Menjanjikan

Makanan ringan dengan tampilan menarik dan tekstur yang unik lebih disukai daripada makanan dengan tampilan biasa saja. Salah satu makanan ringan yang unik dan menarik dari sisi tampilannya adalah permen jelly.

Permen jelly adalah permen yang dibuat dari air atau sari buah dan bahan pembentuk gel. Salah satu merk permen jelly yang sangat populer adalah permen yupi. Sebenarnya anda pun bisa membuat sendiri permen jelly anda dengan lebih banyak variasi.

Membuat sendiri pemen jelly selain lebih hemat anda bisa mengontrol bahan yang akan anda gunakan. Mengingat bahan pembentuk gel yang digunakan untuk membuat permen jelly yaitu gelatin, ada yang dibuat dari babi. Sehingga anda perlu hati-hati ketika membeli permen jelly di pasaran.

Selain gelatin, bahan pengawet yang digunakan juga perlu diperhatikan. Dengan membuat sendiri permen jelly, anda bisa mengurangi atau bahkan  menghilangkan bahan pengawet yang digunakan. Permen jelly termasuk pangan semi basah sehingga produk ini membutuhkan zat pengawet untuk memperpanjang daya simpan.

Mengenal Aneka Bahan Pembuatan Permen Jelly

permen jelly

1. Gelatin

Gelatin adalah bahan yang diperoleh dari hidrolis parsial kolagen yang berasal dari jaringan kulit, kulit dan tulang hewan. Gelatin berfungsi untuk pembentuk gel, pengental, penjernih, pemantap emulsi, pelapis, pengikat air dan pengemulsi.

Jumlah gelatin yang dibutuhkan untuk menghasilkan gel berkisar antara 5-12% tergantung kekerasan produk yang diinginkan. Dalam permen jelly, gelatin didispersikan dalam air dan dipanaskan sampai membentuk sol.

Karena berasal dari jaringan hewan inilah maka ada gelatin yang diambil dari hewan babi, oleh karena itu waspada ketika anda memilih gelatin yang akan anda gunakan.

2. High Fructose Syrup

High Fructose Syrup dalam permen jelly berfungsi untuk penguat cita rasa, mecncegah pembentukan kristal gula, bernilai gizi tinggi, dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme dengan tekanan osmosis yang tinggi dan aktifitas air yang rendah.

3. Sukrosa

Untuk memberikan rasa manis pada permen jelly digunakan bahan sukrosa, sukrosa juga bisa sebagai pengawet. Dalam konsentrasi tinggi sukrosa menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan menurunkan aktifitas air dari bahan pangan.

4. Asam Sitrat

Asam sitrat berfungsi untuk mencegah kristalisasi, memberi rasa asam, katalisator hidrolisa sukrosa ke bentuk gula invert selama penyimpanan dan penjernih gel. Jumlah asam sitrat yang ditambahkan permen jelly berkisar antara 0,2-0,3%.

Prospek Usaha Permen Jelly

permen jelly

Usaha dalam bidang kuliner memang tidak ada matinya. Semakin hari aneka kreasi makanan dan minuman muncul namun pangsa pasar pun semakin luas. Bisa dikatakan jika bisnis kuliner merupakan bisnis sepanjang masa.

Salah satu jenis usaha di bidang kuliner adalah permen. Banyak aneka permen yang dijual di pasaran. Permen-permen tersebut sangat bervariasi dari rasa dan bentuknya. Salah satu jenis permen yang mulai berkembang adalah permen jelly.

Permen jelly sendiri berkembang dengan aneka campuran di dalamnya. Selain gelatin dan gula sebagai bahan utamanya, banyak permen jelly kini ditambahkan aneka sari buah bahkan bahan lain seperti camcau, rumput laut, yogurt, dll.

Dengan aneka inovasi ini berbisnis permen jelly lebih memungkinkan untuk berkreasi dalam produk untuk menarik minat pasar. Permen merupakan jenis panganan yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Terutama anak-anak dan remaja, permen jelly adalah produk yang banyak digemari karena rasanya yang manis, tekstur kenyal dan bentuknya yang lucu dan unik. Permen juga tidak membutuhkan bahan-bahan yang mahal, sehingga produk ini tidak membutuhkan banyak dana bahan baku.

Pasar yang luas,  harga yang terjangkau, produk yang unik dan biaya produksi yang rendah memungkinkan bisnis permen jelly sangat prospek dijalankan ke depannya.

Cara Membuat Permen Jelly

Kali ini akan kami bagikan cara membuat permen jelly. Aneka resep berikut ini selain memberikan informasi untuk anda tentang tata cara membuat permen jelly juga memberikan anda ide untuk membuat permen jelly dengan kreasi baru. Beberapa bahkan cukup menggunakan bahan-bahan yang bisa anda dapatkan dengan mudah di warung atau toko.

  1. Permen jelly roll

permen jelly roll

Bahan-bahan:

  • 1 sachet agar-agar merek swalow
  • 5 ml pasta pandan
  • 1 gelas air
  • 1 gelas gula putih
  • 2 sdm gula halus

Cara membuat permen jelly roll:

  1. Masukkan air ke dalam wadah
  2. Tuang agar-agar  lalu aduk rata
  3. Masukkan gula dan pasta pandan
  4. Masak adonan diatas kompor dengan api kecil sampai mendidih
  5. Tuang adonan ke dalam loyang ukuran 30×30 dan ratakan
  6. Tunggu adonan menjadi dingin
  7. Taburi gula halus lalu gulung
  8. Potong-potong adonan dan permen jelly roll siap dimakan

2. Permen jelly camcau

permen jelly camcau

Kreasi permen jelly camcau merupakan kreasi baru. Camcau adalah bahan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Dalam 100 gram camcau mengandung 6,23 gram serat kasar yang apabila dikonsumsi bersama buah dan sayur dapat mencukupi kebutuhan harian serat tubuh sebesar 30 gram.

 

Jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan camcau seperti penyakit degeneratif yaitu jantung koroner, demam dan sakit perut. Bagi yang sedang program diet camcau juga baik dikonsumsi karena mengandung serat tinggi dengan kadar kalori yang rendah.

Bahan-bahan:

  • 1 kg daun camcau
  • 140 gram sari agar-agar
  • 4,5 kg gula putih
  • 30 gram garam
  • Vanili
  • Air
  • Minyak sayur
  • 5 kg buah-buahan (selera)

Cara membuat permen jelly camcau:

  1. Cuci bersih daun camcau, giling dengan blender
  2. Saring gilingan daun camcau dengan saringan, ambil sari daunnya sebanyak 18 lt
  3. Cuci buah-buahan, giling dengan blender
  4. Saring gilingan sari buah dan pisahkan dengan ampasnya, ambil 6 liter sari buahnya
  5. Masak 18 lt sari buah yang dicampur dengan 140 serbuk agar-agar
  6. Tambahkan gula, aduk sampai mendidih
  7. Tambahkan garam
  8. Siapkan 3 buah panci/loyang, olesi minyak sayur
  9. Tuang adonan yang telah mendidih ke dalamnya kurang lebih setinggi 3 cm
  10. Masing-masing panci ditambahkan sari buah dan vanili
  11. Diamkan adonan sampai permen jelly mengeras
  12. Jemur adonan di bawah terik matahari sampai hilang kadang airnya
  13. Potong adonan sesuai selera

3. Permen jelly yupi

permen jelly yupi

 

Bahan-bahan:

  • 100 gram gelatin/ ganti dengan nutrijell plain
  • 150 gram gula putih/glukosa
  • 200 ml air panas
  • 160 lt air hangat
  • 1 sdm citrunzur
  • 600 gram gula kastor/ ganti dengan gulaku premium hijau
  • 1 sdt pengering bubuk (opsional)
  • Pewarna
  • Essen buah secukupnya

Cara membuat permen jelly yupi:

  1. Campur gelatin dengan air panas, aduk rata
  2. Didihkan glukosadan air hangat
  3. Masukkan adonan gelatin, masak dengan api kecil sambil terus diaduk, kurang lebih selama 10 menit
  4. Angkat
  5. Tambahkan sitrunzur
  6. Bagi kedalam beberapa wadah
  7. Tambahkan ke dalam masing-masing bagian pewarna dan  perasa
  8. Siapkan cetakan yang telah diolesi minyak sayur
  9. Tuang adonan  dan tunggu sampai adonan menjadi dingin
  10. Keluarkan adonan dari cetakan dan letakkan ke dalam nampan yang telah diberi castor sugar yang diayak
  11. Simpan atau bungkus dengan bungkus yang menarik

Menarik bukan? jika anda sedang bingung mencari ide bisnis, permen jelly mungkin bisa menjadi alternatif anda. Selain pangsa pasarnya yang luas, mendekati lebaran seperti sekarang ini, permen tentu banyak peminatnya. Semoga bermanfaat.

 

 

By | 2017-05-25T02:31:17+00:00 May 25th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Permen Jelly Untuk Ide Bisnis Menjanjikan