Hubungi Kami! (0274) 287 1809

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering dan Basah Yang Praktis Dan Mudah

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering dan Basah Yang Praktis Dan Mudah

Buah adalah salah satu bahan  makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita karena kandungan di dalamnya. Sayangnya buah sering tidak tahan lama dan cepat busuk ketika akan dikonsumsi.

Salah satu cara agar buah lebih tahan lama adalah dengan cara dibuat manisan. Selain lebih awet, aneka buah yang dibuat manisan juga lebih praktis karena tinggal dikonsumsi tanpa pelu mengupas dll.

Manisan buah adalah camilan yang enak sekaligus sehat karena terbuat dari buah-buahan. Sayang ketika kita membeli manisan di pasaran ada manisan yang diberi bahan campuran sehingga justru berbahaya.

Ada banyak jenis manisan buah yang dijual di pasaran. Manisan buah ini begitu terkenal terutama yang berasal dari daerah Bogor. Melihat warna manisan yang warna-warni saja mungkin sudah membuat kita tertarik.

Maka alangkah baiknya jika kita belajar cara membuat manisan pepaya sendiri. Membuat sendiri manisan buah juga lebih terjamin kebersihan dan  kesehatannya karena kita sendiri yang menyiapkan bahan-bahannya.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Buah pepaya memiliki cukup banyak manfaat. Selain mudah ditemukan di Indonesia, pepaya juga sangat terjangkau harganya. Jika ingin menanam sendiri, perawatan tanaman satu ini juga cukup mudah.

Pepaya mengandung banyak air namun rasanya tetap cenderung manis. Buah dengan warna hijau dan kekuningan setelah masak ini banyak disukai semua orang. Tidak hanya segar, buah pepaya juga memiliki banyak khasiat, diantaranya:

  1. Mencegah flu

Di musim hujan pasti banyak orang yang mudah terserang penyakit flu. Bagi anda yang ingin terhindar dari virus flu ini mengkonsumsi buah pepaya adalah solusinya. Buah pepaya mengandung banyak vitamin C yang berfungsi menjaga imun tubuh.

  1. Mengobati gangguan pencernaan

Khasiat buah pepaya satu ini memang sudah terbukti yaitu mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini karena pepaya mengandung enzim papain yang baik untuk pencernaah tubuh manusia.

  1. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat mematikan. Ternyata ada cara mudah untuk menghindari penyakit ini yaitu dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin setiap hari.

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan menggunakan biji buah pepaya. Hal ini karena biji buah pepaya mengandung flavanoid dan phenotic.

  1. Mencegah penuaan dini

Kecantikan memang sangat penting terutama untuk kaum hawa.  Oleh karena itu menjaga kulit agar tetap awet muda menjadi sangat penting. Buah pepaya adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kulit dan mencegah penuaan dini.

  1. Mencegah stroke

Buah pepaya juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa ini adalah salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh organ tubuh terutama untuk mencegah store. Caranya dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin setiap hari.

  1. Vitalitas pria

Aliran darah yang lancar pada Mr P sangat berpengaruh untuk meningkatkan vitalitas pria. Pepaya memiliki kandungan enzim arginine yaitu enzim yang berguna melancarkan aliran darah.

  1. Kesehatan kulit

Pepaya mengandung vitamin A, E dan C. Ketiganya merupakan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Anti inflamasi

Pepaya juga memiliki fungsi anti inflamasi. Enzim satu ini akan meredakan rasa sakit dan juga mengindarkan tubuh and a dari penyakit berbahaya seperti kanker.

  1. Meredakan peradangan

Kandungan papain dan chymopapain pada pepaya berfungsi meredakan peradangan. Jika anda termasuk orang yang mudah terluka dan sulit sembuh maka buah pepaya adalah solusi untuk anda.

Itulah 10 manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Selain 10 manfaat diatas masih banyak khasiat buah pepaya yang lain. Maka tidak heran jika buah yang manis ini memang banyak disukai oleh siapa saja.

Varietas Buah Pepaya

varietas pepaya

Pepaya sangat mudah ditemukan di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Tanaman yang mudah dibudidayakan ini telah menyebar ke seluruh penjuru nusantara dengan banyak varietasnya.

  1. Pepaya Cibinong

Ciri pepaya cibinong adalah bentuknya yang panjang dan ujungnya yang terlihat lancip. Bagian pangkal buah pepaya cibinong juga kecil dan bagian tengah terlihat lebih besar. Pada bagian luar terlihat hijau namun bagian ujung terlihat kuning.

Perbedaan pepaya cibinong dengan jenis pepaya lainnya adalah warna buah bagian dalam yang kekuningan. Rasa buah pepaya ini sangat manis dan mampu tahan lama ketika diangkut karena kulitnya yang terasa kasar.

  1. Pepaya Hawai

Pepaya hawa memiliki ukuran yang kecil, yaitu hanya mencapai 0, 6 kg saja. Dengan ukurannya yang kecil, pepaya hawai bisa dimakan oleh satu orang . Pepaya hawai juga dikenal dengan sebutan pepaya solo.

Ciri-ciri pepaya hawai adalah ukuranya yang kecil, kulit yang kuning jika matang dan rasa dagingnya yang manis dan segar ketika dimakan. Saking manisnya, rasanya tidak akan hilang bahkan setelah 2 jam pasca mengkonsumsinya.

  1. Pepaya Bangkok

Nama pepaya ini diambil dari tempat asalnya yaitu Bangkok, Thailand. Jenis pepaya ini masuk ke Indonesia tahun 1970. Ciri khas pepaya bangkok adalah kualitasnya yang unggul. Keunggulan pepaya bangkok terletak pada ukurannya yang besar dan dagingnya yang tebal. Berat pepaya ini bisa mencapai 3,4 kg.

  1. Pepaya Mas

Pepaya mas memiliki tekstur yang keras pada bagian luar. Dengan teksur yang keras ini, pepaya ini tidak akan mudah rusak misal diangkut karena tahan dari goncangan. Kulit pepaya mas akan berwarna kuning setelah matang maupun ketika masih mentah. Cara untuk membedakan pepaya yang sudah matang adalah dengan memegangnya, sebab pepaya yang sudah matang akan terasa lunak jika dipegang.

  1. Pepaya Arum Bogor

Seperti  namanya, pepaya ini berasal dari Bogor. Sebuah universitas di Bogor meneliti sebuah buah pepaya lalu dinamai pepaya arum bogor. Ciri buah pepaya ini adalah ukurannya yang kecil.

Hampir mirip dengan pepaya solo, pepaya arum bogor juga hanya bisa dikonsumsi satu orang saja saking kecilnya. Justru karena ukurannya yang kecil, pepaya ini banyak dicari karena mudah dibawa kemana-mana dan tidak cepat busuk apabila tidak habis ketika dikonsumsi.

  1. Pepaya Red Lady

Pepaya dengan nama unik ini memiliki tingkat kemanisan yang sangat tinggi. Tingkat kemanisannya bisa mencapai hingga 13% dibanding jenis pepaya yang lain. Ciri pepaya ini adalah  kulitnya yang jingga ketika masak. Sedangkan warna dagingnya adalah jingga bercampur merah .

Cara Membuat Manisan Pepaya

manisan pepaya

Manisan Pepaya Kering

Bahan-bahan:

  • 10 kg daging buah pepaya setengah matang
  • 5 kg gula pasir
  • 20 gram garam
  • 250 gram kapur sirih
  • 1 sdt natrium benzoat
  • Air secukupnya

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering:

  1. Kupas buah pepaya muda lalu pisahkan biji dari dagingnya
  2. Potong daging buah pepaya sesuai selera
  3. Siapkan larutan air terdiri dari campuran 150 lt air dan 250 gram kapur sirih
  4. Rendam potongan daging buah pepaya sampai terendam seluruhnya, biarkan selama 30 menit
  5. Angkat potongan pepaya dari rendaman air kapur sirih lalu cuci sampai bersih
  6. Siapkan wadah untuk merebus daging buah  pepaya
  7. Masak buah pepaya dalam air mendidih selama 30 menit
  8. Siapkan arutan air gula dengan perbandingan 1 kg gula putih dan 1 liter air
  9. Bila larutan gula telah tercampur, tambahkan natrium benzoat dan didihkan
  10. Masukkan potongan buah pepaya kedalam larutan gula lalu diamkan selama 1,5 jam, matikan kompor.
  11. Setelah dingin jemur buah pepaya dibawah terik matahari sampai kering

Manisan Pepaya Basah

Bahan-bahan:

  • 2 buah pepaya
  • 2 kg gula putih
  • 8 gram garam
  • 6 sdt kapur sirih
  • 4 lt air

Cara Membuat Manisan Pepaya Basah:

  1. Kupas buah pepaya lalu potong-potong sesuai selera
  2. Cuci bersih dan rendam potongan buah pepaya dalam larutan air garam ( 2 lt air dan 8 gram garam).
  3. Setelah layu, tiriskan potongan buah pepaya
  4. Siapkan larutan air kapur sirih ( 2 lt air dan 6 sdt kapur sirih)
  5. Rendam irisan pepaya kedalam air kapur sirih selama semalam
  6. Tiriskan buah pepaya lalu cuci sampai bersih
  7. Siapkan wadah lalu masukkan irisan pepaya dan tambahan 400 gram gula putih
  8. Diamkan selama 3-4 jam sampai mengeluarkan air
  9. Tiriskan dan buang airnya
  10. Masak air sisa rendaman dengan 300 gram gula putih sampai mengental
  11. Dinginkan lalu tuang ke dalam pepaya
  12. Siapkan toples lalu rendam pepaya dengan air gula selama 1 malam sampai keluar airnya
  13. Tiriskan lalu ulangi sampai air habis
  14. Manisan pepaya siap dinikmati

Itulah cara membuat manisan pepaya baik basah maupun kering. Semoga bermanfaat untuk anda.

 

By | 2017-05-22T04:03:24+00:00 May 22nd, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Manisan Pepaya Kering dan Basah Yang Praktis Dan Mudah