Kerupuk udang menjadi salah satu kerupuk terpopuler Indonesia. Teksturnya renyah dengan rasa gurih manis tidak pernah lepas dari hidangan seperti rawon dan nasi goreng. Cara membuat kerupuk udang juga tidak terlalu rumit.

Cara Membuat Kerupuk Udang Renyah Dan Manfaatnya Bagi Tubuh!

Pada umumnya kerupuk udang berwarna putih sedikit kecokelatan jika digoreng, berbentuk agak persegi ada yang kecil-kecil namun juga ada yang agak besar, dan sampai sekarang masih sangat mudah untuk didapatkan dipasar tradisional atau toko kelontong.
Di beberapa daerah kerupuk ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh seperti didaerah Sidoarjo, Cirebon dan lain-lain, yang semuanya memiliki ciri khas atau cita rasa masing-masing.

Bahan pembuatnya sangat sederhana dan peralatannnya bisa disesuaikan dengan yang ada di rumah. Hasilnya pun tidak kalah renyah dan nikmat dengan kerupuk udang pabrik.

Akan tetapi saat ini begitu banyak kerupuk yang menggunakan bahan – bahan pengawet yang tidak diizinkan atau membahayakan konsumen, seperti penggunaan boraks. Padahal untuk membuat berbagai jenis kerupuk sama sekali tidak memerlukan bahan pengawet dalam pembuatannya.

Disini saya akan memberikan resep dan cara membuat kerupuk udang yang bisa dibuat dirumah dan bahan – bahannya pun sangat mudah dicari. Berikut adalah resep dan cara membuat kerupuk udang yang sudah saya tulis.

Bahan-bahan kerupuk udang :

  • 700 gram udang segar, berukuran sedang
  • 500 gram tepung tapioka
  • 5 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sdm garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 200 ml air
  • Daun pisang, untuk membungkus adonan
  • Minyak goreng

Coba juga Ini Dia 4 Cara Membuat Kerupuk Ikan Yang Renyah Dan Gurih

Cara Membuat Kerupuk Udang :

  1. Kupas kulit udang dan buang kepalanya. Cuci udang hingga bersih lalu tiriskan.
  2. Haluskan/giling udang menggunakan blender.
  3. Campurkan udang giling, tepung tapioka, bawang putih, garam, dan gula pasir ke dalam wadah. Aduk hingga rata.
  4. Tuang air sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk.
  5. Masukkan telur, lalu uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket.
  6. Bungkus adonan menggunakan daun pisang, dan bentuk menjadi gulungan memanjang.
  7. Kukus adonan selama 3 jam hingga matang. Keluarkan lalu biarkan dingin.
  8. Iris adonan kerupuk menjadi tipis-tipis, lalu jemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering sekitar 1-2 hari.
  9. Panaskan banyak minyak. Goreng kerupuk hingga mengembang dan renyah. Angkat dan tiriskan.
  10. Siap disajikan atau disimpan dalam wadah kedap udara.

Mengenal Udang

Udang adalah salah satu hasil laut yang memiliki bentuk cukup unik. Udang juga merupakan salah satu makan laut yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain hidup di laut, udang juga hidup di berbagai perairan seperti air tawar, payau maupun genangan air lainnya. Udang termasuk golongan hewan tak bertulang belakang sehingga jika kita amati tubuh udang akan melengkung. Sekali bertelur, udang bisa mengeluarkan telur dalam jumlah yang sangat banyak. Udang bisa hidup di berbagai kedalaman. Udang dapat berenang bebas di tengah-tengah kedalaman dan banyak menghabiskan waktu di dasar laut atau perairan lainnya ketika sudah dewasa

Kandungan Nutrisi Udang

Nilai protein udang dikategorikan complete protein karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh.

100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian bagi tubuh sebanyak 41 %. Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi yaitu asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), dan isoleucine (985 mg), serta valine (956 mg).

Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.

Kalori energi yang terdapat pada udang yang sangat rendah (hanya 106 kalori per 100 gr udang) menjadikannya salah satu makanan diet yang sangat baik. Udang juga hanya memiliki kandungan sedikit asam lemak jenuh.

Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak sehat yang terdapat pada udang justru sangat tinggi yaitu Omega-3 dan Omega-6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 gr udang segar.

Memang kandungan kolsterol yang terdapat pada udang cukup tinggi yaitu 152 mg per 100 gr udang segar. Namun hampir sama halnya seperti ikan tuna dan makanan laut lain, segala manfaat nutrisi udang akan mengalahkan efek-efek negatifnya. Asam lemak esensial yang dimiliki udang mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) serta menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah sehingga baik bagi kesehatan kardiovaskular.

Berbagai vitamin yang terkandung pada udang baik jenis larut air dan lemak juga sangat tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungannya yang paling tinggi berturut-turut sesuai dengan persentase kebutuhan harian (daily value) adalah vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain.

Udang juga memiliki kandungan berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Seperti yang sudah diketahui, mineral dari bahan makanan laut lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan yang berasal dari kacang-kacangan dan serealia.

Kandungan mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai kandungan mineral penting lainnya.

Manfaat Udang

1. Udang Sebagai Penyeimbang Hormon

Manfaat yang paling utama dari mengkonsumsi udang adalah penyeimbang hormone-hormon yang ada di dalam tubuh. Khususnya, jika kita sering melakukan aktivitas olahraga, mengkonsumsi udang sangat bermanfaat. Udang memiliki banyak kandungan protein yang akan membantu memproduksi hormone dan menyeimbangkan jumlah hormone. Apalagi jika kita menginginkan peningkatan massa otot, hormone pembentuk massa otot akan dapat diproduksi dengan baik oleh nutrisi yang terdapat di dalam udang.

2. Udang Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit bebahaya seperti kanker ternyata dapat dicegah dengan mengkonsumsi udang loh. Pada 56 mikrogram di dalam 4 ons udang yang kita konsumsi, terdapat selenium dengan jumlah yang pas untuk memenuhi kebutuhan mineral selenium di dalam tubuh kita. Mineral selenium adalah zat antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Bahkan, beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa kandungan selenium yang terdapat di dalam udang dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita.

3. Udang Dapat Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes dan Anti depresi

Selain kanker, udang juga dapat menjadi faktor pencegah yang bisa dikatakan unik untuk menghindari resiko terhadap penyakit kardiovaskular, contohnya gagal jantung. Lagi-lagi, mineral selenium adalah faktor yang sangat berpengaruh pada pencegahan penyakit jantung ini. karena kekurangan mineral selenium ternyata dapat berakibat pada tingginya resiko terjadinya gagal jantung.

Penyakit diabetes yang tergolong penyakit yang cukup sulit untuk disembuhkan juga bisa kita cegah dengan memasukan udang ke dalam menu makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

Dan satu lagi, mineral selenium yang ada di dalam udang bermanfaat pula bagi pencegahaan ataupun pengobatan bagi penderita depresi.

4. Udang sebagai sumber Omega 3

Beberapa orang menganggap udang sebagai sumber kolesterol jahat atau LDL yang tinggi, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak memasukan udang ke dalam menu sehat harian. Padahal udang memiliki kandungan omega 3 yang sangat lengkap, omega 3 sangat penting untuk otak.

Banyak penelitian yang sudah membuktikan kebenaran bahwa udang memiliki kandungan omega 3 yang beragam. Di dalam empat ons udang, terkandung 50% Eicosapentaenoic Acid atau EPA dan juga Docosahexaenoic Acid atau DHA dalam presentase seimbang yakni 50%. EPA dan DHA sendiri merupakan dua jenis omega 3 yang berperan aktif guna menjaga kesehatan sistem syaraf dan sebagai faktor pencegah penyakit yang berkaitan dengan jantung.

5. Udang mengandung zat anti inflamasi

Riset membuktikan bahwa udang memiliki kandungan zat yang dapat digunakan sebagai anti inflamasi. Zat anti inflamasi tersebut tak lain adalah Astaxanthin dan selenium mineral. Astaxanthin ini terdapat pada pigmen warna yang terdapat pada cangkang udang. Zat tersebut sudah banyak diteliti dan ditemukan bahwa zat ini sangat berguna untuk mencegah maupun mengobati inflamasi.

6. Udang sebagai sumber makanan kaya protein

Udang merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan protein yang sangat baik. Karena kandungan protein di dalam udang bahkan menjadikan udang masuk ke dalam sepuluh besar makanan paling sehat di dunia. Dan, udang mengandung protein yang tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan tubuh tetapi juga memiliki kualitas protein yang sangat bagus. Kegunaan protein tentu sangat banyak. Pertumbuhan kuku, rambut maupun untuk meningkatkan massa otot.

7. Udang dapat meningkatkan nafsu makan

Jika anda merasa kurang berselara makan, maka disarankan untuk mengkonsumsi udang. Kenapa? karena udang yang mengandung banyak protein jika kita konsumsi akan membentuk zat bernama peptida. Peptida di dalam tubuh dapat merangsang pelepasan hormon yang berkaitan dengan nafsu makan yaitu hormon cholecystokinin (CCK). Jumlah cholecystokinin (CCK) inilah yang mengatur tingkat nafsu makan seseorang. Dengan adanya peptida, jumlah hormon CCK dapat diatur sehingga anda dapat memiliki nafsu makan anda kembali.

8. Udang sebagai Obat Anemia

Udang memiliki jumlah Vitamin yang tinggi dan beragam.  Di antaranya, udang memiliki kandungan vitamin B. Namun tidak hanya satu jenis vitamin B saja tetapi ada juga vitamin B jenis lainnya. Kandungan vitamin B dalam udang yaitu vitamin B6, B12, Kolin, Niasin dan asam pantotenis. Kegunaan dari vitamin-vitamin B ini adalah untuk menstabilkan tekanan darah dan dapat mencegah terjadinya anemia. Bahkan mereka yang sudah diduga menderita penyakit kekurangan darah dapat diobati dengan konsumsi udang yang disesuaikan.

9. Udang memiliki kandungan fosfor yang tinggi

Kandungan udang yang sangat kaya manfaat ini juga memiliki khasiat untuk memperkuat tulang kita. Konsumsi udang secara rutin dapat menambah kepadatan dan membuat tulang kita menjadi lebih kuat. Zat pembentuk tulang yaitu fosfor terdapat di dalam udang dengan jumlah yang sangat tinggi. Selain tulang, fosfor juga dapat menguatkan gigi-gigi kita. Karena jika tulang kita rapuh atau terjadi pengeroposan pada tulang, kesehatan pun secara umum akan menjadi terganggu. Persendian lah yang akan terasa sangat nyeri saat kita mengalami pengeroposan tulang.

Demikianlah artikel tentang cara membuat kerupuk udang renyah dan manfaatnya bagi tubuh. Anda bisa mencoba membuat berbagai inovasi unik tentang cara membuat kerupuk udang dengan menambahkan bahan lain yang membuat kerupuk udang menjadi lebih nikmat dan lezat. Terima kasih dan selamat mencoba!