Punya nasi sisa cukup banyak? masih bagus?  jangan di buang. Anda bisa memanfaatkannya menjadi olahan kerupuk. Kerupuk yang sebagian masyarakat indonesia sangat menyukainya, makan tanpa kerupuk seperti tidak makan kata penggemarnya. Disini kita akan bahas cara membuat kerupuk nasi renyah gurih dan mudah.

Cara Membuat Kerupuk Nasi Renyah Gurih dan Mudah

Cara membuat kerupuk nasi. Kerupuk adalah makanan yang terbuat dari tepung tapioka dan dicampur dengan bahan perasa seperti udang dan ikan. Kerupuk dibuat dengan cara mengukus adonan lalu dipotong tipis – tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Salah satu kerupuk yang digemari di Indonesia yaitu kerupuk nasi. cara membuat kerupuk nasi sangat mudah dan sederhana, dan bisa memanfaatkan nasi sisa untuk dibuat kerupuk nasi.

Kerupuk nasi bisa digunakan sebagai camilan saat santai atau saat berkumpul dengan keluarga. Selain renyah dan gurih, tentu kerupuk nasi juga kaya akan gizi dan menyehatkan bagi tubuh. Selain untuk camilan, kerupuk nasi bisa juga digunakan sebagai teman lauk pada saat makan.

Pada kali ini saya akan mencoba sharing tentang cara membuat kerupuk nasi, cara membuat kerupuk nasi ini sangat renyah dan gurih. Hal ini juga bisa digunakan untuk membuka sebuah usaha kerupuk nasi. Berikut adalah resep dan cara membuat kerupuk nasi.

Bahan –  bahan yang harus disiapkan yaitu :

  1. 2 piring atau lebih nasi (boleh sisa boleh yang baru.
  2. ½ kg tepung tapioka.
  3. 2 bungkus kaldu bubuk, boleh rasa ayam atau sapi.
  4. ½ sdt penyedap rasa.
  5. 100 gr udang, kupas, haluskan (jika tidak suka udang, boleh menggunakan bahan lain).
  6. Air secukupnya.
  7. Daun pisang/plastik (untuk alas).

Bahan untuk bumbu halus :

  1. 20 btr bawang putih.
  2. 1 sdt ketumbar.
  3. Garam secukupnya.

Cara membuat kerupuk nasi :

  1. Cuci bersih nasi, tiriskan. haluskan dengan cobek yang bertujuan agar nasi dapat menyatu (bisa menggunakan blender tapi nasi bisa menjadi lembek). sisihkan.
  2. Kemudian masukkan bumbu halus, kaldu bubuk, penyedap rasa dan udang, campur rata, adonan akan menjadi agak lembek. tambahkan tepung tapioka dan uleni sampai kalis (tidak menempel di tangan).
  3. Kemudian bentuk adonan bulat memanjang dan beri alas daun pisang/plastik agar adonan nanti tidak menempel dengan adonan yang lain saat di kukus, jadi fungsinya seperti sekat. lakukan sampai adonan habis.Kukus selama 30 menit sampai matang, angkat. dinginkan.
  4. Masukkan ke freezer sampai hampir membeku tujuannya untuk memudahkan dalam proses pengirisan. agar mudah dan cepat, diiris dengan ketebalan sesuai selera.
  5. Tata irisan kerupuk di tampah atau apapun, jemur hingga kering.
  6. Setelah kering, kerupuk nasi siap disantap (bisa ditambahkan bumbu tabur aneka rasa seperti rasa balado agar lebih nikmat).

Jika anda suka membuat aneka makanan keripik dan memiliki minat usaha keripik, anda bisa baca artikel berikut  Ini dia.! Resep Aneka Keripik Unik yang Cocok untuk Memulai Bisnis Anda

Mengenal Nasi

Nasi merupakan bahan pangan pokok masyarakat indonesia. Nasi memiliki warna yang putih dan berbentuk kecil serta memiliki karbohidrat yang sangat baik untuk kebutuhan energi manusia. Nasi sendiri ini merupakan hasil olahan dari beras.

Memakan nasi secara berlebihan sangat tidak baik bagi tubuh karena dapat menyebabkan diabetes akibat kandungan gula pada nasi yang cukup tinggi. Sebagai olahannya, nasi dapat disajikan bersama dengan lauk favorit, bisa juga dibuat menjadi nasi goreng atau kerupuk nasi.

Kandungan karbohidrat yang terdapat pada nasi sangat dibutuhkan bagi tubuh sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Kandungan yang terdapat pada nasi sangat banyak dan berguna untuk kesehatan. Kandungan yang terdapat pada nasi yaitu, karbohbidrat, Vitamin D, kalsium, serat, besi, dan sodium.

Mengkonsumsi nasi putih sesuai dengan takaran yang dianjurkan memiliki banyak khasiat yaitu, sebagai sumber energi, bebas kolesterol, mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah kanker, menguatkan jantung, dan mencegah terjadinya konstipasi.

Nasi putih bisa mempercepat pembentukan urin, dengan kata lain nasi putih termasuk diuretik. Nasi putih yang merupakan makanan pokok sehari-hari masyarakat Indonesia juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi.

Nasi putih memiliki kandungan mineral mangan yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dan zat gizi thiamin yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif.

Penderita gangguan ginjal atau tekanan darah tinggi biasanya menjadikan nasi putih sebagai menu makanan karena nasi putih memiliki kandungan sodium yang rendah.

Namun sebaiknya anda menghindari menu makanan yang terdiri dari nasi putih jika anda menderita penyakit diabetes.

Hal ini dikarenakan nasi putih memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan tinggi akan kadar glikemik.

Sebagai menu alternatif sebagai pengganti nasi putih anda bisa mengonsumsi beras merah yang kadar glikemik lebih rendah daripada nasi putih.

Kandungan Nutrisi Pada Nasi

Satu cangkir nasi / sebanyak 158 gram, rata – rata mengandung :

  1. Air 108,14 gram.
  2. Energi (kalori) 205 kkal.
  3. Protein 4,25 gram.
  4. Lemak 0,44 gram.
  5. Karbohidrat 44,51 gram.
  6. Serat 0,6 gram.
  7. Gula 0,08 gram.
  8. Mineral 162,67 Mg.
  9. Vitamin 2,911 Mg.

Beberapa vitamin dan mineral yang terdapat dalam takaran ini antara lain kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, sodium, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, folat, vitamin E, serta asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Manfaat Nasi

  1. Sumber Energi

Biasanya nasi dijadikan sebagai menu makanan utama karena kandungan karbohidrat dan kalori dari nasi putih yang bisa memberikan sumber energi yang besar untuk tubuh.

  1. Mendukung pertumbuhan manusia hingga tua

Nasi putih sebagai makanan utama yang dikonsumsi sehari-hari mendukung pertumbuhan manusia mulai dari masa bayi hingga tua. Nasi putih memiliki kandungan mineral dan zat-zat penting yang bisa menjadi sumber terbaik untuk menjadi makanan pokok dan membantu pertumbuhan manusia.

  1. Meningkatkan mood baik

Kandungan karbohidrat pada nasi bisa meningkatkan serotonin yang merupakan senyawa yang bisa menimbulkan rasa senang pada otak.

  1. Mencegah kanker

Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan serat insoluble pada nasi bisa mengurangi resiko tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh.

  1. Nasi non kolesterol

Nasi putih bisa dimasukkan ke dalam menu diet seimbang karena nasi putih sama sekali tidak mengandung sodium atau lemak yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Kaya akan vitamin

Nasi putih banyak mengandung mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin D, zat besi, serat, kalsium, riboflavin dan thiamine.

  1. Mengobati disentri

Kulit ari pada nasi diyakini bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi masalah penyakit disentri. Sekam padi yang berusia 3 bulan memiliki kandungan diuretic properties dimana tradisi masyarakat Tiongkok meyakini bahwa nasi putih bisa mengatasi masalah pencernaan, mengatasi sakit perut dan meningkatkan selera makan.

  1. Baik Untuk Tulang

Karena tingginya kandungan vitamin dan mineral pada nasi putih, hal ini bisa mendukung pertumbuhan tulang dengan sempurna. Nasi putih memiliki kandungan kalsium yang sangat bermanfaat untuk membentuk tulang dan mencegah osteoporosis.

  1. Baik untuk gigi

Kalsium yang terkandung pada nasi putih juga bisa mendukung pertumbuhan gigi dan pembentukan gigi yang kuat.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan yang ada di dalam nasi putih terbukti mampu menjaga kesehatan jantung. untuk itu bagi yang menderita penyakit jantung dapat mengkonsumsi nasi putih sebagai menu pokok dalam makanan.

Bahaya Terlalu Banyak Mengkonsumsi Nasi

  1. Kegemukan

Bahaya sering makan nasi akan menyebabkan terjadinya kegemukan. Kandungan utama dari nasi adalah karbohidrat. Hal ini berarti karbohidrat pada nasi akan diubah menjadi produk gula untuk kebutuhan metabolisme. Sayangnya kita kadang mengkonsumsi nasi terlalu berlebihan, padahal kita tidak membutuhkan sumber energi sebanyak itu. Jika kita mengkonsumsi nasi secara berlebihan, maka akan terjadi penumpukan karbohidrat. Karbohidrat yang terkumpul akan diubah menjadi produk gula. Ketika sudah diubah menjadi gula, maka akan digunakan untuk metabolisme sel diseluruh tubuh.

Namun gula yang tertumpuk tadi tidak akan semuanya digunakan untuk metabolisme karena kebutuhan energi tubuh tidak sebanyak itu. Akibatnya akan terjadi penumpukan gula, dan disisi lain jika kita masih tetap mengkonsumsi nasi berlebihan maka semakin bertumpuklah gula ditubuh. Gula yang berlabihan ini kemudian akan disimpan pada tubuh sebagai cadangan energi yang suatu saat akan digunakan. Namun dikarenakan pola makan nasi yang tinggi, cadangan energi tadi tidak kunjung terpakai dan terus tertumpuk pada tubuh. Cadangan energi tersebut akan tersimpan sebagai lemak tubuh yang semakin lama akan semakin menumpuk dan menyebabkan terjadinya kegemukan.

  1. Diabetes Melitus

Terlalu banyak mengkonsumsi nasi ternyata dapat memicu terjadinya penyakit diabetes. Kandungan nasi yang merupakan karbohidrat. Nasi yang kita makan akan dicerna dan dengan bantuan dari enzim tubuh akan diubah menjadi gula. Gula yang diubah menjadi bahan bakar atau metabolisme umumnya adalah hal wajar dan merupakan kebutuhan tubuh. Namun, ketika terlalu banyak mengkonsumsi nasi, makan gula yang dibentuk akan semakin banyak pula. Akibatnya gula akan terus diserap dan terakumulasi dalam darah.

Normalnya, gula dalam darah akan dibawa ke seluruh sel yang ada ditubuh sebagai bahan bakar metabolisme untuk menjaga kehidupan dan fungsi sel. Namun, agar gula tersebut dapat sampai ke jaringan atau sel target diseluruh tubuh, diperlukan bantuan hormon insulin. Hormon insulin ini dihasilkan dari organ pankreas manusia. Banyaknya mengkonsumsi nasi yang menyebabkan tingginya gula dalam darah, menyebabkan pankreas bekerja keras untuk memproduksi insulin agar gula dalam darah dapat diangkut ke seluruh sel.

Namun akibat kerja pankreas yang terlalu berat akibatnya terjadi pembebanan yang berlebihan pada kerja pankreas sehingga secara perlahan-lahan dapat merusak sel-sel penghasil insulin di pankreas (disebut sel beta pankreas), jika hal ini terus berlangsung secara lama maka sel beta pankreas akan semakin rusak.

Pada akhirnya sel yang tersisa tidak akan mampu memproduksi insulin untuk memenuhi kebutuhan yang digunakan untuk memetabolisme gula. Akibat kurangnya produksi insulin dan jumlah asupan nasi yang tetap tinggi, maka menyebabkan gula dari nasi akan semakin tertumpuk dalam darah, sehingga membuat kadar gula darah akan meningkat atau lebih tinggi dari kadar gula darah orang normal.

  1. Kurang vitamin dan serat

Dampak dari banyaknya mengkonsumsi nasi dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin dan protein yang diperlukan. Hal ini dapat terjadi ketika orang terlalu banyak memakan nasi, akan membuat tubuh kenyang tanpa jumlah yang cukup memakan lauk. Hal ini akibat konsumsi nasi yang banyak, serta kandungannya yang tinggi akan karbohidrat. Padahal kita sudah tahu bahwa kebututuhan akan vitamin dan serat dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.
Umumnya orang yang terlalu banyak mengkonsumsi nasi biasanya hanya memakan lauk berupa daging atau ikan. Hal tersebut hanya memenuhi kebutuhan protein. Namun akibat hal tersebut, orang-orang akan merasa kenyang lebih dulu dan tidak berminat lagi memakan sayur-sayuran dan buah-buahan. Akibatnya kebutuhan vitamin dan serat tidak dapat terpenuhi.

  1. Cepat lapar

Makan nasi berlebihan tidak menjamin bahwa kita akan memiliki ketahanan terhadap rasa lapar. Nasi memiliki Kadar Glycemic Indeks yang tinggi. Ketika kita mengkonsumsi nasi, maka kadar gula darah dalam tubuh menjadi meningkat. Sayangnya peningkatan tersebut akan mengalami penurunan yang membuat tubuh akan segera mendeteksinya dan membuat sebuah sistem bahwa tubuh tersebut kekurangan energi dan butuh makan.

Padahal sebenarnya penurunan kadar gula itu tidak menyebabkan tubuh kekurangan sumber energi, namun karena persepsi penurunan gula dianggap karena kekurangan energi makan akan timbul stimulasi rasa lapar yang berlebihan.

  1. Membuat kantuk

Bahaya terlalu banyak makan nasi hingga akhirnya kekenyangan banyak membuat orang menjadi merasa ngantuk setelahnya (setelah makan). Hal ini banyak membuat orang beranggapan bahwa nasi memiliki zat yang dapat membuat kantuk. Namun ada pendapat yang mengatakan bahwa, rasa kantuk yang terjadi bukan karena efek zat yang dikandung pada nasi, melainkan dampak dari kekenyangan. Makan nasi yang berlebihan akan membuat kita kekenyangan. Hal ini membuat sistempencernaan agar berusaha keras. Akibatnya diperlukan konsentrasi asupan aliran darah yang lebih besar pada sistem pencernaan tubuh. Hal tersebut akan membuat aliran darah ke otak akan menurun karena berfokus pada saluan cerna. Akibat kurangnya pasokan aliran darah ke otak, hingga  menyebabkan oksigen yang dialirkan darah pun akan berkurang menuju otak dan menyebabkan otak akan merasa kantuk.

  1. Konstipasi

Konstipasi atau susah BAB adalah dampak dari terlalu banyak memakan nasi. Kelebihan mengkonsumsi nasi hanya membuat penumpukan karbohidrat. Akibatnya kebutuhan serat tidak terpenuhi, padahal tubuh membutuhkan banyak serat untuk memperlancar pencernaan. Namun karena nasi hanya memiliki sedikit serat maka lama-kelamaan dapat menyebabkan terjadinya konstipasi saluran cerna atau susah BAB.

demikianlah artikel yang sudah saya tulis tentang cara membuat kerupuk nasi,anda bisa mencoba cara membuat kerupuk nasi ini dirumah sebagai camilan keluarga, selamat mencoba dan terima kasih!