Cara membuat kerupuk gendar tanpa bleng. Kerupuk gendar adalah kerupuk yang terbuat dari nasi sisa. Yang dimaksud dengan nasi sisa ini bukan nasi basi loh ya, namun nasi yang masih bagus tapi sudah tidak dimakan lagi atau terlalu banyak saat memasak nasi.

Ini Dia! Cara Membuat Kerupuk Gendar tanpa Bleng, Aman Dikonsumsi!

Kebanyakan orang membuat kerupuk gendar untuk mengakali nasi yang terlalu banyak misalnya dari syukuran, nikahan ataupun selamatan. Segera manfaatkan nasi selagi masih bagus (belum basi, becek ataupun berjamur). Kalau ingin menunda, simpan saja nasi sisa tersebut di dalam lemari es.

Dulunya, salah satu bahan wajib yang harus ditambahkan pada adonan kerupuk nasi sisa ini adalah bleng. Semacam garam berkonsentrasi tinggi dan berwarna sedikit orange yang ternyata adalah bentuk tidak murni dari boraks.

Semua pasti sudah mengenal apa itu boraks? Ya, salah satu zat kimia yang dilarang ditambahkan pada makanan. Boraks  sudah terbukti dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada otak, hati, ginjal bahkan berujung kematian.

Orang tua jaman dulu sering menggunakan bleng untuk memberikan tekstur yang gurih dan lebih mengembang pada kerupuk gendar. Namun sekarang kita sudah tahu betapa bahaya nya bleng bagi tubuh, hindari penggunaanya pada makanan. Ingat utamakan kesehatan keluarga!

Disini saya akan sharing tentang cara membuat kerupuk gendar tanpa bleng sehingga aman untuk dikonsumsi. kerupuk ini juga bisa digunakan untuk camilan saat menonton tv atau saat berkumpul dengan keluarga. berikut adalah bahan dan cara membuat kerupuk gendar.

Bahan Kerupuk Gendar :

  • 500 gram nasi putih
  • 2 sendok teh bawang putih bubuk
  • 2 sendok makan air matang, untuk melarutkan
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 ½ sendok teh garam
  • Terasi dan ebi secukupnya (bila diperlukan/opsional)

Cara Membuat Kerupuk Gendar :

  1. Pertama-tama, campurkan bahan-bahan untuk membuat bumbu di dalam mangkok lalu tuangi dengan air, aduk hingga bumbu telah larut.
  2. Selanjutnya tuangi bumbu ke atas nasi, kemudian uleni hingga bumbu tercampur merata pada nasi.
  3. Kukus nasi yang telah dibumbui , lalu tunggu hingga suara rice cooker selesai menanak nasi.
  4. Aduk-aduk sesaat, lalu diamkan selama sekitar 10 menit.
  5. Angkat lalu haluskan selagi masih panas. Bisa di-uleg menggunakan ulegan atau menggunakan mixer khusus.
  6. Gunakan sarung tangan plastik, ambil 1 sendok makan adonan kerupuk.
  7. Letakkan adonan di atas plastik, lalu tutup kembali dengan plastik. Giling menggunakan penggiling roti hingga adonannya tipis (semakin tipis, maka kerupuk akan semakin renyah).
  8. Setelah digiling, pindahkan adonan di atas tampah atau kertas roti.
  9. Lakukan pada adonan yang tersisa.
  10. Selanjutnya jemur hingga kering di bawah sinar matahari (bila cuaca tidak mendukung, Anda bisa memanggangnya dengan oven sampai kering (biasanya proses penjemuran memerlukan waktu beberapa hari).
  11. Setelah selesai dijemur hingga kering, goreng kerupuk pada minyak panas.
  12. Angkat, lalu sajikan.

Jika anda suka olahan kerupuk lainnya, anda bisa lihat artikel Cara Membuat Kerupuk Nasi Renyah Gurih dan Mudah.

Info Usaha Kerupuk Gendar

Kerupuk bisa dijadikan sebagai camilan dan teman makan nasi. Rasa kerupuk gendar gurih akan membuat semua kalangan menyukainya. Cita rasa yang lezat mampu membuat usaha kerupuk gendar berjalan dengan mudah. Ketika menjalankan usaha kerupuk gendar ini pastikan untuk menjalankan usaha dengan terlebih dahulu mengetahui cara menjalankan usaha, target pasar, bahan baku usaha, peralatan dan sebagainya.

Target Pasar Kerupuk Gendar

Kerupuk gendar ini disukai banyak kalangan sehingga target pasarnya bisa didapatkan dengan mudah. Mulai dari anak – anak, remaja sampai dengan orang tua bisa menikmatinya. Dengan banyaknya target pasar maka akan membuat usaha semakin mudah.

Bahan Baku Usaha Kerupuk Gendar

Pembuatan kerupuk gendar ini sangat mudah sebab bahan baku kerupuk mudah ditemukan. Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk gendar ini yaitu nasi, tepung, garam, bumbu halus dan sebagainya. Pastikan untuk menggunakan bahan kerupuk gendar yang berkualitas sehingga menghasilkan rasa yang nikmat.

Peralatan Usaha Kerupuk Gendar

Peralatan untuk membuat kerupuk gendar ini  yaitu baskom, pengukus kerupuk, oven pengering, pengemas, dan sebagainya. Supaya cepat dalam membuat kerupuk gendar ini maka gunakan  mesin usaha yang berkualitas dan memadai. Hal ini untuk mendukung kelancaran dalam menjalankan usaha kerupuk gendar.

Proses Dan Cara Membuat Kerupuk Gendar

Cara membuat kerupuk gendar begitu sederhana dan dan dapat diikuti oleh siapa pun. Proses pembuatan kerupuk gendar ini yaitu dengan mencampurkan bahan nasi dengan tepung dan bumbu aduk sampai merata. Jika sudah cetak kerupuk dengan menggunakan bantuan plastik. Jika susah kerupuk di kukus lalu dijemur sampai kering. Kerupuk gendar pun selanjutnya bisa digoreng.

Pengemasan Produk Kerupuk Gendar

Buat kemasan yang menarik dan unik supaya produk dibeli oleh konsumen. Cantumkan nama produk dengan label yang unik agar mudah diingat oleh konsumen. Daftarkan produk kerupuk gendar ini ke BPOM supaya produk lebih terpercaya. Kenikmatan dan kelezatan dari kerupuk gendar ini harus terjaga.

Promosi Produk Kerupuk Gendar

Anda bisa menawarkan produk camilan kerupuk gendar ini dengan cara menawarkan lewat media social, menawarkan pada teman atau saudara. Dengan proses promosi yang meluas maka bisa meningkatkan penjualan produk. Produk kerupuk gendar pun akan lebih dikenal dan pemasaran akan semakin mudah.

Strategi Usaha Kerupuk Gendar

Agar produk kerupuk gendar ini diminati banyak kalangan maka perlu mengetahui cara strateginya. Contohnya dengan mengemas produk secara unik sehingga membuat kerupuk gendar diminati. Buatlah kualitas kerupuk gendar yang berkualitas dan tahan lama. Berikan harga terjangkau namun berkualitas untuk produk kerupuk gendar ini.

Bahaya Bleng atau Boraks

cara membuat kerupuk gendar

Masyarakat seringkali membuat makanan, seperti kerupuk beras dengan menambahkan bleng agar awet dan lebih gurih. Tahukan Anda, bahwa bleng adalah bentuk tidak murni dari boraks? Dengan demikian, mengkonsumsi bleng sama artinya dengan mengkonsumsi boraks.

Boraks yaitu senyawa berbentuk kristal putih, tidak berbau, stabil pada suhu dan tekanan normal, serta memiliki nama kimia natrium tetraborat (NaB4O7.10H2O). Boraks sangat berbahaya jika digunakan dalam produk makanan. Jika dilarutkan dalam air, boraks akan menjadi natrium hidroksida (NaOH) dan asam borat (H3BO3). Kegunaan boraks yang sebenarnya adalah untuk bahan pembuat detergen, antiseptik, dan mengurangi kesadahan air.

Dalam bentuk tidak murni, sebenarnya boraks sudah diproduksi di Indonesia sejak tahun 1700, dalam bentuk air bleng. Bleng biasanya dihasilkan dari kawah lumpur (seperti di Bledug Kuwu, Jawa Tengah).

Bleng bersifat desinfektan atau efektif dalam menghambat pertumbuhan mikroba penyebab membusuknya makanan serta dapat memperbaiki tekstur makanan sehingga lebih kenyal. Makanya banyak nih pedagang makanan curang yang menambahkan boraks pada produk mereka. Waduh, sayang banget ya, berarti jualannya nggak berkah dong.

Tapi masih banyak kok pedagang jujur yang makanannya aman. Sebenarnya, boraks hanya boleh digunakan untuk industri nonpangan, seperti dalam pembuatan gelas, industri kertas, pengawet kayu, keramik, dan lain – lain. Jika boraks dikonsumsi dalam kadar tertentu, dapat menimbulkan sejumlah efek samping bagi kesehatan.

Efek Samping Bleng Antara Lain :

Mengapa Bleng atau borak berbahaya bagi kesehatan? Perlu Anda ketahui bahwa, bleng atau borak memiliki kandungan zat beracun yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Bleng yang telah dikonsumsi manusia, makan substansi zat berbahaya akan terserap oleh usus untuk kemudian menumpuk di dalam hati, ginjal, serta testis. Dan akhirnya kadar toksin yang terdapatl di dalam tubuh akan semakin tinggi sehingga mengakibatkan ganguan fungsi. Berikut adalah 13 efek bahaya bleng atau borak bagi kesehatan;

1. Bisa menyebabkan gangguan otak
2. Hati
3. Ginjal
4. Bleng atau borak juga dapat menyebabkan demam
5. Anuria (tidak terbentuknya urin)
6. Bisa mengakibatkan koma
7. Mampu merangsang sistem saraf pusat
8. Bisa menyebabkan depresi
9. Menyababkan apatis, yaitu kurangnya gairah dalam otaknya seperti kurang emosi dan cenderung “datar”
10. Dapat menyebabkan sianosis, atau warna kulit menjadi pucat dan kebiruan
11. Bisa menurunnya tekanan darah
12. Menyebabkan kerusakan ginjal
13. Menyebabkan pingsan

Boraks merupakan bahan beracun bagi manusia, ia bisa diserap oleh tubuh dan disimpan secara kumulatif dalam hati, otak, usus, atau testis yang berdampak dosisnya dalam tubuh semakin lama semakin tinggi. Bila konsumsi secara terus menerus bahaya borax bagi kesehatan adalah dapat menyebabkan kanker.

Boraks memiliki efek racun berbahaya yang dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Namun, bahan ini memiliki tingkat efek keracunan yang berbeda. Yang pasti adalah bahaya boraks pada makanan bagi kesehatan sangat mematikan.

Gimana? bahaya sekali kan bleng bagi tubuh. buat kalian yang dirumah jangan coba – coba mencampurkan makanan dengan bleng atau boraks ya! sangat berbahaya!

Ciri – ciri Makanan yang Mengandung Bleng

  1. Mi Basah

Mi basah yang dicampur boraks mempunyai ciri-ciri teksturnya sangat kenyal, mempunyai penampakan mengilap, tidak lengket, dan tidak mudah putus.

  1. Bakso

Bakso yang memiliki kandungan boraks mempunyai ciri-ciri tekstur sangat kenyal, warna daging cenderung keputihan dan tidak kecoklatan atau abu-abu segar, apabila digigit akan kembali ke bentuk semula, tahan lama atau awet untuk beberapa hari, serta jika dilempar ke lantai akan memantul seperti bola bekel.

  1. Lontong

Lontong yang mengandung boraks mempunyai tekstur kenyal, terasa tajam, dan sangat gurih, serta ada rasa getir.

  1. Kerupuk

Kerupuk yang memiliki kandungan boraks mempunyai ciri-ciri tekstur sangat renyah dan menimbulkan rasa getir.

  1. Gula Merah

Gula merah yang memiliki kandungan boraks mempunyai ciri-ciri sangat keras, sulit untuk dibelah, dan terlihat butiran-butiran mengilap di bagian dalam.

Peraturan Larangan Penggunaan Boraks Pada Makanan

  1. SK Kementerian Kesehatan RI No. 722/Menkes/Per/IX/1988 yang berisi tentang melarang penggunaan boraks.
  2. Boraks termasuk dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 235/Men-Kes/Per/VI/79 tentang bahan tambahan makanan yang diperbolehkan.
  3. Lampiran Peraturan dari Menteri Kesehatan RI tanggal 19 Juni 1979 No. 235/Men.Kes/Per/VI/’79 dan Peraturan SK Menteri Kesehatan RI Nomor 733/Menkes/Per/IX/1988 yang keduanya menyatakan bahwa boraks masuk dalam bahan tambahan makanan yang dilarang.

Gimana? masih mau coba buat kerupuk pake bleng? yuk berhenti menggunkan bahan pengawet seperti bleng atau borak pada sebuah makanan agar tubuh kita tetap sehat.

Ya itulah artikel tentang cara membuat kerupuk gendar yang saya buat, jika anda suka artikel ini silahkan share ke teman – teman anda. terima kasih dan selamat mencoba!