Cara Membuat Keripik Singkong Renyah, Beserta Tips Rahasianya

Cara Membuat Keripik Singkong – Keripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya dari keripik singkong adalah asin atau pedas dengan aroma bawang yang gurih.

Sehingga tidak heran jika banyak orang yang ingin memulai bisnis keripik singkong ini, selain itu ada banyak sekali jenis dari keripik singkong. Jadi tidak heran jika mereka juga saling bersaing untuk mendapatkan konsumen mereka.

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah, Beserta Tips Rahasianya

Camilan keripik singkong adalah salah satu makanan Indonesia yang disukai dan digemari sebagian masyarakat dalam negeri, keripik singkong juga banyak peminatnya dari luar negeri sebagai oleh-oleh selepas berlibur dari Indonesia.

Oleh karena itu kerenyahan dari makanan ini memang menjadi ciri khas dari makanan tersebut. Apalagi jika ditambah dengan varian rasa yang bermacam-macam menjadikan rasa camilan ini menjadi semakin dahsyat saat berada didalam mulut.

Camilan ini sering kali dijadikan makanan ringan saat perjalanan jauh atau mudik maupun saat mengerjakan pekerjaan atau tugas kuliah. Untuk membuat camilan keripik singkong yang renyah, anda juga harus bisa memilih dan memilah jenis singkong dengan kualitas yang baik.

Pembuatan keripik singkong juga terbilang mudah, singkong sebelumnya diiris tipis kemudian singkong digoreng hingga berwarna kecoklatan. Langsung saja berikut bahan-bahan dan cara membuat keripik singkong yang renyah, gurih dan enak.

 

Bahan Dan Cara Membuat Keripik Singkong

Bahan-Bahan Untuk Membuat Keripik Singkong :

  • Singkong sebanyak ½ kg
  • Cabe merah keriting sebanyak 80 gram
  • Bawang putih sebanyak 4 buah
  • Kapur sirih sebanyak 1 sendok teh
  • Garam sebanyak ¾ sendok teh
  • Gula sebanyak 1 sendok makan
  • Penyedap secukupnya
  • Minyak goreng
  • Air bersih sebanyak ½ lt

 

Langkah-Langkah Untuk Membuat Keripik Singkong :

  1. Pertama, singkong dipotong tipis sesuai selera yang anda inginkan. Selanjutnya rendam potongan singkong ke dalam air yang sudah dicampur dengan kapur sirih. Aduk rendaman singkong secara merata kemudian diamkan rendaman singkong selama kurang lebih 10 menit.
  2. Setelah 10 menit singkong direndam, angkat rendaman singkong dan bilas singkong dengan air bersih yang mengalir.
  3. Tahap selanjutnya goreng singkong yang sudah dibilas dengan minyak panas yang cukup. Minyak panas tadi sebaiknya harus menutupi semua bagian singkong. Goreng hingga singkong berwarna kekuningan atau kecoklatan.
  4. Kemudian haluskan bumbu-bumbu, seperti bawang dan cabai. Setelah itu tumis bumbu hingga harum, jangan lupa tambahkan gula dan garam agar rasanya tidak hambar.
  5. Campurkan bumbu yang sudah ditumis tadi dengan keripik singkong sambil digoreng secara bersamaan. Setelah bumbu dan singkong tercampur merata, angkat dan dinginkan singkong tadi, kemudian simpan dalam wadah yang bersih.
  6. Keripik singkong siap dihidangkan, lebih nikmat jika dinikmati bersama teh atau kopi hangat.

Untuk mendapatkan hasil keripik singkong yang baik tentunya ada beberapa kriteria singkong yang baik, untuk memilih singkong sebenarnya susah-susah gampang. Tentunya ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan saat memilih singkong yang berkualitas baik, dan tentunya singkong yang berkualias bagus akan mempengaruhi kualitas dari keripik singkong yang akan dibuat.

 

Tips Untuk Memilih Singkong Dengan Kualitas Terbaik

Cara Membuat Keripik Singkong – Bagaimana tips untuk memilih singkong dengan kualitas yang baik?? Berikut ini beberapa tips untuk memilih singkong yang berkualitas baik

  1. Pilih singkong yang notabene berukuran besar. karena singkong yang besar menandakan umbi singkong itu sudah siap panen atau singkong sudah matang. Janganlah memilih singkong yang berukuran kecil, karena biasanya singkong yang berukuran kecil masih belum siap untuk dipanen dan rasa dari singkongnya pun kurang enak ketika dijadikan keripik atau olahan lainnya.
  2. Pilih singkong yang cenderung berukuran lurus. karena ada beberapa singkong yang berukuran bengkok. Jadi usahakan pilih singkong yang berukuran lurus, dalam pemilihan singkong yang lurus ini juga akan memudahkan kita dalam hal pengupasan kulit singkong loh.
  3. Pilih singkong yang kulit atau keraknya itu sedikit kasar atau merekah. kalau ini agak susah jelasinya, mungkin kurang lebih pilih singkong seperti gambar dibawah ini.
    Cara Membuat Keripik Singkong Yang Renyah Dan Gurih
  4. Jangan pilih singkong yang sudah membiru, karena itu pertanda singkong sudah sangat lama dipanen dan cenderung singkong akan busuk.
  5. Jangan pilih singkong yang mengeluarkan lendir terlalu banyak. itu pertanda singkong tersebut sudah busuk. Sebaiknya pilih singkong yang mengeluarkan lendir yang sedikit atau tidak mengeluarkan lendir sama sekali.
  6. Pilih singkong yang masih fresh kalau untuk hal yang satu ini di usahakan kalau belum punya langganan usahakan tanya itu singkong kapan dipanen kepada pedagangnya. Biasanya kalau singkong sudah lama, singkong itu akan berubah warna kebiruan atau lebam dan ini akan sangan mempengaruhi kualitas keripik singkong.
  7. Pilih lah singkong yang mudah dikupas kulitnya, yupp ini yang paling simple, kalau singkong itu mudah dikupas kulitnya menandakan bahwa singkong itu punya kualitas sangat bagus.
  8. Pilihlah singkong yang cenderung berwarna putih dan bersih untuk daging buahnya. Itu menanadakan bahwa singkong memiliki kualitas yang sangat baik. Ini laah yang sangat mempengaruhi kualitas saat membuat keripik singkong atau makanan olahan dari singkong.

 

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Cara Membuat Keripik Singkong – Singkong juga memiliki beberapa manfaat yang ditawarkan singkong bagi kesehatan tubuh kita loo, Mari kita simak ulasannya..

  1. Singkong Menjadi Sumber Energi Bagi Tubuh

Singkong merupakan bahan makanan rendah lemak dan kolesterol, namun tinggi kalori. Kandungan kalori pada singkong bahkan hampir dua kali lipat dibandingkan kentang. Karena per 100 gram singkong mengandung sekitar 160 kalori, terutama berasal dari sukrosa yang yang membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian.

  1. Singkong Menjadi Sumber Serat

Seperti yang anda ketahui, mengkonsumsi makanan berserat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti menurunksean tekanan darah, menjaga kadar kolesterol dan membantu memperlancar pencernaan. Kandungan serat tinggi dan rendah lemak, hal ini menunjukkan kalau singkong aman dikonsumsi tanpa harus khawatir obesitas.

  1. Singkong Sumber Vitamin K

Vitamin memegang peranan dalam membangun massa tulang dengan cara memicu aktifitas osteotrophic dalam tulang. Selain itu, vitamin K juga dapat membantu membatasi kerusakan saraf di otak sehingga berguna dalam pengobatan penderita alzheimer.

  1. Sumber Vitamin B Kompleks

Singkong juga mengandung vitamin B kompleks dan beberapa kelompok vitamin seperti riboflavin, folates, thiamin, piridoksin (vit B6), dan asam patotenat. Riboflavin sendiri bermanfaat dalam proses pertumbuhan serta membantu proses produksi sel darah merah guna menghindari anemia.

  1. Sumber Mineral

Beberapa mineral penting bagi tubuh juga terdapat pada singkong, seperti seng, magnesium, tembaga, besi dan mangan. Singkong juga memiliki kandungan kalium dalam kadar yang cukup, sekitar 271 mg per 100 gram singkong. Kalium merupakan bagian penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

  1. Singkong Bebas Gluten

Singkong adalah salah satu jenis makanan yang bebas gluten. Makanan bebas gluten adalah makanan yang aman dikonsumsi penderita penyakit celiac atau intoleransi gluten.

 

Manfaat Singkong Bagi Penderita Celiac

Cara Membuat Keripik Singkong – Celiac adalah kondisi medis yang ditandai kerusakan pada usus halus yang menyebabkan hilangnya kemampuan untuk mencerna beberapa nutrisi tertentu. Kerusakan pada usus halus ini disebabkan oleh reaksi terhadap konsumsi gluten.

Bagi para penderita celiac, mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten dapat memicu beberapa efek samping. Efek samping tersebut diantaranya sakit perut, perut kembung, diare, terhambatnya pertumbuhan pada anak dan sering merasa lelah.

Selain menimbulkan efek samping seperti disebutkan di atas, konsumsi gluten bagi penderita celiac juga dapat menyebabkan komplikasi. Komplikasi tersebut diantaranya osteoporosis, berat badan bayi baru lahir di bawah angka normal, dan resiko kanker usus.

Itulah beberapa manfaat singkong bagi kesehatan. Namun perlu sobat perhatikan saat sobat hendak mengkonsumsi singkong. Karena selain bermanfaat, cara pengolahan singkong yang kurang tepat dan tidak hati-hati justru akan menimbulkan resiko bagi kesehatan sobat.

 

Tips Aman Untuk Mengkonsumsi Singkong

Cara Membuat Keripik Singkong – Berikut ini ada beberapa tips aman untuk mengkonsumsi singkong :

  1. Singkong mengandung senyawa racun alami yang bernama glikosida sianogen linamarin dan metil-linamarin. Mengkonsumsi singkong dalam keadaan mentah dapat beresiko keracunan seperti sakit perut, mual dan muntah, pusing bahkan hingga kematian. Ada beberapa jenis singkong dengan kadar racun tinggi/singkong racun seperti singkong ungu atau biasa disebut singkong genderuwo. Sangat tidak disarankan mengkonsumsi singkong jenis ini baik mentah atau matang.
  1. Mengupas kulit singkong, pengeringan singkong di bawah sinar matahari, merendam dan merebus singkong akan menguapkan senyawa racun ini sehingga singkong aman untuk dikonsumsi.
  1. Singkong akan lebih sehat jika diolah dengan cara dikukus atau direbus, bukan digoreng. Karena pada saat proses penggorengan justru mengandung lemak jahat yang terkandung di minyak saat proses penggorengan.
  1. Hindari mengkonsumsi singkong yang telah disimpan lama yang ditandai dengan timbulnya garis-garis pada daging singkong dan perubahan warna singkong pada ujung-ujungnya menjadi warna keabu-abuan.

karena dalam dunia perkeripikan, pemilihan singkong adalah menjadi hal yang sangat penting. Kalau kualitas singkongnya bagus insyaallah kualitas dari keripiknya juga akan bagus, kalau kualitas singkongnya jelek maka kualitas keripiknya pun akan jelek.

Maka dari itu anda harus benar-benar memperhatikan dalam setiap pemilihan kualitas singkong itu sendiri. karena kualitas singkong akan sangat mempengaruhi kualitas keripik singkong atau olahan singkong yang akan dibuat nantinya.

Sangat mudah kan untuk membuatnya? Jika anda tidak terlalu suka dengan rasa pedas, keripik singkong bisa juga tidak diberi tambahan cabai. Rasa dari keripik singkong bisa disesuaikan dengan rasa kesukaan anda.

Anda bisa menambahkan bumbu seperti bumbu balado, bumbu asin dan lain-lain. Pastikan untuk menyimpan keripik singkong di dalam wadah yang kering. Dengan begitu keripik singkong bisa bertahan lebih lama.

 

Peluang Bisnis Dari Keripik Singkong Atau Olahan Singkong Lainnya

Cara Membuat Keripik Singkong – Banyak orang yang tidak bisa melihat peluang usaha yang satu ini. Padahal usaha keripik singkong sangatlah menguntungkan dari berbagai segi karena keripik singkong memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh keripik jenis lainnya.

Apa saja keuntungan memilih peluang usaha keripik singkong untuk anda geluti? Simak ulasan nya berikut ini :

  1. Bahan Baku Melimpah : Peluang usaha ini memang tidak akan membuat anda kebingungan dalam mencari bahan baku karena singkong banyak ditanam di Indonesia. Banyaknya petani yang menanam singkong, membuatnya memiliki harga rendah ketika sedang musimnya.Anda memiliki kesempatan untuk membeli singkong dan menyimpan nya. Anda tidak perlu khawatir dan takut tidak mendapatkan bahan baku karena bahan baku nya sangat melimpah di pedesaan.
  1. Penjualan Mudah : Jika mengambil usaha lain mungkin anda harus memilih target usia terlebih dahulu, tetapi jika anda memilih peluang usaha ini, maka anda tidak perlu khawatir dalam hal penjualannya karena semua usia suka dengan keripik singkong.
  1. Harga Terjangkau Untung Besar : Meskipun keripik singkong biasanya dijual dengan harga murah dan terjangkau oleh semua kalangan, tetapi dengan brand yang bagus anda bisa menjualnya dalam harga yang lebih mahal juga.Meskipun harganya murah, anda sama sekali tidak boleh meremehkan penghasilan dari keripik singkong. Keripik singkong yang terlihat murah itu sangat mudah dijual dan penjualannya lebih banyak dibanding penjualan keripik lain. Oleh karena itulah penghasilannya juga selangit, jadi anda tidak perlu khawatir rugi ketika menjual keripik singkong.
  1. Modal Awal Untuk Membuka Usaha Ini Sangatlah Sedikit : Hayo siapa yang menyangka bahwa memulai peluang usaha keripik singkong sangatlah murah, dibanding jika anda memulai untuk membuka usaha lain nya. Karena anda hanya perlu mengeluarkan modal kurang dari 10jt rupiah saja. Itu pun sudah menggunakan mesin dengan kualitas terbaik.

 

Kelebihan Dari Bisnis Keripik Singkong

Cara Membuat Keripik Singkong – Prospek bisnis keripik singkong pedas masih sangat terbuka lebar. Bahkan saat ini banyak konsumen yang menjadikan keripik singkong pedas sebagai buah tangan atau oleh-oleh saat mengunjungi kota wisata yang cocok bagi sanak saudara di luar kota atau kampung halaman.

Sehingga tidak heran bila sekarang ini keripik singkong Maicih menjadi pilihan alternatif bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung, dan singkong balado pedas menjadi pilihan oleh-oleh khas dari daerah Padang.

Disamping prospeknya yang masih sangat bagus, menjalankan bisnis keripik singkong pedas tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Anda bisa memulainya dengan skala rumah tangga, dan menggunakan perabot dapur di rumah Anda sebagai sarana dan prasarana dalam memproduksi keripik singkong pedas.

Hal Yang terpenting dalam proses produksi keripik singkong ini adalah menggunakan bahan baku yang berkualitas bagus dan mengasah keahlian Anda dalam mengolah singkong. Sehingga cita rasa yang dihasilkan dari olahan singkong yang dibuat juga benar-benar berkualitas.

 

Kekurangan Bisnis Dari Usaha Keripik Singkong

Cara Membuat Keripik Singkong – Kendala usaha yang biasanya ditemui para produsen keripik singkong pedas adalah sulitnya mendapatkan persediaan bahan baku singkong dan cabai yang benar-benar berkualitas bagus.

Persediaannya yang cenderung kurang stabil, sehingga membuat harga bahan baku tersebut cenderung naik turun. Sehingga para pelaku usaha harus pintar-pintar menyiasati keripik singkong tanpa harus menaikan harga jual produk kepasaran.

Selain itu, kendala berikutnya yaitu adanya persaingan pasar yang sangat ketat. Sekarang ini jumlah produsen keripik singkong pedas sudah cukup banyak di pasaran.

Sehingga para pelaku usaha dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam menghasilkan cita rasa keripik singkong yang lezat dan melengkapinya dengan kemasan yang bisa menarik perhatian konsumen di pasaran.

 

Strategi Pemasaran Keripik Singkong

Cara Membuat Keripik Singkong – Strategi pemasaran yang perlu Anda lakukan yaitu membranding produk Anda sebagai salah satu keripik singkong dengan cita rasa dan kualitas dari produk anda berbeda dengan produsen lainnya.

Dalam hal ini Anda bisa mencantumkan merek serta slogan tertentu yang bisa menyampaikan pesan pedas atau rasa lain pada keripik singkong tersebut kepada para konsumen. Dengan strategi tersebut, diharapkan bisa menimbulkan rasa penasaran bagi para konsumen, hingga pada akhirnya mereka mulai percaya untuk mencoba produk yang anda buat.

Selanjutnya untuk memperluas jangkauan pasar, Anda bisa membuka sistem keagenan baik secara offline maupun online bagi para distributor makanan yang tertarik untuk memasarkan produk keripik singkong Anda.

Cara ini terbilang cukup efektif. Karena selain tidak dibutuhkan tambahan biaya promosi, Anda juga mendapatkan bantuan dari para agen untuk meningkatkan omset penjualan setiap bulannya.

Strategi promosi lainnya yang juga bisa Anda jalankan yaitu dengan cara mengikuti berbagai pameran UKM yang sering diadakan di sekitar daerah Anda. Melalui pameran tersebut, Anda bisa mengenalkan produk keripik singkong pedas atau rasa lainnya kepada khalayak ramai. Anda juga bisa membuka peluang usaha yang lebih besar untuk mengembangkan usaha keripik singkong tersebut.

 

Kunci Sukses Dalam Membuka Usaha Keripik Singkong

Cara Membuat Keripik Singkong – Dalam menjalankan bisnis keripik singkong pedas, yang terpenting adalah menjaga kualitas serta cita rasa dari keripik singkong yang ditawarkan dan menjamin kerenyahan keripik singkong yang dihasilkan. Kedua hal tersebut menjadi faktor penentu kualitas keripik singkong yang Anda tawarkan kepada para konsumen.

Kemudian, dukung kualitas produk Anda dengan strategi pengemasan produk yang menarik. Hal ini penting untuk menarik perhatian para konsumen dan menjadi salah satu alat bagi mereka untuk membedakan produk Anda dengan produk lainnya milik kompetitor atau saingan produk anda.

Semoga informasi peluang usaha keripik singkong ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, dan menjadi inspirasi bisnis bagi Anda yang sedang bingung untuk memulai sebuah usaha. Ciptakan peluang baru bagi bisnis Anda, dan datangkan untung sebesar-besarnya. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Salam sukses!!!.

 

Banyak Juga Resep-Resep Masakan Lainnya Hanya Disini