Cara Membuat Keripik Pisang Keju – Pisang adalah buah-buahan yang tidak jarang ditemukan di Indonesia. Buah pisang gampang di dapatkan pada seluruh tempat dan dengan harga yang relatif terjangkau. Buah pisang sesuai sebagai makanan pencuci mulut. Mengkonsumsi pisang secara teratur ternyata tidak sedikit manfaat buah pisang guna kesehatan tubuh.

resep membuat keripik pisang keju

Cara Membuat Keripik Pisang Keju  – Keripik pisang seringkali dibuat dari buah pisang yang matang. Sudah tidak sedikit jenis keripik pisang yang dipasarkan di pasaran.

Tetapi tidak terdapat salahnya bila kamu mau menciptakan cemilan ini di rumah. Cara membuatnya pun tidak terlampau sulit. Tentunya bakal lebih higienis dan bebas dari bahan pengawet. Berikut ini ialah resep keripik pisang yang renyah.

Bahan Dan Cara Membuat Keripik Pisang Keju

Bahan-bahan guna Membuat Keripik Pisang :

  • Buah pisang sejumlah 10 buah, seringkali jenis yang digunakan ialah pisang ambon
  • Garam halus secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Kapur sirih sejumlah 1 sdt
  • Air sejumlah 2 liter
  • Keju, bisa macam macam keju sesuai selera anda

Cara Membuat Keripik Pisang Keju

  1. Pertama-tama kamu harus mencukur pisang menjadi tipis-tipis. Biasanya pisang dicukur dengan format menyerong.
  2. Siapkan wadah untuk membaur air dan kapur sirih. Setelah tersebut aduk sampai kapur sirih larut di dalam air.
  3. Rendam potongan pisang di dalam air kapur sirih. Tunggu kira-kira 30 menit.
  4. Jika telah lewat 30 menit, angkat pisang lantas bilas dengan memakai air bersih. Setelah tersebut tiriskan.
  5. Siapkan wajan dan minyak goreng. Bagi menggoreng keripik pisang, maka minyak goreng yang dipakai harus menutupi semua bagian pisang. Goreng pisang sampai berwarna kecoklatan, lantas tiriskan.
  6. Setelah ditiriskan dari minyak, kamu bisa menaburi keripik pisang dengan garam.
  7. Setelah ditaburi garam, berilah topping keju di atas keripik pisang secukupnya
  8. Keripik pisang keju pun siap untuk dinikmati.

Anda tidak butuh menambahkan gula andai rasa pisang telah manis. Maka dari itu seringkali dipilih pisang yang telah matang. Tetapi ada pun tips yang melafalkan usahakan memakai pisang yang nyaris matang. Ciri-cirinya yakni masih berwarna agak hijau.

Jika kamu masih inginkan menambahkan gula, maka tersebut tergantung dengan selera anda. Keripik pisang mempunyai rasa yang manis tetapi pun gurih. Anda dapat menyimpan keripik pisang di dalam toples guna dimakan saat sedang santai atau dihidangkan guna tamu.

\Simpan di lokasi yang kering supaya keripik pisang buatan kamu tidak melempem. Bagaimana? Mudah sekali kan untuk menciptakan keripik pisang? Demikianlah resep keripik pisang yang enak dan renyah, sekarang kamu sudah dapat membuat cemilan ini guna keluarga di rumah.

Inilah Daftar 7 Olahan Pisang Kekinian yang Bikin Nagih!

Mungkin biasanya pisang hanya digoreng dengan tepung terigu, kali ini olahan pisang goreng lebih inovatif dengan topping-topping variatif. Kekinian banget, deh!Tidak juga kekinian, tapi juga sangat mudah di buat. Cocok untuk cemilan keluarga ataupun dijadikan usaha yang menjajikan. Berikut ini 7 olahan pisang yang kekinian banget.

1. Banana Spring Roll

cara membuat keripik pisang keju

Sebutan lain dari Banana spring roll adalah lumpia pisang. Cukup dengan bahan-bahan seadanya kamu bisa membuat camilan olahan pisang yang satu ini, seperti menu ala kafe-kafe. Perpaduan kulit lumpia yang renyah dengan manis dan gurihnya isian pisang membuat camilan ini bikin kamu ketagihan.

Cara pembuatannya luar biasa gampangnya, hanya dengan mencampurkan irisan pisang dan tambahan nutella atau keju yang dibungkus dengan kulit lumpia. Goreng dan sajikan dengan topping gula halus dan susu kental manis dan walaaa Banana spring roll ala kafe-kafe telah siap untuk di santap.

2. Banana Nugget

cara membuat keripik pisang keju

Jaman sekarang, siapa sih yang gak tau dengan pisang nugget? Mulai dari rasa choco oreo, coklat susu, hingga nuttela chococrunc dan masih banyak lagi pilihan rasa lainnya yang bisa anda kombinasikan sendiri.

Pisang yang dibalut dengan kulit lumpia dan tepung panir ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan sore. Mungkin Inilah salah satu jajanan kekinian yang mengangkat derajat pisang goreng.

3. Pisang Krispi

cara membuat keripik pisang keju

Pisang krispi artinya pisang yang digoreng dengan tepung terigu pada umumnya. Namun yang membedakannya dari pisang goreng lainnya adalah pilihan toping yang beraneka rasa, mulai coklat nuttela hingga yang paling populer adalah rasa matcha green tea. Pisang krispi ini membuat pisang goreng mungkin lebih nikmat dan menggoda. Kamu juga bisa lho bikin sendiri di rumah.

4. Pisang Geprek

cara membuat keripik pisang keju

Pernah denger tentang Pisang Epe, salah satu kuliner khas Makassar? Nah, mungkin yang ini hampir sama namun digeprek hingga tipis lalu digoreng kering tanpa tepung apapun. Makin mantap makannya sambil dicocolin pada sambal yang pedas. Di Makassar sendiri pisang geprek mungkin lebih dikenal dengan nama pisang peppe’ dan berbahan dasar pisang mengkal. Cocok banget untuk kamuyang lagi diet sebagai pengganti nasi.

Cara membuatnya pun cukup mudah, cukup cari pisang kapok atau pisang ambon yang masih mengkal dan goreng sebentar dengan minyak secukupnya, kemudian geprek dan rendam sebentar kedalam air garam lalu goreng kembali hingga krispi atau sesuai seleramu. Selamat mencoba!

5. Pie Pisang

Cara Membuat Keripik Pisang Keju

Lampung sebagai salah satu Provinsi penghasil pisang terbanyak di Indonesia, memang banyak memiliki buah tangan yang berbahan dasar pisang.

Salah satu jajanannya yang paling hits adalah Pie Pisang dari Yussy Akmal. Berbeda sama pie pada biasanya yang berbentuk bulat, pie pisang ala Lampung ini berbentuk lonjong dengan lengkungan mirip pisang dengan isian pastri yang beraneka ragam.

Hal lain yang membedakan pie ini dari yang lain apalagi kalau bukan bahan dasarnya yaitu pisang. Kalau anda jalan-jalan ke Lampung jangan lupa untuk mencicipi pie pisang yang lagi ngehits banget.

6. Frozen Choco Banana

Cara Membuat Keripik Pisang Keju

Olahan pisang kekinian berikutnya adalah Frozen choco banana. Jika olahan pisang kekinian biasanya di goreng, yang satu ini cukup anda dinginkan kedalam frezer.

Ambil pisang yang telah matang, potong menjadi dua bangian lalu tusung dengan stik es dan dinginkan dalam frezer. Untuk balutan coklatnya, cukup dengan lelehkan coklat batang dan celupkan pisang yang tadi telah di dinginkan. Kamu juga bisa menambahkan taburan meses ataupun kacang cincang dan yang lainnya.

7. Barongko

Cara Membuat Keripik Pisang Keju

Kota Makassar mungkin sudah terkenal dengan cemilan pisangnya yaitu pisang epe’ dan es pisang ijo. Mungkin ada satu lagi cemilan dari Kota Daeng ini yang gak kalah enaknya, masih dengan olahan pisang dan menjadi primadona di kalangan kaula muda, kue ini bernama Barongko.

Barongko yakni kue yang berbahan dasar pisang raja masak yang di blender dengan santan, gula dan tambahan tepung terigu. Keunikan kue ini, dibungkus dan dikukus dengan daun pisang yang dibentuk mirip cetakan nasi kuning. Barongko paling nikmat di sajikan saat dingin.

Sebenarnya Barongko merupakan kue tradisional suku Bugis yang resepnya di wariskan turun temurun dan biasanya hanya ditemui saat acara-acara pernikahan suku Bugis-Makassar ataupun acara-acara adat lainnya. Jika Anda berkunjung di Kota Daeng jangan lupa untuk mencicipi kue Barongko si manis dan lembut dari Makassar.

Kandungan Buah Pisang

Secara umum, kandungan gizi yang ada didalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut:

  • Kalori 99 kalori
  • Protein 1,2 gram
  • Lemak 0,2 gram
  • Karbohidrat 25,8 miligram (mg)
  • Serat 0,7 gram
  • Kalsium 8 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Besi 0,5 mg
  • Vitamin A 44 RE
  • Vitamin B 0,08 mg
  • Vitamin C 3 mg dan air 72 gram.

Kandungan buah pisang memang cukup banyak, terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain, sehingga apabila hanya mengonsumsi buah pisang saja, gizinya sudah tercukupi secara minimal.

Manfaat Lain Pisang

  1. Pisang adalah salah satu buah tropis berkalori tinggi. 100 gram dagingnya mengandung 90 kalori. Selain itu, ini mengandung serat kesehatan yang menguntungkan, anti-oksidan, mineral, dan vitamin.
  2. Buah pisang terdiri dari daging lembut dan mudah dicerna yang terdiri dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa sehingga pada saat konsumsi langsung mengisi energi dan merevitalisasi tubuh. Jadi, untuk kualitas ini adalah salah satu gigitan cepat favorit di kalangan atlet untuk mendapatkan energi instan. Ini juga merupakan salah satu makanan suplemen yang direkomendasikan termasuk dalam rencana perawatan untuk anak-anak kurang gizi.
  3. Buah pisang memiliki jumlah serat makanan yang larut (7% DRA per 100 gram) yang membantu dalam buang air besar secara teratur; sehingga mengurangi masalah sembelit.
  4. Pisang mengandung kesehatan yang mempromosikan antioksidan poli-fenolik flavonoid seperti lutein, zeaxanthin, alfa, dan beta-karoten; meskipun, dalam jumlah kecil. Bersama senyawa ini juga dapat  membantu bertindak sebagai pemulung pelindung terhadap radikal bebas yang diturunkan dari oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.
  5. Pisang adalah sumber vitamin B6 yang baik (pyridoxine); menyediakan sekitar 28% tunjangan harian yang direkomendasikan. Pyridoxine yaitu vitamin B kompleks yang penting yang memiliki peran menguntungkan dalam pengobatan neuritis, dan anemia. Selanjutnya, untuk membantu menurunkan homosistein (salah satu faktor pemicu penyakit arteri koroner (PJK) dan episode stroke) di dalam tubuh manusia.
  6. Buah Pisang juga bisa merupakan sumber ideal vitamin C (sekitar 8,7 mg per 100g). Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksius dan mengais radikal bebas oksigen berbahaya.
  7. Pisang segar memberikan kadar mineral yang memadai seperti tembaga, magnesium, dan mangan. Magnesium sangat penting bagi penguatan tulang dan memiliki peran pelindung jantung juga. Mangan dimanfaatkan sebagai co-factor untuk enzim antioksidan, superoxide dismutase. Tembaga merupakan elemen penting dalam produksi sel darah merah.
  8. Pisang segar adalah sumber potasium yang sangat kaya. 100 g buah memberikan 358 mg potassium. Kalium yaitu komponen penting cairan sel dan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, melawan efek berbahaya sodium.

Manfaat Pisang Sangat Baik Untuk Kesehatan

Menambahkan pisang kedalam menu diet harian, memiliki berbagai manfaat dalam tubuh. Pisang membantu tubuh anda untuk mencapai tujuan penurunan berat, menjaga perut tetap sehat, memberikan nutrisi yang mengatur irama jantung dan memiliki senyawa vitamin untuk kesehatan mata.

1. Melancarkan peredaran darah

Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium mebantu mengatur tekanan darah. Hal ini juga dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

2. Membantu pencernaan pada usus

Serat yang ada pada pisang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Tidak perlu untuk menggunakan obat pencahar, cukup konsumsi saja buah pisang.

Mencampur pisang dengan segelas susu, membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seprti terjadiya gejala kanker usus besar. Pisang juga digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pisang.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat pisang membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini juga melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.

Wanita juga membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, dan pria membutuhkan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang dapat mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.

4. Menormalkan Fungsi Jantung

Mengkonsumsi pisang pada saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh,mungkin akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.

Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.

Manfaat Pisang Untuk Pengobatan

Kandungan buah pisang yang mungkin kaya akan nutrisi ini, juga memberikan manfaat sebagai media pengobatan seperti berikut ini :

1. Anemia

Kandungan FE ( zat besi) membuat buah ini baik dikonsumsi untuk penderita kurang darah. Konsumsi 2 buah pisang perhari.

2. Asma

Sebuah studi yang dilakukan oleh Imperial College London menemukan bahwa anak-anak yang makan hanya satu buah pisang per hari memiliki peluang 34% lebih kecil untuk mengalami asma.

3. Liver

Buah pisang yang dipadukan dengan madu, memberikan stimulan untuk nafsu makan bagi penderita lever.

4. Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu pisang dengan ukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat.

5. Diare

Jenis makanan yang seperti saus apel dan pisang, direkomendasikan untuk perawatan diare. Elektrolit seperti kalium, akan hilang dalam jumlah besar selama masa diare, sehingga dapat membuat penderita yang terkena dampak merasa lemah.

Manfaat Pisang Mampu Menyehatkan Otak

Pisang sebagai sarapan di kalangan negara maju menjadi salah satu pilihan terbaik. Campurkan potongan pisang dengan sereal, memberikan sumber kalori yang cukup untuk mengawali aktivitas. Sebuah penelitian dengan diikuti 200 pelajar, membuktikan bahwa konsentrasi belajar mereka meningkat sejak menjadikan menu pisang pada sarapan.

Kandungan kalium pada pisang, memberikan stimulun pada otak. Pada bayi yang baru memulai memakan makanan padat, pisang menjadi pilihan yang baik karena bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.

Manfaat Pisang Baik Bagi Ibu Hamil

Seorang ibu hamil juga memerlukan konsumsi yang baik untuk dirinya dan janin yang dikandung. Asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-100 kalori terkandung dalam pisang, hal ini penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin.

Selain itu pisang juga dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula darah tetap stabil pada ibu hamil. Untuk lebih dapat menunjang pertumbuhan janin yang sehat, diperlukan juga mengkonsumsi kacang-kacangan untuk mendapatkan manfaat kacang hijaudan manfaat kacang merah.

Manfaat pisang juga mencakup banyak hal, mulai pada kebutuhan asupan makanan sehari-hari, media pengobatan hingga untuk ibu hamil. Mulailah dengan menjadikan pisang sebagai salah satu menu makanan anda.

× Whatsapp Kami!