Ternyata Bawang Bisa Dijadikan Cemilan Loh. Begini Caranya !

Ternyata Bawang Bisa Dijadikan Cemilan Loh. Begini Caranya !

Sebelum kita membahas tentang cara membuat keripik bawang seledri gurih dan renyah, alangkah baiknya kita ketahui dahulu apa saja manfaat bawang putih bagi kesehatan.

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis bumbu dapur ini. Hampir disetiap masakan selalu menggunakan bawang putih, khusunya masakan Indonesia. Ternyata dibalik bentuknya yg kecil dan mungil bawang putih memiliki kandungan tinggi dalam senyawa sulfur yang disebut Allicin, oleh karena itu bawang putih mentah terasa hambar. Namun disamping itu bawang putih memiliki manfaat bagi kesehatan.

CARA MEMBUAT KERIPIK BAWANG SELEDRI

cara membuat keripik bawang seledri

Baberapa manfaat bawang putih diantaranya yaitu :

  • Membantu mengobati jerawat

Dengan cara yang benar, bawang putih dapat membantu mengobati jerawat. Bawang putih yang dipotong atau dihancurkan akan melepaskan senyawa yang berguna sebagai pembersihan darah serta memiliki sifat antibiotik. Sehingga mereka akan membantu mengobati jerawat.

  • Mencegah kanker

Bawang putih memiliki sifat melawan kanker alami yang membantu sistem kekebalan tubuh kita. Bawang putih mampu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus, kanker pancreas, kanker prostat, kanker perut, dan kanker payudara. Mereka juga dikenal dapat menghancurkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Siapa sangka bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung kita. Bawang putih mampu mengurangi kolestrol dan menurunkan tekanan darah, sehingga ini akan mencegah penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung allicin yang dapat membantu mengurangi kadar kolestrol.

  • Mencegah pembekuan darah

Sifat pembersih yang terkandung pada bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah serta melancarkan aliran darah. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah.

  • Membantu dalam perlawanan infeksi

Bawang putih mengandung allicin, vitamin C, B6, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan flavonoid yang besar untuk melawan infeksi karena kandungan-kandungan tersebut dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus.

  • Mengobati masalah tenggorokan

Sifat antioksidan dan antibakteri yang dimiliki bawang putih dapat membantu menyembuhkan batuk, sakit tenggorokan, dan radang tenggorokan. Jika kita mengalami gatal pada tenggorokan, kita bisa menguyah sepotong kecil bawang putih atau mencampurnya ke dalam jus wortel atau jus apel. Dengan demikian, bawang putih juga dapat mencegah flu dan demam.

  • Mengurangi tingkat gula darah

Bawang putih memang dapat membantu meningkatkan insulin di dalam darah, sehingga ini dapat membantu penderita diabetes. Namun, ini tidak berarti kita berhenti melakukan pengobatan dari dokter. Tetap lakukan pengobatan dari dokter dan mencoba bawang putih sebagai pengobatan tambahan.

  • Obat sakit gigi

Sifat antibakteri dan anesthetizing pada bawang putih dapat membantu mengobati sakit gigi. Untuk mengurangi rasa sakit, ita bisa meletakan bawang putih cincang pada gigi yang sedang sakit.

  • Obat Kutil

Dalam beberapa kali, ditemukan bahwa sifat antimikroba yang kuat dari bawang putih adalah karena allicin kompleks yang dapat membunuh berbagai patogen, termasuk virus yang menyebabkan kutil. ada 4 tahapan untuk menghilangkan kutil dengan bawang putih, yaitu :

  1. Gosokkan terlebih dahulu bawang putih ke bagian kecil kulit untuk mengetahui apakah kulit Anda sensitif terhadap bawang putih atau tidak.
  2. Sebelum menempelkan bawang putih, bersihkan dan keringkan area kulit yang terkena kutil. Cuci tangan Anda lalu cuci area yang terkena kutil. Gunakan sabun dan air hangat. Keringkan area tersebut menggunakan handuk dari katun.
  3. Ambil satu siung bawang putih dan memarkan menggunakan bagian samping pisau. Gosokkan bawang putih yang telah dimemarkan pada area tersebut atau potong bagian ujung siung bawang putih agar cairannya meresap ke dalam kutil.
  4. Tempelkan bawang putih langsung di atas kutil. Tutup bawang putih dan kutil menggunakan perban atau selotip jika menginginkan. Jangan menempelkan bawang putih di area yang tidak terkena kutil.
  • Melindungi Kulit dan Rambut

Sifat menyegarkan bawang putih melindungi kulit dari efek radikal bebas dan memperlambat penipisan kolagen yang menyebabkan hilangnya elastisitas pada kulit yang menua. Ini juga merupakan obat yang efektif untuk mengobati infeksi jamur seperti kurap.

cara membuat keripik bawang seledri

Dari beberapa manfaat diatas, bawang putih juga memiliki efek samping apabila dikonsumsi secara tidak wajar yang menyebabkan beberapa efek samping. Ketika dikonsumsi, bawang putih dapat menyebabkan bau mulut, sensasi terbakar, mual, muntah, bau badan, dan diare.

Sebelum Anda menggunakan bawang putih sebagai obat, disarankan untuk berkonsultasi dulu pada dokter karena bawang putih dapat bereaksi dengan obat-obatan tertentu seperti pengencer darah.

Cara Makan Bawang Putih Mentah

  1. Blender 1 siung bawang putih hingga halus, lalu campurkan kedalam teh lemon dan madu. Dengan begitu rasanya tidak akan begitu menyengat karena tertutupi oleh manisnya madu dan asamnya lemon.
  2. Dengan cara langsung mengunyahnya tentu membuat mulut terasa panas dan baunya yang menyengat tidak mengenakan. Nah daripada mengunyahnya lebih baik di tumbuk terlebih dahulu lalu makan dan telan. Setelah itu diikuti dengan minum susu atau madu untuk menutupi rasa dari bawang putih.
  3. Campurkan dengan kentang rebus. Caranya yaitu setelah kentang rebus dipasak dan didinginkan taburkan bawang putih cincang, lalu makan.
  4. Campurkan pada irisan bawang putih pada masakan sayur anda. Apapun masakan sayur anda, ketika sudah masak campurkan irisinan bawang putih mentah pada mangkus sayur Anda. Lalu, makanlah dengan nasi seperti biasa anda makan.

Baca Juga : Cara Membuat Keipik Pisang Cokelat

Cara menyimpan bawang putih segar.

  1. Beli atau petik bawang putih yang segar dan keras. Hal ini penting karena semakin segar bawang putih Anda, maka akan lebih lama dia bisa disimpan.
  • Bawang putih harus keras dengan kulit kering seperti kertas dan tidak bertunas.Bawang putih yang lunak menandakan bahwa bawang putih sudah terlalu matang sehingga tidak akan bisa disimpan dalam waktu lama.
  • Hindari bawang putih yang berkerut atau yang disimpan dalam lemari pendingin di supermarket.
  1. Keringkan bawang putih setelah Anda petik sebelum disimpan.Mengeringkan bawang putih yang Anda tanam sendiri sebelum disimpan akan membuat rasanya semakin kuat.
  • Cuci bawang putih yang baru Anda petik dan biarkan mengering dalam ruangan gelap yang bebas lembap selama sekitar satu minggu.
  • Anda bisa menggantung bawang putih dari batangnya untuk membuatnya kering.
  1. Simpan bawang putih pada suhu ruang.Banyak orang membuat kesalahan dengan menyimpan bawang putih di dalam lemari es, padahal bawang putih sebenarnya disimpan paling baik pada suhu ruang yaitu sekitar 16 derajat celsisus.
  • Jika Anda memiliki bawang putih halus, Anda bisa menyimpannya di dalam lemari es setelah memasukkannya ke dalam wadah tertutup rapat untuk beberapa waktu, tapi gunakanlah segera mungkin.
  • Bawang putih tidak disarankan untuk dibekukan, karena hal ini akan mengubah konsistensi dan rasanya.

cara membuat keripik bawang seledri

  1. Simpan bawang putih dalam tempat yang memiliki aliran udara baik.Menyimpan bawang putih Anda dalam tempat yang memiliki aliran udara baik akan membuat bawang putih bisa “bernapas” sehingga memperpanjang masa penggunaannya.
  • Bawang putih bisa disimpan dalam keranjang jala, atau mangkuk yang memiliki lubang ventilasi dan bahkan kantung kertas.
  • Jangan simpan bawang putih segar di dalam kantung plasik atau wadah kedap udara. Hal ini bisa menyebabkan pertunasan dan bawang putih ditumbuhi jamur.
  1. Simpan bawang putih segar dalam tempat yang gelap dan kering.Lemari dapur atau bagian pojok dapur bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk hal ini.
  • Jauhkan bawang putih dari sinar matahari dan kelembapan untuk mencegah pertunasan.
  1. Gunakan bawang putih segera setelah Anda membuka umbinya.Umur simpan bawang putih akan berkurang secara signifikan setelah Anda membuka umbi bawang putih untuk mengambil siungnya.
  • Jika bawang putih mulai terasa lunak, atau siungnya telah ditumbuhi tunas di bagian tengahnya, maka inilah saat Anda harus membuang bawang putih Anda.
  • Umbi bawang putih utuh bisa disimpan hingga 8 minggu jika disimpan dengan benar. Sedangkan siung bawang puti bisa bertahan selama 3 hingga 10 hari.
  1. Perhatikan bahwa bawang putih “new season” berbeda dengan bawang putih biasa.Bawang putih jenis ini harus segera dimasukkan ke dalam lemari es setelah dipetik.
  • Juga disebut sebagai bawang putih muda, bawang putih yang dipanen pada awal musim panas ini memiliki rasa yang ringan. Bawang putih ini tidak perlu dikeringkan dan bisa disimpan dalam lemari es hingga satu minggu.
  • Bawang putih “new season” memiliki rasa yang lebih ringan dibandingkan dengan bawang putih biasa dan bisa digunakan untuk menggantikan bawang bombay dan daun bawang dalam masakan.

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Tahu Sederhana

Cara menyimpan bawang putih dngan pengawetan.

  1. Membekukan bawang putih. Walaupun beberapa orang menolak membekukan bawang putih, karena bisa mengubah tekstur dan rasanya, membekukan bawang putih bisa menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang jarang menggunakannya. Ada 2 cara membekukan bawang putih :
  • Anda bisa membekukan bawang putih utuh, yang belum dikupas dengan membungkusnya di dalam kantung plastik atau alumunium foil, atau meletakkannya dalam kantung freeze, dan memasukkannya ke dalam freezer. Lalu ambil siung bawang putih sesuai kebutuhan.
  • Anda bisa mengupas siung bawang putih, menghaluskan atau mencincang halus kemudian memasukkannya ke dalam kantung plastik. Jika bawang putih beku ini kemudian saling menempel, gunakan dengan memarutnya sesuai kebutuhan Anda.
  1. Menyimpan bawang putih di dalam minyak. Untuk menyimpan bawang putih dengan aman di dalam minyak :
  • anda bisa mengupas setiap siung bawang putih dan merendam seluruhnya di dalam minyak menggunakan wadah kaca atau plasik. Tutup wadah ini rapat-rapat dan masukkan langsung ke dalam freezer. Gunakan sendok untuk mengambil bawang putih saat dibutuhkan.
  1. Menyimpan bawang putih di dalam minuman anggur atau cuka.Bawang putih yang telah dikupas bisa dibuat menjadi acar dalam anggur atau cuka dan disimpan dalam lemari es hingga empat bulan.
  • Untuk menambahkan rasa pada acar bawang puti Anda, tambahkan satu sendok makan garam (untuk setiap cangkir cairan) bersama dengan cabai kering, oregano, rosemary atau bay leaf. Goyangkan wadah untuk mancampurkan semua bahan yang telah Anda masukkan.
  • Walaupun acar bawang putih bisa bertahan di dalam lemari es selama empat bulan, Anda harus membuangnya jika ada pertumbuhan jamur di permukaannya. Jangan menyimpan acar bawang putih di suhu ruang, karena jamur akan tumbuh dengan sangat cepat.

cara membuat keripik bawang seledri

  1. Keringkan bawang putih.Salah satu cara yang mudah untuk mengawetkan bawang putih Anda adalah dengan mengeringkannya. Bawang putih kering akan memadat, sehingga bawang putih dalam jumlah banyak sekalipun akan terlihat sedikit dalam dapur Anda. Saat digunakan untuk memasak, bawang putih kering akan menterap air dan memberikan rasa yang lezat bagi masakan Anda.
  • Anda bisa mengeringkan bawang putih dalam pengering makanan dengan mengupas dan membelahnya menjadi dua bagian sama panjang. Anda sebaiknya hanya menggunakan siung bawang putih yang utuh tanpa cacat untuk dikeringkan. Letakkan dalam nampan pengering Anda dan ikuti petunjuk penggunaannya untuk menentukan pengaturan panas yang tepat.
  • Jika Anda tidak memiliki pengering makanan, Anda bisa menggunakan proses yang sama tapi menggunakan oven. Letakkan bawang putih yang telah dibelah menjadi dua bagian ke nampan panggangan, dan panggang pada suhu 60 derajat celsius selama 2 jam.
  1. Membuat garam bawang putih. Anda bisa menggunakan bawang putih kering untuk membuat garam bawang putih, yang akan memberikan rasa bawang putih lembut yang lezat saat memasak.

Untuk membuat garam bawang putih, haluskan bawang putih kering menjadi bubuk halus. Tambahkan empat bagian garam untuk setiap bagian bubuk bawang putih dan proses selama satu atau dua menit agar tercampur merata.

  • Jangan memproses bawang putih bubuk dan garam lebih dari dua menit karena hal ini akan membuatnya menggumpal.
  • Simpan garam bawang putih dalam wadah kaca yang bertutup rapat dalam lemari dapur yang gelap dan dingin.
cara membuat keripik bawang seledri

Selain sebagai bumbu dapur dan dan berbagai manfaat yang ada pada bawang putih, ternyata bawang putih juga dapat disulap menjadi keripik bawang seledri, mau tau bagaimana cara membuat keripik bawang seledri yang gurih dan renyah? tanpa berlama-lama silahkan simak resepnya dibawah ini.

 

CARA MEMBUAT KERIPIK BAWANG SELEDRI

CARA MEMBUAT KERIPIK BAWANG SELEDRI

Bahan Utama :

  • Tepung tapioka 250 gram.
  • Tepung sagu 150 gram.
  • Baking powder ½ sendok teh.
  • Daun seledri 3 batang (cincang halus).
  • Margarin 4 sendok makan.
  • Telur ayam 1 butir.
  • Air secukupnya.
  • Minyak goreng.

Bumbu halus :

  • Bawang merah ½ kg.
  • Bawang putih 4 butir.
  • Garam
  • Gula pasir secukupnya.
  • Penyedap rasa secukupnya.

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama siapkan bahan utama dan bumbu yang sudah dihaluskan. kemudian kocok menggunakan mixer hingga merata dan tambahkan air sedikit demi sedikit.
  2. Pindahkan adonan ke talenan atau meja yang datar. Gilas adonan dengan botol kaca atau bambu hingga tipis lalu bentuklah sesuai keinginan.
  3. Panaskan minyak lalu goreng adonan hingga berwarna kuning kecoklatan. Jika sudah, angkat dan tiriskan.
  4. Keripik bawang seledri siap di hidangkan.

TIPS :

Apabila anda ingin keripik bawang seledri terasa pedas, silahkan tambahkan bubuk balado sesuai selera, kocok / aduk hingga merata. Selain itu bisa juga dengan menyiapkan saus pedas yang ditaruh pada piring kecil, kemudian silahkan anda colek-colek keripik dengan saus sesuai selera.

Namun jika anda hanya ingin keripik seledri yang gurih dan renyah saja, maka tidak perlu menambahkan apapun yaa.

cara membuat keripik bawang seledri

Peluang Usaha

Keripik bawang seledri gurih dan renyah ini cocok untuk dijadikan sebagai peluang usaha menengah kebawah. Karena pemanfaatan dari bawang untuk di olah menjadi makanan ringan masih tergolong jarang ditemui.

Anda bisa memulai peluang usaha ini dengan langkah awal seperti membuat beberapa sample keripik bawang seledri untuk dititipkan di warung-warung kecil. Setelah usaha keripik bawang seledri anda banyak mendapat respon positif dari masyarakat, anda bisa mengembangkan usaha ini menjadi lebih berkembang lagi.

Itulah uraian mengenai cara membuat keripik bawang seledri, cukup mudah bukan? Bagi anda yang tertarik dengan makanan ini, anda bisa langsung membuatnya di rumah dengan menerapkan resep di atas. Selamat mencoba!

By | 2017-11-17T12:18:44+00:00 November 14th, 2017|Artikel|Comments Off on Ternyata Bawang Bisa Dijadikan Cemilan Loh. Begini Caranya !