Cara Membuat Kemasan Plastik Dengan Vacum Sealer

Cara Membuat Kemasan Plastik Dengan Vacum Sealer

Anda pelaku usaha kuliner? Jika iya anda akan membutuhkan kemasan untuk mengemas produk anda bukan? Ada begitu banyak bahan kemasan yang bisa anda pilih salah satunya berupa plastik. Dan berbagai cara membuat kemasan plastik.

Ketika mengemas menggunakan plastik, selain memilih jenis plastik kemasan yang cocok anda juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti desain kemasan, bentuk kemasan dan cara mengemas. Cara membuat kemasan plastik yang anda pilih akan mempengaruhi kualitas produk tersebut.

Terutama jika produk anda berupa keripik, maka sudah sebuah keharusan bagi anda untuk  menjaga produk anda  agar tetap renyah dan dalam kondisi baik tidak remuk atau tengik ketika sampai ke konsumen.

Cara membuat kemasan plastik kedap udara adalah cara yang paling cocok untuk jenis makanan berupa keripik ini. Sebab, dengan sistem kedap udara, makanan akan terjaga dengan baik karena terhindar dari kontaminasi dari luar.

Untuk melakukannya, anda akan perlu sebuah alat berupa mesin vacuum sealer press plastik. Mesin ini membantu anda mengemas produk dengan sistem kedap udara dimana produk akan terjaga agar tetap bersih, renyah, aman dan tahan lama.

Selengkapnya mengenai kemasan plastik, cara membuat kemasan plastik dan keuntungan menggunakan press plastik akan dibahas dibawah ini.

Fungsi Kemasan Untuk Produk

cara membuat kemasan plastik

Kemasan sebuah produk akan sangat mempengaruhi minat konsumen. Namun yang paling penting adalah tujuan utamanya yaitu untuk menjaga kualitas produk di dalam kemasan itu sendiri.

Oleh karena itu, memilih bahan pengemas dan cara mengemas yang paling tepat sangat dibutuhkan untuk menjadikan produk anda terlindungi, terjaga dan tahan lama.

Selain itu model kemasan juga perlu anda perhatikan, kini sangat banyak ide dan inovasi yang bisa digunakan. Sebab, tidak dipungkiri jika desain kemasan yang unik dan menarik juga akan menjadi daya tarik tersendiri untuk produk anda.

Plastik Sebagai Kemasan Makanan

cara membuat kemasan plastik

Kini konsumen semakin cerdas, mereka akan memilih produk dengan mutu tinggi, segar atau dapat disiapkan di rumah, hal ini menjadikan plastik sebagai pilihan bahan kemasan yang paling tepat karena mampu memenuhi tuntutan konsumen.

Banyaknya jenis plastik di pasaran membuat anda perlu pengetahuan untuk memilih jenis plastik yang tepat untuk mengemas produk anda. Kesalahan dalam memilih jenis plastik akan merugikan anda dimana hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada produk yang dikemas.

Bahan-bahan pertimbangan yang dibutuhkan untuk memilih jenis plastik yang cocok adalah kemasan tersebut harus dapat melindungi produk dari kerusakan baik fisik maupun mekanis, melindungi produk dari sinar ultra violet, memiliki daya lindung yang baik terhadap uap dan gas dan tahan terhadap bahan kimia.

Kemasan plastik bisa berbentuk kemasan kaku atau mudah dibentuk/fleksibel. Kemasan plastik fleksibel cocok untuk mengemas produk padat yang tidak memerlukan perlindungan khusus.

Contoh produk makanan yang perlu dikemas menggunakan plastik fleksibel yaitu keripik. Sedangkan produk yang memerlukan perlindungan khusus seperti produk berbentuk pasta atau cair maka membutuhkan plastik kaku.

Langkah – langkah Untuk Menjadikan Plastik Sebagai Kemasan

  1. Menentukan ukuran dan bentuk kemasan yang diinginkan
  2. Menentukan jenis plastik yang akan digunakan
  3. Mencari cara membuat kemasan plastik yang cocok
  4. Mencari alat untuk mengemas yang pas

Cara Membuat Kemasan Plastik

cara membuat kemasan plastik

Setelah menemukan jenis plastik yang pas maka saatnya untuk menentukan cara membuat kemasan plastik.

  1. Cara Manual

Cara membuat kemasan plastik dengan sistem manual adalah merekatkan plastik menggunakan nyala api. Beberapa pelaku usaha masih menggunakan metode ini karena beberapa alasan.

Selain itu, ada juga yang diikat menggunakan tali. Kedua cara manual ini tentu memiliki kelemahan seperti pengemasan yang tidak rapi, berpotensi bocor, terdapat lilitan, resiko kecelakaan, dll. Meski mungkin lebih murah, cara manual kurang efektif untuk mengemas produk.

  1. Cara Modern

Salah satu cara membuat kemasan plastik dengan cara modern adalah menggunakan mesin press plastik.  Press plastik/vacum selaer adalah cara mengemas makanan dengan menghampakan udara dalam kemasan. Dengan cara ini, produk akan aman, fresh, awet dan menarik.

Melalui pengemasan yang modern ini, kemasan yang anda pilih berupa plastik akan berfungsi maksimal dalam melindungi produk dan juga dari kontaminasi atau gesekan.

Cara Membuat Kemasan Plastik Dengan Vacum Selaer

Untuk membuat kemasan makanan menggunakan vacum selaer alat yang anda butuhkan berupa alat press plastik berupa mesin vacum sealer. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Colokkan kabel mesin dengan kontak listrik
  2. Atur mode pada mesin
  3. Tunggu beberapa saat agar mesin siap untuk mengemas produk anda
  4. Menempatkan plastik yang telah diisi makanan dengan posisi yang tepat agar hasilnya bagus, rapat dan tidak rusak.
  5. Jika dirasa sudah tepat, maka selanjutnya tekan mesin press, lihat dan dengar suara mesin. Jika pengepressan selesai, mesin akan menyala pada tombol warna merah dan mengeluarkan bunyi. Itu tandanya bahwa anda perlu untuk mengangkat plastik dan mengakhiri proses pengepresan dengan mesin vacum sealer.

Keuntungan Menggunakan Press Plastik/Vacum Sealer

cara membuat kemasan plastik

  1. Mengurangi Tingkat Kecelakaan

Ketika menggunakan cara manual, ada ancaman kecelakaan ketika mencoba untuk merekatkan plastik dengan nyala api. Namun, dengan menggunakan mesin pess plastik kemasan tinggal di press tanpa takut ada bahayanya.

  1. Mempermudah pengemasan

Pengemasan produk selain membutuhkan cara yang tepat juga membutuhkan kecepatan. Dengan pengemasan yang cepat, waktu kerja akan  lebih efektif. Dibanding dengan cara manual, menggunakan mesin press plastik tentu akan lebih cepat.

  1. Kemasan Makanan Lebih Rapi

Kerapian kemasan juga sangat berarti untuk memikat hati konsumen. Tentu dengan mesin press hasilnya akan lebih rapi dibanding cara manual yang biasanya akan terlihat berantakan dan banyak lilitan.

  1. Harga Jual Lebih Mahal

Hasil mengemas dengan press plastik akan rapi dan ini tentu akan menjadikan tampilan produk lebih menarik. Maka, dengan tampilan seperti ini, produk akan terlihat lebih elegen dan membuat harganya lebih mahal.

  1. Mengurangi Kontaminasi

Dengan cara di press hal ini akan menjadikan bakteri atau hewan lain tidak bisa masuk ke dalam kemasan, sehingga produk akan lebih higienis.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara membuat kemasan plastik.  Semoga membantu anda untuk memilih cara membuat kemasan plastik yang tepat untuk produk anda.

Namun selain itu anda juga perlu memperhatikan bahwa ada sebab lain selain cara mengemas yang dapat menyebabkan makanan menjadi melempem atau tengik.

Misalnya keadaan makanan yang masih panas ketika dikemas atau makanan yang masih mengandung minyak. Selamat berwirasuaha.

 

 

 

 

 

 

 

 

By | 2017-03-29T04:24:41+00:00 March 28th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Kemasan Plastik Dengan Vacum Sealer