Ini Dia Kegunaan, Manfaat, Efek Samping Dan Cara Membuat Bubuk Kunyit yang harus anda ketahui, Ampuh Untuk Diabetes.

Ini Dia Kegunaan, Manfaat, Efek Samping Dan Cara Membuat Bubuk Kunyit yang harus anda ketahui, Ampuh Untuk Diabetes.

cara membuat bubuk kunyit – Kunyit atau yang lebih terkenal dengan nama kunir adalah salah satu tanaman rempah – rempah asli Asia Tenggara sehinggga keberadaannya banyak dijumpai dan tersebar di wilayah asia.

Namun selain di wilayah asia tanaman ini juga dapat ditemui di beberapa negara lainnya seperti australia dan juga afrika.

cara membuat bubuk kunyit

Kegunaan Kunyit

Kunyit sendiri adalah salah satu rempah yang kaya akan tradisi dan juga nutrisi bermanfaat sehingga kunyit memiliki banyak kegunaan.

Bagi negara asia makanan dengan cita rasa rempah yang kuat sudah menjadi ciri khas tersendiri, selain rasa, warna dari makanan juga menjadi primadona tersendiri.

Seperti di Indonesia makanan dengan warna kuning atau merah kental menandakan bahwa makanan tersebut kaya akan rempah yang menggugah selera.

Dan kunyitlah yang berperan penting dalam membuat makann tersebut terlihat lebih lezat dan berselera.

Bukan hanya untuk pewarna makanan namun kunyit juga digunakan dalam berbagai ritual budaya suatu negara.

Seperti digunakan sebagai lulur wajah dan tubuh dalam ritual sebelum pernikahan seperti yang dilakukan di India dan juga beberapa suku di Indonesia.

Masyarakat jaman dulu mempercayai bahwa kunyit dapat mencerahkan kulit sehingga banyak digunakan sebagi bahan masker.

Selain untuk makanan dan kecantikan kunyit juga banyak digunakan untuk obat tradisional.

Ada banyak resep ramuan jamu tradisional jaman dulu yang menggunakan kunyit sebagai bahan obat.

Seperti saat badan panas atau gatal alergi, orang jaman dulu akan memarut kunyit dan menambahkannya sesendok madu sebagai obat.

Begitu pula saat  wanita sedang datang bulan, para ibu pasti akan membuatkan ramuan kunir asem untuk melancarkan haid dan juga mengurangi nyeri.

 

Kandungan Kimia Dalam Kunyit

Ada banyak senyawa kimia bermanfat yang terdapat pada kunyit, salah satu yang terkenal adalah kurkumin yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

Nah berikut senyawa kimia lainnya yang ada dalam kunyit :

  • Desmetoksikum 10%
  • Bisdesmetoksikumkurkumin
  • Minyak Atsiri
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Protein Pati
  • Vitamin C
  • Garam mineral seperti fosfor, kalsium dan zat besi.

 

Cara Membuat Bubuk Kunyit

Menyimpan kunyit dalam bentuk fisik atau utuh pasti akan membuat dapur anda penuh sesak karena kunyit memiliki ukuran besar dibandingkan dengan rempah – rempah lainnya.

Nah salah satu cara alternatif yang bisa anda gunakan untuk menyimpan kunyit adalah dengan cara menjadikannya dalam bentuk bubuk seperti yang banyak dilakukan orang india.

Nah berikut cara membuat bubuk kunyit dengan mudah dan praktis bahkan bisa anda jadikan peluang usaha.

 

Bahan :

  • Kunyit
  • Air untuk merebus

 

cara membuat bubuk kunyit

 

Proses Awal

  • Pilihlah kunyit yang bagus dan masih segar kemudian cuci sampai bersih sehingga tidak ada sisa tanah atau kotoran.
  • Pananskan air bersih, kemudian rebus kunyit sekitar 30 menit.
  • Angkat lalu siram dengan menggunakan air dingin, tiriskan.
  • Setelah kunyit dingin, ambil kunyit lalu potong kecil – kecil untuk memudahkan proses pengeringan dan penggilingan.
  • Jemur di bawah sinar matahari sampai kering.

 

Proses Penggilingan

  • Untuk menghaluskan kunyit anda bisa menggunakan blender untuk pembuatan bubuk skala kecil.
  • Namun untuk pembuatan skala besar atau usaha gunakan mesin penggiling agar lebih menghemat waktu dan listrik.
  • Masukan kunyit ke dalam mesin penggiling atau blender, haluskan sampai lembut.
  • Kemudian ayak bubuk kunyit, simpan bubuk kunyit yang sudah halus dan haluskan kembali bubuk kunyit yang belum lembut.

 

Proses Penyimpanan dan Pengemasan

  • Simpan kunyit bubuk ke dalam wadah kedap udara seperti toples untuk penyimpanan sehari – hari.
  • Namun untuk anda yang ingin menjadikannya peluang usaha ada bisa membungkus bubuk kunyit menggunakan plastik.
  • Kemudian pres menggunakan alat pres plastik agar kualitasnnya terjaga.

 

Proses Pemasaran

  • Untuk pemasaran sendiri pastikan anda memiliki brand agar produk yang anda hasilkan bermutu baik dan konsumen percaya terhadap produk anda.
  • Anda bisa mulai menitipkannya di warung – warung dan menjualnya pada orang terdekat di sekitar.
  • Atau bisa juga anda pasarkan melalui online agar produk anda lebih terkenal luas.

 

Nah itu tadi cara membuat bubuk kunyit yang bisa anda lakukan di rumah.

Baik untuk bumbu dapur di rumah anda sendiri atau menjadikannya peluang usaha, membuat bubuk kunyit sangatlah mudah, simpel dan membutuhkan modal yang sedikit namun memiliki manfaat yang sangat banyak.

 

Manfaat Kunyit

 

cara membuat bubuk kunyit

cara membuat bubuk kunyit

Sudah tidak di ragukan lagi kunyit adalah rempah – rempah dengan segudang manfaat sehingga banyak masyarakat yang menjadikannya sebagai bahan untuk kecantikan dan juga kesehatan.

Bahkan di jaman modern seperti sekarang ini ada kunyit yang di ekstrak dan dijadikan multivitamin atau suplemen makanan karena manfaatnya.

Kunyit mengandung antioksidan, kurkumin fitonutrien dan zat lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan, daya tahan tubuh dan meningkatkan nafsu makan.

Namun selain manfaat tersebut berikut manfaat kunyit lainnya yang harus anda ketahui :

 

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

 

  1. Menyembuhkan luka dengan cepat

Kunyit mengandung antiseptik alami dan juga kandungan minyak atsiri yang dapat membunuh kuman yang ada dalam luka dan membuat luka lebih cepat sembuh.

  1. Sebagai Detoks

Kunyit dapat dijadikan sebagai detoks alami untuk menghilangkan racun yang ada dalam tubuh sehingga tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari bahan – bahan kimia dan juga meningkatkan ketahanan tubuh.

  1. Melancarkan haid

Kunyit dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan saat mengalami menstruasi, selain itu konsumsi kunyit saat menstruasi dapat melancarkan haid dan juga membersihkan sisa – sisa darah yang menempel pada rahim.

  1. Anti Kanker

Meski belum diketahui kebenarannya, namun masyarakat mempercayai bahwa kunyit dapat dijadikan sebagai obat anti kanker karena mengandung anti biotik dan zat lainnya.

  1. Obat Diabetes

Manfaat yang mengejutkan dari kunyit adalah sebagai obat diabetes, kunyit memiliki kandungan anti glikemik yang dapat menyeimbangkan kadar insulin dan menurunkan gula darah dalam tubuh.

Menjadikan kunyit sebagai obat dan pola makan, olahraga yang tepat dapat membantu anda dalam memerangi penyakit diabetes.

  1. Mengurangi lemak

Kunyit ternyata dapat membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh sehingga cocok bagi anda yang tengah diet menurunkan berat badan.

 

 

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

 

  1. Mencerahkan Wajah

Kunyit banyak digunakan dalam acara adat sebelum pernikahan sebagai masker agar kulit sang mempelai perempuan lebih cerah.

Meski banyak yang tidak percaya namun kunyit memang dapat mencerahkan kulit, selain itu kunyit juga dapat mengurangi dampak buruk sengatan cahaya matahari.

  1. Menghilangkan Bekas Luka

Selain mencerahkan kulit, penggunaan kunyit untuk kecantikan baik digunakan sebagai masker atau campuran kosmetik dapat membantu menyamarkan bekas luka seperti luka memar atau bekas jerawat.

 

Efek buruk konsumsi kunyit

Kunyit memang memiliki banyak manfaat, yang dapat digunakan untuk penyakit luar dan dalam namun hal tersebut jika digunakan sesuai dengan disis.

Rata – rata masyarakat menggunakan kunyit dengan dosis mulai 125mg/hari samapi 1000 mg/hari, namun sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi kunyit lebih dari dosis tersebut karena akan menim ulkan beberapa efek negatif seperti di bawah ini.

  1. Kandung Empedu Bermasalah

Kunyit bermanfaat dapat menstabilkan saluran empedu dalam tubuh, namun penggunaannya yang melebihi dosis malah akan mendatangkan masalah baru karena pengguaan kunyit dalam jumlah tinggi akan membuat empedu meradang bahkan dapat menghasilkan batu empedu.

Ada baiknya sebelum menggunakan kunyit konsultasikan dengan dokter anda agar dokter dapat menentukan dosis yang tepat untuk anda.

  1. Alergi

Mungkin hal ini tidak terjadi pada semua orang, karena orang yang terbiasa mengkonsumsi kunyit tidak akan merasakannya.

Namun beberapa orang akan merasakan efek samping seperti mual , muntah dan perut panas jika anda tidak cocok atau terlalu banyak mengkonsumsinya.

Sedangkan untuk penggunaan untuk obat luar, bagi yang tidak cocok akan menyebabkan kulit gatal namun untuk orang yang tahan dengan kunyit mereka akan baik – baik saja.

  1. Masalah Pencernaan

Penggunaan kunyit untuk penderita pencernaan seperti lambung, sakit ulu hati, maag anda harus hati – hati karena kunyit memiliki kandungan yang sangat kuat sehingga bisa melukai lambung dan sistep pencernaan anda.

  1. Gangguan pada Hati

Untuk anda yang memiliki masalah penyakit hati seperti, hepatitis, penyakit kuning, jangan gunakan kunyit dalam dosis yang besar karena dapat menyebabkan kegeglan hati dalam menetralisir racun yang ada dalam tubuh.

  1. Reaksi Obat – obatan

Kunyit memang dipercaya dapat menetralisir kadar insulin dalam tubuh bagi penderita diabetes.

Namun penggunaan kunyit dengan beberapa obat kimia dapat menimbulkan efek samping tertentu karena kunyit juga memiliki zat kimia.

Terlebih lagi penggunaan kunyit dalam jangka waktu yang lama dan dengan dosis yang besar ditakutkan akan membuat kadar gula anda atau insulin terlalu rendah yang bisa menyebabkan kematian.

Konsultasikan dahulu dengan dokter untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

 

Nah itu tadi kegunaan, manfaat, efek samping dan cara membuat bubuk kunyit yang harus anda ketahui.

Meskipun memiliki efek samping namun penggunaan kunyit dengan dosis yang tepat akan memiliki banyak manfaat dan kegunaan.

Selamat mencoba

By | 2017-04-15T02:44:37+00:00 April 15th, 2017|Artikel|Comments Off on Ini Dia Kegunaan, Manfaat, Efek Samping Dan Cara Membuat Bubuk Kunyit yang harus anda ketahui, Ampuh Untuk Diabetes.