Hubungi Kami! (0274) 287 1809

Cara Membuat Bakso Goreng dan Tips Mengolah Menjadi Kreasi Unik

Cara Membuat Bakso Goreng dan Tips Mengolah Menjadi Kreasi Unik

Cara Membuat Bakso Goreng – Bakso memang makanan yang digemari banyak orang. Di Indonesia, para penjual bakso banyak ditemukan di jalan-jalan. Ada yang menjual bakso kuah, bakso keju, bakso tusuk, bakso bakar, bakso goreng, dan lain sebagainya.

Pada artikel ini, penulis akan membagikan cara membuat bakso goreng. Mungkin banyak dari anda yang belum tahu cara membuat bakso goreng yang kenyal dan enak. Keuntungan membuat bakso goreng sendiri di rumah karena tidak perlu takut bakso goreng yang dikonsumsi mengandung pengawet!

Penasaran bagaimana resep membuat bakso goreng renyah ini? Langsung simak berikut ini!

Cara membuat bakso goreng

Cara Membuat Bakso Goreng

Bahan-bahan

  • Tepung terigu sebanyak 2 sendok makan
  • Tepung tapioca sebanyak 3 sendok makan
  • Fillet ayam sebanyak  150 gram
  • Daun bawang sebanyak 1 batang
  • Bawang putih sebanyak 4 siung
  • Saos tiram sebanyak 2 sendok makan
  • Minyak wijen sebebanyak 1 sendok makan
  • Raja rasa sebanyak 1 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Merica sekupunya
  • Air dingin secukupnya

Cara membuat bakso goreng

  1. Dalam pembuatan bakso goreng, pertama-tama hal yang dilakukan adalah memotong fillet dada ayam menjadi dadu. Berikutnya, daging ayam dadu dihaluskan menggunakan blender. Agar lebih mudah dalam memblender, dapat anda tambahkan dengan air dingin.
  2. Siapkan bawang putih lalu haluskan dan bawang merah diiris tipis-tipis.
  3. Campurkan semua bahan di dalam wadah, pastikan tektursnya tidak kental maupun cair.
  4. Bentuklah adonan menjadi bulat dengan sendok atau tangan anda.
  5. Panaskan minyak kemudian goreng bakso dalam keadaan api kecil.
  6. Bakso goreng dapat diangkat jika bewarna kuning keemasan.

Nah itu tadi cara membuat bakso goreng. Mudah sekali, bukan? Bagi anda yang mudah bosan, anda tidak perlu khawatir karena selalin memberikan resep bakso goreng, penulis juga akan memberikan tips mengolah bakso goreng menjadi kreasi yang unik.  Langung cek berikut ini!

Tips Mengolah Bakso Goreng Menjadi Kreasi Yang Unik dan Lezat

cara membuat bakso goreng

Bakso Goreng Pedas Asam

  1. Bakso goreng pedas manis

Salah satu kreasi enak dari bakso goreng adalah bakso goreng pedas manis. Kreasi ini enak sekali dan sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu meyiapkan bahan-bahan berupa minyak, bawang putih, kecap, saos sambal, saos tiram, lada bubuk, dan air.

Jika bahan-bahan tersebut sudah tersedia, cara membuat bakso goreng pedas manis ini anda tinggal menumis semua bahan kemudian tinggal masukkan saja bakso gorengnya. Aduk-aduklah hingga rata dan masaklah sebentar lalu angkat!

Kreasi bakso goreng pedas manis ini dapat anda nikmati dengan nasi atau tanpa nasi. Dijamin maknyus!

  1. Bakso goreng siram saus

Makanan satu ini enak banget! Caranya pun mudah banget karena anda tinggal menambahkan saus di atas bakso gorengnya.

Nah cara membuat saus tersebut anda hanya perlu menumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Kemudian tambahkan saus tomat, kecap inggris, madu, garam, gula pasir dan merica hitam.

Aduk-aduklah hingga rata kemudian masukkan air lalu masak hingga kental. Cara terakhir anda tinggal memasukkan mayones dan aduk kembali. Angkat saus dan siramkan saja ke bakso goreng anda!

cara membuat bakso goreng

Bakso Goreng Siram Saus

  1. Bakso goreng penyet

Bakso goreng penyet sangat tepat bagi anda yang gampang bosan dengan bakso biasa. Cara membuat bakso goreng penyet ini sangat mudah dan hasilnya unik sekali.

Anda hanya perlu menggoreng bawang dan cabai, lalu disusul menggoreng terasi. Siapkan ebi, bawang, cabai, terasi dan uleglah. Taburi gula dan garam secukupnya lalu tumbuk kembali.

Bakso goreng penyet pun sudah dapat dinikmati dengan mencampurkan bahan-bahan tadi. Anda dapat menambahkan nasi dan bahan makanan lainnya juga lho!

  1. Balado Bakso Goreng

Selain tiga kreasi di atas, balada bakso goreng benar-benar makanan yang unik dan sedap! Penasaran cara membuat balado bakso goreng yang asing di telinga kita ini?

Anda hanya perlu menyiapkan bakso goreng yang diiris-iris memanjang. Selanjutnya haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Tumis dengan api sedang. Masukkan lada bubuk, daun jeruk, gula putih, gula merah, dan penyedap rasa.

Jika bumbu sudah matang, anda tinggal menuangkan bakso goreng ke atas bumbu dan aduklah hingga rata. Balado goreng siap disajikan!

Itu tadi adalah cara membuat bakso goreng dan cara mengolah menjadi makanan yang unik! Selamat mencoba, semoga berhasil!

By | 2017-05-23T14:29:02+00:00 May 23rd, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Bakso Goreng dan Tips Mengolah Menjadi Kreasi Unik