Raih Sukses Dengan Bisnis Makanan Ringan

Raih Sukses Dengan Bisnis Makanan Ringan

Berbisnis tidak harus selalu wah agar menghasilkan untung jutaan. Terbukti bisnis makanan ringan juga mampu memberikan keuntungan yang menggiurkan. Telah bayak contoh pelaku usaha makanan ringan yang sukses meraup untung jutaan rupiah.

Makanan ringan baik itu keripik, makanan cepat saji, makanan basah, kerupuk, dan aneka makanan ringan lainnya sangat beragam dan memiliki peluang lebar untuk pasar dalam maupun luar negeri.

Bisnis makanan ringan baik skala besar atau rumahan sangat bagus untuk ide bisnis. Permintaan pasar terhadap makanan ringan juga terus mengalir dan konsumen makanan ringan ini sangat luas dari mulai anak-anak sampai orang tua.

Jika anda tertarik untuk berbisnis makanan ringan atau bahkan seorang pelaku bisnis makanan ringan akan ada banyak hal yang perlu anda perhatikan untuk mensukseskan bisnis anda. Rasa, kualitas, kebersihan, keamanan, kehalalan, inovasi, pengemasan, kreasi, dan masih banyak lagi.

Kunci Sukses Bisnis Makanan Ringan

bisnis makanan ringan

Ketika menjalankan sebuah bisnis, kesuksesan tentu adalah tujuan yang diidamkan. Bisnis makanan ringan pun memerlukan beberapa hal agar sukses dipasaran. Adapun kunci agar sukses menjalankan bisnis makanan ringan yang bisa anda praktekkan misalnya:

  1. Menjaga Kualitas Makanan Ringan

Kualitas adalah segalanya, jika itu makanan ringan maka makanan harus terjamin kualitasnya baik dari segi bahan, cara mengolah, rasa atau cara pengemasan. Bahan yang digunakan selain higienis juga tidak mengandung zat berbahaya. Begitu pula cara mengolah yang harus sesuai aturan dan yang tidak kalah penting cara pengemasan yang tidak hanya menarik namun juga tepat baik bahan kemasan atau cara mengemas.

 2. Inovatif Dalam Produk Atau Pemasaran

Inovasi dalam sebuah bisnis adalah keniscayaan. Tanpa adanya inovasi produk anda akan basi dan tidak sesuai dengan permintaan pasar. Konsumen lebih menyukai produk yang baru, berbeda dengan produk yang sudah ada di pasaran.

Oleh karena itu, jangan berhenti untuk berionvasi lagi dan lagi agar bisnis anda semakin maju. Inovasi selain untuk produk juga bisa dilakukan melalui cara pemasaran. Sistem pemasaran yang unik, pelayanan yang ramah, kemudahan pemesanan, bonus atau hal-hal lain yang bisa anda kembangkan bisa menjadi cara berinvasi dari sisi pemasarannya.

 3. Membangun Loyalitas Pelanggan

Pelanggan yang loyal adalah kunci agar bisnis makan ringan anda dapat sukses. Untuk membangun loyalitas pelanggan banyak cara yang bisa anda gunakan. Memberi pelayanan yang ramah, memberi kesan mendalam, cepat dan tepat dalam pelayanan dan cara –cara lain yang bisa anda gunakan agar konsumen dengan senang mau membeli kembali produk anda.

4. Memilih strategi Pemasaran yang Sesuai Segmen Pasar

Masih dalam hal pemasaran, strategi yang digunakan sangat berdampak untuk kelangsungan bisnis makan ringan kedepannya. Melakukan riset pasar lalu menentukan strategi yang tepat akan membantu anda menuju jalan kesuksesan.

 5. Berpikir Besar dan Visioner

Menjalankan bisnis makanan ringan perlu berpikir besar dan visioner.  Pasar yang berubah-ubah, persaingan, atau  peluang baru dalam dunia bisnis makanan ringan membutuhkan seseorang yang berpikir besar sehingga mampu bertahan dan mengembangkan bisnisnya. Visi yang jelas juga akan membantu anda dalam menjalankan bisnis makanan ringan anda.

 6. Kemasan  Yang Menarik

Selain rasa yang lezat, tidak bisa dipungkiri bahwa pengemasan suatu produk mengambil peran penting agar makanan tersebut laris di pasaran. Dengan pengemasan yang menarik, makanan ringan akan lebih diminati karena terlihat cantik, elegan dan terjamin kebersihan serta kualitasnya.

7. Bahan Kemasan Yang Aman

Banyak jenis kemasan yang bisa anda pilih, namun kemasan harus tepat sebab  mereka memiliki tujuan penggunaan dan standar masing-masing. Sebagai contoh ada jenis kemasan yang hanya bisa digunaan untuk sekali pemakaian dan akan melunak ketika berada pada suhu tertentu.

Misal anda memilih bahan plastik sebagai bahan pengemas produk anda, akan ada 7 jenis plastik kemasan di pasaran dimana masing-masing jenis plastik memiliki spesifikasi dan karakteristik yang berbeda.  Pilih jenis bahan plastik yang paling tepat agar makanan ringan anda tetap aman, higienis dan tahan lama.

 8. Cara Mengemas Yang Tepat

Tidak hanya soal jenis bahan kemasan, cara mengemas juga sangat penting.  Memilih cara yang tepat agar makanan ringan anda terjaga kualitasnya, tahan lama dan tidak rusak ketika sampai di tangan konsumen.

Cara yang tepat yang bisa anda gunakan untuk tujuan diatas adalah dengan menggunakan alat press plastik atau yang biasa disebut dengan vacum sealer.  Cara mengemas makanan kedap udara ini memiliki banyak keunggulan dalam hal pengemasan makanan.

Misalnya makanan akan terjaga dari kontaminasi dari luar karena pengemasan yang rapat. Sistem kedap udara juga akan menjadikan makanan terjaga kualitasnya dikarenakan udara tidak akan mampu masuk kedalam kemasan, dll.


Ide Bisnis Makanan Ringan

bisnis makanan ringan

Butuh ide untuk bisnis makanan ringan anda? Banyak sekali jenis makanan ringan yang bisa anda pilih. Namun, dari sekian banyak jenis makanan ringan , ada beberapa jenis makanan ringan yang sukses di pasaran dan memiliki permintaan yang tinggi. Apa saja?

  1. Popcorn ( Brondong Jagung)

Popcorn adalah olahan biji jagung yang dimasak sampai mekar/mengembang. Camilan ini sering adan jumpai di bioskop untuk teman nonton. Namun tidak hanya itu, popcorn juga cukup laris dijual di toko-toko. Inovasi makanan ingin juga sangat banyak dari mulai warna, rasa atau pengemasan yang menarik.

  1. Emping Jagung

Selain popcorn, olahan jagung yang cukup menarik lainnya adalah emping jagung. Rasa yang lezat dan tekstur yang renyah menjadikan makan satu ini cukup membuat lidah tidak mau berhenti.

  1. Keripik Buah

Keripik memang makan ringan yang tidak ada matinya. Begitu banyak aneka keripik yang dijual menjadikan makanan ini semakin berkembang. Salah satunya yaitu keripik buah. Buah yang biasa dikonsumsi secara langsung kini bisa dinikmati dengan cara dibuat keripik yang tidak kalah renyah dari keripik pada umumnya.

  1. Keripik Tempe

Siapa saja tentu tahu dengan keripik satu ini. Keripik tempe sangat populer di masyarakat namun peluang untuk berbisnis keripik tempe masih terbuka lebar. Dengan inovasi, keripik tempe dapat dijadikan ide bisnis makan ringan yang bakal menguntungkan.

  1. Kacang Atom

Kacang atom juga sangat populer karena cita rasa yang khas. Camilan berbahan dasar kacang dan tepung ini sangat cocok untuk teman bersantai dan pasarnya pun cukup luas.

  1. Stick

Akhir –akhir ini stick menjadi camilan yang banyak dicari. Dengan kreasi yang beragam, stick mampu bersaing dengan makanan ringan lainnya. Banyaknya kreasi yang bisa dibuat untuk jenis makanan ringan satu ini menjadikan konsumen jatuh hati.

  1. Keripik Kentang

Masih jenis keripik, keripik kentang merupakan makan ringan yang sangat disukai konsumen. Rasa kentang yang renyah dan crispy menjadikan camilan satu ini begitu khas. Tak heran jika banyak konsumen yang sangat menyukainya.

Menarik bukan bahasan mengenai bisnis makanan ringan kali ini. Ide sederhana namun jika dijalankan dengan sungguh-sungguh akan mampu menjadi bisnis yang dapat mendapatkan keuntungan berlipat.  Selamat mencoba.

By | 2017-03-29T03:46:32+00:00 March 29th, 2017|Artikel|Comments Off on Raih Sukses Dengan Bisnis Makanan Ringan