Bisnis Jus Buah, Untungnya Sesegar Rasanya

Bisnis Jus Buah, Untungnya Sesegar Rasanya

Akhir-akhir ini bisnis minuman semakin marak. Mulai dari yogurt, sari buah, minuman sereal, jamu dan juga jus buah. Meski banyak persaingan, namun bisnis ini masih terus eksis karena sifatnya yang lokal mengingat minuman kemasan memang tidak tahan untuk jangka panjang karena tanpa pengawet.

Salah satu minuman yang paling laris dibeli konsumen yaitu jus buah. Tidak hanya dijual langsung kepada konsumen, kini jus buah atau sari buah murni juga dijual dengan cara dikemas menggunakan botol atau plastik.

Selain rasanya yang manis dan segar, jus buah banyak diburu karena alasan kesehatan. Kesadaran untuk hidup sehat semakin meningkat dan kebutuhan untuk mengkonsumsi buah secara otomatis juga mengalami peningkatan.

Jus buah mengandung beragam nutrisi untuk kesehatan tubuh seperti mineral, vitamin dan zat besi. Beberapa jenis buah tertentu juga dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif, tak heran jika pelaku bisnis jus buah juga berlomba untuk menyajikan beragam jus dengan varian rasa dan buah yang lengkap.

Bisnis Dengan Modal Kecil

bisnis jus buah
Untuk memulai sebuah bisnis tidak selalu membutuhkan modal besar. Salah satunya ide bisnis jus buah ini. Hanya dengan modal ratusan ribu, anda sudah bisa memulai berjualan jus buah.

Pada awalnya mungkin hanya bisa menyedikan buah yang sedikit dan alat seadanya, namun dari laba yang terkumpul anda bisa mengembangkannya dan menyediakan peralatan dan kemasan yang lebih memadai agar usaha jus buah anda semakin berkembang.

Bisnis jus buah memang memiliki peluang yang sangat besar, modal kecil, alat sederhana dan segmen pasar yang sangat luas menjadi keunggulan usaha satu ini.

Tidak hanya menggunakan booth di pinggir jalan, bisnis jus buah juga bisa dijalankan dengan memproduksi jus buah kemasan.

Untuk sukses berjualan jus buah kemasan cobalah bermain di harga yang tidak terlalu murah. Sebab, banyak industri besar yang telah melakukannya, anda mungkin akan memiliki pesaing besar.

Cobalah untuk mematok harga lebih mahal namun dengan kelebihan produk jus buah anda. Misal khasiat, tanpa pemanis/pengawet, dan juga mengemas jus buah anda dengan kemasan yang menarik.

Ide Kreatif Bisnis Jus Buah Kemasan

bisnis jus buah
Menjalankan bisnis jus buah memang tidak membutuhkan modal besar. Bahan baku, blender, dan alat pengemas semua bisa anda beli dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Mengingat banyaknya persaingan, sebagai pelaku usaha anda harus memiliki ide-ide kreatif agar jus buah buatan anda diminati konsumen. Ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan, yaitu:

1. Buah yang segar dan lengkap

Buah adalah bahan utama untuk bisnis jus buah kemasan. Oleh karena itu, selain menggunakan hanya buah-buah segar, anda perlu menyediakan ragam buah yang lengkap sehingga konsumen dapat memilih buah apa saja yang mereka inginkan.

2. Kemasan yang menarik

Kemasan mengambil peran penting dalam usaha jus buah kemasan. Selain rapat agar jus tidak tumpah, tampilan yang menarik juga akan menjadi daya tarik tersendiri. Jus yang dikemas menggunakan wadah cup yang di-seal rapat akan memudahkan konsumen menikmati jus anda tanpa khawatir tumpah dan mudah.

3. Tempat jualan yang strategis

Jika anda memilih untuk berjualan dalam sebuah lokasi tertentu, sangat penting untuk memilih tempat jualan yang strategis. Misalnya anda harus mempertimbangkan apakah lokasi tersebut banyak dilalui orang, mudah terlihat, memiliki area parkir dan juga nyaman.

Berjualan jus buah sebenarnya juga bisa dilakukan tanpa harus menetap pada sebuah lokasi tertentu. Agar lebih luas jangkauannya, anda bisa menitipkan jus buah kemasan anda ke warung, toko atau sekolah-sekolah yang banyak dikunjungi orang.

4. Kebersihan

Kebersihan adalah faktor penting dalam usaha kuliner. Jus buah pun demikian, anda perlu menjaga kebersihan mulai dari buah, peralatan, tempat berjualan, dan kemasan. Gunakan air bermerk yang higienis sehingga konsumen merasa aman.

Sediakan tempat sampah khusus sehingga sampah tidak tercecer dan tempat berjualan juga menjadi bersih. Jangan lupa juga untuk menyediakan air yang mengalir untuk membersihkan peralatan yang anda gunakan.

5. Mesin blender berkualitas

Blender memainkan peran kunci dalam usaha jus buah, maka pilih blender yang berkualitas. Blender dengan kecepatan tinggi, kapasitas banyak dan daya tahan lama sangat dibutuhkan dalam usaha jus buah.

Usahakan menyediakan blender lebih dari satu agar pelayanan ke konsumen bisa lebih cepat. Blender dengan kecepatan tinggi juga dibutuhkan agar campuran anatara buah, es dan susu dapat tercampur secara merata dan smoothies.

6. Cantumkan logo dan merk

Sangat penting untuk mencantumkan logo dan merk jus buah anda, baik pada booth, tempat jualan atau kemasan. Logo dan merk inilah yang akan membangun bisnis anda.

Memasang logo pada penutup plastik adalah cara yang sangat efektif. Anda bisa menggunakan alat press plastik berupa mesin cup sealer untuk merekatkan plastik berlogo sebagai penutup jus buah anda.

Menarik bukan, selamat mencoba bisnis jus buah. Semoga sukses.

By | 2017-03-29T05:27:30+00:00 March 29th, 2017|Artikel|Comments Off on Bisnis Jus Buah, Untungnya Sesegar Rasanya